sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

14 Tanda Baca dalam Bahasa Inggris yang Penting Diketahui

Tanda baca merupakan salah satu elemen penting dalam tata bahasa, termasuk juga dalam Bahasa Inggris. Tanda baca membantu kita mendapatkan makna yang lebih tepat sesuai dengan keadaan yang diperlukan, atau memahami arti dari suatu kalimat. Dan perlu dipahami bahwa tanda baca hanya diterapkan pada konteks tertulis saja, bukan dalam konteks lisan.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai 14 tanda baca dalam Bahasa Inggris yang penting untuk diketahui. Simak uraian di bawah ini untuk dapat menggunakan 14 tanda baca yang tepat, ya!

1. Period [.]

Tanda baca yang pertama adalah period marks, atau sering juga disebut dengan tanda baca full stop. Tanda baca period dikenal dalam kaidah Bahasa Indonesia merupakan tanda titik, yang berfungsi untuk mengakhiri sebuah kalimat. Penggunaan tanda baca period dalam Bahasa Inggris dapat dilihat dalam contoh berikut:

Mrs. Bunga is an English and Mathematics teacher in Putera Bangsa Senior High School. [Bu Bunga adalah guru Bahasa Inggris dan Matematika di SMA Putera Bangsa.]

2. Comma [,]

Tanda baca selanjutnya adalah comma, yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan tanda koma. Fungsi utama dari tanda baca comma adalah memisahkan kata maupun frasa yang ada dalam satu kalimat. Namun fungsi pemisahan pada tanda baca comma ini memiliki beberapa penerapan dalam kalimat Bahasa Inggris, yaitu:

  • Memisahkan Frasa yang Berhubungan

Fungsi pemisahan tanda baca comma yang pertama adalah memisahkan frasa yang berhubungan dalam satu kalimat. Pada fungsi ini, biasanya setelah tanda comma digunakan kalimat penghubung seperti so [jadi], because of [karena], then [lalu], dan lain sebagainya. Misalnya seperti pada contoh berikut:

Mia woke up late this morning , so she has no time to eat the breakfast that her mother prepared [Mia bangun terlambat pagi ini, jadi di tidak punya waktu untuk makan sarapan yang disiapkan ibunya]

  • Memisahkan Beberapa Kata

Tanda baca comma bukan saja digunakan untuk memisahkan frasa, namun juga beberapa kata yang terdapat dalam satu kalimat. Biasanya kata-kata yang tersebut memiliki kedudukan yang sama atau merupakan jenis yang sama, misalnya sama-sama kata benda atau nama orang. Untuk lebih jelasnya, penggunaan fungsi pemisahan tersebut bisa dilihat pada contoh berikut:

Indra went to the internet café with Andri , Bowo , Dimas , and Maulana [Indra pergi ke warnet bersama dengan Andri, Bowo, Dimas, dan Maulana]

  • Memisahkan Pernyataan dengan Pertanyaan

Fungsi pemisahan selanjutnya dari tanda baca comma adalah untuk memisahkan pernyataan dengan pertanyaan. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi pemisahan ini bisa dilihat pada contoh berikut:

Lia already went to the library , didn’t she? [Lia sudah pergi ke perpustakaan, bukan?]

  • Memisahkan Keterangan Waktu

Tanda baca comma juga dapat digunakan untuk memisahkan keterangan waktu, yaitu memisahkan antara hari, tanggal, bulan, dan tahun. Misalnya seperti pada contoh berikut:

The National Mathematics Competition will be held on Monday , December 16 , 2019 [Kompetisi Matematika Nasional akan diadakan pada hari Senin, 16 Desember 2019]

  • Memisahkan Nama dengan Gelar Atau Jabatan

Fungsi pemisahan yang terakhir dari tanda baca comma adalah untuk memisahkan nama orang dengan gelar atau jabatan yang dimilikinya. Penggunaan fungsi pemisahan ini dapat dilihat dalam contoh dibawah ini:

My thesis will be reviewed by Professor Kania , Ph.D [Tesisku akan diperiksa oleh Profesor Kania, Ph.D]

3. Question Mark [?]

Tanda baca dalam Bahasa Inggris yang selanjutnya adalah question mark atau tanda tanya. Sesuai dengan namanya, tanda baca ini digunakan pada setiap kalimat tanya. Tanda baca question mark ini diletakkan di ujung kalimat tanya, seperti pada contoh berikut:

Diandra, where are you going with those large bags? [Diana, kamu mau pergi kemana dengan tas-tas besar itu?]

