sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Bagaimana Memperbaiki Pengucapan Bahasa Inggris (How to Improve English Pronunciation)

Bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris adalah salah satu cara untuk melatih kemampuan bicara. Berbicara dengan native atau non-native speaker memiliki perbedaan dalam hal pengucapan.

Baik dialek maupun aksen dapat menyebabkan lawan bicara salah paham dengan apa yang diucapkan. Anda pun bisa tidak percaya diri karena lawan bicara tidak memahami saat Anda berbicara dalam Bahasa Inggris.

Tips Belajar Pronunciation Bahasa Inggris

Pengucapan atau pronunciation adalah keahlian penting lainnya untuk dikuasai. Selain dari penguasaan kosa kata, menulis, berbicara atau mendengar. Mahir berbicara Bahasa Inggris juga perlu mengasah kemampuan pengucapannya.

Hal ini dapat dipelajari dan dilatih. Aktor belajar untuk menggunakan aksen tertentu. Pembicara dunia juga menghabiskan waktu untuk menghilangkan aksen yang memberikan arti ambigu.

Oleh karena itu bila memberikan cukup perhatian maka siapa saja dapat meningkatkan kemampuan pengucapan Bahasa Inggrisnya. Berikut adalah tips dan trik yang dapat dipelajari untuk menguasai pengucapan Bahasa Inggris bagai seperti native speaker.

  1. Pelan-pelan

Lawan bicara Anda mungkin berbicara dengan cepat tanpa masalah. Tidak perlu mengikuti ritme dan cara bicara orang lain. Perhatikan pengucapan  dengan mengatakannya dengan berlahan. Dengan demikian Anda dapat menghidari membuat kesalahan pengucapan.

Selain itu kalau berbicara dengan ritme berlahan maka dapat dengan mudah mengetahui bila membuat kesalahan. Karena pengucapan hanya dapat diketahui bila berbicara. Jadi teruslah berlatih bicara Bahasa Inggris dan lakukanlah dengan pelan-pelan.

  1. Pemenggalan Kata

Kata Bahasa Inggris terdiri dari beberapa pemenggalan kata atau syllables. Bila ingin memiliki pronunciation lebih jelas maka gunakan pemenggalan kata saat mengatakan sebuah kata yang Ada tidak kenal arti atau pengucapannya.

    • Con-vi-ni-ent (nyaman)
    • Sus-tain-na-ble (berkelanjutan)
    • An-ni-ver-sa-ry (hari jadi)
    • Cam-for-ta-ble (nyaman)
    • Dis-sa-po-int-ment (mengecewakan)

Ucapkan ejaan kata-kata sulit dengan menggunakan pemenggalan katanya. Dengan demikian Anda dapat melatih pengucapan dan jadi lebih terbiasa memakainnya dalam kehidupan sehari-hari. Jangan hindari pemakaian kata sulit hanya karena tidak dapat mengucapkannya. Semakin sering dipakai makan akan semakin meningkatkan penguasaan pronunciation Anda.

  1. Gerakan Mulut

Perhatikan gerakan mulut dan lidah kala berbicara atau mengucapkan sebuah kata. Ada gerakan mulut tertentu untuk dapat mengucapkan sebuah kata yang baik dan benar. Anda dapat memperhatikan aktor di televisi ketika sedang berbicara. Bila ada penutur asli disekitar Anda bisa juga dijadikan model untuk diperhatikan.

Anda dapat juga menyewa ahli bahasa untuk dapat melatih gerakan mulut agar dapat mengucapkan kata Bahasa Inggris dengan benar. Dengan latihan baik sendiri atau bantuan orang lain Anda dapat berlatih dan memastikan ucapan sudah benar atau perlu dibenarkan.

  1. Rekam Suara

Ketahui error pada pengucapan Anda dengan melakukan rekam suara. Setelah berbicara, Anda bisa mendengar ulang bagaimana suara Anda dalam Bahasa Inggris. Dengarkan dan perbaiki untuk kata-kata yang kurang jelas.

Melakukan hal ini bisa jadi cara evaluasi diri.  Namun perlu diingat bahwa terlalu fokus pada kesalahan dapat membuat kurang percaya diri. Terus berlatih walau ada kesalahan disana-sini.

Pronunciation adalah kemampuan penting untuk memperlancar suatu Bahasa, namun jangan jadikan sebagai barometer keharusan. Asalkan Anda percaya diri dalam berbicara dan berlatih, maka kemampuan itu akan dikuasai secara natural.

  1. Dengar Radio

Siaran Radio dalam Bahasa Inggris adalah cara efektif untuk melatih pengucapan. Anda dapat meniru pengisi acara untuk mengetahui pengucapan yang benar. Fokuskan hanya untuk pengucapan dan menirunya.

Podcast adalah cara lain yang lebih kekinian untuk mendengarkan siaran dalam Bahasa Inggris. Baik radio maupun Podcast memberikan keunggulan dalam mengasah kemampuan mendengar dan mengimitasi pengucapan Bahasa Inggris.

Pilih topik yang Anda sukai agar betah berlama-lama mendengarkannya. Selain dapat ilmu baru Anda dapat berlatih mendengarkan pengucapan baik alur maupun ritme. Sehingga bisa menirunya sesuai dengan gaya bicara Anda sendiri.

  1. Nonton Acara TV

Kini banyak acara siaran Bahasa Inggris dengan terjemahan dalam Bahasa Inggris. Gunakan untuk memperhatikan kata dalam Bahasa Inggris dan pengucapannya. Perhatikan tulisan dan pronunciationnya.

Anda dapat belajar lebih banyak bagaimana menekankan intonasi, pemenggalan kata dan memakai kata-kata tertentu dalam kalimat. Ada banyak hal yang dapat diamati dengan memperhatikan dialog dan adegan dari siaran televisi.

  1. Gunakan Media Pendukung Lainnya

Kini media sosial semakin beragam. Anda dapat mengakses youtube untuk mencari materi tentang pronunciation. Membuat channel khusus untuk saling berlatih Bahasa Inggris dan saling memberikan masukkan adalah cara seru dalam mengasah kemampuan pengucapan.

Selain itu ada Facebook group yang memiliki minat yang sama dalam hal pronunciation. Twitter dan instagram juga bisa dijadikan media mengasah kemampuan pengucapan dalam Bahasa Inggris. Cari material dan media yang Anda sukai dan asalh kemampuan pengucapan yang benar dengan cara menyenangkan.

  1. Baca Keras atau Read Aloud

Latihan dapat meningkatkan semua kemampuan yang ingin diasah. Melatih pengucapan dalam Bahasa inggris dapat dilakukan dengan membaca atau berbicara dengan pengucapan yang ditekankan. Lakukan terutama untuk kata baru atau kata yang dianggap sulit.

Sebelum merasa pengucapan kata tersebut dikuasai lakukan dengan keras atau dilebih-lebihkan. Hal ini akan jadi pembiasaan cara bicara. Setelah merasa sudah menguasainya baru dapat mengucapkannya dengan natural.

  1. Pelajari Per kata

Perlu waktu untuk menguasai kosa kata demikian juga dengan pronunciation. Jangan bebani diri dengan hafalan pengucapan dalam jumlah banyak. Lakukan sedikit demi sedikit sesuai dengan penggunaan sehari-hari.

Berlatih pengucapan perlu dilakukan secara konsisten. Namun perlu diingat juga kalau tiap kata baru perlu waktu untuk diingat dan digunakan. Usia dan latihan menjadi tantangan dalam melakukan hal ini. Jadi pelajari tiap kata sesuai kemampuan dan lakukan senatural mungkin.

  1. Mengkondisikan Situasi

Tidak perlu pergi ke Amerika atau Australia untuk bisa berlatih Bahasa Inggris. Apalagi demi belajar pengucapan yang mengacu ala Inggris atau Amerika yang khas. Buat situasi yang adaptif sehingga tidak ada alasan tidak berlatih.

Anda dapat berkenalan melalui sosial media dengan native speaker. Anda juga bisa mendatangi kedutaan, perpustakaan Amerika atau British Consul untuk mendapatkan pengalaman untuk memperdalam bukan hanya bahasa namun juga budayanya.

Buat situasinya menyenangkan untuk memperdalam pronunciation. Manfaatkan semua indra dan latih secara keseluruhan. Karena ketikan Anda melatih kemampuan speaking sebenarnya pada saat yang sama juga memperdalam kemampuan pronunciation dan listening.

  1. Tongue Twister

Berlatih pengucapan Bahasa Inggris dapat dicoba dengan berlatih dengan Tongue Twister. Sederetan kata yang membuat kalimat dengan pengucapan yang mirip ini dapat jadi latihan yang Anda butuhkan. Berikut beberapa contohnya

    • She sells seashells on the seashore. (Dia menjual cangkang kerang di pinggir pantai)
    • How much wood would a woodchuck chuck? if a woodchuck could chuck wood?
      He would chuck, he would, as much as he could, and chuck as much wood
      As a woodchuck would if a woodchuck could chuck wood
      (berapa banyak kayu yang bisa burung pelatuk patuk? Bila burung pelatuk dapat patuk kayu? Dia akan mematuk, dia akan, sebanyak yang dia bisa, dan mematuk sebanyak kayu yang dia bisa. Kalau burung pelatuk dapat mematuk kayu)
    • Betty Botter bought some butter
      But she said the butter’s bitter
      If I put it in my batter, it will make my batter bitter
      But a bit of better butter will make my batter better
      (Betty Botter membeli beberapa mentega. Tapi dia bilang menteganya pahit. Kalau saya memasukkannya pada adonan saya, itu akan membuatnya pahit juga. Tapi sedikit mentega yang baik dapat membuat adonan saya bagus)
    • I scream, you scream, we all scream for ice cream (saya berteriak, kamu berteriak, kita semua berteriak es krim)
    • I saw a kitten eating chicken in the kitchen (saya melihat anak kucing makan ayam di dapur)
    • If a dog chews shoes, whose shoes does he choose? (kalau seekor anjing mengunyah sepatu, sepatu siapakah yang akan dipilihnya?)
    • I thought I thought of thinking of thanking you (saya berfikir saya berfikir untuk berterima kasih pada mu)
    • Nine nice night nurses nursing nicely (sembilan suster baik yang berjaga di malam hari menjaga dengan baik)
    • We surely shall see the sun shine soon (kami tentu akan melihat matahari bersinar segera)
    • Lesser leather never weathered wetter weather better (semakin sedikit kulit tidak pernah membuat lapuk saat cuaca lebih basah)
  1. Cari Rekan

Belajar bersama lebih menyenangkan dengan adanya rekan. Selain ada lawan bicara, masing-masing dapat saling mengingatkan dan juga membesarkan hati. Ketika ada kesulitan dapat saling mendukung dan memberi semangat.

Memberikan bantuan pada orang lain dalam waktu yang sama mendapatkan bantuan. Jadi tunggu apa lagi? Cari rekan untuk berlatih berbicara Bahasa Inggris yang dapat membantu semua kemampuan Bahasa Inggris termasuk pronunciation.

  1. Bicaralah

Kesulitan terbesar dalam memperbaiki pengucapan adalah terlalu banyak mendengar dan mempelajarinya. Lakukan dengan banyak latihan. Hanya dengan cara itulah kemampuan Anda dapat meningkat.

Bicara, bicara dan bicaralah. Bicara sendiri, bicara dengan teman, bicara dengan kelompok. Ada banyak cara untuk membuat kegiatan berbicara dalam Bahasa Inggris tidak menegangkan dan asyik.

Dengan cara yang Anda sukai maka penguasaan Bahasa Inggris lambat-laut akan dapat dikuasai. Ketika Anda mulai bisa berbicara dengan santai dan alami maka kemampuan tersebut dapat benar-benar terasah.

Kesulitan dalam English Pronunciation

Tidak perlu khawatir bila Anda tidak kunjung dapat berbicara layaknya native speaker. Karena ada saja orang yang terlahir dengan aksen kental atau tidak berbakat dalam bidang bahasa. Jangan jadikan pengasaan pengucapan sebagai hal yang harus dicapai.

Asalkan pengucapan Anda jelas dan tidak diucapkan dengan terburu-buru. Semua percakapan dalam Bahasa Inggris dapat diberitahukan dan diterima dengan baik. Berikut adalah beberapa kesulitan yang dapat muncul saat melakukan pengucapan.

  • Usia – Bila Anda belajar Bahasa Inggris saat tidak muda lagi. Wajar bila kesulitan untuk mengasah kemampuan pengucapan agar dapat mirip dengan native speaker. Tetapkan tujuan yang dapat dicapai seperti cukup bisa dipahami oleh lawan bicara.
  • Waktu – Batasan kesempatan terkespos dengan Bahasa Inggris dapat jadi penghalang menguasai pengucapan yang baik dan benar. Sama halnya saat kita menguasai Bahasa Ibu kita.
  • Meniru Aksen – Beberapa orang lebih mampu meniru aksen dibandingkan orang lain. Hindari merasa tidak percaya diri bila kesulitan meniru aksen native speaker. Fokuskan untuk pengucapan yang jelas dan dipahami saja.

Demikianlah penjabaran panjang bagaimana menguasai kemampuan pronunciation atau pengucapan dalam Bahasa Inggris. Lakukan beberapa tips yang sudah di bahas di atas. Namun, pahami juga adalah berbagai alasan mengapa sulit bagi orang-orang tertentu unuk memperlancar pengucapan Bahasa Inggrisnya.

Akhirnya rasa percaya diri adalah hal terpenting dalam menguasai kemampuan bicara. Anda dapat mengusahakan untuk berbicara dengan artikulasi Inggris yang benar. Namun bila tidak kunjung bicara layaknya native speaker, hindari merasa minder.

Teruslah berbicara dan berlatih. Tidak ada batasan waktu untuk penguasaan sebuah bahasa. Jadi selama Anda berminat untuk menguasainya maka akan selalu ada waktu untuk berlatih dan mewujudkannya. Penguasaan pengucapan bukan sesuatu yang dapat dikuasai dengan cepat.

 

Melatih Pengucapan Bahasa Inggris (Improve English Pronunciation)
Bagaimana Memperbaiki Pengucapan Bahasa Inggris (How to Improve English Pronunciation)