sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Menghafal Vocabulary (Kosakata) Bahasa Inggris

Kosakata adalah elemen yang sangat penting dalam berbahasa. Sepandai-pandainya kita dalam tata bahasa pun, jika kita hanya mengetahui sedikit kosakatanya, akan sulit bagi kita untuk bisa fasih menggunakan bahasa tersebut. Untuk itulah memperkaya pembendaharaan kosakata sangat penting dan wajib dilakukan oleh para pelajar bahasa.

Sebagai orang yang sedang belajar Bahasa Inggris, pasti kita pernah mencoba menghafal vocabulary (kosakata) dalam Bahasa Inggris. Ada momen ketika kita tetap tidak bisa menghafal sebuah kosakata padahal kita sudah mencoba mengingatnya berkali-kali. Kita sudah berusaha, tetapi kosakata tersebut seperti masuk ke telinga kanan dan keluar di telinga kiri saja. Sangat sulit untuk menghafalkannya.

Mengapa kita terkadang sulit untuk menghafal kosakata? Ada beberapa alasan, salah satunya adalah kita menggunakan metode menghafal yang salah dan tidak cocok untuk kita. Sebenarnya cara menghafal setiap orang itu bisa berbeda. Sehingga kita harus mencari cara menghafal kosakata yang paling cocok untuk kita.

Apabila masih belum tahu metode menghafal apa yang terbaik, di bawah ini ada beberapa tips dan cara menghafal vocabulary Bahasa Inggris yang bisa kita coba praktikan di rumah. Dengan demikian, kita akan tahu metode menghafal vocabulary mana yang paling tepat untuk kita.

1. Make Flashcards

Flashcards adalah cara populer untuk menghafal kosakata dalam Bahasa Inggris. Kita bisa membuat flashcard kita sendiri dengan cara menuliskan kosakata yang ingin kita hafalkan dalam secarik kertas seukuran kartu nama. Dibalik kosakata tersebut, tuliskanlah artinya. Apabila kita tidak ada waktu untuk membuat flashcards kita sendiri, kita bisa membelinya atau mengunduhnya secara gratis di laman web yang menyediakannya.

Bacalah kosakata dalam flashcards ini sambil menebak-nebak artinya sebelum memeriksa arti yang sebenarnya dibaliknya. Jika dilakukan cukup rutin, kita akan segera bisa mengingat kosakata-kosakata tersebut.

Selain flashcards, kita juga bisa menggunakan kertas post-it untuk membantu kita menghafal. Cukup dengan menuliskan kosakata yang ingin kita hafalkan beserta artinya dalam kertas post-it. setelah itu, tempelkan kertas post-it tersebut di tempat-tempat yang rutin dilihat oleh kita. Kita juga bisa menggambar definisi dari kosakata tersebut jika gaya belajar terbaik kita adalah gaya belajar visual.

2. Use Apps and Games

Zaman sekarang ada berbagai macam aplikasi ponsel cerdas yang bisa membantu kita menghafal vocabulary. Cobalah untuk mengunduh dan memasang aplikasi tersebut pada ponsel kita. Jangan lupa untuk rutin membuka aplikasinya agar kosakata kita bisa bertambah. Cara ini utamanya cocok bagi orang yang sering memainkan ponselnya.

Selain itu, kita juga bisa belajar kosakata Bahasa Inggris melalui game. Scribble adalah game kosakata yang paling populer. Melalui game ini, kita ditantang untuk menyusun sebuah kata dari huruf-huruf yang kita dapatkan. Game ini sangat baik untuk mengingat-ingat kosakata yang telah kita pelajari. Tidak hanya Scribble saja, masih ada permainan-permainan lainnya yang bisa melatih kosakata kita. Permainan-permainan ini bahkan bisa dengan mudah kita pasang pada ponsel kita.

3. Read

Cara selanjutnya untuk menghafal vocabulary Bahasa Inggris adalah dengan membaca. Membaca adalah aktivitas yang baik untuk mengenalkan diri kita pada kosakata-kosakata baru. Membaca juga bisa melatih kita mempelajari sebuah kata berdasarkan konteks.

Kita bisa membaca apapun yang kita suka. Baik itu novel, komik, koran, majalah, dan sebagainya. Pilihlah bacaan yang kita suka agar kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan. Usahakan bahan bacaan kita sesuai dengan level kemampuan Bahasa Inggris kita agar kita tidak merasa kesulitan atau merasa bosan saat membacanya.

4. Speak

Cobalah untuk melibatkan kosakata yang sedang kita pelajari dalam percakapan kita. Dengan langsung mempraktikannya, kita akan dengan cepat mengingatnya. Apabila kita tidak punya orang yang bisa kita ajak berbicara Bahasa Inggris, kita bisa berbicara kepada diri sendiri di depan cermin.

