sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tip Membuat Biografi Bahasa Inggris di Linkedln

LinkedIn adalah laman web yang memungkinkan para penggunaanya untuk membagikan profil, pengalaman, keahlian, dan kualifikasi mereka secara profesional. LinkedIn bisa menjadi tempat untuk kita mencari pekerjaan, mencari pekerja, atau hanya untuk sekedar melebarkan network atau jaringan profesional kita.

Melalui LinkedIn, kita bisa memperkenalkan dan mengembangkan personal branding kita kepada semua pengguna LinkedIn. Untuk itulah, kita harus teliti ketika menulis dan melengkapi profil LinkedIn kita.

Salah satu hal yang menantang ketika melengkapi profil LinkedIn kita adalah menulis LinkedIn summary. LinkedIn summary, atau bisa juga disebut dengan LinkedIn bio, adalah paragraf teks yang bisa kita isi dengan deskripsi diri kita atau biografi kita secara profesional.

Melengkapi LinkedIn summary mungkin terdengar tidak perlu, terutama jika kita sudah melengkapi profil LinkedIn yang lainnya dan memperbarui profil LinkedIn kita secara berkala. Namun, melalui LinkedIn summary kita bisa mengenalkan diri kita dengan kata-kata kita sendiri dan mendeskripsikan personalitas, pengalaman, dan keahlian kita dengan lebih terperinci. Terlebih lagi, LinkedIn summary bisa membuat halaman LinkedIn kita lebih mudah terlihat dan ditemukan melalui kolom pencarian, yang bisa membuat kita lebih dilihat oleh lebih banyak orang.

Lalu, bagaimana cara membuat biografi bahasa Inggris di LinkedIn? Di bawah ini ada beberapa tip dan langkah yang bisa diikuti:

Pronoun

Hal yang harus dipikirkan ketika kita menulis biografi LinkedIn kita adalah pronoun atau kata ganti yang ingin kita gunakan dalam LinkedIn summary. Kita bisa menggunakan first person pronoun atau “I” atau “we”. Dengan menggunakan first person pronoun, biografi kita akan terdengar lebih ramah. Contoh:

I graduated from University of Indonesia in 2002, and I started to work for Pertamina soon after. (Saya lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2002, dan saya mulai bekerja di Pertamina setelahnya)

Jika kita ingin terdengar lebih formal, gunakanlah third person pronoun atau kata kerja orang ketiga seperti “she” atau “he”. Contoh:

Adam graduated from University of Indonesia in 2002, and he started to work for Pertamina soon after. (Adam lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2002, dan ia mulai bekerja di Pertamina setelahnya)

Hook

Jumlah maksimal kata yang diberikan oleh LinkedIn kepada penggunanya untuk menulis biografi mereka adalah 2000 kata. Dari 2000 kata tersebut, hanya 3 baris saja yang nampak di profil kita. Untuk membaca keseluruhannya, kita harus mengklik “See More”. Agar orang lain tertarik untuk mengklik “See More” pada summary kita, pada baris ketiga pertama, kita harus menuliskan sesuatu yang menarik yang membuat mereka ingin melanjutkan membaca. Teknik ini disebut dengan “hook” (mengait/ pengait). Contoh:

It took me more than two years to learn that I am capable of doing it myself. However, since then something unexpected happened.

Mission

Orang-orang lebih mudah terhubung atau bahkan bisa merasakan dan membayangkan langsung ketika mereka membaca cerita alih-alih deskripsi membosankan. Oleh karena itu, cobalah untuk menceritakan dengan singkat mengapa kita melakukan hal yang kita lakukan sekarang alih-alih hanya menyebutkannya saja. Contoh:

When I was in high school, I was having trouble with my study. However, Ms. Johnson, my homeroom teacher at that time, helped me through it all until I could graduate. Since then, I knew I wanted to be like her, to be a great teacher.

Expertise and skills

Keahlian adalah hal yang wajib kita sebutkan di dalam summary kita. Deskripsikanlah latar belakang, kualifikasi, interest, dan pengalaman kita. Contoh:

  • I have been a writer for 7 years. My specialties include writing detective, horror, and mystery stories.
  • I’m a sales coach who has 10+ years of teaching and sales experience. I’m specifically interested in assisting and training small teams (5 – 10 people) to optimize their workflows and time, so their businesses can grow and develop efficiently.

Jika baru saja lulus sekolah dan belum memiliki pengalaman kerja, tuliskanlah pengalaman organisasi, magang atau kegiatan sukarela (volunteering activities). Kita juga bisa menuliskan jurusan sekolah kita dan interest atau ketertarikan kita. Contoh:

I graduated from ABC University with a bachelor’s degree in architecture. I am interested in developing my skills as well as pursuing my career in residential buildings. Even so, I am opened for any opportunities on other architectural fields.

Accomplishments

Kita juga bisa menunjukkan pencapaian apa saja yang kita raih terkait dengan profesi kita. Contoh:

  • In my second year of working here, I got the “Employee of the Year” award.
  • The sales technique that I developed has helped the company to increase its sales. In fact, our company is now one of the leading organizations in the industry in term of profit.

Stories outside work

Hal lainnya yang bisa kita ceritakan pada biografi LinkedIn kita adalah menceritakan kegiatan atau hobi kita yang tidak berhubungan dengan dunia profesional. Namun, kita harus menceritakannya dengan singkat saja. Contoh:

Whenever I have free time, I spend it to cook. I like to experiment in my kitchen and create new dish. I even created an Instagram page to share pictures of food I make.

Hiring

Jika kita sedang mencari karyawan atau partner profesional, kita bisa menuliskannya dalam summary kita. Contoh:

  • We’re currently hiring an accountant for our Surabaya branch. The ideal candidate has 3+ years of accounting experience. Click here to learn more and apply.
  • I’m currently looking for a lab assistant who is familiar with the technology I mentioned above. Click here if you’re interested.

Call to action

Alangkah baiknya jika kita mengakhiri biografi LinkedIn kita dengan informasi kontak yang bisa dihubungi. Contoh:

  • Please reach me at me@email.com should you need more information about me.
  • You can always contact me at me@email.com.
  • Feel free to message me anytime

 

Tip Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris saat Wawancara Kerja
Membuat Surat Pemberitahuan Karena Cuti Sakit
Kalimat untuk Membuat Janji Bertemu
Perbedaan Biografi dan Autobiografi dalam Bahasa Inggris
Dialog Bahasa Inggris: Membuat Kue
Cara Membuat Tulisan Kita Terlihat Bagus dan Mudah Dibaca
Cara Membuat Application Letter
Tip Untuk Meningkatkan Kosakata Inggris (Vocabulary)
Kapan Membutuhkan Tanda Pisah (Hyphen) dalam Bahasa Inggris
Kata-Kata untuk Membuat Orang Lain Senang (Things To Say Make Someone Happy)