sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Kata-kata MC dalam Bahasa Inggris

Master of Ceremony atau disingkat menjadi emcee atau MC adalah orang yang membawakan suatu acara. Acara ini bisa berbagai macam, seperti seminar, konferensi, pernikahan, workshop, lomba, dan sebagainya. Sekilas, peran MC ini terlihat tidak terlalu signifikan. Nyatanya, MC memiliki peran yang penting dalam suatu acara.

MC bertanggungjawab untuk mengatur suasana acara. Mereka bertugas untuk membuat bintang utama acara terlihat baik. Mereka juga berperan untuk memastikan transisi antar segmen dalam acara berjalan dengan mulus. Apabila terjadi gangguan di tengah-tengah acara, MC harus bisa meminimalisir gangguan tersebut dengan cara meyakinkan para hadirin gangguan tersebut hanyalah gangguan kecil sehingga acara bisa dilanjutkan dengan sebagaimana mestinya.

MC bisa menentukan kelancaran sebuah acara. Oleh karena itu, banyak MC yang merasa gugup sebelum tampil, terlebih lagi jika acara yang mereka bawakan menggunakan bahasa asing, seperti Bahasa Inggris misalnya.

Membawakan acara dalam Bahasa Indonesia saja sudah membuat gugup. Bagaimana dengan Bahasa Inggris? Jangan khawatir, sebab artikel ini akan memberitahu apa saja yang bisa diucapkan oleh MC dalam Bahasa Inggris. Selain itu, artikel ini juga akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana menjadi pembawa acara yang baik. Berikut adalah tulisannya:

English Phrases for Formal Emceeing

Mari kita pelajari beberapa frasa dan ungkapan formal yang bisa dikatakan oleh pembawa acara. frasa tersebut terbagi menjadi beberapa kategori, yakni:

  1. Opening (pembuka)
  2. Reading the agenda (membaca susunan acara)
  3. Introducing the speakers or the performers (mengenalkan pembicara atau penampil)
  4. Inviting the speakers or the performers (mengundang pembicara atau penampil)
  5. Thanking speakers or the performers (mengucapkan terima kasih kepada pembicara atau penampil)
  6. Transition between sections (transisi antar sesi)
  7. Closing (penutup)

Mari kita lihat pembahasan tentang kategori-kategori tersebut dengan lebih detail:

1. Opening

Opening atau pembuka adalah bagian yang paling penting dari suatu acara. Pembuka bisa menentukan tone atau suasana dari keseluruhan acara. Oleh karena itu, jika pembawa acara memliki pembawaan yang tidak enerjik atau membosankan saat membuka acara, suasana acara akan menjadi membosankan juga.

Selalu ingatlah bahwa beberapa detik awal dalam pertemuan pertama akan menentukan apakah orang lain akan menyukai kita atau tidak. Beigtu pula saat kita menjadi MC suatu acara. Pembukaan akan menentukan kesan pertama hadirin terhadap acaranya.

Lantas, bagaimana cara membuka suatu acara dengan benar?

Dalam pembukaan, MC harus mengucapkan salam dan menyambut para hadirin. Berikut adalah beberapa frasa dalam Bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk memberikan salam dan menyambut para hadirin:

  • Good morning, ladies and gentlemen. Welcome to the (name of event). (Selamat pagi, hadirin sekalian. Selamat datang di [nama acara]).
  • Good afternoon, dear friends. It is my pleasure to welcome you to (name of event). (Selamat siang, teman-teman. Dengan senang hati saya menyambut kalian pada [nama acara]).
  • Good evening, everyone. Thank you so much for being here. Let me begin by giving you a warm welcome to the (name of event). (Selamat malam, semuanya. Terima kasih telah hadir di sini. Izinkan saya menyambut kalian dengan hangat pada [nama acara]).

Selanjutnya, kita mengenalkan diri kita. Banyak MC yang lupa atau bahkan sengaja tidak memperkenalkan diri mereka. Padahal MC yang baik adalah MC yang memberitahu hadirin siapa diri mereka. Kita bisa mengikuti beberapa frasa berikut ini untuk memperkenalkan diri kita:

  • My name is (name), and I am your host today. (Nama saya [nama], dan saya adalah pembawa acara hari ini)
  • Let me introduce myself first. My name is (name), and I would be your emcee today. (Izinkan saya memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Nama saya [nama], dan saya akan menjadi pembawa acara hari ini)
  • My name is (name). For those of you who don’t know me, I am (role in the company, organization, etc). It’s such an honor to welcome you here in this event. (Nama saya [nama]. Bagi yang belum tahu saya, saya adalah [peran atau jabatan di perusahaan, organisasi, dll). Merupakan kehormatan menyambut Anda semua di acara ini.

Contoh: My name is Adam Sentosa. For those who don’t know me, I’m the chairman of the student council of 03 High School. It’s such an honor to welcome you here. (Nama saya Adam Sentosa. Bagi yang belum tahu, saya adalah ketua osis SMA 03. Merupakan kehormatan bagi saya untuk menyambut Anda semua di acara ini)

Selain pembukaan standar seperti di atas, kita juga bisa menambahkan hal lainnya agar pembukaan acara bisa lebih efektif. Hal-hal lain tersebut di antaranya adalah dengan bercerita singkat, bertanya kepada audien, atau memberikan fakta yang menarik. Namun, perlu digarisbawahi bahwa MC tidak boleh bercerita panjang lebar karena MC bukanlah bintang utama acara. Di bawah ini adalah frasa-frasanya:

  • You’ve probably noticed that… (Anda mungkin pernah menyadari bahwa…)
  • You may have heard about… (Anda mungkin pernah mendengar tentang…)
  • Raise your hand if you have ever… (Angkat tangan Anda jika Anda pernah….)
  • Have you ever wondered why…? (Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa….?)
  • Did you know that…? (Apakah Anda tahu bahwa…?)

2. Reading the Agenda

Sebenarnya MC tidak harus membacakan susunan acara. akan tetapi jika diharuskan untuk membacanya, kita bisa ikuti frasa-frasa di bawah ini untuk meembantu kita menyebutkannya:

  • There are (number) sections in this event. First… second… third… (Ada [nomor] sesi dalam acara ini. Pertama… kedua… ketiga…)

Contoh: There are 3 sections in this event. First… second… third… (Ada 3 sesi dalam acara ini. Pertama… kedua… ketiga…)

  • This event will be divided into (number) segments. First… second… third… (Acara ini dibagi ke dalam [nomor] segmen. Pertama… kedua… ketiga…)
  • I would like to read for today’s agenda. The first is… the second is… the third is… (Saya akan membacakan susunan acara hari ini. Yang pertama adalah… kedua… ketiga…)
  • Today’s agenda will be… (Susunan acara hari ini adalah…)
  • This event contains several sections. Let me read them for you. The first is… second… third… (Acara ini terdiri atas beberapa sesi. Izinkan saya membacakannya untuk Anda semua. Yang pertama adalah… kedua… ketiga…)
  • On this special event, we have several agendas as follows: First… second… next… after that… finally… (Dalam acara yang spesial ini, ada terdapat agenda yaitu: Pertama… kedua… selanjutnya… setelah itu… terakhir…)

3. Introducing the Speakers or the Performers

Dalam suatu acara pasti akan ada pembicara atau orang yang akan tampil. Sebagai MC kita wajib mengenalkannya kepada para audiens. Masih cukup banyak pembawa acara yang hanya menyebutkan nama si pembicara saja saat mengenalkannya. Padahal, sebagai seorang pembawa acara yang baik , kita juga harus menyebutkan latar belakangnya. Seperti misalnya profesinya, keahliannya, pencapaiannya, dan sebagainya. Ingatlah selalu bahwa tidak semua audien tahu tentang latar belakang si pembicara. Merupakan tugas pembawa acaralah untuk memberi tahunya.

Mengenalkan latar belakang si pembicara juga bisa membentuk kredibilitas antara si pembicara dengan audiens. Dengan mengetahui latar belakang si pembicara, audiens akan lebih mudah mempercayai apa yang ia katakan. Misalnya saja dalam seminar kecantikan dan pembicaranya adalah seorang juru rias. Apabila MC tidak memberi tahu audiens bahwa ia adalah seorang juru rias, akan sulit bagi audiens untuk mempercayai apa yang ia sampaikan tentang rias wajah.

Saat menyebutkan latar belakang pembicara, MC disarankan untuk menggunakan kata sifat positif. Itu karena salah satu tugas MC adalah untuk membuat si pembicara terlihat baik. Berikut adalah beberapa frasa dalam Bahasa Inggris untuk mengenalkan pembicara atau penampil:

  • It is now my pleasure to introduce our guest speaker. He/she/they is/are (occupation) who (achievement). Ladies and gentlemen please join me in welcoming (name of speaker). (Sekarang dengan senang hati saya mengenalkan pembicara tamu kita. Dia/mereka adalah [profesi] yang [pencapaian]. Hadirin sekalian mari kita sambut [nama pembicara])

Contoh: It is now my pleasure to introduce our guest speaker. She is a phenomenally successful makeup artist who has worked with many international superstars. Ladies and gentlemen please join me in welcoming Ms. Sarah Ayudia. (Sekarang dengan senang hati saya mengenalkan pembicara tamu kita. Dia adalah seorang juru rias yang sangat sukses yang telah bekerja dengan banyak bintang super internasional. Hadirin sekalian mari kita sambut Sarah Ayudia)

  • Let’s begin this event with the greetings/ performance from (name). For those who don’t know, she/he/they (relevant background). (Mari kita mulai acara ini dengan sambutan/ penampilan dari [nama]. Bagi yang belum tahu, beliau/ mereka [latar belakang yang relevan]).