Tidak hanya itu, kita juga bisa membaca nyaring. Apabila kita tidak tahu cara pelafalan katanya, kita bisa mencarinya di internet atau di kamus. Kita juga bisa menggunakan buku audio, film, atau video. Saat mendengarkan atau menontonnya, cobalah untuk mem-pause bagian kosakata yang belum kita pelajari. Kemudian ucapkan ulang kosakata tersebut. Dengan cara ini, tidak hanya kosakata kita saja yang meningkat, tetapi kemampuan pelafalan kita juga.

5. Take Notes

Ini adalah cara tradisional namun cukup efektif bagi sebagian orang untuk menghafal kosakata Bahasa Inggris. Saat kita menonton atau membaca dan kita menemukan kosakata yang belum kita ketahui artinya, tuliskanlah kosakata tersebut. Setelah selesai menonton dan membaca, carilah definisi dari kosakata tersebut dan tuliskanlah. Bacalah setiap hari daftar kosakata yang telah ditulis ini.

6. Create Sentence

Apabila menuliskan kosakata dan definisinya saja tidak cukup bagi kita untuk menghafalkannya, kita bisa membuat kalimat menggunakan kosakata tersebut. Dengan memasukannya ke dalam kalimat, kita akan tahu bagaimana cara menggunakannya dan dalam konteks apa kosakata tersebut bisa digunakan. Cobalah untuk membuat kalimat dengan menggunakan tenses yang berbeda agar kita juga bisa mengerti perubahan kosakatanya sesuai tenses.

Membuat kalimat membantu kita untuk lebih cepat mengingat suatu kata. Terlebih lagi jika kalimat yang dibuat adalah kalimat yang mudah diingat. Misalnya saja kalimat lucu yang bisa membuat kita tertawa, atau kalimat sederhana yang berhubungan dengan aktivitas kita sehari-hari.

7. Use Mnemonics Technique

Ada berbagai macam teknik untuk mengingat. Mnemonics adalah salah satunya. Teknik mengingat mnemonics adalah teknik yang paling umum digunakan untuk mengingat vocabulary. Teknik ini adalah dengan cara singkat untuk menghafal kosakata.

Dalam teknik mnemonics, kita bisa membuat singkatan, mengasosiasikan kosakata dengan hal lainnya, menjadikan kosakata sebagai lagu, dan sebagainya. Contohnya saja kita sedang menghafal kata “hideous” (mengerikan). Untuk cepat mengingatnya, kita bisa memecah katanya menjadi “hide+ous”. Kita sudah tahu bahwa “hide” berarti sembunyi, sedangkan “ous” jika diucapkan akan terdengar seperti “us” (kita). Sehingga jika disambungkan akan menjadi “sembunyi kita”. Ketika kita bersembuyi atau menyembunyikan sesuatu, biasanya ada hal yang mengerikan. Dari situlah kita bisa dengan mudah mengingat bahwa arti dari “hideous” adalah “mengerikan”.

Contoh lainnya adalah misalkan ketika kita sedang menghafal kata “bright” (cerah, pintar). Kebetulan kita mempunyai teman bernama Brian. Brian ini adalah orang yang pintar. Sehingga kita bisa mengasosiasikan kata “bright” ini dengan teman kita Brian untuk cepat mengingatnya.

Contoh mnemonics yang terkenal:

  • Untuk mengingat cara mengeja BECAUSE, dibuatlah kalimat “Big Elephants Can Always Understands Small Elephants”
  • Untuk mengingat urutan alfabet, dibuatlah lagu ABC
  • Untuk membedakan ejaan “hear” dan “here”, dibuatlah kalimat “We hear with our ear” maksudnya adalah di dalam ejaan “hear” (mendengar) terdapat “ear” (telinga)

Kita bisa menciptakan mnemonics versi kita sendiri agar lebih mudah bagi kita untuk mengingat suatu vocabulary. Kita juga bisa mengunjungi mnemonicdictionary.com untuk mencaritahu cara-cara untuk mengingat suatu kata dalam Bahasa Inggris.

8. Break the Word Apart

Di dalam Bahasa Inggris terdapat banyak compound words. Compound words adalah kata-kata yang dibentuk dari dua kata, misal: classroom, policeman, eyeballs, washroom, newspaper, afterlife, foreground, scarecrow, dsb.

Untuk mengingat kosakata berjenis ini, kita bisa melihat arti kata penyusunnya. Contoh: kata “afterlife”. Jika dipisahkan akan menjadi “after” + “life” (setelah, sehabis + kehidupan). Dilihat dari arti penyusun katanya, “afterlife” berarti setelah kehidupan. Sehingga kita bisa lebih mengingat bahwa afterlife adalah alam setelah kehidupan kita sekarang di dunia.

9. Comprehend the Words

Besar kemungkinan bahwa kita akan cepat lupa kata yang hanya kita hafalkan saja. Oleh karena itu, alih-alih hanya menghafalkannya, kita juga harus memahaminya. Maksudnya adalah kita harus benar-benar paham bagaimana cara menggunakannya, dalam konteks apa kata tersebut bisa digunakan, termasuk ke dalam kelas kata apa (kata kerja, kata sifat, kata benda, dsb), dan lain-lain.

