sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Jawaban Pertanyaan Interview: Why do you want this job?

Salah satu pertanyaan yang biasanya akan muncul saat wawancara kerja adalah “why do you want this job?” (Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?). Pertanyaan ini memang tedengar konyol bagi sebagian dari kita. Akan tetapi, pertanyaan ini justru salah satu pertanyaan yang paling penting dalam wawancara kerja.

Melalui pertanyaan ini, perekrut ingin memahami motivasi kandidat dalam melamar posisinya. Perekrut juga ingin mencari tahu apakah kultur perusahaan akan cocok dengan kandidat dan apakah kandidat bisa bertahan lama bekerja di sana.

Di bawah ini ada beberapa contoh jawaban untuk menjawab pertanyaan ini. Sebelum melihat contoh jawabannya, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu kalimat lain yang serupa dengan “why do you want this job?”. Kalimat tersebut di antaranya:

  • Why are you interested in this position? (Mengapa Anda tertarik dengan posisi ini?)
  • Why do you want to work here? (Mengapa Anda ingin bekerja di sini?)
  • Why do you want to work for us? (Mengapa Anda ingin bekerja bersama kami?)
  • Why are you interested in the company? (Mengapa Anda tertarik dengan perusahaannya?)

Berikut adalah contoh jawaban dari “why do you want this job?”

Contoh 1

I am looking for a company where I could make use of my skills to the best possible use, and I think your company offers such atmosphere.  I would also like to use my knowledge and experience to make a betterment of the company, as well as to make a significant difference of my preferred position. Working in an environment that offers me the freedom to bring out the best is what I look forward to. Not all company gives this much scope for its employees, and I am glad that your company is one of them. This job fits me greatly as I have developed my skills for the job for years, and I think your company is the best platform for me to put in each one of them completely.

(Saya sedang mencari perusahaan yang mana saya bisa menggunakan kemampuan saya sebaik mungkin, dan saya rasa perusahaan Anda menawarkan lingkungan seperti itu. Saya juga ingin menggunakan wawasan dan pengalaman saya untuk memajukan perusahaan serta untuk membuat perbedaan yang berarti pada posisi yang saya pilih. Bekerja di lingkungan yang menawarkan saya kebebasan untuk melakukan yang terbaik adalah hal yang saya nantikan. Tidak semua perusahaan memberikan ruang lingkup sebebas ini untuk pekerjanya, dan saya senang bahwa perusahaan Anda adalah salah satunya. Pekerjaan ini sangat cocok untuk saya karena saya telah mengembangkan kemampuan-kemampuan saya untuk pekerjaannya selama bertahun-tahun, dan saya rasa perusahaan Anda adalah wadah terbaik untuk saya menerapkan masing-masing kemampuan tersebut.)

Contoh 2

I am attracted to this job because it offers ton of opportunities. The first opportunity is this job could help me to pave my way toward a long-term career, which is something that is the most important in my life by far as a working individual. Second, your company is leading the industry and has excellent reputation. Working with a great organization like yours is promising and has always been my dream. Last but not least, I think your company and I share the same point of view on an ideal work environment. This job, in particular, provides work surroundings in which I could gradually expand my skills and strengthen them for effective use in the future.

(Saya tertarik dengan pekerjaan ini karena pekerjaan ini menawarkan banyak kesempatan. Kesempatan pertama adalah pekerjaan ini dapat membantu saya untuk membuka jalan menuju karir jangka panjang, yang merupakan sesuatu yang paling penting bagi saya sejauh ini di kehidupan saya sebagai pekerja. Kedua, perusahaan Anda memimpin industri ini dan memiliki reputasi yang luar biasa. Bekerja dengan organisasi besar seperti perusahaan Anda itu menjanjikan dan selalu menjadi impian saya. Terakhir namun tidak kalah pentingnya, saya rasa perusahaan Anda dan saya berbagi pandangan ideal yang sama akan lingkungan kerja. Perkerjaan ini, khususnya, menyediakan lingkungan kerja yang mana saya bisa secara bertahap mengembangkan kemampuan saya dan mengasahnya untuk penggunaan yang efektif di masa depan.)

Contoh 3

I want this job because it’s time for me to leap into a bigger responsibility. I’m ready to step ahead in my life, and this job is offering me this opportunity. I want to broaden my knowledge, sharpen my skills, and develop my potential by taking up challenging tasks that this job has. I also want to achieve greater results as my current job isn’t taking me anywhere. I have a feeling that your company is the right place for me to feel motivated to achieve my career goals.

(Saya menginginkan pekerjaan ini karena sudah saatnya saya melompat ke tanggung jawab yang lebih besar. Saya siap melangkah maju dalam hidup saya, dan pekerjaan ini menawarkan kesempatan ini. Saya ingin memperluas wawasan, mengasah kemampuan, dan mengembangkan potensi saya dengan mengambil tugas menantang yang dimiliki pekerjaan ini. Saya juga ingin mencapai hasil yang lebih besar karena pekerjaan saya saat ini tidak membawa saya ke mana pun. Saya rasa perusahaan Anda adalah tempat yang tepat bagi saya untuk termotivasi untuk mencapai tujuan karir saya.)

Artikel Lainnya

Example Financial Analyst Interview Question & Answer
Contoh Interview Kerja di Starbuck (Starbuck Interview Question and Answer)
Cara Merespon Komplain Pelanggan
Contoh Pertanyaan Interview Kerja di Google
Jawaban Dari Pertanyaan Interview: ‘What Are Your Biggest Strengths?’
Jawaban Pertanyaan Interview: What can we expect from you in your first three months?
Jawaban Pertanyaan Interview: “Out of all other candidates, why should we hire you?”
Contoh Beberapa Percakapan Interview Kerja (2 Orang, 3 Orang & 4 Orang)
Mempersiapkan Diri dalam Interview Kerja Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: Tell Me How You Think Other People Would Describe You?

 

Pertanyaan dan Jawaban yang Sering Diajukan oleh Angel Investor
Berbagai Jawaban untuk Pertanyaan What’s Up?
Jawaban Pertanyaan Interview: Why do you want this job?
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Hiburan Malam
Pertanyaan 5W1H dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara dalam Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: “Describe Your Dream Job”
Bagaimana Merespon Pertanyaan “Do You Speak English?”
Respon Jawaban untuk Pertanyaan “How Are You Today?”
Contoh Pertanyaan di Tempat Baru dalam Bahasa Inggris