sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Membuat Janji Bertemu dengan Dosen Lewat SMS / WhatsApp dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang sangat penting dalam dunia komunikasi. Salah satunya adalah untuk berkomunikasi dengan dosen. Melalui teknologi seperti SMS atau Whatsapp sekarang membuat janji bertemu dengan dosen menjadi lebih mudah. Namun bagaimana cara untuk melakukannya dalam bahasa Inggris? Berikut ini adalah beberapa contoh untuk membantu Anda.

Contoh 1 – Dosen Lagi Keluar Kota Seminggu

Mahasiswa: Good morning, Sir. I am so sorry to bother you. But I would very much like to meet you in person because there is something I need to talk to you about regarding my grades. When would you happen to be available? Thank you in advance. (Selamat pagi, Pak. Maaf saya mengganggu. Namun saya sangat ingin bertemu dengan Anda secara langsung karena ada yang harus saya bicarakan mengenai nilai saya. Kapankah Anda ada waktu kosong? Terima kasih sebelumnya.)

Dosen: Good morning. I am afraid that I would not be available this whole week. But I would be available the week after from Monday-Thursday. You can meet me at the office during 11 AM – 12 PM. (Selamat pagi. Sayangnya saya tidak ada waktu kosong sepanjang pekan ini. Namun saya akan ada waktu kosong minggu depannya dari Senin-Kamis. Anda bisa menemui saya di kantor selama pukul 11 pagi – 12 siang.)

Mahasiswa: I understand, sir. I will visit your office on Monday at 11 AM. Thank you so much for your assistance.  (Saya mengerti, pak. Saya akan mengunjungi kantor Anda hari Senin pukul 11 pagi. Terima kasih banyak atas bantaun Anda)

Contoh 2 – Membahas Hasil UTS

Mahasiswa: Good afternoon, Ma’am. My name is Indah and I am one of the students that took your Advanced Biology class. First of all, I am so sorry to bother you but there is something I would like to talk about regarding our mid-term exam. Would you be able to talk to me in person? Thank you so much in advance. (Selamat siang, Bu. Nama saya Indah dan saya adalah salah satu murid yang mengambil kelas Biologi Lanjutan Anda. Pertama-tama, maaf saya mengganggu, namun ada hal yang ingin saya bicarakan mengenai ujian tengah semester. Apakah Anda bisa bertatap muka langsung dengan saya? Terima kasih banyak sebelumnya)

Dosen: Good afternoon, Indah. Of course. You can come up and talk to me once next week’s class is over. (Selamat siang, Indah. Tentu saja. Anda bisa mendatangi dan berbicara kepada saya setelah kelas minggu depan berakhir.)

Contoh 3 – Nilai Salah

Mahasiswa: Good evening, Sir. Sorry to bother you. My name is Ali. Last semester I took your English Literature class and I have some problem  with my grade. I believe that there has been an error with the input of my grade because I got zero on every grading aspects. I would very much like to meet you if that is possible. When would you be available to meet me in person? Thank you for your time. (Selamat malam, Pak. Maaf mengganggu Anda. Nama saya Ali. Semester yang lalu saya mengambil kelas Sastra Inggris Anda dan saya memiliki masalah dengan nilai saya. Saya yakin bahwa ada error dalam pemasukan nilai saya karena saya mendapatkan nol di setiap aspek penilaian. Saya sangat ingin bertemu dengan Anda jika memungkinkan. Kapankah Anda bisa menemui saya secara langsung? Terima kasih atas waktu Anda)

Dosen: Good evening, Ali. I am sorry to hear your problem. I would look into it as soon as I can. But if you would still like to meet me, I am available on Thursday at 2 PM in my office. You may come then. (Selamat malam, Ali. Mohon maaf atas masalah Anda. Saya akan memeriksanya secepat mungkin. Namun jika Anda masih ingin menemui saya, saya ada di hari Kami pukul 2 siang di kantor saya. Anda boleh datang saat itu)

Mahasiswa: Thank you for your reply, sir. I will visit your office on Thursday. Hopefully we can work things out. (Terima kasih atas balasan Anda, pak. Saya akan mengunjungi kantor Anda hari Kamis. Semoga kita bisa memecahkan masalah ini.)

Contoh 4 – Konsultasi Thesis

Mahasiswa: Good morning, Ma’am. Excuse me for bothering you this morning. But I have been having some problems with my thesis and I would very much like to have your opinions on some things. Would you be available to meet up with me this week? Thank you so much. (Selamat pagi, Bu. Maaf saya mengganggu Anda pagi ini. Namun saya memiliki beberapa masalah dengan tesis saya dan saya sangat ingin mendapatkan pendapat Anda untuk beberapa hal. Apakah Anda bisa bertemu dengan saya pekan ini? Terima kasih banyak.)

Dosen: Good morning. I would be available on Wednesday during lunch hour. Please come by to my office around that time. I would do anything I can to help you with your thesis. (Selamat pagi. Saya bisa bertemu hari Rabu saat jam makan siang. Silakan datang ke kantor saya sekitar pukul itu. Sebisanya saya akan membantu Anda dengan tesisnya.)

Itulah dia beberapa contoh percakapan singkat yang menunjukan cara berkomunikasi dengan dosen untuk bertemu melalui WhatsApp atau layanan chatting lainnya. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut.

 

Percakapan Bahasa Inggris antara Polisi dan Terduga Kriminal
Menanyakan Nama dalam Bahasa Inggris
Phone Conversation: Percakapan Lewat Telepon dengan Kawan yang Telah Lama Tidak Berjumpa
Percakapan Polisi Interogasi Terduga Pelaku Kriminal (Police Interrogation)
Contoh Pertanyaan dan Jawaban Frasa “Would You Rather”
Contoh Percakapan di Bank Ketika Membuka Tabungan
Percakapan Driver Taksi / Grab / Gocar dengan Penumpang Bule
Kalimat untuk Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris
Percakapan Polisi Lalu Lintas saat Sedang Bertugas dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Mencari Barang yang Hilang di Lost & Found


 
Percakapan Inggris: Membuat Janji Bimbingan Skripsi Lewat Telepon dengan Dosen
Percakapan Inggris: Keadaan Darurat Menelepon Pemadam Kebakaran
Percakapan Inggris Guru dan Murid: Protes Tentang Nilai
Contoh Percakapan di Kedai Kopi Starbucks dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan dengan Teman Lama dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan di Money Changer Mau Menukar Uang dalam Bahasa Inggris
Membuat Janji Bertemu dengan Dosen Lewat SMS / WhatsApp dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan antara Perawat dan Pasien dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Pedagang Sayuran di Pasar dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan di Front Office Hotel dalam Bahasa Inggris