sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Pertanyaan Interview Kerja di Google

Jawaban bagus saat interview pekerjaan dapat diperkiraan dan disiapkan. Yang harus diperhatikan justru adalah jawaban yang tak kalah baiknya. Jawaban yang berbeda malah jadi sebuah pengingat yang membuat Anda jadi lebih menonjol.

Ambil contoh pertanyaan yang dilakukan oleh Google yang sering tidak relevan dengan posisi yang ditawarkan. Perusahaan besar ini dikenal dengan pertanyaan yang membutuhkan jawaban cerdas untuk menemukan kandidat yang ideal ada banyak pertanyaan dari Google yang dapat dijadikan contoh saat Anda melakukan interview. Apalagi bila kebutuhannya adalah untuk interview dalam Bahasa Inggris.

Giving Example in English Interview : Question and Answers

Interview dalam Bahasa Inggris dapat berupa pertanyaan yang memerlukan penjelasan yang dapat mencerminkan pengetahuan dan kemampuan. Pertanyaan seperti ini akan jadi cerminan yang lebih nyata untuk hal-hal yang dialami dalam keseharian.

Jadi pengetahuan melalui kuliah atau training bisa berbeda dengan keadaan di lapangan. Berikut adalah contoh beberapa pertanyaan yang membutuhkan pemberian contoh untuk memberikan ilustrasi mengenai suatu masalah atau keadaan dalam pekerjaan.

1. Proses

Wawancara untuk sebuah pekerjaan bisa menanyakan bagaimana calon pegawai akan melakukan sesuatu. Salah satunya adalah bertanya contoh prosesi mengerjakan sesuatu yang mudah namun masih dalam job deskripsinya.

  • Give example the process of (fill in the blanks) (Jelaskan proses untuk (isi)).
  • Describe how are you going to establish a new product? (jelaskan bagaimana Anda akan meluncurkan sebuah produk baru?)
  • We have a several complain from constumer. How would you handle it? (kami memiliki beberapa keluhan dari pelanggan. Bagaimana caranya Anda akan menanganinya?)
  • What is the idea workflow for a secretary/junior finance/personalia manager/marketing manager?(apakah menurut anda proses kerja yang ideal untuk seorang sekertaris/junior keuangan/manager personalia/manajer pemasaran?)

Tidak ada jawaban benar atau salah untuk jenis pertanyaan ini. Namun jawaban Anda dapat mencerminkan kualifikasi Anda sebagai kandidat untuk mengisi posisi yang ditawarkan. Jawaban yang diharapkan menunjukkan pengetahuan menyeluruh tentang tanggung jawab dan pekerjaan dari posisi yang dilamar. Berikut beberapa contoh respondnya.

  • I will categorize each complain based on certain category and create a template for the respond. I will create an email format, cards and also social media answers (saya akan menangani keluhan berdasarkan kategorinya. Kemudian saya akan membuat format untuk melakukan respon dari keluhan. Format yang dibuat dapat berupa jawaban melalui email, kartu atau posting media sosial.
  • I will learn about the new product, the pro and cons. I will highlight the positive by making sosial media challenge, digital content and also work with influencer or famous spokeperson (saya akan mempelajari produk barunya baik hal positif maupun negatif. Saya akan menekankan keunggulannya melalui challenge medsos, konten digital dan bekerja dengan influencer dan orang terkenal kenamaan)

2. Resiko dan Kegagalan

Salah satu pertanyaan favorite Jeff Moore Staff dari Layanan Hardware Pelanggan di Google adalah tentang keberanian mengambil resiko. Bukan hanya ingin mendengar cerita tentang kesuksesan, pertanyaan ini mengfokuskan pada kegagalan dan bagaiana menanganinya.

  • Give an example the last time you take a risk (Beri contoh terakhir kali Anda mengambil resiko)
  • Nobody is perfect. Tell me your biggest failure in your work (tidak ada manusia yang sempurna. Tolong ceritakan kegagalan terbesar Anda dalam pekerjaan)

Jawaban yang diharapkan disini adalah kesigapan dalam menangani kesalahan dan mampu untuk mengakuinya. Selain itu ada beberapa posisi yang memang memerlukan keberanian untuk mengambil keputusan yang beresiko. Jawaban yang bisa diutarakan di antaranya adalah

  • I once advice my team to launch a product using social media. We werent ready to maximize the tools and there were not much revenue we generate from the event. (saya pernah menyarankan tim saya untuk meluncurkan produk menggunakan sosial media. Kami belum siap memeksimalkan perangkat tersebut dan tidak banyak keuntungan yang kami dapatkan dari acara tersebut)
  • I had my company allocate a budget promoting certain target group. We ended up having a different reaction from costumer and our promotion attract different kind or market. (saya pernah sampai mendapatkan alokasi dana untuk berpromosi pada target market tertentu. Kami akhirnya malah menarik target pasar yang berbeda)

Jawaban yang jujur tanpa merubah sesuatu yang negatif menjadi positif adalah tantangan dari pertanyaan seperti ini. Idealnya melakukan wawancara sangat penting untuk menjadi diri sendiri.

