sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Percakapan Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris

Memperkenalkan diri merupakan salah satu hal yang sering kita lakukan, terutama saat bertemu orang baru atau berada di lingkungan yang baru. Tak jarang pula kita mendapati situasi dimana kita dituntut untuk memberikan perkenalan dalam Bahasa Inggris. Apalagi di era global seperti sekarang ini yang mana Bahasa Inggris menjadi andalan banyak orang.

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai contoh perkenalan diri dalam Bahasa Inggris. Untuk membantu melancarkan perkenalanmu, simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Contoh Perkenalan di Sekolah

Sekolah adalah salah satu tempat dimana kita bertemu dengan orang-orang baru. Misalnya saat kita baru masuk sekolah tersebut, atau saat kita memasuki tahun ajaran baru di kelas yang baru. Berikut contoh percakapan perkenalan di sekolah menggunakan Bahasa Inggris

Bella: Hi, can I sit here? (Halo, aku boleh duduk disini?)

Kania: Of course, you can. (Tentu aja boleh)

Bella: I’m Bella, by the way. What’s your name? (Aku Bella, ngomong-ngomong. Nama kamu siapa?)

Kania: I’m Kania. We were not in same class back in 10th grade, right? (Aku Kania. Kita nggak sekelas pas kelas 10, ya?)

Bella: Yes. But I think I saw you few times because your face is kinda familiar. I didn’t know your name back then, though. (Iya. Tapi kayaknya aku pernah lihat kamu beberapa kali soalnya wajah kamu familiar. Waktu itu aku nggak tahu nama kamu, sih)

Kania: Same with me! I also think that I often saw you in 10th grade. I hope we can get along this year, Bella. (Aku juga! Aku juga ngerasa sering lihat kamu pas kelas 10. Aku harap kita bisa berteman baik tahun ini, Bella)

Bella: I hope so, Kania. That must be fun! (Aku juga, Kania. Pasti bakal seru, deh!)

Contoh Perkenalan di Kampus

Tempat lainnya yang memungkinkan kita bertemu dengan orang baru adalah kampus. Namun berbeda dengan sekolah, ruang lingkup di kampus lebih luas dan orang-orangnya pun lebih beragam. Kita mungkin akan bertemu dengan orang dari berbagai daerah dan latar belakang berbeda.

Berikut contoh percakapan perkenalan Bahasa Inggris di kampus.

Bagas: Hi! Is seat beside you empty? (Hai! Bangku sebelah kamu kosong, nggak?)

Rendy: Yes, it’s empty. You can sit here. (Iya kosong. Kamu bisa duduk disini)

Bagas: Thank you. Oh right, my name is Bagas. Nice to meet you. (Terima kasih. Oh iya, namaku Bagas. Senang bertemu denganmu)

Rendy: I’m Rendy. Nice to meet you too, Bagas. (Aku Ken. Senang bertemu denganmu juga, Bagas)

Bagas: You came early, Rendy. Is your place near the college? (Kamu datang cepat, Ken. Kamu tinggal dekat kampus?)

Rendy: No, it’s the opposite. I live in my home at Bogor. I need two hours commuting to the college, so I came early because I don’t wanna late. (Enggak, kebalikannya malah. Aku tinggal di rumahku di Bogor. Perjalananku ke kampus butuh dua jam, jadi aku datang cepat soalnya nggak mau telat)

Bagas: Wow, two hours?  That’s amazing. Isn’t that tiring? (Wah, dua jam? Mantap banget. Nggak capek?)

Rendy: It’s super tiring. I’m thinking to rent a room near college, but I still can’t find the fitted one. (Capek banget. Aku mau ngekos dekat kampus, tapi belum nemu yang cocok)

Bagas: Oh, I’m living in a rent room near college. Do you want to see? I think there are some vacant rooms. (Oh, aku ngekos dekat kampus. Kamu mau lihat kosanku? Kayaknya ada kamar kosong, deh)

Rendy: That’s a good idea. When can we see it? (Itu ide bagus. Kita bisa lihat kapan?)

Bagas: I think we can today or tomorrow. (Kayaknya bisa hari ini atau besok)

Contoh Perkenalan Bisnis Formal

Jika dua contoh sebelumnya merupakan percakapan informal, pada contoh ini kita akan mengulas contoh percakapan formal. Interaksi yang terjalin secara bisnis memang cenderung formal, terutama saat bertemu dengan klien. Simak contohnya dibawah ini.

Ken: Good morning. My name is Ken. Nice to meet you. (Selamat pagi. Nama saya Ken. Senang bertemu dengan Anda)

Mara: Good morning, Mr. Ken. My name is Mara. Nice to meet you too. (Selamat pagi, Pak Ken. Nama saya Mara. Senang bertemu dengan Anda juga)

Ken: I already heard about you from your boss. He always praised you and said that you are a great worker, Ms. Mara. (Saya sudah dengar tentang Anda dari atasan Anda. Beliau selalu memuji Anda dan bilang kalau Anda adalah pegawai yang hebat, Bu Mara)

Mara: I think my boss was exaggerated, but thank you. I also often heard about you and your achievement, Mr. Ken. (Saya rasa atasan saya berlebihan, tapi terima kasih. Saya juga sering dengar tentang Anda dan pencapaian Anda, Pak Ken)

Ken: I think that’s also an exaggeration, but thank you for the compliment. I hope you didn’t hear bad things about me, Ms. Mara. (Saya rasa itu juga berlebihan, tapi terima kasih untuk pujiannya. Saya harap Anda tidak mendengar hal-hal buruk tentang saya, Bu Mara)

Mara: That’s no way, Mr. Ken. You have a good reputation. (Itu tidak mungkin, Pak Ken. Anda punya reputasi yang bagus)

Demikianlah contoh-contoh percakapan perkenalan dalam Bahasa Inggris beserta artinya. Mulai dari konteks percakapan informal sampai percakapan formal. Praktekkan contoh-contoh percakapan perkenalan ini agar bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Lainnya

Ekspresi Ketika Bertemu / Berkenalan dengan Orang (Nice to Meet You)
Apa itu Greeting Leave Taking?
Memperkenalkan dan Mendeskripsikan Diri dalam Wawancara Organisasi
Contoh Percakapan Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris
Memperkenalkan Diri Kita di Sekolah
Rumus Memperkenalkan Diri (Introducing Yourself Formula)
Perkenalan Diri Bahasa Inggris Saat Kuliah
Contoh Percakapan Memperkenalkan Teman
Kalimat/Paragraf Memperkenalkan Diri di Group WA
Guru Atau Murid Baru Memperkenalkan Diri Di Zoom / Google Meet Sekolah

 

Contoh Doa Untuk Orang Sakit Dalam Bahasa Inggris
Conversation Dialog at The Zoo
Contoh Conditional Sentence Type 2
Jawaban Pertanyaan Wawancara Seputar Gaji yang Diinginkan
Percakapan Bahasa Inggris di Pasar
Contoh Percakapan Pemandu Wisata
Contoh Daily Activity
Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan Simple Present Tense
Student Conversation: Percakapan Perkenalan dengan Siswa Baru dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Inggris di Supermarket