sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Drill Commands, Aba-Aba Baris-Berbaris dalam Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Inggris, aba-aba dalam Peraturan Baris-Berbaris atau dikenal juga dengan PBB disebut dengan Drill Commands. Drill Commands mulanya digunakan di dalam pelatihan militer, namun kemudian diterapkan dalam berbagai kesempatan di seluruh dunia seperti upacara atau latihan paskibra. Pembahasan kali ini akan mengulas beberapa aba-aba PBB berbahasa Inggris atau Drill Commands yang sering diterapkan.

  • Attention: Siap Gerak

Aba-aba yang pertama ini adalah aba-aba yang bisa dibilang paling sering digunakan, terutama saat memberikan komando pertama. Ketika diberikan aba-aba attention, pasukan harus berdiri tegap dengan kedua tangan di samping tubuh dengan lurus. Pandangan mata lurus ke depan, kaki rapat, dan tidak bergerak namun tetap siap untuk menunggu komando selanjutnya.

  • Dismissed: Bubar Jalan

Kebalikan dari aba-aba attention yang biasanya digunakan untuk memulai komando, aba-aba dismissed digunakan saat akan mengakhiri komando. Aba-aba ini menunjukkan bahwa latihan baris-berbaris, upacara, latihan militer, atau kegiatan apapun yang sedang dilakukan sudah selesai. Saat diberikan aba-aba dismissed, pasukan membalikkan badan dengan teratur dan membubarkan barisan.

  • At Ease: Istirahat di Tempat

Selanjutnya adalah aba-aba at ease yang berarti pasukan dapat beristirahat di tempat. Namun komando at ease bukan berarti pasukan bisa istirahat sampai duduk-duduk atau mengobrol. At ease berarti pasukan tetap berdiri di formasi yang sama, namun dengan lebih rileks. Biasanya komando ini diberikan saat akan ada pemberian ucapan sambutan atau pemberian kata-kata lainnya yang agak panjang.

  • Fall In: Masuk Barisan

Aba-aba fall in diberikan untuk memberikan komando pada pasukan agar memasuki barisan atau membentuk formasi persegi. Biasanya saat memberikan komando fall in, pasukan memang sudah berada di area tersebut dan telah bersiap jika diberikan komando. Saat membentuk barisan atau formasi setelah diberikan komando fall in, pasukan harus melakukan itu dengan tertib dan rapi tanpa berisik.

  • Fall Out: Bubar Barisan

Kebalikan dari fall in, aba-aba fall out merupakan komando yang diberikan agar pasukan membubarkan diri dari barisan. Namun berbeda dengan komando dismissed yang benar-benar membubarkan dengan total dan seluruhnya, aba-aba fall out berarti bubar sementara. Jadi pasukan boleh beristirahat untuk beberapa saat dengan posisi seperti apapun, namun tetap berada di area tersebut dan menjaga ketenangan dengan tidak berisik.

  • About Face/About Right: Balik Kanan

Aba-aba about face atau about right diberikan sebagai komando agar pasukan berbalik kanan. Gerakan dari komando about face atau about right ini adalah gerakan memutar 180 derajat, dengan menggerakkan kaki kiri memutar terlebih dahulu ke arah kanan. Baru kemudian tubuh mengikuti gerakan kaki kiri sehingga berbalik sempurna sesuai dengan komando yang diberikan.

  • Right Face/Right Turn: Hadap Kanan

Jika pada aba-aba about face/about right tubuh memutar 180 derajat, aba-aba right face atau right turn memberikan komando untuk berputar 45 derajat. Komando right face atau right turn mengarahkan pasukan untuk menghadap ke sebelah kanan mereka. Sama seperti balik kanan, gerakan right face atau right turn ini juga didahului dengan kaki yang memutar kemudian diikuti tubuh.

  • Left Face/Left Turn: Hadap Kiri

Jika sudah memahami aba-aba right face/right turn, maka aba-aba left face atau left turn akan lebih mudah dipahami. Aba-aba left face atau left turn ini merupakan kebalikan dari komando right face/right turn, yaitu memerintahkan pasukan untuk menghadap kiri. Gerakan dari komando left face atau left turn juga harus memutarkan kaki dan tubuh 45 derajat ke arah kiri.

  • Forward, March: Maju Jalan

Aba-aba forward, march ini sering dijumpai saat memberikan komando pada pasukan untuk melakukan gerak jalan. Begitu diberikan komando forward, march maka pasukan harus berjalan diawali dengan kaki kiri. Ingat bahwa gerak jalan harus berseling antara kaki dan tangan, jika kaki kiri maju maka tangan kanan yang maju. Begitu sebaliknya, jika kaki kanan yang maju maka tangan kiri yang harus bergerak ke depan.

  • Halt: Berhenti

Di tengah-tengah gerak jalan, biasanya pemberi komando akan memerintahkan pasukan untuk berhenti. Aba-aba yang digunakan untuk memberikan komando berhenti itu adalah halt. Biasanya komando ini disertai dengan aba-aba squad atau platon di awalnya. Jadi pemberi komando akan memberikan aba-aba seperti squad, halt atau platon, halt.

  • Mark Time, March: Jalan di Tempat

Dalam kegiatan baris-berbaris bukan saja ada gerakan gerak jalan, namun juga gerakan untuk jalan di tempat. Untuk memberikan komando pada gerakan ini, aba-aba yang diberikan adalah mark time, march. Setelah diberikan komando mark time, march maka pasukan akan mulai berjalan di tempat didahului dengan menggerakkan kaki kiri.

  • Open Rank: Buka Formasi/Barisan

Aba-aba open rank digunakan untuk memberikan komando pada pasukan agar membuka barisan atau formasi. Komando open rank ini biasanya digunakan saat pasukan akan membentuk formasi tertentu, membelah formasi menjadi dua, dan sebagainya. Saat melakukan gerakan dari komando open rank, pasukan harus berkonsentrasi dan memastikan bahwa mereka bergerak sesuai dengan bagian masing-masing agar formasi tidak malah menjadi berantakan.

  • Close Rank: Tutup Formasi/Barisan

Kebalikan dari komando open rank, aba-aba close rank memberikan komando pada pasukan untuk menutup formasi atau barisan. Komando close rank biasanya diberikan setelah formasi atau barisan pasukan terbuka atau berubah dengan adanya gerakan yang dilakukan dari komando open rank. Dengan komando close rank, formasi atau barisan pasukan kembali seperti sebelumnya yaitu sebelum gerakan buka formasi atau barisan.

Demikianlah beberapa aba-aba PBB atau Drill Commands berbahasa Inggris yang dapat diterapkan dalam latihan baris-berbaris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Memberi Aba-aba Dalam Bahasa Inggris
Drill Commands, Aba-Aba Baris-Berbaris dalam Bahasa Inggris