Contoh: Let’s begin this event with the dance performance from Cinta Dance Crew. For those who don’t know, Cinta Dance Crew is the winner of the national dance competition in Bali this year. (Mari kita mulai acara ini dengan penampilan tari dari Cinta Dance Crew. Bagi yang belum tahu, Cinta Dance Crew adalah pemenang dari lomba menari nasional di Bali tahun ini)

4. Inviting the Speakers or the Performers

Setelah mengenalkan pembicara atau penampil, MC bisa langsung mengundang mereka untuk naik ke atas panggung. Adapun frasa Bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk mengundang mereka adalah:

  • / Mrs./ Ms. (name), the floor is yours. (Kepada [nama], waktu dan tempat kami persilakan)
  • / Mrs. / Ms. (name), please. (Kepada [nama], waktu dan tempat kami persilakan)
  • Would you please welcome (name). (Mari kita sambut [nama])
  • Would you please join me in welcoming (name). (Mari kita sambut [nama])

5. Thanking Speakers or the Performers

MC harus mengucapkan terima kasih kepada pembicara atau penampil setelah mereka selesai tampil. Beberapa frasa yang bisa diikuti di antaranya:

  • Thanks for sharing with us. (Terima kasih telah berbagi dengan kami)
  • Thank you for the insights. (Terima kasih telah berbagi wawasan)
  • We know you are a busy person. Thank you for taking time to come here. (Kami tahu Anda adalah orang yang sibuk, terima kasih telah meluangkan waktu untuk datang ke sini)
  • Thank you for taking time out of your busy schedule. (Terima kasih telah meluangkan waktu dari jadwal Anda yang sibuk)

6. Transition between sections

Salah satu tugas MC adalah memastikan pergantian antar sesi berjalan mulus. Kita bisa menggunakan frasa berikut ini untuk memperkenalkan sesi baru:

  • Moving right along, we have a very special guest… (Untuk melanjutkan, ada tamu spesial…)
  • And that was only the beginning… (Itu baru permulaan saja…)
  • And that’s not all… (Itu belum semua…)
  • Now for the surprise, we are going to… (Sekarang untuk kejutannya, kita akan….)
  • Last but not least… (Yang terakhir, tapi tidak kalah pentingnya…)

7. Closing

Bukan hanya pembuka saja yang harus diperhatikan oleh MC, penutup juga harus diperhatikan. Adapun beberapa frasa yang bisa digunakan sebagai penutup oleh MC, yakni:

  • Thank you for coming… (Terima kasih telah hadir…)
  • We hope that this event… (Kami harap acara ini…)
  • Well, that’s wrap up our event. (Itu mengakhiri acara ini)
  • On behalf of (name of sponsoring organizing), thank you all for making time to join us here today. (Mewakili [nama sponsor acara], terima kasih telah meluangkan waktunya untuk bergabung bersama kami di sini hari ini)
  • It has been our pleasure to host this event. (Kami senang menjadi pembawa acara ini)
  • We look forward to seeing you at next year’s event. (Kami menantikan untuk melihat Anda di even tahun berikutnya)
  • I wish you all a pleasant day. (Semoga hari Anda menyenangkan)
  • Hope you will travel safely home. (Semoga Anda selamat sampai rumah)

Demikianlah kata-kata dalam Bahasa Inggris formal yang bisa diucapkan MC. Semoga artikel ini bisa membantu kita semua untuk menyiapkan diri kita menjadi MC yang baik.

 

Contoh Expressing Admiration (Kekaguman) dalam Percakapan Part I
Daftar Kata Interjection dan Penjelasannya
Kalimat atau Kata Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kesakitan
Contoh Dialog Singkat 2 Orang di Pantai dalam Bahasa Inggris
Contoh-contoh Ucapan Terima Kasih untuk Guru dalam Bahasa Inggris
Kata Urutan untuk Memperlihatkan Proses dalam Bahasa Inggris
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Terima Kasih dan Rasa Syukur
Kata-kata / Kalimat Percakapan Guru di Kelas
Mengenal Descriptive Text & Contohnya
Contoh Pidato tentang Hari Gizi dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya