sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Choose vs Elect vs Select vs Pick

Keempat kata di atas merupakan kata-kata yang kerap digunakan untuk menyatakan pilihan atau melakukan tindakan memilih. Pada dasarnya, keempat kata tersebut pun merupakan kata kerja yang sama-sama memiliki arti “memilih”.

Nah, sampai di sini kira-kira tambah bingung, nggak, tentang bagaimana cara membedakan keempat kata tersebut?

Ternyata, meski dapat digunakan secara bergantian, keempatnya sebenarnya memiliki sedikit perbedaan dalam “cara” memilih. Berikut ini akan kami coba jelaskan bagaimana perbedaan keempat kata tersebut. Perhatikan pula contoh-contoh kalimat yang juga kami sertakan dalam penjelasan di bawah ini.

Choose

CHOOSE merujuk pada pilihan atau tindakan memilih yang hati-hati. Kata ini lebih tepat digunakan bila seseorang menganalisis berbagai pilihan yang ada dan memikirkan pro-kontra akan pilihan-pilihan tersebut. Seseorang akan memiliki preferensi dalam memilih sesuatu setelah melalui pertimbangan.

Kata ini merupakan kata kerja berbentuk present participle, sedangkan bentuk past simple-nya adalah chose, dan past participle-nya adalah chosen.

Contoh:

  • We choose to have a simple wedding and use the money for a startup business instead. (Kami memilih pernikahan sederhana dan menggunakan uang yang ada untuk memulai bisnis)
  • I like all the options, so I’m fine with whatever you choose. (Saya suka dengan semua pilihan yang ada, jadi saya oke dengan apa pun yang kamu pilih)
  • Dad was chosen as the speaker note in a conference. (Ayah terpilih sebagai pembicara utama di sebuah konferensi)

Elect

ELECT lebih identik dengan pilihan atau tindakan memilih yang berbasis voting. Kata ini sering digunakan secara bergantian dengan select dan meski keduanya merupakan sinonim, tetapi bila proses pemilihannya berkaitan dengan urun suara terbanyak, maka kata elect lebih tepat digunakan.

Contoh:

  • Joko Widodo is elected as the president of Republic Indonesia for 2014-2019 period. (Joko Widodo terpilih sebagai presiden Republik Indonesia untuk periode 2014-2019)
  • We should never elect a corrupt leader. (Kita jangan pernah memilih seorang pemimpin yang korup)
  • She’s been elected as the new leader of her party by 241 votes, beating her three other candidates who were her senior. (Ia terpilih sebagai ketua partai yang baru dengan 241 suara, mengalahkan tiga kandidat lain yang merupakan seniornya)

Select

SELECT lebih merujuk pada tindakan memilih sesuatu dari kelompok, grup, atau golongan. Kata ini terasa lebih formal ketimbang choose. Dalam perbandingannya dengan choose pun kata ini terasa lebih memiliki unsur kompetisi dan lebih jarang digunakan sebagai kata kerja.

Contoh:

  • He is one of the three people who are selected for the scholarship. (Dia merupakan salah satu dari tiga orang yang terpilih sebagai penerima beasiswa)
  • She’s selected the sleeveless wedding dress with lace. (Ia memilih baju pengantin yang berenda dan tanpa lengan)
  • The manager has to select the best applicants for new recruits in his office. (Sang manajer harus memilih pelamar terbaik sebagai karyawan baru di kantornya)

Pick

PICK merupakan kata yang paling terasa kasual dan informal di antara keempat verba dalam artikel ini. Namun, bila dibandingkan dengan choose dan select, pick tidak terlalu membutuhkan pertimbangan yang mendalam. Seseorang akan “pick something” karena hal tersebut adalah hal pertama yang ia lihat, misalnya. Kata ini juga

Contoh:

  • I will just pick the cheapest one from the shelf and get out of the store as soon as possible. (Saya akan memilih yang paling murah dari rak tersebut dan secepatnya keluar dari toko)
  • You can pick which ever clothes you like. (Kamu bisa memilih baju mana pun yang kamu suka)
  • I think my parents were lying when they said they couldn’t pick which one of their children that they love the most. I believe I’m their favorite. (Kurasa orangtuaku berbohong saat mereka bilang bahwa mereka tidak bisa memilih mana anak yang paling mereka sayangi. Aku yakin akulah anak favorit mereka)

Kini cobalah untuk mengerjakan soal-soal latihan di bawah dengan mengisi bagian kalimat yang kosong dengan choose, elect, select, maupun pick. Perhatikan baik-baik mana kata yang paling tepat untuk digunakan dalam kalimat di bawah ini melalui penjelasan yang telah kami berikan di atas. Selamat belajar!

  1. I think I flunked my test. I really didn’t know which answer to ____ for half of the questions.
  2. Now, I want you to ____ three numbers from 1 to 99 and wait for my next instruction.
  3. She accidentally ____ the most raw avocado and it tastes bitter as hell.
  4. Have you ____ your order yet, Ma’am?
  5. Mom was too overwhelmed by the options, she couldn’t ____ which one she liked the most.
  6. Tomorrow, she will come and ____ some books to borrow from my collection.
  7. The panel of jury has ____ top three contestants to compete in the final round.
  8. The ____ mayor won the election by rigging the ballot box.
  9. Mom ____ out the least interesting topic on dinner tonight and everybody was too lazy to chime in.
  10. I’m afraid I ____ the wrong person to do this job.

Jawaban: 1. Choose 2. Pick 3. Picks 4. Choosen 5. Choose 6. Select 7. Selected 8. Elected 9. Picked 10. Chose

 

Perbedaan Choose vs Elect vs Select vs Pick


 
Tips Berlaku Sopan dalam Budaya Inggris
Perbedaan Though, Although, Even Though, Despite, In Spite Of
Perbedaan Somehow Vs Anyhow Vs Somewhat Vs Somewhere
Perbedaan Safe vs Save, Safe vs Secure, Safety vs Security, Fail Save vs Fail Secure
Anggota Keluarga (Perbedaan uncle, aunt, cousin, son, daughter, niece, nephew, dll)
Kalimat Ungkapan Bahasa Inggris untuk Menyatakan Persetujuan (Expressing Agreement)
15 Cara Mengutarakan Maksud (Expressing Intention) dalam Bahasa Inggris
Beberapa Cara Alternatif Mengucapkan “I Don’t Know” dalam Bahasa Inggris
26 Ucapan Hari Ibu dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya
25 Ucapan Lebaran dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya