sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Melatih Pengucapan Bahasa Inggris (Improve English Pronunciation)

Belajar menguasai Bahasa Inggris berarti perlu memperhatikan pengucapan atau pronunciation. Walau kamu menguasai tata bahasa, namun pengucapan menentukan apakah orang lain memahami ucapanmu atau tidak.

Melatih pengucapan dalam Bahasa Inggris akan memperlancar percakapan dan menghindari harus mengulang-ulang perkataan karena orang lain tidak memahamimu. Melatih kebiasaan pengucapan bisa dilakukan. Tentu caranya berbeda dengan melatih keterampilan bahasa lainnya seperti mendengar (listening) atau menulis (writing).

Melatih Pengucapan Bahasa Inggris Secara Efektif

Kita perlu menjadikan pengucapan sebagai bagian dalam kehidupan sehari-hari. Semakin sering dilatih, makan semakin cepat kita memiliki pronunciation bahasa Inggris yang lancar dan jelas. Gunakan waktu luang, buat jadwal belajar yang jelas dan berbagai aktivitas lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu coba untuk memperlancar pengucapan bahasa Inggrismu. .

1. Amerika atau Inggris

Secara garis besar kita dihadapi dengan dua pilihan pengucapan Bahasa Inggris. Apakah kita akan memakai pronunciation Amerika atau British? Keduanya memiliki ciri khas yang berbeda. Materi yang dipakai untuk berlatih pronunciation juga jadi berbeda.

Kalau ingin belajar dengan efektif maka putuskan dari awal, apakah akan melatih pronunciation Ala British atau Amerika. Walau ada pronunciation bahasa Inggris lainnya seperti Australia dan lainnya. Mari kita batasi hanya pada dua pilihan tersebut. British tidak mengatakan huruf ‘r’ dengan jelas. Selain itu masih banyak perbedaan pengucapan antara aksen tersebut. Pilih salah satu dan mulailah berlatih.

2. Penekanan Kata dari bunyi

Mulai berlatih dengan memilih kosakata. Kalau percakapan sehari-hari tentu kamu dapat memilih sendiri kata yang sering dipakai. Kalau obrolan lebih spesifik seperti untuk kebutuhan kerja atau belajar, maka belajar pronunciation hendaknya mengikuti kosakata yang sering harus dipakai.

Ada pemenggalan kosa kata atau syllable untuk membantumu mengelompokkan kata-kata. Ada kata yang singkat dengan hanya satu atau dua syllable seperti

    • Fast (cepat)
    • Large (besar)
    • Cute (lucu)
    • Due to (karena)
    • Excited (senang)

Dan ada juga suku kata yang lebih panjang, mulai dari 3 sampai 8 suku kata. Beberapa diantaranya termasuk.

    • Convinient (nyaman)
    • Dissapointment (kekecewaan)
    • Subtitutes (pengganti)
    • Aggrement(persetujuan)
    • Vegetables (sayuran)

Berlatih dengan mengucapkan kata dengan kosakata sedikit dan berlahan beralih ke kata yang lebih panjang. Dengan demikian kamu tidak lelah dalam proses mempelajarinya. Gabungkan kata panjang dan pendek untuk selalu semangat belajar.

3. Berbicara Lebih pelan

Berbicara dengan cepat dalam Bahasa Inggris sah-sah saja kalau orang yang mendengarkan memahaminya. Kalau ucapanmu tidak jelas, maka perlu mengurangi tempo bicara agar lebih mudah dipahami. Dengan demikian kesalahpahaman bisa dihindari dan kamu bisa bicara dengan lancar.

4. Meniru Native Speaker

Gunakan media seperti televisi, radio, youtube dan sumber lainnya untuk meniru bagaimana penutur asli berbicara. Ikuti pengucapan mereka dan berlatihlah dengan rajin. Kini menemukan film atau mini seri sangat mudah. Tinggal kamu mengeksekusinya saja.

