sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Pemberitahuan Cuti Dalam Bahasa Inggris

Ketika kita sudah terjun ke dunia kerja, tentu saja kita tidak mungkin akan masuk untuk bekerja terus setiap harinya. Ada kalanya kita membutuhkan libur atau cuti sehingga bisa merefresh kembali semangat kerja. Selain itu cuti tidak hanya diperlukan ketika kita sedang suntuk saja, namun juga kita perlukan ketika mengalami beberapa kejadian seperti misalnya sakit, atau mungkin berduka, atau ada kepentingan mendesak lainnya. Ketika Anda bekerja di kantor internasional yang mana sehari-harinya menggunakan bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris, maka tentu saja Anda harus membuat pemberitahuan cuti dalam Bahasa Inggris.

Karena masih banyak sekali orang-orang yang tidak mengerti bagaimana membuat surat pemberitahuan cuti dalam Bahasa Inggris, maka pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai penggunaan kata pemberitahuan cuti dalam Bahasa Inggris. Sehingga akan lebih memudahkan Anda ketika membuat surat izin untuk cuti di kantor Anda. Tak usah menunggu lama, berikut ini merupakan penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris yang harus Anda ketahui.

Jenis-jenis kata cuti dalam Bahasa Inggris

Cuti merupakan keadaan tidak masuk kerja yang diijinkan dan biasanya berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Ketika Anda sudah masuk ke dalam dunia kerja maka Anda harus bisa memahami penggunaan kata cuti dalam Bahasa Inggris, sehingga ketika Anda ingin izin cuti maka Anda bisa membuat surat pemberitahuannya dengan mudah. Terutama bagi Anda yang bekerja di kantor atau perusahaan skala internasional maka harus menggunakan bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris. Sebelumnya Anda harus mengerti dulu terjemahan kata cuti dalam Bahasa Inggris.

Menurut Indonesia Oxford Living Dictionaries, kata cuti di dalam Bahasa Inggris memiliki terjemahan sebagai holiday (libur/cuti) atau leave (pergi/cuti). Namun tak hanya diterjemahkan sebagai dua kata itu saja. Di Indonesia Oxford Living Dictionaries, Anda bisa menemukan beberapa arti kata cuti sesuai dengan jenis-jenisnya, yaitu sebagai berikut :

  • Sick leave (cuti sakit)

Ketika Anda sedang mengalami sakit dan tidak memungkinkan untuk bekerja, maka Anda bisa membuat pemberitahuan cuti sakit atau yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai sick leave. Sick leave ini merupakan hak yang dimiliki oleh pekerja selama mereka bekerja, mereka tidak perlu melakukan pekerjaan pada jangka waktu tertentu namun tetap mendapatkan upah dan tidak boleh diputuskan hubungan kerjanya.

  • Maternity leave (cuti hamil)

Selain cuti sakit atau sick leave, salah satu hak yang dimiliki oleh pekerja atau karyawan perempuan adalah maternity leave atau cuti hamil. Biasanya setiap kantor atau perusahaan memiliki kebijakan jangka waktu yang berbeda terkait dengan cuti hamil atau maternity leave ini. Namun menurut UU Ketenagakerjaan no 13 tahun 2003 bahwa karyawan wanita berhak memiliki cuti hamil selama 1,5 bulan sebelum mereka melahirkan dan selama 1,5 bulan setelah mereka melahirkan. Tak hanya itu, karyawan wanita yang mengalami keguguran pun berhak mendapatkan maternity leave selama 1,5 bulan untuk pemulihan atau sesuai dengan surat keterangan dokter.

  • Official leave (cuti dinas)

Cuti dinas atau yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai official leave ini berarti ketika Anda sebagai pekerja harus cuti karena melakukan pekerjaan dinas ke tempat yang lainnya atau mungkin ada urusan mendesak lainnya seperti acara keluarga atau pernikahan keluarga Anda dalam jangka waktu tertentu.

  • Annual leave (cuti tahunan)

Jenis cuti yang keempat, yaitu annual leave atau cuti tahunan ini merupakan salah satu hak yang dimiliki setiap karyawan dalam perusahaan. Tiap karyawan berhak mendapatkan sebanyak 1 hari cuti dalam sebulan atau 12 harinya dalam setahun. Namun tiap perusahaan memiliki kewenangan untuk mengatur annual leave untuk karyawannya. Tentu saja Anda juga harus membuat surat pemberitahuan annual leave ketika ingin menggunakan hak cuti tahunan Anda.

Cara membuat surat pemberitahuan cuti yang benar dalam Bahasa Inggris

Jika Anda sedang memiliki kepentingan yang mendesak, atau mungkin sedang mengalami sakit, akan melahirkan, atau ingin menggunakan hak cuti Anda karena mungkin ingin berlibur atau ingin rehat dari pekerjaan Anda maka tentu saja Anda harus mulai belajar membuat surat  pemberitahuan cuti. Jika Anda tidak ingin diberi surat peringatan begitu saja, tentu saja ketika Anda ingin tidak masuk kerja maka Anda harus membuat surat pemberitahuan cuti yang jelas. Lalu bagaimana caranya membuat surat izin untuk menggunakan cuti Anda?

Tentu saja setiap perusahaan atau kantor memiliki ketentuan tersendiri untuk membuat surat pemberitahuan cuti. Entah itu harus melalui tulisan atau lisan seperti membuat surat langsung atau membuat email. Jika Anda ingin membuat surat pemberitahuan cuti dalam Bahasa Inggris maka berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan :

  • Sebutkan jenis cuti yang ingin diajukan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin membuat surat pemberitahuan cuti adalah Anda harus menyebutkan jenis cuti yang Anda ingin ajukan terlebih dahulu. Ketika Anda ingin membuat surat izin, maka jangan sampai Anda langsung menyebutkan bahwa Anda ingin cuti saja, namun Anda harus membuat surat pemberitahuan cuti Anda menjadi sejelas mungkin sehingga peluang diizinkan atasan Anda lebih besar. Pertama, pastikan bahwa Anda menyebutkan jenis cuti yang Anda ingin ajukan, yaitu apakah sick leave (cuti sakit), maternity leave (cuti hamil), official leave (cuti dinas), annual leave (cuti tahunan), atau mungkin jenis cuti yang lainnya. Ini merupakan hal yang penting saat membuat surat pemberitahuan cuti dalam Bahasa Inggris, namun seringkali dilupakan. Kebanyakan orang hanya menyertakan alasan mengapa mereka mengajukan cuti, namun tidak menyebutkan jenis cuti yang mereka ajukan. Jadi jangan lupa, di awal Anda harus menyertakan jenis cuti yang ingin Anda ajukan ya.

  • Sebuktan lama waktu cuti

Untuk membuat surat pemberitahuan cuti dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar yang selanjutnya, setelah menyebutkan jenis cuti yang ingin Anda ajukan. Tak lupa Anda juga harus menyebutkan lama waktu cuti yang ingin Anda ajukan juga. Kami sarankan supaya Anda menyebutkan lama waktu cuti dengan rinci sehingga atasan Anda akan lebih tahu secara pasti dan kemungkinan diijinkan juga lebih besar. Sertakan durasi berapa lama Anda ingin melakukan cuti, misalnya 2 hari atau 1 minggu. Kemudian jangan lupa supaya Anda juga melengkapinya dengan tanggal mulai cuti dan juga tanggal berakhir cuti yang ingin Anda ajukan tersebut. Semakin detail atau semakin lengkap surat pemberitahuan cuti Anda, maka tentu saja akan semakin mendapatkan respon yang baik dari atasan Anda.

  • Sebutkan alasan mengapa mengajukan jenis cuti tersebut

Hal ketiga yang tak boleh ketinggalan ketika Anda membuat surat pemberitahuan cuti di kantor Anda dalam Bahasa Inggris adalah, Anda juga harus menyebutkan alasan mengapa Anda mengajukan jenis cuti tersebut. Misalnya saja Anda mengajukan jenis cuti sick leave (cuti sakit), maka Anda harus menyertakan alasan Anda harus cuti bekerja karena Anda sakit apa. Akan lebih baik jika Anda menjelaskan kondisi mengenai penyakit Anda dan sebagai pendukung maka sertakan juga surat dokter atau surat hasil pemeriksaan. Selain itu ketika Anda ingin mengajukan annual leave (cuti tahunan) maka Anda juga harus menjelaskan mengapa Anda mengajukan cuti tahunan itu. Pastikan supaya Anda menjelaskannya dengan baik sehingga atasan Anda menerima alasan cuti yang Anda ajukan tersebut.

Contoh pemberitahuan cuti dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui mengenai jenis cuti dan juga hal penting apa saja yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin membuat surat cuti dalam Bahasa Inggris. Sekarang ini kami akan memberitahu beberapa contoh pemberitahuan cuti dalam Bahasa Inggris kepada Anda, sehingga Anda akan lebih mudah menerapkannya. Mungkin beberapa perusahaan memiliki ketentuan yang berbeda terkait dengan pemberitahuan cuti, namun Anda tetap bisa menggunakan contoh yang kami berikan sebagai referensi ketika Anda ingin membuat surat izin untuk cuti dalam Bahasa Inggris kepada atasan Anda.

  • Contoh pemberitahuan cuti sakit (sick leave)

Mrs. Anna, I want to ask sick leave for two week from 29 June 2020 until 6 July 2020 because I have to do surgery for my ear illnes. I need two weeks for surgery and recovery of my ear condition. When my condition starts normal and gets better, I will return to work as usual. Thank you

(Bu Anna, saya meminta izin untuk cuti sakit selama 2 minggu dimulai dari tanggal 29 Juni 2020 hingga 6 Juli 2020 karena saya harus melakukan operasi untuk penyakit telinga saya. Saya membutuhkan waktu 2 minggu untuk operasi dan pemulihan kondisi telinga saya. Ketika kondisi saya sudah normal dan membaik, saya akan bekerja seperti biasanya. Terima kasih).

  • Contoh pemberitahuan cuti melahirkan (maternity leave)

Hello Mr. Agus, I want to ask maternity leave for three months from June until August 2020 because It’s been predicted that I will give a birth my baby on 15 June 2020. When my condition gets better and normal, I will return to work. Thank you Mr. Agus for your understanding.

(Halo Pak Agus, saya ingin meminta izin untuk cuti melahirkan selama 3 bulan dimulai dari bulan Juni hingga bulan Agustus 2020 karena telah diperdiksi bahwa saya akan melahirkan bayi saya pada tanggal 15 Juni 2020. Ketika kondisi saya sudah mulai membaik dan normal, maka saya akan kembali untuk bekerja. Terima kasih Pak Agus, atas pengertiannya)

  • Contoh pemberitahuan cuti dinas (official leave)

Hello Mr. Ryan. I want to ask official leave for three day from 2 December 2020 until 4 December 2020 because my sister will hold a wedding on that date, so I have to attend and help in her special day. I will return work on 5 December 2020, thank you Mr Ryan

(Halo Pak Ryan, saya ingin meminta izin untuk cuti dinas untuk 3 hari dimuali dari tanggal 2 Desember 2020 hingga tanggal 4 Desember 2020 karena saudara perempuan saya akan mengadakan acara pernikahan pada tanggal tersebut, sehingga saya harus hadir dan membantunya di hari spesialnya itu. Saya akan kembali bekerja ke kantor pada tanggal 5 Desember 2020, terima kasih Pak Ryan)

  • Contoh pemberitahuan cuti tahunan (annual leave)

Hello Mrs. Anita! I want to ask annual leave for one week from 30 December 2020 until 5 January 2021 because I want to spend new year holiday with my family in Bali. I will return to work on 6 Janurary 2020, thank you Mrs Anita.

(Halo Bu Anita, saya ingin meminta izin untuk cuti tahunan selama 1 minggu dimulai dari tanggal 30 Desember 2020 hingga 5 Januari 2021 karena saya ingin menghabiskan waktu liburan tahun baru bersama keluarga saya di Bali. Saya akan kembali bekerja pada tanggal 6 Januari 2021, terima kasih Bu Anita)

Itu tadi beberapa informasi penting mengenai pemberitahuan cuti dalam Bahasa Inggris beserta contohnya. Semoga contoh yang kami berikan di atas bisa membantu Anda untuk lebih memahami penggunaan kata cuti dalam bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

 

Pemberitahuan Cuti Dalam Bahasa Inggris
Membuat Surat Pemberitahuan Karena Cuti Sakit
4 Tips Menulis Auto Reply Cuti dalam Bahasa Inggris