sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Bagian-Bagian Bunga dalam Bahasa Inggris

Bunga terkenal dengan keindahannya yang dapat mempercantik suasana dan membuat perasaan lebih baik saat melihatnya. Secara umum, bunga memiliki bagian-bagian yang berfungsi untuk melindungi dirinya dan melakukan proses reproduksi. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai bagian-bagian bunga dalam Bahasa Inggris.

Langsung saja simak bagian-bagian bunga berikut ini, ya!

  • Peduncle / stalk: tangkai / batang bunga

Bagian ini merupakan batang atau tangkai bunga, yang berfungsi untuk menopang bunga itu sendiri. Sebuah tangkai bisa menopang satu hingga beberapa bunga sekaligus, tergantung jenis bunganya.

  • Pedicel: tangkai kecil

Bagian ini merupakan tangkai bunga yang lebih kecil dibanding peduncle atau stalk. Pada satu batang bunga bisa memiliki beberapa pedicel. Karena ini merupakan tangkai kecil, pedicel hanya menopang satu bunga saja.

  • Receptacle: wadah bunga

Bagian ini berada diatas tangkai atau batang bunga langsung dan menjadi wadah dalam bunga. Fungsinya adalah untuk menghubungkan antara bunga dengan tangkai atau batangnya itu sendiri. Selain itu, bagian ini juga berfungsi untuk menopang berat bunga. Pada bunga-bunga tertentu yang bisa berbuah, bagian ini sangat berguna dalam menahan berat buah tersebut.

  • Stamen: benang sari

Stamen atau benang sari adalah alat reproduksi jantan yang ada pada bunga. Stamen memproduksi serbuk sari yang akan dimasukkan ke dalam putik dengan bantuan penyerbuk, seperti angin, lebah, dan kupu-kupu. Jumlah stamen dalam sebuah bunga beragam, mulai dari hanya beberapa saja hingga ratusan.

Stamen terdiri dari dua bagian, yaitu:

    • Filament

Bagian berbentuk silinder yang tipis dan panjang dalam benang sari. Fungsinya untuk menopang kepala sari dan memanjangkannya agar dapat terjangkau oleh penyerbuk.

    • Anther

Dalam Bahasa Indonesia, anther dikenal dengan sebutan kepala sari. Bagian ini berada diatas filament dan berbentuk seperti kantung. Dalam anther, serbuk sari yang memiliki sel reproduksi jantan itu diproduksi. Pada tiap anther terdapat banyak butiran serbuk sari.

  • Pistil / carpel: putik

Putik merupakan organ reproduksi betina dalam bunga, yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan pistil atau carpel. Bentuk putik biasanya seperti pin bowling dengan kantung yang terdapat di dasar bunga. Pistil atau carpel ini memiliki empat komponen di dalamnya, yaitu:

    • Ovary

Dalam Bahasa Indonesia, komponen ini dikenal juga dengan sebutan ovarium. Ovary berada dalam kantung dasar putik, yang memproduksi dan menghasilkan benih yang belum dibuahi atau bakal biji.

    • Ovule

Ovule atau ovula adalah bagian yang terkandung dalam ovary. Ketika penyerbukan berhasil, ovule akan menjadi benih buah. Ovary yang telah dibuahi akan memperbesar dirinya untuk melindungi benih buah atau ovule tersebut dan mengubah bunga menjadi buah.

    • Style

Style adalah bagian panjang dalam putik yang berfungsi menghubungkan ovary dengan stigma. Bentuknya menyerupai tabung, dan melalui tabung inilah serbuk sari dikirimkan menuju ovary agar dapat terjadi penyerbukan.

    • Stigma

Stigma merupakan bagian paling atas pada putik yang berfungsi untuk menangkap serbuk sari. Bentuknya seperti rambut-rambut halus yang lengket, sehingga memudahkan serbuk sari untuk menempel. Dari stigma, serbuk sari ini kemudian dimasukkan melalui style ke dalam ovary untuk dilakukan penyerbukan.

  • Sepal: daun bunga

Sepal adalah daun bunga, tepatnya daun yang tumbuh diujung tangkai bunga dan berada dibawah bunga langsung. Secara umum, sepal berbentuk seperti daun biasa dan berwarna hijau. Namun tergantung juga pada jenis bunganya, dimana sepal bisa saja memiliki warna lain.

Sepal adalah bagian bunga yang pertama tumbuh dan berfungsi untuk melindungi bagian dalam bunga. Sepal merupakan bagian luar bunga yang membentuk kuncup saat bagian dalam bunga mekar. Sepal melindungi bunga mulai dari baru mekar dan mencegahnya menjadi kering.

  • Calyx: kumpulan daun bunga

Calyx adalah beberapa sepal yang terbentuk menjadi sekumpulan daun bunga dan tumbuh mengelilingi bunga. Calyx tumbuh terlebih dahulu untuk melindungi kuncup bunga yang akan tumbuh dan mekar menjadi bunga.

  • Bract: sejenis daun bunga

Bract memiliki fungsi serupa dengan sepal. Bract terdapat pada bunga yang tidak memiliki sepal. Bentuknya sendiri lebih mirip dengan kelopak bunga, tidak seperti daun pada umumnya. Warna bract biasanya cerah. Bentuk dan warna bract ini membuatnya sering menarik perhatian dibanding dengan bunganya sendiri.

  • Petal: kelopak bunga

Kehadiran petal pada bunga berfungsi untuk menarik penyerbuk hewan, seperti lebah, kupu-kupu, serangga, dan burung. Tak heran kalau petal memiliki beragam warna yang menarik dan cerah. Begitu juga dengan bentuk dan ukuran petal yang bervariasi tergantung dengan jenis bunga. Ada petal yang bentuknya berlapis dan menumpuk, ada juga yang seperti terpisah dan berjauhan satu sama lain.

  • Corolla: mahkota bunga

Corolla terdiri kumpulan petal yang membentuk menjadi sebuah lingkaran hingga menyerupai mahkota. Meski begitu, tak semua corolla bentuknya melingkar. Pada beberapa bunga, corolla terbentuk dari petal yang berlapis seperti bunga mawar dan teratai.

Kebanyakan corolla berwarna cerah dan menarik, terutama jika bunga tersebut membutuhkan penyerbuk hewan. Namun jika penyerbuknya berupa angin, corolla bunga biasanya berwarna lebih polos dan tidak cerah karena tidak harus menarik penyerbuk.

  • Buds: kuncup

Buds merupakan kuncup sebelum mekar dan tumbuh menjadi bunga yang sempurna. Buds tumbuh diatas tangkai bunga dan dilindungi oleh daun bunga atau sepal.

  • Thorn: duri

Thorn merupakan duri yang bisa ditemukan baik pada tangkai bunga maupun pada bunga itu sendiri. Fungsinya adalah untuk melindungi bunga. Namun tidak semua bunga memiliki thorn, tergantung dari jenis bunga itu sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian bunga dalam Bahasa Inggris beserta penjelasannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Kosakata tentang Dunia Hukum (Law Related Vocabulary)
Bagian dari Surat Bisnis (Part Of A Business Letter)
English Vocabulary: Computer Parts (Bagian-Bagian Komputer)
Frasa tentang Kebersihan (Housekeeping)
Kosakata yang Berhubungan dengan Telepon
Kosakata Anggota Keluarga Dalam Bahasa Inggris
Vocabulary: Alat Musik (Musical Instrument)
Nama-nama Profesi dalam Bahasa Inggris
Kalimat Kasar dalam Bahasa Inggris & Artinya
Kosakata Benda / Orang di Rumah Sakit