sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan: Wake Up vs Get Up

Menghafal kosa kata Bahasa Inggris sering dibingungkan dengan kata yang memiliki arti yang sama. Contohnya kata “wake up’ dan “get up”. Keduanya berarti bangun tidur dalam Bahasa Inggris. Secara umum, mungkin tidak ada perbedaan di antara keduanya, padahal ternyata dua kata tersebut pemakaiannya berbeda. Berikut adalah ulasan singkatnya.

Menentukan Perbedaan Antara Wake Up dan Get Up

Mari kita perhatikan beberapa hal dari kata “wake up’ dan “get up”. Mulai dari katanya sendiri, makna serta contohnya. Walau tidak terlalu signifikan namun ada perbedaan yang tipis di antara kedua kata tersebut.

  1. Asal Kata

Wake upberasal dari kata Wake yang berarti bangun. Namun bila diperhatikan, kata wake sendiri bisa mengacu pada sudah membuka mata di pagi hari namun belum beranjak dari tempat tidur. Jadi seseorang bisa terjaga dari tidur namun belum melakukan aktivitas lain dan bersantai ditempat tidur.

Get upkalau kata get up berarti sudah beranjak dari tempat tidur dan berpindah ke aktivitas lainnya. Kata ini mengacu kegiatan orang yang telah bangun dari tidur dan meninggalkan tempat tidurnya.

Contoh

    • Mother usually wake up earlier in the morning (Ibu biasanya bangun tidur di awal pagi hari)
    • I try to wake up before six everyday and fail everytime (saya selalu mencoba bangun sebelum jam enam setiap hari dan selalu gagal)
    • I am tired and cant wake up to our appointment (saya sangat lelah dan tidak bisa bangun untuk memenuhi janji kita)
    • I get up at 7 in the morning and make breakfast (saya bangun jam 7 pagi dan membuat sarapan pagi)
    • Anita usually get up and jog on Sunday morning (Anita biasanya bangun dan pergi jogging pada Minggu pagi)
    • Father gets up at the same time everyday and get ready to go to work (Ayah bagun tidur pada waktu yang sama setiap hari dan bersiap-siap untuk mulai kerja.
  1. Kombinasikan dalam Satu Kalimat

Cara paling mudah untuk membedakan antara kata “wake up’ dan “get up” adalah memakai keduanya dalam satu kalimat. Jadi kamu akan lebih mudah melihat perbedaannya.

Contoh:

    • Brandon wakes up at 3 or 4 in the morning and gets up at 6 when everyone else is up (Brandon bangun antara jam 3 dan 4 di pagi hari dan benar-benar bangun jam 6 ketika orang lain bangun)
    • Anna wakes up at 6 but doesnt gets up until around 8. (Anna bangun jam 6 tapi tidak beranjak dari tempat tidur sampai sekitar jam 8)
    • We wake up late because we are night person, oftentime we gets up at noon. (Kami bangun terlambat karena kami sering begadang, seringkali kami benar-benar bangun disiang hari)
  1. Posisi Tubuh

Baik kata “wake up’ atau “get up” tidak hanya mengacu pada bangun tidur. Kalau kata “get up” dapat digunakan untuk posisi tubuh yang lebih luas seperti sedang duduk lalu bangun, menonton tivi dan berdiri dan masih banyak lagi. Sedangkan kata “wake up” lebih pas dipakai saat seseorang dalam kondisi mirip tidur seperti tidak sadar diri, koma, pingsan atau kerasukan. Berikut adalah beberapa contohnya.

    • I get up from the chair and get a glass of water (saya bangun dari kursi dan mengambil segelas air putih)
    • The audience get up from their seat and give a huge applause (para penonton bangun dari tempat duduk dan memberikan tepuk tangan meriah)
    • When the nurse call my name, I get up and walk to the doctor’s office (saat perawat memanggil nama saya, saya bangun dan berjalan ke kantor dokter)
    • We are glad that the coma patient wake up after two weeks (kami lega pasien kome tersebut bangun setelah dua minggu)
    • The doctors though she will never wake up (para dokter berfikir ia tidak akan pernah bangun)
    • After we pray for her, she wake up and remember nothing (setelah kami mendoakannya, dia bangun dan tidak ingat apapun)
  1. Tense

Perbedaan yang mencolok lainnya adalah kata “get up” lebih cocok dipakai untuk menjelaskan daily activities atau present tense. Hal yang dimulai dari bangun tidur sampai pergi tidur. Kalau kata “wake up’ hanya mengacu pada momen seseorang membuka matanya atau proses bangun yang pas untuk continous tense.

Contoh kalimat

    • I have problem waking up because I am always restless (saya punya masalah bangun tidur karena selalu tidur dengan tidak tenang)
    • Mother hates waking me up in the morning (ibu tidak suka membangunkan saya dipagi hari)
    • If i study all night, the next morning I will waku up late (kalau saya belajar sepanjang malam, keesokan harinya saya bangun terlambat)
    • I get up, get dress and go to school (saya bangun tidur, berpakaian dan pergi kesekolah)
    • I have maids to help me get up and get ready for school (saya memiliki pembantu untuk menolong saya bangun dan bersiap kesekolah)
    • Jenny always gets up early and gets to school on time (Jenny selalu bangun tidur awal dan pergi ke sekolah tepat pada waktunya)

Sudah jelas ya perbedaan antara kata kata “wake up’ dan “get up”. Demikian penjelasan singkat kami bagaimana memakai kedua kata tersebut dalam Bahasa Inggris sesuai dengan situasi dan kondisinya. Semoga pembahasannya mudah dipahami serta menambah pengetahuan tentang Bahasa Inggris.

 

Kosakata yang Berhubungan dengan Museum
Kosakata Tentang Perhotelan dalam Bahasa Inggris
Kosakata Benda / Orang di Rumah Sakit
Kosakata Bahasa Inggris untuk Tempat Umum (Public Space)
Perbedaan Fraud, Abuse, dan Cheating
Perbedaan ‘Wish’ vs ‘Hope’
Perbedaan Good Evening vs Good Night
Perbedaan Penggunaan Do, Be, dan Have
Kosakata Nama-nama Profesi / Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris