sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Jawaban Dari Pertanyaan Interview : What Are Your Biggest Weaknesses?

Sekarang ini mencari pekerjaan bisa dibilang merupakan hal yang sulit, karena kita pasti memiliki banyak saingan. Biasanya banyak orang yang gagal pada tahap wawancara atau interview, padahal mereka sudah lolos tes administratif dan juga memiliki banyak keunggulan. Biasanya yang menyebabkan banyak orang yang gagal pada tahap interview atau wawancara adalah karena mereka sebelumnya tidak mempersiapkan terlebih dahulu dan menganggap bahwa tahap interview ini merupakan tahap yang mudah untuk mereka lalui. Selain itu, beberapa pelamar mungkin juga gugup atau grogi sehingga kesulitan ketika menjawab si penanya ketika tahap wawancara.

Karena banyak sekali orang yang mengalami kegagalan pada saat tahap wawancara, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips untuk menghadapi beberapa pertanyaan wawancara yang diajukan dalam Bahasa Inggris. Hal ini sangat penting untuk Anda yang melamar pekerjaan di perusahaan multinasional atau internasional, kali ini kami akan membahas mengenai jawaban dari pertanyaan interview : what are your biggest weaknesses? (apa kelemahan terbesarmu?)

Kesalahan yang sering dilakukan ketika menjawab “what are your biggest weaknesses?”

Jika Anda ingin mengalami keberhasilan ketika wawancara berlangsung, maka beberapa minggu sebelumnya Anda tentu saja harus mempersiapkan dan berlatih mengenai pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan. Sebenarnya, Anda bisa membeli buku persiapan wawancara di toko buku atau mencari beberapa tips dan pertanyaan yang sering muncul saat wawancara di internet. Karena biasanya banyak sekali pendaftar yang gugur pada tahapan wawancara atau interview, maka sebelum membahas informasi mengenai bagaimana jawaban yang tepat ketika ditanya what are your biggest weaknesses? Kami akan memberitahu beberapa jawaban yang merupakan keasalahan yang sering dilakukan ketika menjawab pertanyan tersebut.

  • What are your biggest weaknesses?- Weaknes? What is that? I have no flaws. (Apa kelemahan terbesarmu? – Apa itu kekurangan? Saya tidak memiliki kekurangan)

Jika Anda tidak ingin gagal dalam wawancara kerja, Anda maka jangan menjawab pertanyaan mengenai kelemahan diri Anda dengan jawaban di atas. Sudah jelas, dengan menjawab seperti itu maka Anda telah menunjukkan kelemahan diri Anda sendiri. Mungkin Anda merasa sudah perfect dan siap untuk menjadi bagian perusahaan tersebut, sebenarnya ini merupakan salah satu sikap percaya diri namun sebaiknya Anda tidak menjawab seperti ini ketika ditanya apa kelemahan Anda, karena ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa Anda ditolak di perusahaan itu. Bisa jadi Anda malah dianggap calon pekerja yang angkuh atau sombong.

  • What are your biggest weaknesses?- Sorry, but I don’t know what my weaknesses are (Apa kelemahan terbesarmu? – Maaf, tapi saya tidak tahu apa kelemahan dalam diri saya)

Kesalahan kedua yang sering dilakukan ketika menjawab pertanyaan soal kelemahan dalam Bahasa Inggris adalah menjawab bahwa Anda tidak tahu apa kelemahan Anda atau I don’t know what my weaknesses are. Mungkin Anda merasa bingung atau gugup sehingga menjawab pertanyaan seperti itu, namun jawaban seperti ini bisa mengurangi poin Anda. Anda saja terlihat tidak yakin dengan diri Anda sendiri dan bisa dibilang dengan menjawab pertanyaan menggunakan jawaban ini, maka menunjukkan bahwa Anda tidak mengenal diri Anda sendiri dengan baik sehingga perusahaan pasti akan meragukan diri Anda untuk bekerja disana.

  • What are your biggest weaknesses?- I’m a bit of a workaholic type, so I tend to take too much on work (Apa kelemahan terbesarmu? – Saya orang dengan tipe yang sedikit workaholic, saya cenderung mengambil terlalu banyak pekerjaan)

Jawaban yang selanjutnya juga merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan calon pekerja ketika menjawab pertanyaan saat wawancara. Kami tidak menyalahkan Anda menjawab seperti ini karena mungkin ini memang kelemahan Anda, namun dengan menjawab seperti ini maka mungkin akan sedikit sulit dipercayai oleh pewawancara. Selain menyebutkan kekurangan, Anda tidak memberikan solusinya sehingga jawaban ini bisa saja mengurangi poin Anda.