4. Exclamation Point [!]

Selanjutnya adalah tanda baca exclamation point atau yang lebih dikenal dengan tanda seru dalam Bahasa Indonesia. Tanda baca exclamation point ini memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  • Memberikan Perintah

Fungsi pertama dari tanda baca exclamation point adalah memberikan perintah dalam sebuah kalimat. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

Tiara, don’t just laze around and tidy up your bedroom right now! [Tiara, jangan terus malas-malasan dan rapikan kamar tidurmu sekarang!]

  • Memberikan Penekanan Tentang Sesuatu

Fungsi selanjutnya dari tanda baca exclamation point yaitu untuk memberikan penekanan tentang sesuatu. Contoh penggunaan fungsi exclamation point ini dapat terlihat dalam kalimat berikut:

You know, Tulus is coming to our school. Yes, that singer Tulus! [Tahu nggak, Tulus akan datang ke sekolah kita. Iya, Tulus yang penyanyi itu!]

  • Menyampaikan Sesuatu yang Mengejutkan

Fungsi terakhir dari tanda baca exclamation point adalah untuk menyampaikan sesuatu yang mengejutkan, atau sesuatu yang tidak biasa. Penggunaan fungsi ini dapat dilihat pada contoh kalimat berikut:

Mrs. Tantri said she will give us a test in English tomorrow! (Bu Tantri bilang dia akan memberikan ulangan Bahasa Inggris minggu depan!]

5. Double Quotation Marks [“ ”]

Tanda baca dalam Bahasa Inggris selanjutnya adalah double quotation marks, atau yang dikenal sebagai tanda kutip ganda. Tanda baca ini biasanya digunakan dalam dialog sebagai bentuk terjadinya percakapan, atau saat mengutip perkataan seseorang. Misalnya seperti pada contoh berikut:

I don’t really like walking in this kind of weather, Amanda said [“Aku tidak begitu suka berjalan di cuaca seperti ini,” kata Amanda]

6. Single Quotation Marks [‘ ’]

Jika sebelumnya adalah tanda kutip ganda, tanda baca ini merupakan tanda kutip tunggal atau single quotation marks. Tanda baca ini biasanya digunakan saat ingin memasukkan kutipan di dalam kutipan pada sebuah kalimat. Lebih jelasnya mengenai penggunaan single quotation marks dapat dilihat pada contoh berikut:

“Roy, why did you call your own younger brother ‘ugly’?” [“Roy, kenapa kamu memanggil adikmu sendiri ‘jelek’?”]

7. Apostrophe [‘]

Tanda baca selanjutnya adalah apostrophe, yang dapat diartikan sebagai tanda apostrof. Tanda baca apostrophe ini memiliki dua fungsi, yaitu:

  • Menyatakan Kepemilikan

Fungsi tanda baca apostrophe yang pertama adalah untuk menyatakan kepemilikan dalam Bahasa Inggris, yang diletakkan di belakang nama pemilik. Penggunaan ini dapat dilihat pada contoh kalimat dibawah ini:

We will go to the beach by Andy’s car [Kami akan pergi ke pantai dengan mobil Andy]

  • Menyingkat Kata

Fungsi kedua dari tanda apostrof adalah untuk menyingkat beberapa kata dalam Bahasa Inggris, yang biasanya menggunakan kata not [tidak]. Misalnya adalah kata isn’t singkatan dari is not [adalah tidak], won’t singkatan dari will not [tidak akan], didn’t singkatan dari did not [tidak melakukan], dan lain sebagainya. Lebih jelasnya mengenai penggunaan fungsi ini dapat dilihat pada kalimat berikut:

Heru didn’t want to repeat a year, so he is studying really hard [Heru tidak mau mengulang setahun, jadi dia belajar sangat giat]

Fungsi penyingkatan kata ini juga bisa digunakan untuk menyingkat subjek dengan to be, seperti pada contoh berikut:

I’m working overtime because of the piled work last week [Aku sedang bekerja lembur karena pekerjaan yang menumpuk minggu kemarin]

8. Colon [:]

Tanda baca dalam Bahasa Inggris selanjutnya adalah colon, yang dikenal juga dengan sebutan tanda titik dua. Tanda baca colon ini biasanya digunakan untuk menyebutkan suatu daftar, seperti pada contoh berikut:

Here is the list of things that you must to buy: paper, printer ink, and a box of pen [Inilah daftar barang yang harus kamu beli: kertas, tinta printer, dan sekotak pulpen]

9. Semi Colon [;]

Mirip dengan tanda baca sebelumnya, tanda baca ini merupakan semi colon yaitu tanda titik koma. Tanda baca semi colon ini memiliki dua fungsi, yaitu:

  • Menggabungkan Frasa yang Berhubungan

Fungsi pertama dari tanda baca semi colon adalah untuk menggabungkan dua frasa atau kalimat yang berhubungan. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

Mrs. Julia is a good teacher; she never scolds her students and understand them really well [Bu Julia adalah guru yang baik; dia tidak pernah memarahi murid-muridnya dan memahami mereka dengan sangat baik]

  • Memisahkan dengan Penggunaan Koma

Fungsi kedua dari tanda baca semi colon yaitu untuk memisahkan poin-poin dalam kalimat yang mana sudah menggunakan tanda koma juga. Lebih jelasnya dapat dilihat dalam contoh kalimat berikut ini:

I want to buy new dress, heels, and skirt in the shopping mall; I also want to eat takoyaki, french fries, and sausage there [Aku mau beli baju, sepatu, dan rok baru di mall; aku juga mau makan takoyaki, kentang goreng, dan sosis disana]

10. Slash [/]

Tanda baca selanjutnya adalah slash atau garis miring, yang memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Memisahkan Pilihan

Fungsi pertama dari tanda baca slash adalah untuk memisahkan pilihan dalam kalimat. Misalnya male/female [pria/wanita], student/worker [murid/pegawai], and/or [dan/atau], dan lain sebagainya.

  • Menunjukkan Kata Per-

Fungsi kedua dari tanda slash adalah menunjukkan kata per-, misalnya seperti dalam contoh berikut:

They need 1000 liters milk/day to run their café [Mereka membutuhkan 1000 liter susu per-hari untuk menjalankan kafe mereka]

11. Parentheses [( )]

Tanda baca parantheses atau tanda kurung biasanya digunakan untuk memberikan informasi lebih jelas, biasanya penambahan bilangan dalam angka. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

Arimbi got one thousand dollar ($ 1.000) as a special prize from the bank [Arimbi mendapatkan seribu dolar ($ 1.000) sebagai hadiah spesial dari bank]

12. Hyphen [-]

Tanda baca selanjutnya adalah hypen yang merupakan tanda penghubung antara dua kata atau lebih dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

The company give us the eco-friendly bag to use for grocery shopping [Perusahaan memberikan kita tas ramah-lingkungan untuk berbelanja]

13. Dash [—]

Tanda baca selanjutnya adalah dash, yang memiliki bentuk mirip dengan tanda hyphen namun lebih panjang. Tanda dash ini biasanya digunakan untuk menambahkan informasi dalam sebuah kalimat, seperti dalam contoh berikut:

I just want you to know that their trip is dangerous — moreover in rainy season like this [Aku cuma ingin kamu tahu kalau perjalanan mereka berbahaya— terlebih lagi di musim hujan seperti sekarang]

14. Ellipsis Mark […]

Tanda baca selanjutnya adalah ellipsis mark, yaitu titik tiga yang biasanya ditemukan dalam konteks percakapan atau narasi cerita. Ellipsis mark digunakan saat seseorang menggantungkan ucapannya atau sengaja tidak menyelesaikan ucapannya, seperti dalam contoh berikut:

“She said that she will come back today, but ,” Joe can’t continue his words anymore [“Dia bilang dia akan kembali hari ini, tapi …,” Joe tidak bisa melanjutkan kata-katanya lagi]

Demikianlah pembahasan mengenai 14 tanda baca dalam Bahasa Inggris berikut contoh-contoh penggunaannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Four Types of Sentence in English: Empat Tipe Kalimat Inggris Berdasar Tanda Baca
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
14 Tanda Baca dalam Bahasa Inggris yang Penting Diketahui
Writing Tip: Jenis-Jenis Tanda baca dalam Bahasa Inggris (Punctuation)