sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa Yang Harus Dikatakan dalam “Exit Interview”

Karyawan yang mengajukan pengunduran diri cenderung akan lebih jujur dengan umpan balik mereka. Oleh karena itu exit interview penting untuk mengetahui masukkan dan masalah dalam perusahaan. Sehingga kedua belah pihak dapat berkembang bersama walaupun sudah tidak ada ikatan hubungan kerja lagi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa ditanyakan saat melakukan exit interview beserta sampel jawaban yang diplomatis dengan paduan kejujuran dan profesionalisme.

  1. Why are you leaving your position and what led you to the decision ? (Mengapa Anda meninggalkan posisi Anda dan apa yang mendorong keputusan tersebut?)

I have learned a lot in this company. However, I think it is time to move to different direction where I can espand my knowleadge and try on my own company (saya telah belajar banyak pada perusahaan ini. Sayangnya, saya rasa ini adalah waktu terbaik untuk berpindah haluan dan memakai pengetahuan saya untuk membangun perusahaan sendiri)

  1. How do you feel about management, and do you have any feedback or suggestions ? (Apa pendapat Anda tentang manajemen dan apakah punya umpan balik atau saran?)

I am happy with current management. The company can be more transparant to support its employee. That way we feel more secure in our position and have a chance for promotion or adding skill. (saya senang dengan manajemen sekarang. Perusahaan bisa lebih transparan untuk mendukung pegawai. Jadi, kami lebih percaya diri dengan posisi kami dan mendapat kesempatan untuk promosi atau menambah keahlian)

  1. Do you feel you received proper and complete training? (apakah Anda merasa mendapat pelatihan yang memadai dan lengkap?)

I know my duties and responsibilities. My superior give me adequat instruction as guidance. (saya mengetahui tugas dan tanggung jawab saya. Atasan saya memberikan instruksi yang jelas sebagai panduan)

  1. Do or did you think the company supported your career goals? (Apakah Anda merasa perusahaan cukup mendukung tujuan karir Anda?)

I have many opportunities to increase my experience and skill in this company. That is why I believe it is the right time to expand to another company (saya memiliki banyak kesempatan untuk menambah pengalaman dan keterampilan pada perusahaan. Oleh karena itu saya rasa sudah waktunya untuk mengembangkannya di perusahaan lain)

  1. Would you recommend this company to others? (Apakah Anda menyarankan perusahaan ini pada orang lain?)

It depends on the position and qualification. If there is a suitable person for the job, I will highly suggest it (tergantung dengan posisi yang ditawarkan dan kualifikasi yang dibutuhkan. Kalau ada orang yang cocok untuk posisi tertentu, saya akan menyarankannya)

  1. Would you consider staying on? (Apakah Anda bisa mempertimbangkan untuk tetap di perusahaan?)

I have gain many expertise here and my goal also change by time. If there is a suitable offer, I strongly will think about it (saya telah mendapatkan banyak keahlian dan tujuan saya berubah seiring dengan waktu. Kalau ada tawaran yang cocok saya akan sangat mempertimbangkannya)

  1. In your opinion, what could we have done better? (Dalam pendapatmu, apa yang bisa kami lakukan lebih baik?)

I am blessed to work in a great working environment. People can always improve with training and insentives (saya bersyukur dapat bekerja dilingkungan kerja yang kondusif. Orang akan selalu bisa berkembang dengan pelatihan dan insentif)

  1. What does your new company/position offer that made you decide to leave? (Apa tawaran yang diberikan perusahaan baru Anda yang membuat mantap untuk berhenti kerja?)

Every position has its benefit and resposibilities. I am challenge to push myself further and expand my knowleadge and experience (setiap posisi memiliki keuntungan dan tanggung jawabnya. Saya tertantang untuk mendorong diri saya untuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman)

  1. Do you feel underpaid here? (apakah Anda merasa tidak dibayar cukup disini?)

I am satisfied with the job and the payment in this company. In time, experience and knowleadge grew as well as expectation. (saya puas dengan pekerjaan dan bayaran yang saya dapatkan. Dengan berjalannya waktu, pengalaman dan pengetahuan berkembang sama halnya dengan harapan)

  1. Do you face any problems while working here? (Apakah Anda mengalami masalah berarti selama bekerja?)

Every position has its challenges. However, nothing that I can not deal and plus my team and superior always there to give advices and assistance (tiap posisi memiliki tantangan. Tidak ada yang tidak bisa saya tangani. Selain itu ada tim dan atasan yang memberikan saran dan bantuan)

  1. What did you like and didnt like the most about your job? (Apa yang paling Anda sukai dan tidak sukai dari pekerjaan Anda?)

My position allow me to help other, I also learn to be professional and work in a team. I wished I performed better in every task (posisi saya memungkinkan untuk membantu orang lain, saya juga belajar untuk bersikap profesional dan bekerja dalam tim. Saya sedikit menyesali performa kerja saya yang sebenarnya bisa lebih baik lagi)

  1. Were You Comfortable Talking To Your Superior? (Akah Anda nyaman berbicara dengan atasan Anda?)

Everyone is helpful and I feel like working in one big family. My superior makes it easy for me to ask questions and support me that makes me very comfortable in my job (semua orang sangat membantu dan membuat saya merasa bekerja di sebuah keluarga besar. Atasan saya membuat saya nyaman bertanya dan mendukung pekerjaan saya)

Pertanyaan dan jawaban di atas cukup mewakilkan adanya exit interview yang kondusif baik untuk perusahaan atau individu yang mengundurkan diri. Gunakan informasi yang diberikan untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.

Artikel Lainnya

Apa Yang Harus Dikatakan dalam “Exit Interview”
Pertanyaan Interview: Describe a Difficult Work Situation or Project and How You Overcame It
Menjawab  “What’s Your Biggest Professional Achievement?”
Kalimat-Kalimat Penting Untuk Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris
Kumpulan Kalimat Bahasa Inggris Untuk Interview Kerja
Jawaban Pertanyaan Interview: What Motivates You?
Jawaban Pertanyaan Interview: Describe What You Do In Your Current Position
Jawaban Pertanyaan Interview: ‘TELL ME ABOUT A TIME YOU DISAGREED WITH A DECISION. WHAT DID YOU DO ?’
Memperkenalkan Diri dengan Sopan dalam Suatu Wawancara
Jawaban Wawancara Seberapa Baik Bekerja dengan Orang Lain

 

Phone Conversation: Percakapan Lewat Telepon dengan Kawan yang Telah Lama Tidak Berjumpa
Percakapan tentang Tujuan Hidup dalam Bahasa Inggris
Berbicara tentang Cuaca dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Singkat Mengucapkan Selamat Natal Kepada Tetangga
Contoh Dialog Bahasa Inggris 3 Orang tentang Perkenalan
Menanyakan Cita-cita dalam Bahasa Inggris
Beberapa Percakapan tentang Keselamatan
Percakapan Meminjam Uang kepada Teman dalam Bahasa Inggris
Dialog tentang Liburan / Berwisata
Percakapan Komplain Kamar Hotel dalam Bahasa Inggris