  • What are your biggest weaknesses? – I always work too hard, sometimes I sacrifice my weekends to make sure my work are done before deadlines. (Apa kelemahan terbesarmu? – Saya selalu bekerja dengan keras, terkadang saya mengorbankan akhir pekan saya untuk memastikan bahwa pekerjaan saya telah selesai sebelum deadline)

Mungkin Anda ingin memberitahukan bahwa Anda merupakan orang yang ambisius dan itu merupakan salah satu kekurangan atau kelamahan bagi Anda. Namun sebaiknya jangan sampai Anda menjawabnya seperti itu, karena mungkin jawaban seperti ini tidak dipercaya oleh si penanya. Bahkan, mungkin Anda sendiri yang menjawabnya ketika mendengarnya tidak akan percaya pada jawaban yang Anda berikan. Terkesan seperti Anda memberitahu apa kelebihan Anda kepada si penanya.

  • What are your biggest weaknesses? – I am perfectionist and always have achievements. I will not rest until my assignment is finished – (Apa kelemahan terbesarmu? Saya merupakan orang yang perfeksionis dan selalu berprestasi. Saya tidak akan beristirahat sebelum menyelesaikan tugas saya)

Tentu saja jika Anda menjawab pertanyaan mengenai kelemahan dengan jawaban di atas maka poin Anda akan dikurangi. Salah satu alasan mengapa Anda mungkin gagal di tahap wawancara adalah Anda yang menjawab tidak sesuai dengan pertanyaan. Oleh karena itu jangan sampai Anda menjawab dengan jenis jawaban di atas ya.

Tips menjawab pertanyaan “what are your biggest weaknesses?”

Nah, sekarang Anda tahu kan apa saja jawaban yang bisa menyebabkan Anda gagal dalam tahapan wawancara. Pada poin kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai bagaimana sih tips menjawab pertanyaan what are your biggest weaknesses? (apa kelemahan terbesar Anda?). Sehingga Anda bisa menjawab pertanyaan itu dengan baik dan kemungkinan Anda untuk diterima akan menjadi lebih besar. Berikut merupakan beberapa tips untuk menjawab pertanyaan tersebut ketika wawancara :

  • Jangan bertele-tele

Jika mungkin sebelumnya Anda belum pernah menerima pertanyaan seperti ini, maka pikirkanlah jawaban atau respon Anda mulai saat ini. Tips pertama ketika ditanya apa kelemahan Anda, jangan bertele-tele. Jawab to the point saja, jangan mengembangkan kalimat Anda dan malah menjawab diluar pertanyaan sehingga akan membuat si penanya menjadi bosan dan malas ketika mewawancarai Anda. Anda harus menjawab pertanyaan wawancara itu dengan tegas dan yakin atau percaya diri. Dengan begitu maka Anda akan mudah lanjut untuk menjawab pertanyaan yang selanjutnya.

  • Jawab sesuai dengan pertanyaan

Kesalahan kedua yang sering dilakukan ketika menjawab pertanyaan seperti ini adalah menjawab tidak sesuai dengan apa yang ditanyakan. Seperti beberapa contoh jawaban Bahasa Inggris yang telah kami bagikan di atas tadi, beberapa menjawab pertanyaan yang tidak sesuai. Ditanya apa kelemahannya, namun mereka malah menyebutkan kelebihannya. Jangan seperti itu ya, sebaiknya Anda siapakan saja jawaban Anda sejak jauh-jauh hari.

  • Berikan solusi dari kekurangan yang Anda miliki

Ketika Anda memberitahu apa kekurangan atau kelemahan Anda sebagai seorang pekerja, maka Anda juga harus bisa memberikan solusi dari kelemahan itu. Sehingga si penanya bisa melihat bahwa Anda menyadari bahwa Anda memang memiliki kekurangan, namun Anda juga memiliki sikap untuk mau memperbaikinya dan juga mengatasi kelemahan atau kekurangan tersebut. Hal itu bisa menjadi salah satu nilai plus bagi Anda sendiri.

  • Menjawab pertanyaan dengan percaya diri

Tips terakhir yang bisa Anda terapkan ketika Anda ingin lolos tahapan wawancara kerja adalah menjawab setiap pertanyaan dengan percaya diri dan yakin. Jika Anda terlihat ragu atau gugup ketika menjawab pertanyaan, maka itu bisa mengurangi poin Anda. Jadi jawab saja dengan yakin dan percaya diri.

Contoh jawaban tepat untuk pertanyaan “what are your biggest weaknesses?”

Jika Anda ingin lolos dalam tahapan wawancara pekerjaan Anda, maka tentu saja Anda harus mempersiapkannya dengan baik. Salah satu jenis pertanyaan yang pasti diajukan kepada Anda saat inteview kerja nanti adalah pertanyaan mengenai what are your biggest weaknesses? (apa kelemahan terbesar Anda?). Seperti yang sudah kami singgung di awal tadi, bahwa banyak sekali orang yang gagal pada tahap ini karena mereka salah menjawab pertanyaan. Jika Anda tak lagi ingin gagal pada kesempatan kali ini, maka kami akan memberikan beberapa contoh jawaban untuk pertanyaan what are your biggest weaknesses. Simak ulasannya di bawah ini ya!

  • What are your biggest weaknesses? – I feel my English ability is my biggest weaknesses. But I know, this is only a temporary problem. I will studying hard to communicate more effectively. (Apa kelemahan terbesarmu? – Saya merasa bahwa kemampuan Bahasa Inggris saya merupakan kelemahan Bahasa Inggris yang saya miliki. Namun, saya akan belajar dengan keras sehingga saya bisa berkomunikasi dengan lebih efektif)

Jawaban di atas merupakan salah satu jawaban terbaik yang bisa Anda berikan ketika Anda diberi pertanyaan apa kelemahan Anda, dengan menjawab seperti itu Anda memberitahu kelemahan Anda namun Anda juga memberitahu apa usaha yang akan Anda lakukan untuk bisa mengatasi permasalahan yang Anda hadapi tersebut. Anda mengaku lemah dalam Bahasa Inggris, namun Anda juga memberitahu Anda akan belajar lebih giat lagi.

  • What are your biggest weaknesses? – I feel my biggest weaknesses is not being detail person. I realized that my weaknesses can affect my quality. But, I currently working to finding a way to fix it. (Apa kelemahan terbesarmu? – Saya merasa bahwa kelemahan terbesar saya adalah menjadi orang yang tidak teliti. Saya sadar, bahwa kekurangan atau kelemahan saya ini bisa mempengaruhi kualitas saya. Tetapi, saat ini saya sedang berusaha untuk mencari cara untuk memperbaikinya)

Untuk menjawab pertanyaan apa kelemahan terbesarmu, maka Anda juga bisa menjawabnya dengan cara di atas. Anda bisa jujur bahwa kelemahan atau kekurangan Anda misalnya adalah tidak teliti. Namun tetap jelaskan bahwa Anda sedang berusaha untuk mencari cara supaya bisa memperbaiki kekurangan yang Anda miliki tersebut.

  • What are your biggest weaknesses? – As a human being, I’m sure I have more than two weaknesses. I think my biggest weaknesses are including my inabality to focus when too many distractions around me, and fact that i get moody to easly. But, I won’t let them bring me down. (Apa kelemahan terbesarmu? – Sebagai manusia, saya yakin saya memliki lebih dari 2 kelemahan. Namun saya pikir, kelemahan terbesar saya adalah ketidakmampuan saya untuk fokus jika ada terlalu banyak gangguan di sekitar saya dan fakta bahwa saya menjadi mudah mengalami perubahan mood. Namun, saya tidak akan membiarkan kekurangan saya menjatuhkan saya)

Jawaban di atas juga merupakan salah satu jawaban yang sangat bagus. Anda memberitahu dengan jujur kepada si penanya apa kelemahan Anda. Namun Anda juga memberitahu mereka bahwa Anda tidak akan membiarkan kelemahan Anda menghalangi usaha Anda. Akan lebih baik jika Anda memberikan solusinya juga.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai jawaban dari pertanyaan interview : what are your biggest weaknesses? (apa kelemahan terbesarmu?). Semoga tips dan jawaban di atas dapat membantu Anda yang hendak melamar pekerjaan sehingga peluang Anda diterima bekerja lebih besar. Semangat!

Artikel Lainnya

Example Financial Analyst Interview Question & Answer
Contoh Interview Kerja di Starbuck (Starbuck Interview Question and Answer)
Cara Merespon Komplain Pelanggan
Contoh Pertanyaan Interview Kerja di Google
Jawaban Dari Pertanyaan Interview: ‘What Are Your Biggest Strengths?’
Jawaban Pertanyaan Interview: What can we expect from you in your first three months?
Jawaban Pertanyaan Interview: “Out of all other candidates, why should we hire you?”
Contoh Beberapa Percakapan Interview Kerja (2 Orang, 3 Orang & 4 Orang)
Mempersiapkan Diri dalam Interview Kerja Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: Tell Me How You Think Other People Would Describe You?

 

Contoh Pertanyaan & Jawaban untuk Memulai Obrolan yang Lucu
Respon Jawaban untuk Pernyataan ‘Nice To Meet You’
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Parkir
Pertanyaan untuk Mengenal Seseorang dalam Bahasa Inggris
Contoh Pertanyaan & Jawaban dari Pertanyaan What Are You Good At?
Contoh Jawaban Interview: How Did You Learn About The Opening?
Jawaban Pertanyaan Job Interview: “Why Do You Want To Leave Your Current Job?”
Contoh Pertanyaan dan Jawaban Percakapan Kencan Pertama dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan dan Jawaban yang Sering Diajukan di Job Interview