sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Jawaban Pertanyaan Interview: What can we expect from you in your first three months?

Selama interview pekerjaan, pewawancara akan melontarkan pertanyaan pada pencari kerja. Mulai dari pertanyaan ringan seperti hobi dan perkenalan diri sampai pertanyaan yang butuh jawaban spesifik seperti kemampuan sesuai jabatan yang diinginkan dan rencana kerja.

Interviwer perlu gambaran bagaimana orang yang diwawancarai akan menyesuaikan diri dengan pekerjaan barunya. Penilaian sangat berpengaruh bagi pencari kerja yang inisiatif dan  memiliki visi bagaimana bisa langsung terjun dalam perusahaan tanpa kendala berarti.

Pertanyaan untuk kinerja 3 bulan pertama

Salah satu pertanyaan krusial yang perlu disingkapi adalah “What can we expect from you in your first three months?” (Apa yang bisa kami harapkan dari Anda untuk tiga bulan pertama?). Job seeker diharapkan memiliki pengetahuan dasar tentang perusahaan dan posisi yang diincar, mereka juga harus dapat mengaitkannya dengan skill yang dimiliki.

Jawaban untuk pertanyaan interview tersebut beragam berdasarkan pengalaman dan pengetahuan. Sehingga menjawab pertanyaan ini sangat mencerminkan kesiapan pelamar kerja dalam melakukan interview.

Jawaban pertanyaan interview kinerja 3 bulan pertama

Bila Anda mendapatkan pertanyaan ini saat wawancara maka siapkan jawaban yang jujur sesuai yang Anda ketahui. Karena sangat spesifik dengan latar belakang dan pengalaman yang disebutkan dalam resume.

Pembukaan

Bila tidak siap dengan jawaban tertentu. Maka berikan jawaban awal sebagai pembuka. Rencana jangka pendek bisa dijawab dengan memberikan respon dengan diawali beberapa ekspresi sebagai berikut.

  • Thank you. It is a very good question (terima kasih. itu adalah pertanyaan yang sangat bagus)
  • I am glad you ask that question (saya senang Anda menanyakan pertanyaan itu)
  • That is the same question that I asked myself when I enter this company (itu adalah pertanyaan yang saya tanyakan pada diri saya sendiri saat memasuki perusahaan ini)

Adaptasi

Sebutkan langkah-langkah adaptif yang akan job seeker lakukan bila sudah bergabung dengan perusahaan. Hal tersebut penting untuk mempercepat kerjasama yang baik di antara sesama karyawan.

  • I’ll spend the first month getting to know the entire team (saya akan menggunakan satu bulan pertama untuk mengenal semua anggota tim)
  • I’ll engage positive relationships with other workers. (saya akan membina hubungan positif dengan pekerja lainnya)
  • I will come earlier to know my way around my position and the people around it. (Saya akan datang lebih pagi untuk mengenal lebih baik pekerjaan saya dan orang-orang disekitar)
  • I learn from other worker both about work and my co-worker ( Saya akan belajar dari pegawai lain mengenai pekerjaan dan karyawan lainnya)
  • I will introduce myself to the team and learn about their expectation from me (saya akan memperkenalkan diri pada seluruh tim dan bertanya tentang harapan mereka terhadap saya)
  • I will do more observation and learning the working system (saya akan banyak melakukan observasi dan mempelajari sistem kerjanya.

Pertanyaan yang butuh jawaban spesifik perlu disiapkan dengan baik. Berikut adalah beberapa trik dan tips yang dapat Anda terapkan saat mendapatken pertanyaan seperti itu.

Jawaban Positif

Hindari keinginan untuk mengatakan hal-hal negatif. Tekankan pada kesempatan untuk berkontribusi tanpa perlu menunjukkan kekurangan atau kesalahan orang lain. Berikut contohnya.

  • I am greatful to have the opportunity to provide positive insight to a growing company (saya sangat beruntung berkesempatan memberikan masukan positif pada perusahaan yang sedang berkembang)
  • The company has an excellent revenue. I am intrested to target available market that has not being develop, such as teenager and the millenial (perusahaan memiliki pendapatan yang mengesankan. Saya tertarik untuk menargetkan pangsa pasar yang belum dikembangkan seperti remaja dan kaum milenial)

Hindari Jawaban Menyalahkan.

