sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kosakata Tentang Geologi dalam Bahasa Inggris dan Penjelasannya

Pernahkah kamu mendengar tentang Geologi? Geologi merupakan salah satu cabang keilmuan yang cukup tua dan sudah lama dipelajari di dunia. Secara sederhana, Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan hal-hal yang berkaitan dengan bumi.

Dalam Geologi terdapat istilah-istilah khusus yang digunakan untuk menjelaskan suatu benda, peristiwa, fenomena, dan hal lain yang terkait. Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai kosakata dalam Bahasa Inggris yang berkaitan dengan Geologi beserta penjelasannya.

Earth Science: ilmu bumi

Mungkin kamu bertanya-tanya, bukannya Earth Science (ilmu bumi) dengan Geologi adalah hal yang sama? Banyak orang yang mengira begitu, tapi sebenarnya kedua bidang ilmu tersebut tidaklah sama. Lebih tepatnya, Geologi adalah bagian dari Earth Science.

Earth Science adalah ruang lingkup studi yang mempelajari tentang apa yang ada di bumi dan hal-hal yang ada di sekitarnya, termasuk ruang angkasa. Beberapa bidang ilmu yang termasuk ke dalam Earth Science adalah Geologi, Astronomi, Meteorologi, dan Oceanography (ilmu kelautan dan samudra).

Inland: daratan

Kata inland atau daratan merupakan salah satu istilah yang sering dijumpai dalam ilmu Geologi. Inland menunjukan bagian bumi yang tidak tertutup oleh lautan dan samudra. Inland disebut juga sebagai permukaan bumi yang permanen.

Beberapa hal yang termasuk ke dalam inland atau daratan adalah pedesaan, bukit, gunung, lembah, hutan, gurun, dan lain sebagainya. Perairan yang tidak termasuk ke dalam laut atau samudra juga termasuk ke dalam inland, seperti sungai, rawa, dan danau.

Coastal: pesisir

Coastal atau pesisir adalah bagian permukaan bumi yang menjadi pemisah antara daratan (inland) dengan lautan. Permukaan bumi sendiri terbagi menjadi daratan dan lautan, dimana keduanya bertemu di coastal atau pesisir.

Banyak orang yang mungkin lebih familiar dengan istilah beach atau pantai. Beach sendiri merupakan bagian dari coastal. Selain beach, beberapa hal lain yang juga sering ditemui di area coastal adalah ombak, pasir pantai, dan lain sebagainya.

Earthquake: gempa bumi

Earthquake atau gempa bumi adalah salah satu fenomena alam yang cukup sering terjadi, terutama di Indonesia. Earthquake biasanya terjadi karena adanya pergeseran lempeng di dalam bumi dan menyebabkan munculnya getaran di permukaan bumi.

Earthquake diukur menggunakan alat bernama Seismometer dan disebut dalam satuan Skala Ritcher. Tidak semua earthquake memiliki Skala Ritcher yang tinggi. Earthquake yang memiliki Skala Ritcher rendah tidak terlalu membahayakan, bahkan bisa jadi tidak terasa getarannya.

Aftershock: gempa susulan

Sesuai dengan namanya, aftershock (gempa susulan) adalah gempa yang muncul setelah gempa utama terjadi. Di satu sisi, aftershock biasanya memiliki kekuatan yang lebih kecil dibanding gempa sebelumnya atau gempa utama.

Namun di sisi lain, aftershock terbilang membahayakan karena tidak terprediksi kedatangannya. Selain itu, ada juga beberapa kasus dimana aftershock yang muncul ternyata lebih kuat dibanding gempa utama yang terjadi sebelumnya.

Stream: aliran

Salah satu bagian dari permukaan bumi yang cukup sering ditemui adalah stream atau aliran. Stream mencakup berbagai aliran air yang mengalir di atas permukaan bumi. Baik aliran air yang terbentuk alami maupun yang dibuat oleh manusia.

Stream ini merupakan aliran air yang tidak sebesar dan sepanjang lautan, apalagi samudra. Beberapa jenis stream yang mungkin pernah kamu temui juga adalah sungai, danau, waduk, air terjun, kolam, sumur, dan lain sebagainya.

Depression: cekungan

Hal yang perlu kamu ingat adalah istilah depression dalam Geologi berbeda dengan depression dalam Psikologi. Dalam Geologi, depression merupakan bagian permukaan bumi yang membentuk cekungan karena fenomena alam yang terjadi.

Depression menyebabkan bagian tersebut menjadi lebih rendah dibanding bagian lainnya. Beberapa bentuk depression adalah lembah, palung, dan daratan yang lebih rendah serta cekung lainnya. Permukaan bumi yang mengalami depression juga bisa terbentuk menjadi danau.

Gemstone: batu berharga

Gemstone adalah batu-batuan yang berasal dari dalam bumi dan memiliki nilai berharga. Gemstone biasanya berbentuk indah dan berkilauan. Karena sulit didapatkan dan langka, gemstone menjadi barang berharga yang dipuja banyak orang terutama oleh kaum wanita.

Salah satu jenis gemstone yang terkenal adalah batu permata yang sering menjadi bahan perhiasan. Gemstone yang masih mentah dan baru ditemukan dari dalam bumi biasanya masih berbentuk kasar. Untuk itu, gemstone perlu dipotong dan dibentuk agar terlihat lebih cantik.

Iceberg: gunung es

Sesuai dengan namanya, iceberg atau gunung es adalah bongkahan es yang ada di perairan. Iceberg yang terlihat seperti bongkahan es mengambang begitu saja diatas perairan yang terbuka. Bentuknya mungkin tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan gunung biasa yang ada di daratan.

Namun sebenarnya bongkahan es yang terlihat itu hanyalah puncak dari iceberg atau gunung es itu. Puncak iceberg hanyalah sekitar 10% dari keseluruhan gunung es yang terdapat di bagian dalam perairan. Dan bagian iceberg yang ada dalam air itu sulit untuk diketahui jika hanya melihat dari puncaknya saja.

Global Warming: pemanasan global

Kamu mungkin sering mendengar istilah yang satu ini, kan? Ya, global warming atau pemanasan global merupakan fenomena Geologi yang sekaligus menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bumi kita saat ini. Global warming adalah fenomena dimana suhu rata-rata bumi meningkat dan mempengaruhi berbagai elemen mulai dari daratan, lautan, hingga atmosfer bumi.

Global warming dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk fenomena alam seperti variasi matahari dan umpan balik awan. Namun selain itu, global warming juga dipicu oleh perbuatan manusia yang tidak ramah lingkungan. Seperti menggunakan peralatan yang mengeluarkan zat berbahaya untuk bumi, kebiasaan yang tidak mempedulikan alam, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa kosakata tentang Geologi dalam Bahasa Inggris berikut penjelasannya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

English Vocabulary: Jobs (Pekerjaan)
Kosakata & Frasa dalam Penerbangan
Kosakata dan Frase yang Digunakan dalam Percakapan Telepon
Kosakata yang Berhubungan dengan Kegiatan Camping / Berkemah
Kosakata Benda / Orang di Rumah Sakit
Vocabulary: Jenis-jenis Kejahatan
English Vocabulary: Part of Day (Bagian Hari)
Kosakata: What Do I Wear?
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension & Vocabulary
Istilah-istilah Suara Hewan (Animal Sound) dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Penjelasannya