sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Memperkenalkan dan Mendeskripsikan Diri dalam Wawancara Organisasi

Ketika kita akan bergabung ke dalam suatu organisasi, pihak organisasi tentunya ingin mewawancarai dan mengenal kita sebelum merekrut kita ke dalam organisasi mereka. Lalu, bagaimana caranya kita memperkenalkan diri, terutama sekali menggunakan Bahasa Inggris? Karena terkadang ada beberapa organisasi yang ingin anggotanya fasih berbicara bahasa internasional ini.

Itulah yang akan menjadi topik yang akan kita bahas dalam artikel ini. Kita akan melihat beberapa contoh kalimat percakapan dalam wawancara organisasi menggunakan Bahasa Inggris dalam bentuk percakapan. Mari kita mulai dan simak contoh-contohnya!

Contoh 1:

Sonya Singh: Good morning and welcome to the organization, Miss Fuentes. First thing first, I want you to introduce yourself in front of me and the other board members and tell us why we should hire you as one of our new members?

Jacinta Fuentes: My name is Jacinta Fuentes and I’m 27 years old. I was born and lived in San Diego before moving to California. About the reason why this organization should hire me because I’m interested in working with children and I also learnt about children psychology back in university. Because your organization focuses on children’s needs and welfare, I think that this organization’s and my mission are in line. So, I applied here to be one of the members.

Sonya Singh: That… introduction just now took my attention. You seem ready to be working with kids, Miss Fuentes.

Jacinta Fuentes: Oh, I am so ready to work with all of you and the kids out there, Mrs. Singh. I’m ready to dedicate myself to the organization’s vision and mission.

Sonya Singh: Very well, Miss Fuentes. Now, let us move on to the next questions that will be asked by…

Terjemahan:

Sonya Singh: Selamat pagi dan selamat datang dalam organisasi ini, Nona Fuentes. Pertama-tama, saya ingin Anda memperkenalkan diri di hadapan saya dan para anggota penting organisasi dan katakan mengapa kami harus merekrut Anda sebagai salah satu anggota baru kami?

Jacinta Fuentes: Nama saya Jacinta Fuentes dan saya berumur 27 tahun. Saya lahir dan tinggal di San Diego sebelum pindah ke California. Mengenai alasan mengapa perusahaan ini harus merekrut saya adalah karena saya tertarik bekerja dengan anak-anak dan saya juga mempelajari psikologi anak ketika di universitas. Karena organisasi Anda berfokus pada kebutuhan dan kesejahteraan anak-anak, saya rasa misi organisasi ini dan misi saya sendiri sejalan. Maka dari itu, saya melamar di organisasi ini untuk menjadi salah satu anggotanya.

Sonya Singh: Perkenalan Anda barusan… menarik perhatian saya. Anda terlihat siap bekerja dengan anak-anak, Miss Fuentes.

Jacinta Fuentes: Oh, saya sangat siap bekerja dengan Anda semua dan anak-anak di luar sana, Ny. Singh. Saya siap mendedikasikan diri dengan visi dan misi organisasi ini.

Sonya Singh: Baiklah, Nona Fuentes. Sekarang, mari kita beralih ke beberapa pertanyan selajutnya yang akan ditanyakan oleh…

Contoh 2:

Daniel Owens: Welcome to Penmen Press of the University of Southern New Hampshire. I’m the leader here, Daniel Owens, nice to meet you. Alright, Takahashi. In you resume, I saw that you applied for the university’s newspaper editor. Now, I want you to tell a bit about yourself and why you decide to join us as one of our editors.

Reiji Takahashi: My name’s Reiji Takahashi and I’m 18 years old. I genuinely passionate about the world of writing. Since middle school, I edited so much articles for the students’ newspaper club back in Tokyo, my hometown. That’s why when I heard about Penmen Press on my third day from my roommate, I immediately apply for the editor position.

Daniel Owens: Oh, that’s a cool thing to hear. And, I’m amazed knowing you already have some experiences in editing. I think… I have to consider to recruit you. But, let’s move on to the several next questions I have here.

Terjemahan:

Daniel Owens: Selamat datang di Penmen Press Universitas Southern New Hampshire. Aku adalah pimpinan di sini, Daniel Owens, senang bertemu denganmu. Baiklah, Takahashi. Dalam resumemu, aku melihat bahwa kau melamar untuk posisi penyunting koran universitas. Nah, aku ingin kau menceritakan sedikit tentang dirimu dan mengapa kau memutuskan bergabung sebagai salah satu peyunting kami.

Reiji Takahashi: Namaku Reiji Takahashi dan umurku 18 tahun. Aku sangat menyukai dunia kepenulisan. Sejak SMP, aku menyunting banyak artikel untuk klub koran sekolah di Tokyo, kampung halamanku. Itulah mengapa ketika aku mendengar tentang Penmen Press di hari ketigaku dari teman sekamarku, aku langsung melamar posisi penyunting.

Daniel Owens: Oh, itu hal yang keren untuk didengar. Dan, aku terkesan mengetahui kau sudah memiliki banyak pengalaman tentang penyuntingan. Kurasa… aku harus mempertimbangkan untuk merekrutku. Namun, mari beralih ke beberapa pertanyaan berikut yang kumiliki.

Itulah kedua contoh perkenalan ketika melakukan wawancara organisasi dalam Bahasa Inggris yang dapat teman-teman jadikan acuan manakala teman-teman melamar ke berbagai jenis organisasi.

Artikel Lainnya

Ekspresi Ketika Bertemu / Berkenalan dengan Orang (Nice to Meet You)
Apa itu Greeting Leave Taking?
Memperkenalkan dan Mendeskripsikan Diri dalam Wawancara Organisasi
Contoh Percakapan Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris
Memperkenalkan Diri Kita di Sekolah
Rumus Memperkenalkan Diri (Introducing Yourself Formula)
Perkenalan Diri Bahasa Inggris Saat Kuliah
Contoh Percakapan Memperkenalkan Teman
Kalimat/Paragraf Memperkenalkan Diri di Group WA
Guru Atau Murid Baru Memperkenalkan Diri Di Zoom / Google Meet Sekolah

 

Percakapan Membeli Jam Tangan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris di Pesawat dengan Pramugari
Contoh Pertanyaan dan Jawaban Ice Breaking dalam Bahasa Inggris
English Conversation: Percakapan Jual Beli Barang di Pasar
Percakapan di Optik (Toko Kacamata): Periksa Mata dalam Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: “Why Do You Want to Leave Your Current Job?”
Dialog tentang Setuju / Tidak Setuju (Agree / Disagree)
Contoh Dialog Bahasa Inggris Ibu dan Anak
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Perawat dalam Bahasa Inggris
Percakapan Telepon : Menjawab Telepon di Kantor