Pewawancara bisa mengetes pelamar kerja dengan masalah yang di alami perusahaan dan meminta opini bagaimana masalah tersebut dapat diperbaiki. Berikan jawaban diplomatis tanpa menyalahkan salah satu pihak.

  • I understand sales is always a good way to estimate company’s profit. Analyze and investigation is always a great start (saya paham kalau penjualan adalah cara terbaik untuk mengetahui keuntungan perusahaan. Menganalisa dan menyelidiki adalah awalan yang baik)
  • I think creating a simple and effective system can overcome any human error. (saya pikir dengan membuat sebuah sistem sederhana dan efektif dapat mengurangi kesalahan oleh karyawan)
  • There is no company that never have any problem. We can learn from them and establish a better policy. (Tidak ada perusahaan yang tidak pernah punya masalah. Kita dapat belajar dari pengalaman dan membuat peraturan lebih bagus)

Tunjukkan pengetahuan

Persiapkan diri untuk wawancara dan cari tahu sedikit tentang profil perusahaan yang Anda ingikan. Menyelaraskan pengetahuan dengan keahlian adalah nilai plus yang baik bagi pelamar kerja.

  • I understand this company is expading and looking to do various new projects. I am a freash graduate that understand clearly current trends. (Saya paham bahwa perusahaan kini sedang melakukan ekspansi dan berminat melakukan projek baru. Saya baru saja lulus yang paham benar mengenai tren terkini)
  • The news may have said several concern about this company. But from what I have seen, everything is working very well (berita mungkin telah menyampaikan beberapa kekhawatiran tentang perusahaan ini. Namun dari yang saya lihat, semua akan baik-baik saja.)

Tunjukkan Inisiatif

Tunjukan inisiatif sesuai dengan posisi yang diinginkan. Beritahu tentang rencana dan ide-ide Anda. Namun sebelum merealisasikan inisiatif, perhatikan terlebih dahulu waktu dan    yang perlu dikeluarkan.

  • I would like to evaluate the pass achievement and see where we are doing wrong (Saya ingin mengevaluasu pencapaian sebelumnya dan meperkirakan dimana kesalahannya.)
  • I would like to examine the report and come up with new idea to invent. (Saya ingin memeriksa laporan dan meontarkan ide baru untuk dibangun)
  • I am interested on cutting time on busy-work projects and create an effective working scheme (saya berminat untuk memangkas waktu pengerjaan projek yang lama dan sibuk dan membuat skema kerja yang lebih efisien)
  • I will create a schedule to get feedback from each member of the team (saya akan membuat jadwal untuk mendapatkan saran dari tiap anggota tim)

Jawaban berisi inisiatif sangat berpengaruh unntuk lowongan kerja untuk posisi pekerjaan di tingkat atas yang membutuhkan rencana kerja yang inisiatif dan mencerminkan kepemimpinan.

Pahami ekspetasi perusahaan

Hubungkan profil perusahaan dengan kemampuan yang Anda miliki. Dengan demikian jawaban Anda akan memberikan gambaran jelas bagaimana rencana kerja yang akan Anda lakukan untuk masa tiga bulan awal. Sertakan pula rencana kontinu baik untuk 60 hari atau 90 hari kedepan.

I want to setup a team and progress report that we can check in weekly bases. After 30 days the blog should be ready to launch. In 60 days, We do an analyze check on the team performance and made some adjustment. After 90 days, I want everyone to be able to work independently with minimum assistance. (saya akan membuat tim dan laporan kerja yang dapat diperiksa tiap minggunya. Setelah 30 hari, blog harus siap untuk diluncurkan. Dalam kurun waktu 60 hari, Kami akan menganalisa kinerja tiap anggota tim dan membuat penyesuaian yang diperlukan. Setelah 90 hari, saya mau semua orang dapat bekerja secara independen dengan bantuan minim. )

Team building and budgeting is mu focus within the first 30 days. Then the next plans would be to have every team assign to different task. In 90 days, I plan to have an evaluation of each person ability to cope with the new system. (hubungan tim yang erat dan rancangan dana adalah fokus saya dalam waktu 30 hari. Kemudian rencana berikutnya adalah memberikan tiam tim tugas yang berbeda. Dalam kurun waktu 90 hari, saya berencana melakukan evaluasu pada tiap individu untuk mengetahui kemampuan mereka untuk dapat beradaptasi dengan sistem yang baru)

Contoh percakapan interview tentang kinerja 3 bulan awal

Berikut adalah gambaran wawancara ketika seseorang ditanya tentang rencana  “I What can we expect from you in your first three months?” (apa yang bisa kami harapkan dari Anda untuk tiga bulan pertama).

Contoh 1

Kontribusi yang dapat diberikan untuk pelamar kerja level tinggi yang langsung masuk sebagai pekerja level atas seperti manager atau pimpinan divisi berbeda dengan pegawai baru yang memulai dari posisi bawah. Berikut adalah contoh pelamar kerja untuk posisi manajer.

X: “one last question mrs. Ford. What can we expect from you in your in your first three months?” (apa yang bisa kami harapkan dari Anda untuk tiga bulan pertama?)

Y: “For my first three months, I want to get to know my coworker and my task. Then I would establish a 3 months plan and review them each month. (untuk masa tiga bulan pertama. Saya ingin mengenal sesama karyawan dan tugas-tugas saya. Kemudian saya akan membuat rencana per tiga bulan dan meninjaunya tiap bulannya)

X: “How are you going to make the 3 months plan?” (bagaimana Anda akan membuat rencana kerja tiga bulan tersebut?)

Y: ”The team nead to except me as their new manager. Then I will take notes from their ideas and implement them to the three months plan. That way everyone felt they are a part of the team and we are working to achieve the same thing. (tim yang ada perlu menerima saya sebagai manajer mereka yang baru. Lalu saya akan mencatat masukan dan ide mereka serta memasukkannya pada rencana tiga bulan tersebut. Dengan cara itu, semua orang merasa sebagai bagian dari tim dan kita semua bekerja untuk mencapai hal yang sama)

Contoh 2

Ketika ditanya tentang kontribusi yang bisa diberikan oleh pelamar kerja sebagai karyawan baru yang baru saja lulus dari universitas, perlu menekankan usaha dan kemampuan untuk menyamakan pola kerja sesuai dengan perusahaan. Berikut contohnya.

X: “What can we expect from you in your in your first three months, Mr James ?” (apa yang bisa kami harapkan dari Anda untuk tiga bulan pertama, Pak James?)

Y: “For starter I will ask about my duty and responsibility and get to know the other coworker (sebagai permulaan saya akan bertanya tentang tugas dan tanggung jawab saya dan mengenal karyawan lainnya)

X: “How are you going to implement your marketing skill?” (bagaimana Anda akan menerapkan kemampuan marketing Anda?)

Y: ”I will follow the company regulation and make some suggestive from there. I need to do reaserch first from the product, promotion, people before making any plans (saya akan mengikuti peraturan perusahaan dan baru membuat saran. Saya perlu melakukan penelitian dari sisi produk, promosi dan orang-orangnya sebelum membuat rencana apapun)

Demikianlah jawaban pertanyaan interview ketika ditanya tentang apakah kontribusi yang dapat diberikan untuk kurun waktu 3 bulan pertama. Anda bisa memberikan jawaban sesuai dengan posisi yang Anda dapatkan serta pengalaman Anda dalam menangani bidang tersebut. Gunakan contoh dan tips di atas untuk membuat jawaban sesuai dengan interview Anda sendiri.

Artikel Lainnya

Example Financial Analyst Interview Question & Answer
Contoh Interview Kerja di Starbuck (Starbuck Interview Question and Answer)
Cara Merespon Komplain Pelanggan
Contoh Pertanyaan Interview Kerja di Google
Jawaban Dari Pertanyaan Interview: ‘What Are Your Biggest Strengths?’
Jawaban Pertanyaan Interview: What can we expect from you in your first three months?
Jawaban Pertanyaan Interview: “Out of all other candidates, why should we hire you?”
Contoh Beberapa Percakapan Interview Kerja (2 Orang, 3 Orang & 4 Orang)
Mempersiapkan Diri dalam Interview Kerja Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: Tell Me How You Think Other People Would Describe You?

 

Respon Jawaban untuk Pertanyaan “How Are You Today?”
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Kebun Binatang
Berbagai Jawaban untuk Pertanyaan “How Was Your Day”
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Sekretaris dalam Bahasa Inggris
Jawaban dari Pertanyaan “How would you feel it?”
Percakapan Job Interview: Menceritakan Pengalaman Kerja & Latar Belakang Pendidikan dalam Bahasa Inggris
Tip Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris saat Wawancara Kerja
Pertanyaan yang Sering Diajukan di Theses Defense
Contoh Jawaban untuk Pertanyaan “Tell About Yourself”