sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Bertanya dan Menceritakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

Selain nama dan tempat tinggal, pekerjaan adalah salah satu topik yang sering dibahas ketika kita berkenalan dengan orang baru. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara bertanya mengenai pekerjaan dan cara menceritakan pekerjaan kita kepada orang lain dalam bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk bertanya dan menceritakan mengenai pekerjaan. Berikut adalah pembahasannya:

1. What Do You Do?

What do you do?” atau secara harfiah berarti “Apa yang kamu lakukan (untuk bekerja)?” adalah kalimat tanya paling umum dalam bahasa Inggris yang digunakan saat ingin menanyakan jenis pekerjaan apa yang dimiliki oleh seseorang.

Ketika orang lain bertanya, “What do you do?” kepada kita, kita bisa menjawabnya dengan pola I am + pekerjaan kita, atau I work as + pekerjaan kita. Misalnya, jika kita penulis, maka kita jawab dengan, “I am a writer”, atau “I work as a writer”. Di bawah ini adalah beberapa contoh lain untuk menjawab kalimat tanya ini:

  • I am a freelancer.
  • I am an entrepreneur.
  • I’m a housewife.
  • I work as a civil servant.
  • I work as an office worker.
  • I’m an intern.
  • I’m a part-time worker.

Perlu diingat bahwa “What do you do?” dan “What are you doing?” adalah dua kalimat yang berbeda. “What are you doing?” tidak dapat digunakan untuk menanyakan pekerjaan kepada seseorang, sebab kalimat ini digunakan untuk menanyakan apa yang sedang dilakukan seseorang pada saat pertanyaan ini dilontarkan.

Sehingga, jika ada yang bertanya “what are you doing?”  jangan jawab dengan I am + pekerjaan kita atau I work as + pekerjaan kita. Jawablah dengan kegiatan yang sedang kita lakukan, misal “I’m reading” apabila kita sedang membaca atau “I’m cooking” apabila kita sedang memasak.

2. What Do You Do for a Living?

Kalimat selanjutnya yang dapat dipakai untuk menanyakan pekerjaan kepada seseorang adalah “What do you do for a living?” Kita dapat menjawab pertanyaan ini dengan pola I am + pekerjaan kita,  I work as + pekerjaan kita, atau I work at + tempat kerja kita.

Beberapa contoh respon untuk kalimat tanya ini:

  • I’m an artist.
  • I work at a hospital.
  • I work as a police officer.

Catatan: Hati-hati saat menanyakan “What do you do for a living?” kepada penutur bahasa Inggris yang terlihat telah mempunyai pekerjaan yang tetap dan mapan, karena pertanyaan ini bisa saja menyinggung mereka.

3. What is Your Job/ Occupation?

Dalam bahasa Indonesia, “What is your job” atau, “What is your occupation?” diartikan menjadi , “Apa pekerjaanmu?”.  Berdasarkan tata bahasa Inggris, kalimat tanya ini memang benar. Akan tetapi, sebaiknya jangan gunakan kalimat tanya ini kepada orang yang baru dikenal, karena kalimat ini terlalu terang-terangan dan tidak terdengar alami bagi penutur bahasa Inggris asli.

Meskipun demikian, terkadang ada saja orang yang menggunakan kalimat tanya ini untuk menanyakan pekerjaan seseorang. Kita bisa menggunakan pola I am + pekerjaan kita, I work as + pekerjaan kita, atau I work at + tempat kerja kita untuk merespon pertanyaan ini.

4. What Sort of Work Do You Do?

Pertanyaan ini digunakan apabila kita ingin mengetahui lebih detail mengenai pekerjaan seseorang. Respon yang diberikan pun harus lebih detail tidak hanya sekedar “I’m a singer” (saya adalah seorang penyanyi), tetapi harus lebih spesifik, seperti “I’m the lead vocalist of a rock band.” (saya adalah vokalis utama sebuah band rock).

Di bawah ini adalah contoh respon lain untuk kalimat tanya ini:

  • I’m a novel writer. My writings are mostly for children.
  • I work at SMA 2 as an English teacher.
  • I’m a businessman who runs a minimarket.

5. Whom Do You Work For?

Pertanyaan ini  digunakan saat kita ingin tahu jenis perusahaan atau institusi tempat seseorang bekerja. Secara kasar kalimat tanya ini diterjemahkan menjadi “Untuk perusahaan/ institusi apa kamu bekerja?”

Pola yang digunakan untuk menjawab pertanyaan ini adalah I work for + jenis atau nama perusahaan tempat bekerja. Berikut adalah contoh kalimat untuk menjawab pertanyaan ini:

  • I work for an IT company.
  • I work for an online media.
  • I work for Pertamina.

Catatan: I work for + nama perusahaan tempat bekerja, biasanya digunakan apabila perusahaan tempat kita bekerja cukup terkenal di kalangan masyarakat.

Itulah beberapa pertanyaan dan respon umum dalam bahasa Inggris mengenai pekerjaan. Cobalah untuk berlatih dengan teman atau sendiri di rumah agar cepat menguasai cara bertanya dan menceritakan pekerjaan kita kepada orang lain.

Artikel Lainnya

Bagaimana Bercerita dengan Baik dalam Bahasa Inggris
Menceritakan Orang Lain dalam Bahasa Inggris
Bertanya dan Menceritakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Bertanya dan Menceritakan Hobi dalam Bahasa Inggris
Berbicara dengan Anak Kecil dalam Bahasa Inggris
Berbicara tentang Cuaca dalam Bahasa Inggris
Berbicara tentang Olahraga dalam Bahasa Inggris
Berbicara tentang Kepribadian dalam Bahasa Inggris
Berbiacara tentang Keluarga dalam Bahasa Inggris
Berbicara tentang Pendidikan dalam Bahasa Inggris

 

Contoh Percakapan Driver Taksi Online Menjemput Penumpangnya
Contoh Percakapan Memohon Maaf (Making & Accepting Apology)
Inviting Conversation: Percakapan Mengundang ke Acara Syukuran Rumah Baru
4 Contoh Percakapan Inggris Berterima Kasih (Thanking Conversation)
Contoh Percakapan Membeli Tiket di Bioskop & Terjemahannya
Percakapan Marketing Presentasi Produk
Memesan Makanan di Konter McD/KFC dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Hasil Interview Kerja dalam Bahasa Inggris
Introducing Conversation: Percakapan Memperkenalkan Teman ke Teman Lainnya
Contoh Percakapan Mengubah Reservasi Hotel dalam Bahasa Inggris


 
Menanyakan tentang Gaji dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Asal dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Cita-cita dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Berat Badan dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Harga dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Nama dalam Bahasa Inggris
Memesan Masakan Jepang/China via Telepon dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Sederhana untuk Anak-Anak
Contoh Pertanyaan dan Jawaban untuk Anak-Anak