sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Vocabulary: Natural Disaster

Di bawah ini adalah vocabulary atau kosakata dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan natural disaster (bencana alam). Tulisan ini juga menyediakan contoh kalimat dengan menggunakan kosakatanya untuk membantu kita mengetahui cara penggunaannya. Mari langsung saja kita lihat kosakatanya:

  • Hurricane

Hurricane adalah badai besar yang melingkar dan disertai angin kencang. Bisa disebut juga sebagai angin pusar dengan kecepatan yang luar biasa. Di dalam bahasa Indonesia, “hurricane” disebut dengan “hurikan”.

Contoh: This beautiful town was once damaged by the great hurricane in 1990. (Kota indah ini dulunya rusak akibat hurikan besar pada tahun 1990)

  • Tornado

Tornado adalah angin yang kencang luar biasa yang terkonsentrasi di satu area (berpusar), berbentuk spiral, disertai dengan turunnya gumpalan awan berbentuk corong yang bisa menyebabkan kerusakan.

Contoh: My grandfather survived the deadly tornado that happened in Texas in 1962. (Kakek saya selamat dari tornado mematikan yang terjadi di Texas pada tahun 1962)

  • Lightning

Lightning, dikenal sebagai “petir” dalam bahasa Indonesia, adalah kilatan listrik disertai bunyi gemuruh akibat dari pertemuan awan bermuatan listrik positif dan negatif. Ketika lightning menyentuh bangunan, pohon, orang, atau benda lainnya di bumi, kita menyebutnya “struck by lightning” (tersambar petir).

Contoh: The big tree in the city park was struck by lightning last night. Fortunately, no one got hurt by it. (Pohon besar di taman kota tersambar petir kemarin malam. Untungnya, tidak ada yang terluka karena itu)

  • Forest fire

Forest fire adalah kebakaran hutan. Istilah ini bisa digunakan baik itu untuk kebakaran hutan karena alami ataupun karena perbuatan manusia.

Contoh: After month-long investigation, police and scientist found that the forest fire in Borneo was started by a cigarette spark. (Setelah investigasi selama satu bulan, polisi dan ilmuwan menemukan bahwa kebakaran hutan di Kalimantan terjadi akibat percikan rokok)

  • Earthquake

Earthquake adalah peristiwa alam ketika bumi berguncang atau bergetar akibat tenaga asal dalam bumi. Kita mengenal earthquake di dalam bahasa Indonesia sebagai “gempa bumi”.

Contoh: This building is designed to survive earthquake, so it will not collapse easily when an earthquake occurs. (Bangunan ini dirancang untuk tahan gempa, jadi bangunannya tidak akan runtuh dengan mudah ketika gempa bumi terjadi)

  • Flood

Flood atau banjir adalah bencana alam yang terjadi ketika volume air meningkat dan meluap ke daratan.

Contoh: The overnight heavy rain caused the river to overflow which made the flood occurred throughout the city. (Hujan deras semalaman menyebabkan sungai meluap yang mengakibatkan banjir di seluruh kota)

  • Tsunami

Bencana alam tsunami terjadi ketika air dari laut masuk dan menutupi daratan. Tsunami disebabkan oleh gempa bumi di tengah lautan.

Contoh: Jack donated one million dollar to the Southeast Asian 2004 tsunami relief. (Jack mendonasikan satu juta dolar kepada bantuan tsunami Asia Tenggara 2004)

  • Drought

Drought atau kekeringan terjadi ketika tidak ada atau kurangnya air akibat hujan yang tidak kunjung turun untuk waktu yang lama.

Contoh: The severe drought has continued for more than a month. (Kekeringan parah telah berlanjut selama lebih dari satu bulan)

  • Blizzard

Blizzard adalah badai salju yang parah disertai dengan angin kencang dan jarak pandang yang rendah.

Contoh: More than 100 flights are canceled because of blizzard. (Lebih dari 100 penerbangan dibatalkan karena badai salju)

  • Snowstorm

Snowstorm adalah hujan salju lebat terutama dengan angin kencang. Snowstorm bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “badai salju”.

Contoh: We were not able to go home last night because of the snowstorm. (Kami tidak bisa pulang kemarin malam karena badai salju)

  • Storm

Storm terjadi ketika adanya angin kencang yang menyertai cuaca buruk. Di dalam bahasa Indoensia, storm dikenal sebagai “badai”.

Contoh: As the storm approaches, the sky begins to darken. (Saat badai mendekat, langit mulai menjadi gelap)

  • Avalanche

Avalanche adalah ketika salju terjun meluncur dari gunung. Avalanche dalam bahasa Indonesia disebut dengan “longsor salju”.

Contoh: Last week’s avalanche destroyed a ski resort and several trees. Fortunately, no victim was found in this disaster. (Longsor salju minggu kemarin menghancurkan resor ski dan beberapa pohon. Untungnya, tidak ada korban ditemukan dalam bencana ini)

  • Landslide

Landslide terjadi ketika tanah, batu, atau lumpur terjun meluncur ke bawah dari gunung atau bukit. Persamaan kata dari landslide adalah mudslide. Kita mengenal kedua istilah ini dalam bahasa Indonesia dengan sebutan “longsor tanah” atau “longsor”.

Contoh: Landslide in Bogor left ten people injured and forced hundreds residents to evacuate homes. (Longsor tanah di Bogor mengakibatkan 10 orang terluka dan memaksa ratusan warga mengevakuasi rumah)

  • Volcanic eruption

Volcanic eruption terjadi ketika gunung erupsi atau meletus. Volcanic eruption diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “gunung meletus”.

Contoh: Volcano eruption spews enormous ash cloud into the air. (Letusan gunung berapi memuntahkan awan abu yang sangat besar ke udara)

  • Hail

Hail terjadi ketika butiran hujan beku jatuh bersama hujan deras dari awan cumulonimbus. Hail disebut sebagai “hujan es” dalam bahasa Indonesia. Kita juga bisa menyebutnya sebagai “hailstorm” (badai hujan es) apabila hujan es lebat terjadi disertai dengan angin ribut.

Contoh: Thunder and hail rolled through Bandung yesterday. (Petir dan hujan es terjadi di Bandung kemarin)

 

English Vocabulary: Money (Uang)
English Vocabulary: Stuff at Office (Peralatan di Kantor)
Kosakata Bahasa Inggris tentang Barbershop (Tempat Cukur Rambut)
Kosakata Tentang Geologi dalam Bahasa Inggris dan Penjelasannya
Vocabulary/Kosakata Profesi di Dunia Medis
Kosakata Bahasa Inggris Tentang Pariwisata
Kosakata tentang Pekerjaan Rumah Tangga (Household Chores)
English Vocabulary: Homeworks (Pekerjaan di Rumah)
Kosakata Inggris tentang Mobil dan Spare Partnya
Vocabulary: Perasaan (Anger, Fear, Confusion)