sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kosakata tentang Ukuran

Vocabulary About Size

apakah anda sudah mengenal banyak kosa kata (vocabulary) dalam bahasa inggris? Anda mungkin sudah sering mendengar tentang vocabulary yang berhubungan dengan profesi, buah, laut, dan masih banyak lagi. Namun apakah anda pernah mendengar tentang size vocabulary?

Mungkin anda sedikit bingung dan bertanya-tanya, apa itu size vocabulary. Size vocabulary merupakan kosa kata dalam bahasa inggris yang menunjukkan suatu ukuran suatu benda atau makhluk. Dalam artikel ini akan diberikan beberapa contoh size vocabulary dalam bahasa inggris.

1. Astronomic (sangat besar)

Menunjukkan segala sesuatu yang memiliki ukuran sangat besar.

Contoh:

  • “You know that it was astronomic, it was even bigger than the earth!” (Kamu tahu bahwa itu sangat besar, itu bahwkan lebih besar dari bumi!)
  • “The house is astronomic; you wouldn’t believe how large the house is! It feels like we are in another world!” (Rumah itu sangat besar, kamu tidak akan percaya betapa luasnya rumah itu! berada disana seperti berada di dunia lain!)

2. Bitty (sangat kecil)

Menunjukkan sesuatu yang memiliki ukuran sangat kecil.

Contoh:

  • “You don’t know? The book is bitty; you may not recognize it from afar!” (Kamu tidak tahu? Bukunya sangat kecil, kamu mungkin tidak mengenalinya dari jauh!)
  • “You have a cute pinky finger! It is bitty, a lot bitty than the other fingers!” (Kamu memiliki jari kelingking yang lucu! Ini sangat kecil, jauh lebih kecil dari jari lainnya!)

3. Itsy – bitsy (sangat kecil)

Sama dengan bitty, kata ini juga menunjukkan hal yang sangat kecil.

Contoh:

  • “You know, the itsy-bitsy spider just fall from the roof” (Kamu tahu, laba-laba kecil itu jatuh dari atap)
  • “I just can’t stop laughing! Daren just jump up the sofa because that itsy – bitsy spider surprises him!” (Aku benar-benar tidak bisa berhenti tertawa! Daren baru saja melompat dari sofa hanya karena laba-laba kecil itu mengagetkannya!)

4. Mid-size (sedang)

Merujuk pada sesuatu yang memiliki ukuran tidak begitu besar dan tidak begitu kecil menurut standar yang ada.

Contoh:

  • “I think you need to get the mid – size for Kayla! She is not that big, and she not an extra tiny girl! So, the mid – size is perfect!” (Aku pikir kamu harus mendapatkan ukuran sedang untuk Kayla! Dia tidak sebesar itu, dan dia bukan seorang gadis yang sangat mungil! Jadi, ukuran sedang pasti sempurna!)
  • “Hahaha…she just a mid – size girl! But she acts like a jumbo size girl! Don’t think about her too much! Just let her do whatever she wants!” (Hahahaha….dia hanya gadis berukuran sedang! Tapi dia berperilaku seperti gadis berukuran jumbo! Jangat terlalu memikirkannya! Biarkan saja dia melakukan apa yang dia inginkan!)

5. Oversize (melebihi normal)

Merujuk pada ukuran yang lebih besar dari ukuran yang normal. Hampir sama dengan jumbo.

Contoh:

  • “Hello miss, I need oversize trouser for my mom. I need two of them, in different colors!” (Hello nona, aku butuh celana yang berukuran besar untuk ibuku. Aku butuh dua celana, dengan warna yang berbeda!)
  • “Hey, it’s okay! We can go to the store that provides oversize clothes! You can get yours there!” (Hey, tidak apa-apa! Kita bisa pergi ke toko yang menyediakan pakaian berukuran besar! Kamu bisa membeli pakaianmu disana!)

6. Thick (tebal)

Menunjukkan ssuatu yang tebal, seperti buku, kayu, kain.

Contoh:

  • “Wow! You sure would read those books! I can see how thick they are! It will take a month for one book!” (Wow! Kamu yakin akan membaca semua buku itu! aku bisa melihat seberapa tebal buku-buku itu! akan memakan waktu satu bulan untuk membaca satu buku!)
  • “Your clothes is thick enough to wear in this weather! Lucky you! But look at Cindy! She really not thinks much!” (Pakaianmu cukup tebal untuk digunakan pada cuaca ini! Kamu beruntung! Tapi lihat Cindy! Dia benar-benar tidak banyak berpikir!)

7. Big (besar)

Merujuk pada segala sesuatu yang meiliki ukuran besar. Namun tidak cukup besar untuk dikatakan sebagai sesuatu yang “Jumbo” atau “oversize”

Contoh:

  • “You know that the car is big! But you also should understand that not all 10 of us will load in this car!” (Kamu tahu bahwa mobil ini besar! Tapi kamu juga seharusnya tahu bahwa kita bersepuluh tidak bisa masuk dalam mobil ini!)
  • “You get the big box! Is it enough for your goods?” (Kamu mendapatkan kotak besar! Apakah itu cukup untuk barang-barang milikmu?)

8. Large (besar)

Kata ini merujuk pada sesuatu yang besar namun, lebih merujuk pada sesuatu yang luas.

Contoh:

  • “The yard is large, I love to do my jogging routine here! And the boys love to play the soccer” (Lapangan itu luas, aku senang melakukan rutinitas lari pagiku disini! Dan anak laki-laki senang bermain sepak bola disini!)
  • “What do you think Drew? Doesn’t this yard is large enough to play soccer?” (Bagaimana menurutmu Drew? Bukankan lapangan ini cukup luas untuk bermain sepak bola?)

9. Tall (tinggi)

Menyatakan atau merujuk pada sesuatu yang memiliki ukuran tinggi diatas standard. Biasanya digunakan untuk menyatakan ukuran tinggi badan manusia, tinggi sebuah gedung dan lain sebagainya.

Contoh:

  • “Look at her! She is absolutely tall!” (Lihatlah dia! Dia memang benar tinggi!)
  • “Hey, Ken! Have you been there, to the tall building in front of the stadium?” (Hey, Ken! Apa kamu pernah kesana, ke bangunan tinggi di depan stadion itu?)

10. Giant (sangat besar)

Bisa diartikan seperti jumbo dan oversize. Namun Giant biasa digunakan untuk kata sifat.

Contoh:

  • “He is my giant friend! He is 197 cm tall!” (Dia teman raksasaku! Dia setinggi 197 cm!)
  • “You know the giant man living in that house? He really is giant, when we speak I will just look at his chin!) (Kamu tahu laki-laki raksasa yang tinggal di rumah itu? dia benar – benar raksasa, ketika aku berbicara denganmya aku hanya akan melihat dagunya!)

Demikian adalah beberapa size vocabulary dalam bahasa inggris.

 

Daftar Kosakata Bahasa Inggris tentang Bank Services
Kosakata Bahasa Inggris yang Berhubungan dengan Kamar Mandi
Kosakata Inggris tentang Kantor Pos / Pengiriman Paket
English Vocabulary: Family Members (Anggota Keluarga)
English Vocabulary: Transportation (Transportasi)
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris yang Digunakan dalam Industri Penerbangan
Kosakata Bahasa Inggris tentang Kerja/Kantor
Vocabulary: Alat Musik (Musical Instrument)
Kalimat/Frasa untuk Menjelaskan “Safety, Rules, & Etiquettes” bagi Tour Guide
English Vocabulary: Homeworks (Pekerjaan di Rumah)