5. Berlatih Sendiri

Kendala berbicara Bahasa Inggris mendasar adalah rasa tidak percaya diri. Takut membuat kesalahan hanya akan membuat kemampuan Berbahasa Inggrismu tidak maju-maju. Coba berlatih sendiri dengan materi yang banyak dan mudah didapatkan. Bangun terlebih dahulu rasa percaya dirimu sebelum mulai bercakap-cakap dengan orang lain dalam Bahasa Inggris.

6. Dengarkan Suara Sendiri

Meniru penutur asli memberikan materi dasar abgaimana pengucapan Bahasa Inggris sepautnya dikatakan. Setelah menirunya, jangan lupa untuk merekam ucapanmu sendiri. Hal ini penting sebagai evaluasi untuk menilai seberapa mirip caramu berbicara dengan native speaker. Terapkan goals dan tujuan yang harus dipenuhi jadi cara berlatihmu lebih efisien dan efektif.

7. Melihat Ucapan Sendiri

Ada kata tertentu dalam Bahasa Inggris yang perlu membuka mulut lebar-lebar. Terutama bila kamu termasuk pemalu dan cenderung berbicara dengan suara pelan dan sangat mengendalikan gerakan bibir dan mulut. Coba lihat dicermin bagaimana gerakan mulut dan pronunciationmu. Cukup berbicara memerapa menit di depan kaca dapat melihat dan sekaligus mendengar pengucapanmu.

8. Temukan Lawan Bicara

Kalau sudah melakukan semua hal diatas, maka kini saatnya mencari lawan bicara yang sama-sama ingin berlatih bahasa Inggris. Saling memberikan masukan dan semangat akan mempercepat pengucapanmu agar lebih fasih bagai penutur asli. Ada saja orang yang kesulitan untuk berbahasa Inggris karena aksennya yang kental. Dengan memiliki teman untuk berlatih maka kamu juga dapat mencoba berbicara dan mendapatkan feedback apakah orang tersebut dapat memahami perkataanmu atau tidak. Begitu pula sebaliknya. Lakukan bersama-sama agar kedua pihak merasa diuntungkan. Hindari mendominasi percakapan dan hanya berkonsentrasi dengan pengucapanmu saja.

9. Bernyanyi

Perbaiki pengucapan bukan berarti harus terus-menerus serius. Coba untuk bersantai dan dengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Ikuti nada dan pengucapannya. Cara ini juga terlasuk berlatih kok. Kamu bisa melakukan karaoke dan bernyanyi mengikuti lirik yang disematkan pada lagu. Kamu akan melatih banyak elemen dari pronunciation dengan cara ini. Sebut saja ritme, pengucapan, penekanan dan masih banyak lagi.

10.  Melatih Pengucapan Alphabetical

Tiap mengenal bahasa tertentu kita terlebih dahulu mendengarkan bagaimana tiap alphabet diucapkan. Bahasa Inggris juga memiliki aturan fonetik yang berbeda dengan Bahasa Indonesia. Coba dengarkan tiap kata yang mengikuti aturan International Phonetic Alphabet (IPA). Kemampuan pronuncuiationmu akan jadi lebih terpoles.

Ada banyak cara bagaimana seseorang dapat improve English pronunciation-nya. Gunakan tip dan trik diatas dan sesuaikan dengan seleramu sendiri. Tiap orang akan merasa nyaman dengan cara mereka sendiri. Belajar dengan cara yang kamu sukai akan mempermudah latihanmu dan membuat siapapun betah berlama-lama berlatih.

Sumber:

https://id.pinterest.com/pin/398498267032051357/

 

Bagaimana Memperbaiki Pengucapan Bahasa Inggris (How to Improve English Pronunciation)
English Idiom: Idiom yang Mengandung Nama Buah
Melatih Pengucapan Bahasa Inggris (Improve English Pronunciation)
English Idiom: Idiom untuk Anak-Anak
English Idiom: Idiom di Tempat Kerja
English Idiom: Idiom Tentang Kesedihan
English Idiom: Idiom tentang Umur
English Idiom: Idiom Tentang Marah
English Idiom: Idiom tentang Rindu
English Idiom: Idiom Tentang Suka Cita