sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Jawaban Pertanyaan Interview: What Motivates You?

Melakukan Interview Dalam Bahasa Inggris bisa membuatmu grogi. Tentu kita perlu melakukan wawancara dengan baik dan menampilkan diri kita yang terbaik. Jadi, jawaban yang jujur tanpa rekayasa bisa jadi adalah cara terbaik untuk menampilkan diri.

Kita juga bisa mengambil pendekatan lain dan coba mempersiapkan jawaban kita. Ada beberapa pertanyaan yang bisa kita perkirakan pasti ditanya saat interview. Misalnya What motives you to apply for the job? (apa yang memotivasimu untuk melamar pekerjaan ini?)

Jawaban Pertanyaan What Motivates You?

Untuk menjawab pertanyaan, terlebih dahulu kamu perlu tahu jawaban yang diharapkan oleh penanya. Dengan demikian, kamu dapat menyiapkan jawaban dengan menitik beratkan pada harapan wawancara.

Menghasilkan jawaban baik untuk pertanyaan seperti ini perlu melakukan sedikit repleksi diri. Kamu dapat memikirkan berbagai emosi dan kejadian masa lalu yang membentuk pribadimu yang sekarang.

  • What happened on the best days of your life? (apa yang terjadi pada hari-hari terbaikmu?)
  • What are the things that you are most looking forward to work? (hal apa yang paling kamu nanti dari tempat kerja?)
  • When and what is the last time you come home and telling everybody what happened in the office?(kapankah kamu pulang kerja dan menceritakan semua orang apa yang terjadi dan apa?)

Bisa jadi motivasi datang dari keberhasilan menolong orang lain, mengatasi ketakutan yang kerap menghantuimu atau apa saja yang membuatmu senang pergi kerja dan ingin melakukannya lagi dan lagi.

Contoh Jawaban Terbaik  

Perhatikan contoh jawaban berikut ini untuk merespon interview “What motivate you?” dan sesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar dan wawancara yang kamu jalani.

Jawaban 1 

I am driven by results and at the same time believe people power does make the most solution. I prefer working with my team and combine ideas and come up with strategies that everyone is comfortable doing.  

(Saya termotivasi dengan hasil dan percaya dengan kekuatan orang sebagai solusi terbaik. Saya lebih suka bekerja dengan tim dan mengkombinasikan ide untuk membuat strategi yang nyaman bagi semua orang.)

Fokus jawab ini adalah menitikberatkan pada pencapaian bersama dan fokus. Gunakan jawaban ini khususnya kalau kamu diharapkan bekerja dalam tim.

Jawaban 2 

Finding the right solution based on digging into data, taking questionnaire and piles of information are what I think the most important thing. At my previous position, I prepare many data before coming up with ideas and presentations. That way, it is easier for me to convince others of my thought. Being able to provide that essential information is motivating for me.

(Mencari solusi terbaik berdasarkan data, mengambil pertanyaan dan tumpukan informasi adalah dua hal yang sangat penting. Pada pekerjaan sebelumnya, saya mempersiapkan banyak data sebelum memamarkan ide atau presentasi. Dengan demikian, lebih mudah bagi saya untuk meyakinkan orang lain tetang pikiran saya. Bisa memberikan informasi penting adalah hal yang memotivasi saya)

Kamu termotivasi dengan bukti nyata yang bisa dibuktikan. Jawaban ini membuktikan bahwa kamu memiliki kemampuan analitis dan inspiratif dalam waktu bersamaan.

Jawaban 3

I pay for my studies and want to show my siblings that determination and hard works can pay off. Being a role model and set an example gives me pure joy. There is nothing like having the ability to fulfil goals and inspired others that they can do great things too.

(Saya membayar biaya kuliah saya sendiri untuk menunjukkan pada adik-adik kalau keteguhan dan usaha keras dapat memberikan hasil. Menjadi sosok teladan dan memberikan contoh adalah dua hal yang memberikan saya kegembiraan. Tidak ada yang menandingi kemampuan memenuhi tujuan dan berhasil menginspirasi orang lain kalau mereka mampu sukses)

Jawaban ini menjelaskan tekad dan keinginanmu untuk berusaha. Sebuah jawaban yang cocok untuk menjawab pertanyaan tetang motivasi.

Jawaban 4 

In my previous job, I work in a team and manage several projects. I found that the best and most effective way to work is by managing a team to do any task ahead of schedules and give everyone a sense of accomplishment. I was motivated by challenge also team building to fulfil goals.

(Pekerjaan saya terdahulu, saya bekerja di tim dan menangani beberapa proyek. Saya menemukan cara terbaik dan efektif untuk menangani tim adalah melakukan tugas diawal dan memberikan semua orang rasa sudah memenuhi ekspetasi. Saya termotivasi dengan tantangan dan kerjasama untuk mencapai tujuan)

Jawaban seperti ini memberitahu pewawancara kemampuanmu untuk multitasking, manajerial, dan menangani projek dengan menginspirasi semua orang.

Jawaban 5

I always wanted to ensure that all my clients get the help ask we can offer. I felt a sense of responsibilities to put the best assistance for those who entrusted their money and faith to use my service.

(Saya selalu ingin memastikan klien mendapatkan bantuan sesuai yang kita tawarkan. Saya merasa bertanggung jawab untuk memberikan bantuan terbaik bagi mereka yang sudah mempercayakan uang dan keyakinannya pada layanan saya)

Jawaban positif ini menekannkan kalau Anda senang membantu pelanggan dan mendapatkan kepuasan tersendiri dengan melakukannya. Jawaban ini cocok untuk posisi layanan seperti costumer service dan sejenisnya.

Jelaskan, kalau ada jawaban yang tepat untuk pekerjaan yang berbeda. Kamu hanya perlu membuat penyesuaian yang realistik sesuai dengan posisi yang diinginkan. Semoga jawabanmu dapat memuaskan pemberi wawancara dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Artikel Lainnya

Apa Yang Harus Dikatakan dalam “Exit Interview”
Pertanyaan Interview: Describe a Difficult Work Situation or Project and How You Overcame It
Menjawab  “What’s Your Biggest Professional Achievement?”
Kalimat-Kalimat Penting Untuk Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris
Kumpulan Kalimat Bahasa Inggris Untuk Interview Kerja
Jawaban Pertanyaan Interview: What Motivates You?
Jawaban Pertanyaan Interview: Describe What You Do In Your Current Position
Jawaban Pertanyaan Interview: ‘TELL ME ABOUT A TIME YOU DISAGREED WITH A DECISION. WHAT DID YOU DO ?’
Memperkenalkan Diri dengan Sopan dalam Suatu Wawancara
Jawaban Wawancara Seberapa Baik Bekerja dengan Orang Lain

 

Percakapan Singkat Mendeskripsikan Komputer di Tempat Kerja dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Kabar Kesehatan Orang Sakit dalam Bahasa Inggris
Percakapan Memberi Contoh Cara/Tindakan yang Benar
Percakapan Menanyakan Kegiatan yang Dilakukan Seseorang
Percakapan Membeli Baju Disertai Tawar Menawar dalam Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: What Big  Decision You Took in Last 6 Months?
Jawaban Pertanyaan Interview: “Describe Your Dream Job”
Dialog tentang Job Description Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Cara Berbagi Cerita dalam Bahasa Inggris
Percakapan Telepon Bahasa Inggris: Menawarkan Kartu Kredit