sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Mengenal Preposition of Movement

Preposition of Movement adalah preposisi atau kata depan yang menunjukkan pergerakan dari satu tempat ke tempat lainnya. Preposition of Movement dapat digunakan untuk pergerakan manusia, hewan, maupun benda. Biasanya Preposition of Movement diikuti oleh objek yang disebut dengan object of preposition (objek preposisi).

Berikut Preposition of Movement yang terdapat dalam Bahasa Inggris:

Up (naik)

Kata depan up digunakan ketika menunjukkan pergerakan naik, atau dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi. Seperti dalam contoh berikut:

If you want to meet the manager, you need to go up the stairs because his office in third floor (Kalau Anda mau bertemu manajer, Anda perlu menaiki tangga karena ruangannya ada di lantai tiga)

Down (turun)

Kebalikan dari up, down merupakan preposisi yang menunjukkan pergerakan turun. Yang berarti pergerakan tersebut dari tempat yang lebih tinggi ke tempat lebih rendah. Seperti dalam contoh berikut:

He usually goes down the mountain once in a week to buy things that he and his family need (Dia biasanya turun gunung seminggu sekali untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan dia dan keluarganya)

To (ke)

Kata depan ini merupakan salah satu kata depan yang cukup sering digunakan. Kata depan to menunjukkan pergerakan ke suatu tempat, atau menuju suatu tempat. Seperti dalam contoh berikut:

She went to the market six hours ago, but still didn’t come back until now (Dia pergi ke pasar enam jam lalu, tapi masih belum kembali sampai sekarang)

Into (ke dalam)

Terkadang kita tertukar saat menggunakan to dengan into untuk kata depan pergerakan. Into dalam Preposition of Movement menunjukkan pergerakan sesuatu ke dalam suatu tempat. Biasanya tempat yang dituju itu merupakan tempat yang tertutup.

The police were tailing them until they got into tunnel and the police lost them (Polisi membuntuti mereka sampai mereka masuk ke dalam terowongan dan polisi kehilangan mereka)

Through (melalui/melewati)

Kata depan through digunakan untuk menunjukkan pergerakan saat melalui atau melewati sesuatu. Seperti pada contoh berikut:

It’s almost the downtown of Bandung, we just need to drive through that underpass and we will arrive (Ini sudah hampir pusat kota Bandung, kita hanya perlu berkendara melewati jalan layang itu dan kita akan sampai)

Out of (keluar dari)

Kata depan out of menunjukkan pergerakan sesuatu keluar dari suatu tempat, biasanya dari tempat tertutup ke tempat yang terbuka. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

She wants to go out of the house, but her parents didn’t let her (Dia mau pergi keluar dari rumahnya, tapi orangtuanya tidak membolehkannya)

Under (dibawah)

Kata depan under digunakan untuk menunjukkan pergerakan sesuatu dibawah sesuatu yang lain. Misalnya seperti contoh berikut:

My younger brother shouted excitedly when our car was going under the bridge (Adikku berteriak senang ketika mobil kami melaju dibawah jembatan)

Over (diatas)

Kebalikan dari under, over merupakan kata depan yang digunakan untuk pergerakan diatas sesuatu. Misalnya seperti pada contoh berikut:

I saw he was walking over the bridge when I called and waved to him (Aku melihat dia sedang berjalan diatas jembatan ketika aku memanggil dan melambaikan tangan padanya)

Towards (menuju/ ke arah)

Towards merupakan Preposition of Moving yang digunakan untuk pergerakan menuju ke suatu tempat atau ke arah tertentu. Misalnya seperti pada contoh berikut:

They saw Mr. Baskoro ran towards the gate and tell us to run away (Mereka melihat Pak Baskoro berlari menuju gerbang dan menyuruh kami untuk kabur)

Across (melintasi/ menyebrangi)

Kata depan accors merupakan kata depan yang digunakan untuk pergerakan yang melintasi atau menyebrangi sesuatu. Misalnya seperti pada contoh berikut:

To go to that isolated island, we need to sail across the ocean by ship (Untuk pergi ke pulau terpencil itu, kita harus berlayar menyebrangi lautan menggunakan kapal)

Along (sepanjang)

Along merupakan kata depan yang menunjukkan pergerakan sesuatu di sepanjang suatu tempat. Misalnya seperti pada contoh berikut:

I think he went far away, but he was only walking along the street near our school (Aku kira dia pergi jauh, tapi dia hanya berjalan sepanjang jalan dekat sekolah kami)

Around (memutar/mengelilingi)

Kata depan around digunakan untuk pergerakan sesuatu yang memutari atau mengelilingi suatu benda atau tempat. Misalnya seperti pada contoh berikut:

The cat is behaving strangely, because I saw it was running around that tree for hours without stop (Kucing itu berkelakuan aneh, karena aku lihat dia berlari memutari pohon itu berjam-jam tanpa henti)

Past (melewati)

Past merupakan kata depan yang digunakan untuk pergerakan melewati sesuatu, tapi tidak masuk ke dalamnya. Jadi kita dapat menggunakan kata depan past saat hanya bergerak lewat saja. Misalnya seperti berikut:

When I went to the office last week, I was driving past the new shopping mall that she talked about (Ketika aku berangkat ke kantor pekan lalu, aku berkendara melewati mall baru yang dia ceritakan)

Onto (ke atas)

Kata depan onto digunakan untuk pergerakan sesuatu ke atas suatu tempat, atau ke tempat yang lebih tinggi. Misalnya seperti pada contoh berikut:

When we were child, my sister and I often got onto the rooftop to play and read comics (Ketika kami masih kecil, kakakku dan aku sering naik ke atas loteng untuk bermain dan membaca komik)

Demikianlah pembahasan mengenai Preposition of Moving dalam Bahasa Inggris beserta contohnya. Pastikan kita menggunakan preposisi yang tepat agar maknanya juga sesuai. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Perbedaan antara Preposisi To dan For dalam Bahasa Inggris
Prepositional Phrases (Frasa Gabungan Preposisi & Object Prepoisi)
Preposisi “In” dan Penggunaannya
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Mengenal Negara-negara
Preposition (Preposisi dalam Bahasa Inggris)
Phrasal Preposision
Mengenal Agent Noun -er dan -or dalam Bahasa Inggris
Kata Depan dalam Bahasa Inggris (Preposition): Jenis dan Contohnya
Pertanyaan untuk Mengenal Seseorang dalam Bahasa Inggris
Mengenal Preposition of Movement