sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Simbol Matematika dalam Bahasa Inggris

Pasti sebagian besar di antara kita semua pernah bertanya-tanya simbol matematika seperti +, – atau √ disebut apa dalam Bahasa Inggris. Kita juga pasti penasaran bagaimana cara pengucapannya. Untuk menjawab rasa keingintahuan kita semua, artikel kali ini akan membahas tentang simbol-simbol matematika umum dalam Bahasa Inggris. Artikel ini juga akan menyediakan nama sekaligus cara pelafalan dari simbol-simbol matematika tersebut. Mari kita langsung lihat artikelnya.

Math Symbols

  • =

Simbol = disebut sebagai equality. Cara membaca simbol ini adalah equals, is equal to, atau is.

Contoh: y = 7 bisa dibaca y equals seven, y is equal to seven, atau y is seven

  • +

Simbol + disebut sebagai addition. Cara membacanya adalah plus atau added to.

Contoh: 2 + 3 = 5 bisa dibaca two plus three equals five atau two added to three equals five

Keterangan: Dalam hal bilangan positif dan negatif (misal: -1, +1), bilangan positif dibaca plus (bukan added to). Misal: +6 dibaca plus six.

Simbol – disebut dengan substraction. Cara membacanya adalah minus.

Contoh: 8 – 1 = 7 dibaca eight minus one is seven

Selain itu, kita juga bisa membaca simbol – sebagai subtracted from. Untuk menggunakan subtracted from, kita harus membaca bilangan keduanya terlebih dahulu sebelum membaca bilangan pertama. Contoh: 8 – 1 = 7 –> 8 adalah bilangan pertama dan 1 adalah bilangan kedua, sehingga dibaca one subtracted from eight is seven

Keterangan: Dalam hal bilangan positif dan negatif, bilangan negatif tetap dibaca minus (bukan subtracted from). Misal: -1 dibaca minus one.

  • x

Nama Bahasa Inggris dari simbol x dalam matematika adalah multiplication. Simbol ini dibaca times atau multiplied by.

Contoh: 4 x 5 = 20 bisa dibaca four times five is equal to twenty atau four multiplied by five is equal to twenty.

Keterangan: Selain dengan x, simbol multiplication juga disimbolkan dengan . (multiplication dot atau titik perkalian) dan * (asterisk atau tanda bintang). Misal: 4.5 = 20 atau 4*5 = 20 memiliki cara baca yang sama dengan 4 x 5 = 20

  • ÷

Simbol ÷ dalam matematika disebut sebagai division. Cara membacanya adalah divided by.

Contoh: 20 ÷ 2 = 10 dibaca twenty divided by two equals ten

  • /

Sama seperti simbol ÷, simbol / dalam matematika juga disebut sebagai division. Simbol ini bisa dibaca divided by atau over.

Contoh: 9 / 3 = 3 bisa dibaca nine divided by three is three atau nine over three is three

Keterangan: Simbol / juga digunakan dalam bilangan pecahan. Misalnya saja 1/2, 1/4, 3/5, dsb. Akan tetapi, bilangan pecahan memiliki cara penyebutannya sendiri. Untuk itu, jangan membaca 1/2 menjadi one divided by two atau 3/5 menjadi three over five. Cara yang benar untuk mengucapkan 1/2 adalah one half dan 3/5 adalah three fifths. Kita akan mempelajari cara pengucapan bilangan pecahan ini di lain waktu.

Simbol < dikenal sebagai sebutan strict inequality. Simbol ini dibaca is less than (lebih kecil dari).

Contoh: 7 < 8 dibaca seven is less than eight

  • >

Simbol > juga dikenal sebagai simbol strict inequality. Simbol ini adalah kebalikan dari simbol <. Cara membaca simbol > adalah is greater than (lebih besar dari).

Contoh: 4 > 2 dibaca four is greater than two

≤ disebut dengan simbol inequality. Cara membaca simbol ini adalah is less than or equal to (lebih kecil dari atau sama dengan).

Contoh: p ≤ q dibaca p is less than or equal to q

Sama seperti simbol ≤, simbol ≥ juga disebut sebagai simbol inequality. Cara membacanya adalah is greater than or equal to (lebih besar dari atau sama dengan).

Contoh: x ≥ y dibaca x is greater than or equal to y

Simbol √ disebut dengan square root. Cara membacanya adalah square root, root, atau the square root of.

Contoh: √9 bisa dibaca square root nine, root nine, atau the square root of nine

  • ()

Simbol () disebut parentheses dalam Bahasa Inggris. Ada tiga cara membaca simbol ini, yakni (1) quantity . . . close quantity, (2) parenthesis . . . close parenthesis, (3) left parenthesis . . . right parenthesis.

Contoh: 8 (6 + 2) bisa dibaca: (1) eight, quantity, six plus two, close quantity, (2) eight, parenthesis, six plus two, close parenthesis, atau (3) eight, left parenthesis, six plus two, right parenthesis.

Keterangan: penyebutan parenthesis bisa disingkat menjadi paren.

  • Pangkat

Di dalam Bahasa Inggris, pangkat disebut dengan power. Cara membaca pangkat dalam Bahasa Inggris tergantung bilangan pangkatnya. Adapun jika berpangkat 2 atau x2 dibaca squared, jika berpangkat 3 atau x3 dibaca cubed, dan jika berpangkat 4 atau x4 dibaca to the fourth atau to the power four. Untuk pangkat dengan angka selain 2, 3, dan 4 dibaca to the (number), to the (number+th), atau to the power (number).

Contoh:

    • 92 dibaca nine squared.
    • 93 dibaca nine cubed.
    • 94 dibaca nine to the fourth atau nine to the power four.
    • 97 bisa dibaca nine to the seven, nine to the seventh, atau nine to the power seven

Demikianlah artikel tentang simbol matematika dalam Bahasa Inggris. Semoga artikel ini bisa sedikitnya menghapus rasa penasaran kita akan penyebutan simbol matematika dalam Bahasa Inggris. Masih banyak simbol matematika lainnya. Kita akan mempelajarinya di kesempatan lain.

 

Simbol Matematika dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Perhitungan Matematis dalam Bahasa Inggris