sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kosakata Alat Musik dalam Bahasa Inggris: Nama dan Penjelasannya

Banyak yang bilang kalau musik adalah bahasa universal yang diterima dan dipahami oleh semua orang di dunia. Musik yang indah dihasilkan dari alat-alat musik yang beragam mulai dari alat musik petik, alat musik tiup, alat musik pukul, dan masih banyak lagi. Pada pembahasan kali ini, kita akan mempelajari kosakata nama-nama alat musik dalam Bahasa Inggris. Beserta penjelasan mengenai alat musik itu sendiri serta penggunaannya dalam contoh kalimat Bahasa Inggris.

Guitar: gitar

Guitar atau gitar merupakan alat musik petik yang dikenal di seluruh penjuru dunia, dimana banyak orang yang memulai belajar musik menggunakan alat musik ini. Guitar memiliki struktur standar dengan 6 buah senar yang mempunyai range atau jangkauan suara yang tinggi. Terdapat beberapa jenis guitar dalam dunia permusikan, seperti gitar akustik, gitar listrik, dan lain sebagainya.

Doni: Ben, did say that you mastered F key on guitar? Please teach me, I really have hard time to master it, Ben! (Ben, kamu bilang kamu sudah menguasai kunci F dalam gitar, kan? Tolong ajarin aku dong, aku kesusahan menguasainya!)

Ben: Okay, okay. I will teach you how to master it, Doni (Oke, oke. Aku akan mengajari kamu bagaimana menguasainya, Doni)

Bass: bas

Alat musik bass merupakan jenis alat musik petik yang memiliki banyak kemiripan dengan guitar. Jika kamu sudah menguasai permainan guitar, maka akan lebih mudah untuk menguasai permainan bass. Bass memiliki 4 buah senar yang lebih tebal dibanding dengan senar pada alat musik guitar. Musik yang keluar dari alat musik bass biasanya menjadi nada utama dalam sebuah lagu atau pertunjukan sebuah band.

The school band can’t perform next week because the one who play bass injured himself and they can’t find the substitute (Band sekolah tidak bisa tampil minggu depan karena orang yang memainkan bas cedera dan mereka belum mendapatkan penggantinya)

Drum: drum

Drum merupakan alat musik yang dipukul menggunakan stick yang dikenal dengan sebutan drumstick atau stik drum. Drum terbuat dari bahan kulit, dan ada juga yang terbuat dari bahan plastik atau bahan lainnya. Jika dalam sebuah band, pemain drum atau yang disebut dengan drummer biasanya memainkan drum dalam sebuah set bersama alat-alat pendukung lainnya.

The drummer really nailed it when play his drum perfectly and make the crowd cheer for him (Pemain drum itu benar-benar ahli saat memainkan drumnya dengan sempurna dan membuat orang-orang bersorak untuknya)

Cymbals: simbal

Cymbals adalah alat musik pukul yang terbuat dari logam dan dimainkan dengan cara dipukul. Suara yang dihasilkan dari cymbals merupakan bunyi nyaring yang seolah memekakkan telinga. Alat musik yang satu ini sudah digunakan sejak zaman Yunani kuno, dan sekarang sering juga digunakan sebagai alat pendukung dalam drumset oleh para drummer.

Key: Indra, do you see the cymbals of my drum? I’m sure that I put it in this practice room yesterday (Indra, kamu lihat simbal drum ku? Aku yakin menaruhnya di ruang latihan ini kemarin)

Indra: Key, you forget again. You bring the cymbals with yourself when you were going home yesterday, after you said you want to put it here (Key, kamu lupa lagi. Kamu bawa simbal itu saat kamu pulang kemarin, setelah kamu bilang mau menaruhnya disini)

Harmonica: harmonika

Alat musik ini berbentuk cukup mungil dengan lubang udara di salah satu sisinya, yang berasal dari alat musik tradisional Cina bernama sheng. Sheng sendiri sudah digunakan sejak sekitar 5000 tahun yang lalu, sedangkan harmonica modern ditemukan sekitar tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Harmonica dapat menghasilkan suara yang indah dengan cara ditiup serta dihisap lubang udaranya.

Joey always brings her favorite harmonica wherever she goes, because it’s a gift from her late grandmother (Joey selalu membawa harmonika favoritnya kemanapun dia pergi, karena itu adalah hadiah dari almarhumah neneknya)

Piano: piano

Satu lagi alat musik yang cukup familiar oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia, dan memiliki nama yang sama baik dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Piano merupakan alat musik yang ditekan menggunakan jari-jari dan terdapat tuts-tuts yang memiliki rentang nada. Piano sendiri memiliki berbagai jenis, mulai dari piano grand yang berukuran besar dan modelnya seperti klasik hingga piano elektronik.

Nina have been taking piano lessons since she was 5 years old, so no wonder if she’s really great in playing it (Nina sudah mengikuti les piano sejak dia berusia 5 tahun, jadi tidak heran kalau dia sangat ahli memainkannya)

Accordion: akordeon

Memiliki bagian ber-tuts yang mirip dengan piano, accordion digunakan dengan ditekan sekaligus ditiup. Pada satu sisinya, accordion berbentuk tuts seperti piano sedangkan sisi satunya berbentuk seperti kipas yang mengembang. Pemain accordion biasanya menggendong alat musik ini di bagian depan dada mereka, kemudian menekan tuts dan bentuk kipas serta meniup pada bagian atas accordion.

Reza really want to play accordion, so he start to learn it from his grandfather in his hometown (Reza benar-benar ingin memainkan akordeon, jadi dia mulai mempelajarinya dari kakeknya di kampung halamannya)

Angklung: angklung

Kamu mungkin cukup familiar dengan alat musik yang satu ini, yang merupakan alat musik tradisional khas Indonesia. Angklung bukan saja merupakan warisan budaya dari nenek moyang kita, namun juga sudah dikenal hingga mancanegara. Alat musik yang terbuat dari bambu ini menghasilkan suara yang merdu dan menarik hati banyak penggiat musik di seluruh penjuru dunia.

Ani: Maya, did you see the traditional music show last night in television? It showed how foreign people in Yogyakarta really like angklung and can play it well! (Maya, kamu nonton acara musik tradisional di televisi semalam? Acara itu menunjukkan bagaimana orang-orang asing di Yogyakarta sangat menyukai angklung dan bisa memainkannya dengan baik)

Maya: Yes, I saw that show, Ani. It make me amazed but also embrassed because they love angklung more than us, Indonesian people (Ya, aku menonton acara itu, Ani. Itu membuatku kagum tapi juga malu karena mereka mencintai angklung lebih dari kita, orang Indonesia)

Clarinet: klarinet

Clarinet merupakan alat musik tiup yang dikenal juga dengan istilah terompet dari Italia. Alat musik ini mungkin pernah kamu lihat saat menonton film Spongebob yang sering digunakan oleh tokoh Squidward si Tentacle. Clarinet sendiri memiliki berbagai jenis, namun yang paling umum digunakan adalah clarinet soprano B♭.

John doesn’t really like Spongebob, but he stay to watch the show when Squidward start to play his clarinet (John tidak begitu suka film Spongebob, tapi dia tetap menonton acara itu saat Squidward mulai memainkan klarinetnya)

Saxophone: saksofon

Sama seperti clarinet, saxophone merupakan alat musik tiup yang juga dimainkan menggunakan reed tunggal. Alat musik ini berasal dari Belgia yang dibuat oleh seorang pemain clarinet bernama Adolphe Sax pada tahun 1840, dan namanya digunakan untuk menjadi nama saxophone ini. Saxophone biasa digunakan dalam musik jazz atau pada pertunjukan orkestra, dan merupakan salah satu alat musik yang populer di dunia.

Gerry started to learn playing saxophone because his parents was a saxophone player back in the orcestra (Gerry mulai belajar memainkan saksofon karena orangtuanya adalah pemain saksofon saat di orkestra dulu)

Violin: biola

Violin atau biola adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digesek dan memiliki empat buah senar, yaitu G-D-A-E. Violin juga dikenal dengan nama fiddle, yang sama-sama berarti biola dalam Bahasa Indonesia. Namun nama fiddle lebih familiar digunakan saat memainkan lagu-lagu tradisional di daerah Barat sana.

It’s the first time for Kayla to watch a music show, and the violin play really make her fall in love with that show (Ini pertama kalinya Kayla menonton pertunjukan musik, dan permainan biola itu benar-benar membuatnya jatuh cinta dengan pertunjukan ini)

Tambourine: tamborin

Alat musik yang satu ini dibunyikan dengan cara ditabuh atau dipukul sambil digoyangkan supaya terdengar suara gemerincing. Tambourine mirip dengan gendang atau rebana, beberapa alat musik tradisional yang mungkin sering kamu temui di Indonesia. Tambourine sendiri berasal dari Eropa, dan biasanya terbuat dari kulit sapi yang dibingkau dengan kayu bundar.

Bobby really likes to play tambourine because he feels that the surroundings around him become merrier when he plays it (Bobby benar-benar suka memainkan tamborin karena dia merasa kalau suasana di sekitarnya menjadi lebih meriah saat dia memainkannya)

Flute: seruling

Flute yang di Indonesia dikenal dengan sebutan seruling atau suling merupakan alat musik yang dibunyikan dengan cara ditiup. Flute mulanya dibuat dari bahan dari alam yaitu bambu, yang dapat menghasilkan suara lembut dan merdu. Namun flute modern mengalami berbagai perkembangan, salah satunya adalah bahan pembuatannya yang terbuat dari perak, emas, nikel-perak, logam-perak, dan lain sebagainya.

The soft, sweet, and melodic tone came from flute is the reason why Farrel really like that instrument and plays it everyday (Nada yang lembut, manis, dan merdu dari suling adalah alasan mengapa Farrel sangat menyukai alat musik itu dan memainkannya setiap hari)

Trombone: trombon

Trombone merupakan alat musik yang berasal dari daratan Eropa, tepatnya negara Italia. Di Bahasa Italia sendiri, trombone berasal dari perpaduan kata tromba dan -one yang berarti terompet besar. Alat musik trombone dibunyikan dengan cara ditiup dan terbuat dari logam.

When visited Eropa last month, Jodie saw a person played trombone happily and make her want to try playing it (Saat mengunjungi Eropa bulan lalu, Jodie melihat seseorang memainkan trombon dengan senangnya dan membuatnya ingin mencoba memainkannya)

Gong: gong

Kamu pasti sudah familiar dengan alat musik satu ini yang dikenal dengan nama yang sama baik dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia, yaitu gong. Gong merupakan alat musik tradisional Indonesia yang dibunyikan dengan cara dipukul dengan pemukul khususnya. Bunyi dari alat musik yang terbuat dari perunggu ini akan menghasilkan suara yang besar dan menggema.

When first tried to hit the gong, Julia really amazed with the sound that came from the instrument (Saat bertama kali mencoba memukul gong, Julia sangat kagum dengan suara yang keluar dari alat musik itu)

Harp: harpa

Harp atau yang dikenal dalam Bahasa Indonesia dengan alat musik harpa adalah jenis alat musik yang dibunyikan dengan cara dipetik. Harp biasanya memiliki bentuk dasar segitiga yang tinggi, berwarna dasar emas dan memiliki senar-senar untuk dipetik. Alat musik harp biasanya digunakan pada paduan musik jazz maupun pertunjukan orkestra bersamaan dengan alat musik lainnya.

Via wants to become harp player because when she was a child, she saw a clasical music concert and felt that harp is really beautiful (Via ingin menjadi pemain harpa karena saat dia kecil, dia menonton konser musik klasik dan merasa bahwa harpa sangat indah)

Demikianlah pembahasan mengenai nama alat musik dalam Bahasa Inggris beserta penjelasannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Kosakata Bahasa Inggris tentang Barbershop (Tempat Cukur Rambut)
Kosakata Bahasa Inggris tentang Kerja/Kantor
English Vocabulary: Shapes (Bentuk)
Vocabulary: Alat Musik (Musical Instrument)
Kosakata tentang Dunia Hukum (Law Related Vocabulary)
English Idiom: Idiom yang Mengandung Nama Buah
Math Vocabulary: Number Operation (Operasi Angka / Matematika)
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension & Vocabulary
Kosakata Bahasa Inggris tentang Hewan Laut
Kosakata tentang Temperatur