sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan I.E. dalam Kalimat Bahasa Inggris

Penggunaan i.e dalam bahasa Inggris memang tak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Singkatan i.e. sendiri berasal dari bahasa Latin Ied est yang maknanya “In other word” (yakni, yaitu). Penggunaan singkatan ini lebih untuk menjelaskan atau menegaskan pernyataan dari kalimat pertama.

Jadi berbeda dengan e.g. yang digunakan untuk menyebutkan examples atau contoh. Mungkin Anda akan merasa sedikit bingung kapan harus menggunakan i.e. saat menulis esai atau proposal bisnis, sebab terkadang penulisannya kerap tertukar dengan e.g.

Biar tidak bingung lagi dan kalimat Anda jadi lebih meyakinkan, simak dulu ulasan berikut ini.

Penempatan yang Tepat dalam Kalimat

Penggunaan i.e. dalam sebuah kalimat harus diperhatikan penempatan dan peruntukannya dengan tepat. Gunakan singkatan i.e. ini untuk menjelaskan isi dari kalimat sebelumnya. Agar pembaca mendapatkan informasi yang tepat dan jelas. Untuk itu, kalimat lanjutan ini harus menjelaskan secara detail dari informasi yang ada di kalimat awal.

Contohnya saja,

  • “I am a vegan, i.e., I do not eat any animal-based products” (Saya seorang vegetarian, yakni saya tidak mengkonsumsi semua makanan yang berbasis hewani.)
  • “He works the night shift, i.e., from 12 pm to 5 am. (Laki-laki itu bekerja pada shift malam, yakni dari jam 12 malam sampai jam 5 pagi.

Jangan Gunakan i.e. untuk Menyebutkan for Example atau Such As

Singkatan i.e. tak seharusnya digunakan untuk menyebutkan for example (contohnya) pada pembaca. Tetapi digunakan untuk menjelaskan sebuah pernyataan. Alih-alih menggunakan singkatan i.e., ada baiknya gunakan e.g. yang lebih sesuai untuk menjelaskan kalimat berisi contoh yang dimaksud. Karena singkatan e.g. berasal dari bahasa Latin Exempli gratis yang memiliki makna for example (contohnya).

Perhatikan contoh kalimat berikut,

  • Salah: “I do not like eating seafood, i.e., shrimp, shellfish and lobster.” ( Saya tidak suka makan makanan laut, yakni udang, kerang dan lobster.)

Benar: “I do not like eating seafood, e.g., shrimp, shellfish and lobster.” ( Saya tidak suka makan makanan laut, contohnya udang, kerang dan lobster.)

  • Salah: She likes poetry about love, g., poems that explore matters of the heart” (Wanita itu menyukai puisi tentang cinta, contohnya puisi yang mengeksplorasi tentang apa yang terjadi dengan hati.)

Benar: She likes poetry about love, e., poems that explore matters of the heart” (Wanita itu menyukai puisi tentang cinta, yakni puisi yang mengeksplorasi tentang masalah hati.)

Gunakan untuk Kalimat Informal

Penggunaan i.e. dalam bahasa Inggris lebih dianjurkan untuk penggunaan dalam korespondensi informal. Seperti surat atau email untuk teman, atau menulis catatan singkat. Jika Anda ingin menulis surat atau dokumen yang lebih formal, maka lebih dianjurkan untuk menggunakan frasa “that is” atau “ini other words“.

Dalam beberapa kasus, penggunaan i.e. dalam esai, artikel berita, paper akademik mungkin masih diperbolehkan. Ada baiknya untuk selalu melakukan double check dan memperhatikan instruksi yang diberikan ketika ingin menggunakan singkatan i.e. dalam paper atau esai.

Format Penulisan i.e. dalam Kalimat

Ketika menggunakan singkatan i.e. dalam kalimat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mengurangi kesalahan grammar. Berikut beberapa hal diantaranya.

  1. Penulisan singkatan i.e. harus selalu menggunakan huruf kecil dengan diikuti dengan tanda baca titik dibelakang huruf tersebut.

Contohnya.

    • “I don’t like eating raw fish,e., sashimi and sushi. (Saya tidak suka makan ikan mentah, yaitu sashimi dan sushi.
    • “She ia a vegan, e., she do not eat any animal based product. (Gadis itu seorang vegetarian, yaitu dia tidak mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar produk hewani.)
  1. Jangan menuliskannya dengan huruf miring atau bold (tebal). Anda tak perlu menuliskannya dengan format berbeda dengan tulisan yang lain.

Contohnya saja,

    • “I don’t like eating raw fish, e., sashimi and sushi. (Saya tidak suka makan ikan mentah, yaitu sashimi dan sushi.
    • “I don’t like eating raw fish, e., sasshimi and sushi. (Saya tidak tidak suka makan ikan mentah, yaitu sashimi dan sushi.)
  1. Letakan tanda baca koma sebelum dan sesudah penulisan i.e. dalam kalimat. Agar pembaca melihat dengan jelas informasi apa yang Anda ingin sampaikan setelah i.e. di kalimat yang dimaksud.

Contohnya,

    • “Anita prefers native plants in the garden,e., plants that naturally grow in the area” (Anita lebih suka menanam tanaman di kebun, yaitu tanaman yang secara natural tumbuh di lahan.)
  1. Jangan menempatkan i.e. di awal atau akhir kalimat, tapi di bagian tengah kalimat. Karenanya singkatan ini harus selalu ada di bagian pertama atau tengah kalimat. Agar kalimat yang dibuar secara gramatikal benar.

Perhatikan contoh penempatan singkatan i.e. yang salah berikut ini:

    • i.e. she likes super herpes. (Yakni dia menyukai super Hero)
    • She likes super heroes, e. ( Dia menyukai super hero?)

Contoh yang benar,

    • She likes super heroes, e. someone who has the power to save the world. (Dia suka super Hero, yaitu seseorang yang memiliki kekuatan untuk menyelamatkan dunia.)

Demikian tadi informasi yang menarik tentang penggunaan singkatan i.e. dalam kalimat bahasa Inggris.Setelah tahu dimana letak penempatannya, sekarang jangan sampai salah lagi ya!

 

Penggunaan I.E. dalam Kalimat Bahasa Inggris