Jika kita sudah memahaminya, kita pasti akan lebih cepat mengingatnya dan tidak akan cepat melupakannya. Salah satu cara untuk memahami suatu kata adalah dengan membuat kalimat menggunakan kata tersebut.

10. Use the Word

Ini adalah cara yang penting. Saat kita sedang mencoba menghafal suatu kata dalam Bahasa Inggris, sering-seringlah menggunakan kata tersebut. Baik itu dalam percakapan sehari-hari atau dalam tulisan kita. Cobalah untuk menggunakan kata tersebut dalam caption foto di sosial media kita, atau gunakan kata tersebut untuk membalas chat teman kita. Dengan sering menggunakannya, kita akan cepat mengingatnya.

11. Use Suffixes and Prefixes

Suffixes (imbuhan akhiran) dan prefixes (imbuhan awalan) sangat bisa membantu kita menghafal vocabulary dalam Bahasa Inggris. Kata-kata dalam Bahasa Inggris banyak yang menggunakan suffix dan prefix. Suffix dan prefix ini memiliki arti tertentu yang bisa membantu kita menebak-nebak definisi kata yang menggunakannya.

Misalnya saja suffix –er yang menandakan pelaku. Ketika kita menemukan kata dalam Bahasa Inggris berakhiran –er, dan kita tidak tahu artinya, kemungkinan besar arti dari kata tersebut adalah si pelaku. Contoh: teacher (teach + er = pelaku yang mengajar atau pengajar), organizer (organize + er = pelaku yang menyusun atau penyusun), cleaner (clean + er = pelaku yang membersihkan atau pembersih), dsb. Meskipun kita sudah mengetahui artinya, kita akan cepat mudah menghafalnya karena kita tahu bahwa imbuhan –er berarti pelaku.

Contoh lain: prefix mis- yang berarti salah. Contoh kata berawalah mis- adalah misjudge (mis + judge = salah menilai), misinformation (mis + information = salah informasi atau informasi yang salah), misconduct (mis + conduct = salah kelakukan atau kelakuan buruk), dsb.

Ada banyak suffix dan prefix dalam Bahasa Inggris. Kita akan mempelajarinya lebih lanjut di lain kesempatan.

12. Take It to the Next Level

Kita bisa menghafal suatu kosakata Bahasa Inggris dengan mempelajari sinonim, antonim, dan kata-kata yang berhubungan dengan kosakata tersebut. Dengan cara ini, kita juga bisa sekaligus mempelajari lebih dari satu kosakata. Misalnya, saat kita sedang mencoba menghafal kata “take”, cobalah untuk mencari sinonim dan antonim dari kata “take”. Kita juga bisa mempelajari frasa dengan kata “take”, seperti “take care”, “take off”, “take away”, dsb.

Selain itu, jika kita ingin benar-benar memahami dan menghafal suatu kosakata, berusahalah untuk tidak menerjemahkannya ke dalam Bahasa ibu kita. cobalah untuk menjelaskan arti kata tersebut menggunakan Bahasa Inggris.

Tentu saja kita hanya boleh melakukan cara ini saat kita sudah siap agar proses menghafalnya berjalan dengan menyenangkan dan tidak akan membuat kita kewalahan.

13. Some Tips

Berikut ini ada beberapa tip yang bisa diikuti saat kita menghafal vocabulary Bahasa Inggris:

  • Ucapkan kata yang sedang kita coba hafalkan dengan lantang
  • Cobalah untuk mencari definisi dari kata baru segera setelah kita melihatnya
  • Ulangilah kata yang sedang kita pelajari di dalam kepala kita
  • Pelajarilah 5 sampai 10 kata sekaligus dan jangan mempelajari kata baru sampai kita benar-benar memahaminya
  • Fokuslah pada kata yang berguna bagi kita. Misal: jika kita adalah seorang dokter, maka kita harus mengutamakan vocabulary yang berhubungan dengan dunia medis
  • Minta bantuan orang lain untuk membantu kita menghafal
  • Bergabunglah dengan komunitas atau club Bahasa Inggris
  • Sabar, tekun, dan rajinlah berlatih

Itu tadi cara dan tips menghafal vocabulary Bahasa Inggris. Semoga setelah membaca artikel ini, kita semua bisa menemukan cara menghafal kosakata yang ideal bagi kita.

 

English Vocabulary: School Major (Jurusan di Sekolah)
Kosakata Alat-alat Rumah Tangga dalam Bahasa Inggris
Cara Menghafal Vocabulary (Kosakata) Bahasa Inggris
Kosakata Rutinitas Sehari-hari dalam Bahasa Inggris (Daily Routines)
Cara Meminjam Uang dalam Bahasa Inggris
Kosakata: Inside My House
English Vocabulary: Movie (Film)
Kosakata yang Berhubungan dengan Telepon
Kosakata tentang Dunia Hukum (Law Related Vocabulary)
Kosakata Bahasa Inggris untuk Mengungkapkan Cinta dan Benci (Love and Hate)