sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Jawaban Pertanyaan Interview: “Describe Your Dream Job”

Saat berada dalam wawancara kerja, kamu mungkin sering bertemu dengan pertanyaan yang satu ini. Describe your dream job, atau berarti juga jelaskan apa perkerjaan impian kamu. Pertanyaan ini bisa dibilang pertanyaan yang gampang-gampang susah, seolah simpel tapi bikin bingung jawabnya apa.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa pertanyaan itu ditanyakan bukan karena pewawancara kepo mau tahu apa mimpi kita. Tapi dari pertanyaan itu, pewawancara ingin tahu sebenarnya apa passion kita, bisa enjoy apa. Dan apakah hal itu bisa berpengaruh secara positif ke pekerjaan yang sedang kita lamar.

Biar nggak bingung lagi, berikut cara menjawab pertanyaan describe your dream job dalam interview kerja:

  • Hubungkan dengan peran pekerjaan

Cara pertama menjawab pertanyaan describe your dream job adalah menghubungkannya dengan peran pekerjaan. Peran pekerjaan yang dimaksud ini adalah pekerjaan yang sedang kamu lamar, ya. Dan ingat, hubungkan dengan peran kerjanya, bukan dengan title pekerjaan itu sendiri.

Juga jangan jawab secara langsung bahwa pekerjaan impian kamu adalah pekerjaan yang sedang kamu lamar. Misal kamu sedang melamar untuk bagian Marketing Communication, lalu kamu langsung jawab bahwa dream job kamu adalah menjadi Marketing Communication yang baik. Itu akan membuat pewawancara memandang kamu nggak sungguh-sungguh jawab dan terlalu ngebet buat dapat pekerjaan tersebut.

Sebaiknya begini, contoh kamu melamar untuk masuk di bagian Marketing Communication. Jika pekerjaan itu secara umum adalah mengurus media komunikasi untuk calon customer, maka kamu bisa menjawab dari pendekatan tersebut.

Contohnya sebagai berikut:

I like meeting and communicating with people, so I always try to deliver my communication messages well. Communication seems an easy matter, but actually it’s kinda tricky and often lead to misunderstanding without proper ways. So my dream is to communicate well with my stakeholder, from my colleagues, clients, and all of related parties of my job. To deliver my messages to them as how I wanted it to received by them.

(Saya suka bertemu dan berkomunikasi dengan orang, jadi saya selalu berusaha menyampaikan pesan komunikasi saya dengan baik. Komunikasi terlihat seperti persoalan yang mudah, tapi sebenarnya itu cukup rumit dan sering menimbulkan kesalahpahaman tanpa cara yang tepat. Jadi impian saya adalah untuk bisa berkomunikasi sebaik mungkin dengan stakeholder saya, mulai dari rekan kerja, klien, dan semua pihak yang terkait dengan pekerjaan saya. Untuk bisa menyampaikan pesan saya pada mereka sesuai dengan apa yang saya inginkan bisa diterima oleh mereka)

  • Hubungkan dengan lingkungan kantor

Selain dengan peran pekerjaan, kamu juga bisa menghubungkan jawabanmu dengan lingkungan kantor yang dilamar. Untuk mengetahui hal ini, kamu perlu riset terlebih dahulu tentang bagaimana lingkungan kantor tersebut. Kamu bisa melihatnya dari website resmi, media sosial, atau kalau perlu cerita dari pegawai disana.

Tapi sebenarnya jaman sekarang sudah banyak perusahaan yang terbuka mengenai bagaimana lingkungan kantor mereka melalui media sosial maupun website resmi. Tak jarang mereka juga berbagi bagaimana kegiatan para karyawannya, atau ketika ada event tertentu. Terutama bagi perusahaan di bidang teknologi, digital, dan internet yang semakin menjamur.

Misalnya kamu melamar di sebuah kantor yang bergerak di bidang digital media dan internet. Kamu bisa menjawab pertanyaan describe your dream job sebagai berikut:

I always prefer creativity when doing my job, and I respect the company that favor the same. The result and productivity are indeed important, but I think those are should not restrict creativity. And I think it’s the time for us to break the paradigm that creativity just will be in the way of work productivity. I hope I can work well in the good environment that pursue the same think as me.

(Saya selalu mengutamakan kreativitas saat melakukan pekerjaan, dan saya menghormati perusahaan yang mengutamakan hal yang sama. Hasil dan produktivitas memang penting, tapi saya rasa hal-hal tersebut seharusnya tidak membatasi kreativitas. Dan saya rasa sekarang adalah waktunya kita mendobrak paradigma bahwa kreativitas hanya akan menghalangi produktivitas kerja. Saya harap saya bisa bekerja dengan baik dalam lingkungan yang baik juga yang mengusung hal yang saya dengan saya.)

  • Hubungkan dengan skill dan pengalaman

Cara terakhir yang tak kalah ampuhnya untuk menjawab pertanyaan describe your dream job adalah menghubungkan dengan skill atau keterampilan dan pengalaman kamu. Ingat juga ya, bahwa skill dan pengalaman yang kamu angkat adalah yang berhubungan juga dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Misalnya kamu akan melamar di bagian Administrasi sebuah perusahaan, dan kebetulan kamu berpengalaman di bidang itu sebelumnya. Kamu juga memiliki skill yang memadai untuk menjalankan job description pada pekerjaan tersebut. Kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut begini:

Personally, I like tidy and organized things. Since I was little I used to tidy up my surrounding, then that habit was applicable on my last job in Administration field. I want to keep doing what I like, tidying and organizing things well. And I also have several certificates related to my administration skills, so I hope that I can use those in the real life especially on my job.

(Secara pribadi, saya suka merapikan dan mengorganisir hal-hal. Sejak kecil saya terbiasa membereskan sekitar saya, lalu kebiasaan itu teraplikasikan pada pekerjaan saya sebelumnya di bidang administrasi. Saya ingin bisa terus melakukan apa yang saya suka, merapikan dan mengorganisir hal-hal dengan baik. Dan saya juga memiliki beberapa sertifikat terkait skill administrasi saya, jadi saya harap saya bisa menggunakannya di kehidupan nyata terutama pada pekerjaan saya.)

Itulah beberapa jawaban yang bisa kamu sampaikan saat ditanya soal describe your dream job dalam wawancara kerja. Semoga informasi ini bermanfaat dan good luck untuk wawancara kerja kamu, ya!

 

Berbagai Jawaban untuk Pertanyaan What’s Up?
Menanyakan Hasil Interview Kerja dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Sekretaris dalam Bahasa Inggris
Contoh Perkenalan Diri dalam Wawancara Bahasa Inggris
Pertanyaan dan Jawaban yang Sering Diajukan Imigrasi
Bertanya & Menceritakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai HRD dalam Bahasa Inggris
Kosakata Nama-nama Profesi / Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan yang Sering Diajukan di College Interview