sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan tentang Kriminalitas dalam Bahasa Inggris

Kriminalitas adalah suatu perbuatan yang dilkukan seseorang atau sekelompok orang yang pada dasarnya merugikan orang lain dan melanggar hukum yang berlaku. Meskipun kita sangat menghindari untuk bersinggungan dengan hal tersebut, namun tak jarang kita tau teman akan menghadapi kejadian kriminalitas dalam kehidupan sehari-hari.

Kriminalitas dapat berupa, pencurian, tindak kejahatan lain, pelanggaran hak, perampokan, perkelahian, balapan liar, mengkonsumis alkohol maupun narkoba, dan tindak kejahatan lainnya. Di beberapa negara mungkin mengkonsumsi alkohol diijinkan namun dengan syarat tertentu dan dengan kadar tertentu sehingga tidak merugikan orang lain.

Jika di Indonesia sendiri tindakan seperti minum alkohol atau mabuk merupakan tindakan kriminal. Termasuk berjudi yang mungkin beberapa negara diijinkan dan merupakan hal yang wajar.

Kriminalitas yang Terjadi dalam Kehidupan Sehari-hari

Tak jarang kita akan terlibat dalam percakapan yang membahas tentang kriminalitas. Bisa berupa berita kriminalitas, ataupun pengalaman yang anda rasakan atau orang lain rasakan tentang kejadian tersebut. Tingginya angka kriminalitas tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat anda akan terlibat di dalamnya.

Pada ulasan kali ini, kita akan membahas percakapan dengan topik seputar kriminalitas. Untuk lebih jelasnya mari kita simak contoh percakapan di bawah ini.

1. Berkomentar tentang berita kriminal

Tentu kita sering melihat berita baik melalu televisi, radio, atau social media yang berkaitan dengan kriminalitas. Berikut merupakan percakapan yang menanggapi berita tentang tindak kriminalitas :

Ali: Hey, did you hear the news lately? (Hei, kau dengar berita akhir-akhir ini gak?)

Ahmad: What’s the matter? (Ada apa memangnya?)

Ali: In the shop house across yesterday there was a robbery. (Di Ruko seberang kemarin terjadi perampokan.)

Ahmad: Reallya? That’s terrible! And what happened next? (Benarkah? Mengerikan sekali! Lalu apa yang terjadi?)

Ali: I heard all the valuables things are carried away, but luckily the owner wasn’t there so they were save and there were no fatalities. (Kudengar semua barang berharga habis dibawa lari, namun untungnya sang pemilik tidak disana sehingga mereka selamat dan tidak ada korban jiwa.)

Ahmad: Thank God, but how could that happened huh? (Syukurlah, tapi bagaimana itu bisa terjadi ya?)

Ali: I guess the suspect are insiders, since all the system have been turned off. (Kurasa pelakunya orang dalam, karena semua sistem dimatikan.)

Ahmad: Did the police now the suspects? (Apakah polisi sudah mengetahui pelakunya?)

Ali: Yes, the police came here to check the CCTV. And i think they know the suspect. (Ya, tadi polisi kesini mengecek CCTV. Dan kurasa mereka sudah tau pelakunya.)

Ahmad: I hope they were immediately caught. (Semoga pelakunya segera tertangkap.)

2. Menjadi Korban Kriminalitas

Mungkin kita atau teman kita pernah menjadi korban tindakan kriminal, berikut contoh percakapan yang mungkin terjadi :

Ben: Are you okay Dan? (Kau baik-baik saja Dan?)

Dani: No (Tidak)

Ben: What’s wrong? You look pale. (Ada apa? Kau terlihat pucat.)

Dani: I got robbed! (Aku baru saja dirampok.)

Ben: What? How come? By who? (Apa? Bagaimana bisa? Oleh siapa?)

Dani: I was walking in the X street, i did not see him coming. Some guy in the street just mugged me. That was terrible. (Aku sedang berjalan di jalan X, aku tidak melihatnya datang. Seorang pria di jalan tersebut merampokku. Sangat mengerikan.)

Ben: Are you hurt or something? (Apa kau terluka?

Dani: I’m okay, but he stole everything. (Aku tak apa, tapi dia mengambil semuanya.

Ben: You have to go to police station now. Make a report. (Kau harus segera ke kantor polisi. Buatlah laporan.

Dani: That’s right, would you mind to take me there? (Benar, maukah kau mengantarku kesana?

Ben: Of course, just drink this i will take the keys to my car first. (Tentu saja, minum ini dulu aku ambil kunci mobilku dulu.)

Dani: Thanks Ben. (Terima kasih Ben.)

3. Diskusi tentang Kriminalitas dan Aparat Penegak Hukum

Pada contoh selanjutnya kita akan mulai membahas percakapan seputar diskusi tentang kriminalitas maupun peranan penegak hukum di sekitar kita. Untuk lebih jelasnya mari simak contoh berikut:

Ana: The crime rate in my city is getting higher. (Angka kriminalitas di kotaku sekarang semakin tinggi.)

Ema: I think it’s not only happened in your city An, in my place it happened too. In the past we often left our bike in front of our hourse without worrying it might be stolen, but now even though it’s locked, there is still theft. (Kurasa tidak hanya di kotamu An, di tempatku pun seperti itu. Dulu bahkan kita sering meninggalkan motor di depan rumah tanpa khawatir akan dicuri, namun sekarang meskipun sudah dikunci dan dijaga tetap saja ada tindak pencurian.)

Ana: Yes i think now people are increasingly brave againts the law. Isn’t it? (Ya kurasa sekarang orang semakin berani melawan hukum. Bukankah begitu?)

Ema: The law enforcement officers should act harder to decrease those matter. (Aparat penegak hukum harus bertindak lebih keras lagi untuk mengurangi dampak hal tersebut.)

Ana: How is the law enforcement in your city Em? (Memang bagaimana penegakan hukum di kotamu Em?)

Ema: Well, they are quite good, but sometimes we forgot little details. It is better to be more active of giving education and use social media to avoid those matters. (Ya mereka sudah bertindak cukup baik, tapi terkadang hal-hal kecil sering dilupakan. Ada baiknya jika mereka mulai aktif memberikan penyuluhan dan memanfaatkan media sosial untuk mencegah hal-hal tersebut.)

Ana: I guess we need to increase ourselve’s awareness and society like holding a night watch and so forth. (Kurasa kita juga harus mulai meningkatkan kesadaran sendiri dan lingkungan seperti mengadakan jaga malam dan sebagainya.)

Ema: Yup, we need those soon. (Yup, kurasa itu harus digerakkan lagi.)

Demikian contoh percakapan tentang kriminal maupun diskusi ringan yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah belajar dari hal yang mudah, bahasa Inggris sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Semoga bermanfaat.

 

Contoh Dialog: Manner Adverbs
English Conversation: Percakapan Negosiasi Harga Jual Beli
Dialog Bahasa Inggris: Membuat Kue
Bagaimana Bercerita dengan Baik dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris Menanyakan ke Tata Usaha Jadwal Bimbingan Skripsi
Percakapan Bahasa Inggris Menanyakan Jumlah
Contoh Dialog Bahasa Inggris: Dinner Invitation
Percakapan Memesan Tiket Kereta di Indomaret
Percakapan Mengenai Negosiasi Antar Perusahaan
Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris