sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Expressing Cause and Effect dalam Bahasa Inggris

Seperti dalam Bahasa Indonesia, pada kaidah Bahasa Inggris juga ada susunan tata bahasa yang menunjukkan hubungan sebab-akibat. Dalam tata Bahasa Inggris, susunan ini disebut dengan istilah Expressing Cause and Effect.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai Expressing Cause and Effect mulai dari pengertian hingga contohnya. Simak uraian lengkapnya di bawah ini, ya!

Pengertian Expressing Cause and Effect

Expressing Cause and Effect menjelaskan hubungan sebab-akibat dan bisa berbentuk klausa maupun kalimat. Jika berbentuk klausa, biasanya terdapat dalam satu kalimat yang sama dan dipisahkan dengan koma. Sedangkan jika berbentuk kalimat, biasanya terdiri dari dua kalimat yang masih berhubungan.

Cause adalah sesuatu, seseorang, atau tindakan yang menyebabkan terjadinya hal lain. Sedangkan effect adalah hal lain yang disebabkan oleh cause itu. Dengan kata lain, cause adalah sebab dan effect adalah akibat.

Dalam prakteknya, peletakan cause dan effect ini tidak selalu harus berurutan cause terlebih dahulu. Bisa saja effect yang diletakkan di bagian awal kalimat atau di kalimat pertama, baru disusul cause yang menjelaskan sebabnya. Namun memang yang lebih umum urutannya adalah penyebutan cause terlebih dahulu baru disusul oleh effect.

Untuk menghubungkan cause dan effect ini, dibutuhkan kata penghubung atau linking word. Linking word ini yang menunjukkan adanya hubungan sebab-akibat dari dua klausa atau kalimat. Tanpa adanya linking word, klausa atau kalimat itu hanya menjadi klausa atau kalimat terpisah dan tidak berhubungan.

Linking Word untuk Expressing Cause and Effect

Ada beberapa jenis kata penghubung atau linking word yang sering digunakan untuk Expressing Cause and Effect, yaitu sebagai berikut:

1. Conjunction

Dalam tata Bahasa Inggris, conjunction adalah kata atau kelompok kata yang digunakan untuk menghubungkan frasa dan klausa. Berikut beberapa conjunction yang sering digunakan untuk Expressing Cause and Effect:

  • Because

Kata because dalam Bahasa Indonesia berarti karena, dan digunakan untuk menjelaskan sebab atau cause. Lebih jelasnya dapat dilihat dalam contoh berikut:

My mother is cooking a feast because my sister said that she will be coming today (Ibuku masak besar-besaran karena adikku bilang dia akan datang hari ini)

Pada contoh tersebut, conjunction because menjadi kata hubung dari dua klausa. Klausa pertama adalah My mother is cooking a feast sebagai effect (akibat), yang disebabkan (cause) oleh klausa kedua yaitu my sister said that she will be coming today.

Kata conjunction because juga bisa diletakkan di awal kalimat, seperti pada contoh berikut:

Because the government instructed to stay home and keep distance during COVID-19 pandemic, we’re staying at home for almost two months for now (Karena pemerintah memerintahkan untuk tetap di rumah dan jaga jarak selama pandemi COVID-19, kami sudah berdiam diri di rumah hampir dua bulan sekarang)

Pada contoh diatas, kata because menjadi penghubung yang menjelaskan bahwa klausa pertama (the government instructed to stay home and keep distance during COVID-19 pandemic) merupakan sebab (cause). Yang kemudian mengakibatkan (effect) tindakan pada klausa kedua (we’re staying at home for almost two months for now).

  • Since

Kata since disini juga berarti karena atau dikarenakan, yang juga digunakan untuk menjelaskan sebab atau cause. Lebih jelasnya dapat dilihat dalam contoh berikut:

Since it was hot, we turned the fan into max (Karena sangat panas, kami menyalakan kipas angin sampai maksimal)

Kata since menghubungkan cause pada klausa pertama (it was hot) dan effect pada klausa kedua (we turned the fan into max).

  • As

Kata as disini juga berarti karena atau dikarenakan, yang juga digunakan untuk menjelaskan sebab atau cause. Lebih jelasnya dapat dilihat dalam contoh berikut:

As the baby was keep crying, she gave him the milk formula (Karena bayi itu nangis terus, dia memberikan susu formula)

Pada contoh tersebut, kata conjunction as menjadi penghubung dari kedua klausa. Klausa pertama merupakan cause yaitu the baby was keep crying. Dan klausa kedua merupakan effect yaitu she gave him the milk formula.

  • So

Kata so dalam Bahasa Indonesia berarti jadi, dan biasanya digunakan untuk menjelaskan akibat atau effect. Lebih jelasnya dapat dilihat dalam contoh berikut:

It was raining really hard, so he waited at the school and late for an hour to go home (Hujan sangat deras, jadi dia menunggu di sekolah dan terlambat satu jam untuk pulang ke rumah)

Pada contoh diatas, conjunction so menjadi penghubung pada effect di klausa kedua. Di klausa pertama dijelaskan sebab (cause) yaitu it was raining really hard. Yang kemudian menyebabkan terjadinya akibat (effect) pada klausa kedua, yaitu he waited at the school and late for an hour to go home.

2. Transition

Sesuai dengan namanya, transition adalah kata transisi. Transition menjadi penyambung dua kalimat terpisah dan menjadikan kedua kalimat tersebut menjadi terhubung. Dalam Expressing Cause and Effect, transition berguna untuk menjelaskan effect atau akibat yang terletak pada kalimat kedua.

Berikut beberapa kata transition yang sering digunakan untuk Expressing Cause and Effect:

  • Therefore

Therefore dalam Bahasa Indonesia berarti karena itu, maka dari itu, oleh karena itu. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

Her husband had an affair again for third times. Therefore, she decided to get a divorce (Suaminya berselingkuh lagi untuk ketiga kalinya. Oleh karena itu, dia memutuskan untuk bercerai)

Kedua kalimat pada contoh diatas merupakan kalimat yang terpisah dan tidak berhubungan, jika tidak ditambahkan dengan kata therefore. Karenanya therefore berperan sebagai kata transisi yang menyambung kedua kalimat tersebut dalam hubungan cause dan effect.

  • As a result

As a result secara harfiah berarti sebagai hasilnya, yang menunjukkan hubungan akibat (effect) dari sebab (cause) pada kalimat sebelumnya. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

He didn’t study seriously and just played the game all night long. As the result, he failed on the exam next day (Dia tidak belajar serius dan cuma bermain game sepanjang malam. Sebagai hasilnya, dia gagal di ujian hari selanjutnya)

Jika tidak menggunakan kata transition as a result, kedua kalimat tersebut merupakan kalimat masing-masing yang terpisah. As a result menjadi penghubung kedua kalimat tersebut, dimana kalimat pertama merupakan cause (sebab) dan kalimat kedua adalah effect (akibat).

  • Consequently

Dalam Bahasa Indonesia, consqeuntly berarti akibatnya atau konsekuensinya. Jadi sudah jelas bahwa kata ini akan menjelaskan akibat (effect) dalam Expressing Cause and Effect. Lebih jelasnya dapat dilihat dalam contoh berikut:

She forgot to turn off the stove when boiling the water. Consequently, the water was dried and the kettle was burned (Dia lupa mematikan kompor saat memasak air. Akibatnya, airnya kering dan ceretnya gosong)

Kata consequently menjadi penyambung antara dua kalimat yang sebelumnya terpisah. Dengan begitu, kalimat pertama menjadi penyebab (cause) dan kalimat kedua menjadi akibat (effect).

  • Thus

Kata thus dalam Bahasa Indonesia berarti sehingga, jadi, atau dengan demikian. Penggunaan kata ini dalam Expressing Cause and Effect dapat dilihat pada contoh berikut:

He didn’t live with his parents for 20 years now. Thus, he felt awkward when met them again yesterday (Dia tidak tinggal dengan orangtuanya selama 20 tahun sekarang. Jadi, dia merasa canggung ketika bertemu mereka kembali kemarin)

Pada contoh diatas, kata thus menjadi penyambung dua kalimat yang terpisah dan sebelumnya tidak memiliki hubungan. Kalimat pertama merupakan penyebab (cause) yang kemudian mengakibatkan (effect) tindakan pada kalimat kedua.

  • For this reason

For this reason berarti karena alasan tersebut, atau bisa juga dituliskan for all these reasons yang berarti karena alasan-alasan tersebut. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

She doesn’t like physical and outdoor activities. For this reason, she rejected when her friends asked her to come along to climb the mountain (Dia tidak suka kegiatan fisik dan di luar ruangan. Karena alasan tersebut, dia menolak ketika teman-temannya mengajaknya untuk ikut naik gunung)

Kata for this reason menjadi penyambung antara dua kalimat yang sebelumnya terpisah dan tidak berhubungan. Kalimat pertama merupakan penyebab (cause) mengapa ia melakukan tindakan di kalimat kedua, yang menjadi akibatnya (effect).

3. Preposition

Preposition adalah kata depan yang digunakan untuk menunjukkan hubungan satu bagian dengan bagian lain dalam kalimat. Dalam Expressing Cause and Effect, preposition digunakan untuk menjelaskan cause (sebab) yang mengacu pada frasa noun (kata benda).

Berikut beberapa preposition yang sering digunakan untuk Expressing Cause and Effect:

  • Due to

Kata due to pada konteks ini dapat diartikan sebagai dikarenakan atau dikarenakan oleh, dan dapat diletakkan di awal maupun pertengahan kalimat. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

Due to the flood, the road was blocked and I can’t go anywhere (Dikarenakan banjir, jalan tertutup dan aku nggak bisa kemana-mana)

Pada contoh tersebut, kata due to menjelaskan the flood sebagai frasa noun yang menjadi cause (penyebab). Yang kemudian mengakibatkan (effect) pada bagian selanjutnya, yaitu the road was blocked and I can’t go anywhere.

  • Because of

Kata because of secara harfiah berarti karena sesuatu, atau dikarenakan oleh sesuatu. Sama seperti kata due to, kata because of juga bisa diletakkan pada awal maupun pertengahan kalimat. Misalnya seperti pada contoh berikut:

She can’t meet and date a new guy because of her first love (Dia tidak bisa bertemu dan pacaran dengan orang baru karena cinta pertamanya)

Pada contoh diatas, kata because of menjadi penghubung untuk cause (sebab) yang berbentuk noun yaitu her first love. Sedangkan untuk effect (akibat) terdapat pada bagian awal kalimat, yaitu she can’t meet and date a new guy.

  • Thanks to

Kata thanks to bisa diartikan sebagai berkat atau dikarenakan oleh. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

Thanks to her endless effort, she got the presidential award in education field (Berkat usahanya yang tiada henti, dia mendapatkan penghargaan presiden di bidang pendidikan)

Kata thanks to menjadi penghubung atas noun her endless effort yang menjadi cause (sebab) dalam kalimat ini. Sedangkan untuk effect (akibat) adalah she got the presidential award in education field.

  • Caused by

Seperti kata caused by berarti disebabkan oleh, yang jelas menunjukkan sebab (cause) dalam Expressing Cause and Effect. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

That destroyed house is caused by typhoon last night (Rumah yang hancur itu disebabkan oleh angin topan semalam)

Kata cause by menjadi kata penghubung yang menjelaskan bahwa that destroyed house merupakan akibat (effect) yang disebabkan oleh (cause) typhoon last night.

Demikianlah pembahasan mengenai Expressing Cause and Effect dalam Bahasa Inggris. Pastikan kamu menggunakan linking word dan kalimat yang tepat, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Contoh Cause Effect & Penjelasannya – Part 2
Contoh-contoh Kalimat Cause and Effect
Percakapan Mengungkapkan Sudut Pandang Pendapat (Expressing Point of View)
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Rasa Tidak Percaya (Expressing Disbelief)
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Persetujuan (Expressing Agreement)
Cara Mengungkapkan Gagasan yang Berlawanan dalam Bahasa Inggris
Cara Menyatakan Setuju dalam Bahasa Inggris
Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengatakan Suka dan Tidak Suka (Expressing Like and Dislike)
Expressing Cause and Effect dalam Bahasa Inggris
Contoh Expressing Admiration (Kekaguman) dalam Percakapan Part I