3. Pencapaian

Pengalaman juga mendatangkan kesuksesan dan keberhasilan. Pertanyaan tentng keberhasilan di masa lalu memberikan gambaran bagaimana kandidat menyampaikan kesuksesannya dan tetap bersemangat untuk meraih pencapaian lainnya.

  • What have you achieve in life? (dalam hidup menurutmu apa saja kesuksesan yang pernah Anda raih?)
  • What is sucess means to you? (apakah arti dari sebuah kesuksesan?)
  • Tell me about your experience that you didnt think you can achieve? (ceritakan tentang sebuah pencapaian yang tidak Anda kira akan terjadi)

Jawaban akan memberikan tentang nilai dan hal-hal penting dalam hidup para kandidat. Seseorang yang cepat puas tidak akan berusaha lebih untuk mendapatkan hasil maksimal dan masih banyak sifat lain yang dapat dilihat berdasarkanpertanyaan seperti. Jawabannya bisa berupa seperti ini

  • When my team won the best group in our department. It is a group effort and we help each other. It is an example how working together can benefit many.(ketika group saya dinobatkan sebagai kelompok terbaik dalam departmen saya. Itu adalah pencapaian kelompok dan kami saling bantu. Kemenangn itu adalah contoh kesuksesan yang dapat dirasakan bersama)

4. Kontribusi

Penanya pada wawancara Google menyiratkan bahwa penting untuk mengvisualisasi diri calon pelamar sebagai bagian dari perusahaan, walau masih dalam taraf wawancara. Hal tersebut dapat memberi informasi bagaimana kontribusi dan peranan yang bisa calon pelamar berikan.

  • What do ypu want to achieve first? (apa yang ingin Anda capai dahulu?)
  • What can you bring to the table? (apa yang bisa Anda sumbangkan pada perusahaan?)

Jawaban yang diharapkan adalah hasil riset calon pelamar sebelum datang melamar pada sebuah perusahaan. Jawaban yang diharapkan kurang lebih seperti ini.

  • I am very organized. I would love rearrange the system to make it more efficient (saya adalah orang yang sangat teratur. Saya sangat berminat untuk mengatur ulang sistem dalam perusahaan agar lebih efektif)
  • I understand two head is better then one. I would like to make a group task for each division to make sure everyone pitch in (saya paham bahwa dua kepala lebih baik dari pada satu. Saya sangat ingin membuat tugas perkelompok dimana tiap individu dapat berkontribusi)

5. Kualitas Terbaik

Wawancara kadang bisa diprediksi jalannya. Jawaban yang terlalu umum tidak akan menguntungkan bagi calon pelamar pekerjaan. Berikan informasi bahwa Anda siap untuk melakukan hal terbaik untuk profesi yang Anda geluti

  • What skill do you have that makes you the perfect candidate for the job? (Apakah kemampuan yang Anda miliki yang membuat Anda sebagai kandidat sempurna untuk posisi yang ditawarkan)
  • Do you have any other experience that can benefit the company? (apakah Anda memiliki kemampuan lain yang dapat menguntungkan perusahaan.

Jawaban yang diharapkan bisa tidak dicantumkan dalam resume. Dukung kemampuan Anda yang sesuai dengan pekerjaan dengan kemampuan lain yang relevan.

  • I am easy going and communcate well with costumer. I think it is the trait that got me so far in my work (saya orang yang mudah bergaul dan komunikatif. Saya rasa sifat itulah yang sudah membantu saya dalam pekerjaan)
  • I am a human resource manager with a degree in law. I think it will come in handy in my future job (saya adalah manajer bagian SDM dengan gelar hukum. Saya rasa latar belakang tersebut akan berguna untuk pekerjaan saya di masa depan)

6. Pertanyaan Produk

Mengetahui tentang pengetahuan pelamar tentu sangat penting. Bukan hanya tahu namun memiliki opini bagaimana untuk meningkatkan kualitasnya

  • What is the best Google product and how would you improve it? (Apakah produk terbaik Google dan bagaimana Anda akan meningkatkannya?)
  • Who do you think is Google competitior and how would you handle them? (siapakah menurut Anda saingan Google dan bagaimana mengatasinya)

Jawaban yang diharapkan tentu aplikatif dan tidak terlalu mengada-ada. Disinilah pentingnya pengetahuan produk atau layanan dari perusahaan yang Anda lamar.

  • I use Youtube and Google Doc. It give many information and keep things organize. I would love to integrate two or three Google product with similar usage. It can benefit many people. (saya menggunakan Youtube dan Google Doc. Itu memberikan informasi dan membuat segala hal jadi lebih rapi. Saya sangat ingin untuk menggabungkan dua atau tiga produk Google yang bisa dikombinasikan dengan penggunaan yang sama. Hal tersebut dapat sangat menguntungkan.

Wawancara dengan Google

Berikut adalah contoh pertanyaan ala Google yang bisa disiapkan jawabannya sehingga Anda tidak bingung bila berhadapan dengan pertanyaan serupa.

  • Why do you know about Google history? (apa yang Anda ketahui tentang sejarah Google?)
  • Do you think we should change anything in our product? What and why? (Apakah ada yang perlu dirubah dari produk kami? Apa dan mengapa?)
  • Tell me something that you didnt put in your resume (ceritakan tentang diri Anda yang tidak Anda cantumkan dalam resume)
  • If there is an extremist video in your YouTube, how would you handle it? (bila ada video yang extreme di saluran YouTube Anda bagaimana Anda akan menanganinya?)
  • Tell me the last time you have a conflict with someone at work (ceritakan terakhir kali kamu berselisih paham dengan seseorang ditempat kerja)
  • Tell me about a tehnical problem that you have experience and how would you handle it? (ceritakan tentang pengalaman Anda mengalami masalah teknis dan bagaimanakah mengatasinya)
  • Choose an application in your phone. Tell me what you like about it and what you dont like about it. (pilih sebuah aplikasi pada ponsel Anda dan ceritakan apa yang Anda sukai darinya dan apa yang Anda tidak sukai)
  • If you were doing a project with client and they show doubt. How would you handle it? (Bila Anda sedang mengerjakan projek dengan klien dan ditengah-tengah mereka terlihat ragu, bagaimana caranya untuk meyakinkan mereka kembali)
  • Describe a time when you have a project that seems about to fail. What is your reaction?(ceritakan situasi terakhir kali dimana sebuah projek sepertinya akan gagal. Apakah reakasi Anda)

Melakukan wawancara ala Google berarti menyadari adanya kemungkinan untuk mendapatkan pertanyaan yang tidak seperti wawancara biasa. Selain lebih menyentuh sisi personal dari tiap individu terutama hal-hal yang tidak ada dalam resume. Pertanyaan seperti yang sering Google lakukan menjadi acuan berbagai perusahaan besar dalam menyiapkan pertanyaan mereka. Jadi ketahui bagaimana bentuknya dan siapkan jawaban terbaik Anda.

Artikel Lainnya

Example Financial Analyst Interview Question & Answer
Contoh Interview Kerja di Starbuck (Starbuck Interview Question and Answer)
Cara Merespon Komplain Pelanggan
Contoh Pertanyaan Interview Kerja di Google
Jawaban Dari Pertanyaan Interview: ‘What Are Your Biggest Strengths?’
Jawaban Pertanyaan Interview: What can we expect from you in your first three months?
Jawaban Pertanyaan Interview: “Out of all other candidates, why should we hire you?”
Contoh Beberapa Percakapan Interview Kerja (2 Orang, 3 Orang & 4 Orang)
Mempersiapkan Diri dalam Interview Kerja Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: Tell Me How You Think Other People Would Describe You?

 

Berbagai Jawaban untuk Pertanyaan “How Are You Doing?”
Interview Kerja: Cara Menceritakan Pekerjaan di Masa Lalu
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Hiburan Malam
Guru Atau Murid Baru Memperkenalkan Diri Di Zoom / Google Meet Sekolah
Apa yang Harus Dikatakan Saat Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris?
Apa itu Pertanyaan Retorik dalam Bahasa Inggris?
Contoh Pertanyaan di Tempat Baru dalam Bahasa Inggris
Tip Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris saat Wawancara Kerja
Bertanya & Menceritakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Respon Jawaban untuk Pernyataan ‘Nice To Meet You’