sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Membicarakan Rencana di Masa Depan dalam Bahasa Inggris

How To Talk About Future Plans In English

Tata bahasa bahasa Inggris memiliki bentuk yang berbeda dengan tata bahasa bahasa Indonesia. Terutama pada bagian kata kerja atau verba. Dalam kata kerja bahasa Indonesia, tidak ada yang berubah jika keterangan waktunya berubah, kita hanya tinggal menambahkan keterangan waktu di luar verba tersebut. Namun dalam bahasa Inggris, ada perubahan bentuk kata kerja jika keterangan waktunya berbeda.

Dalam membicarakan rencana di masa depan, pasti kita harus menggunakan verba dalam bentuk masa depan. Namun ternyata untuk topik satu ini, tidak semuanya menggunakan bentuk tersebut. Selain itu ada beberapa kata kerja bantu juga yang bisa digunakan untuk membicarakan rencana di masa depan dalam bahasa Inggris.

Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan penjelasan yang lebih mendalam di bawah ini.

1. Will (Akan)

Will adalah sebuah kata kerja bantu dalam tata bahasa bahasa Inggris. Kata kerja satu ini digunakan untuk membicarakan rencana yang baru saja diputuskan akan dilakukan saat sedang mengutarakannya.

Untuk membuat sebuah kalimat yang membicarakan rencana di masa depan, biasanya Anda harus menggunakan kata kerja bantu will ditambah dengan kata kerja biasa. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa contohnya.

  • I’m sorry for your inconvenience. I will see what I can do for you. (Maaf atas ketidaknyamanan Anda. Saya akan lihat apa yang bisa saya bantu)
  • I think I will wear this red dress for the wedding on Sunday. (Sepertinya saya akan mengenakan gaun merah ini untuk pernikahan hari Minggu)
  • I don’t have the time right now. I will talk to you as soon as possible. (Saya tidak punya waktu sekarang. Saya akan bicara dengan Anda secepatnya)

2. Going To (Akan)

Going to memiliki arti yang sama dengan kata kerja will. Kata kerja ini biasanya memiliki konotasi yang lebih informal dibandingkan kata kerja bantu will. Going to digunakan untuk membicarakan rencana yang telah diputuskan sebelum membicarakan hal tersebut.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa contoh penggunaan kata kerja going to untuk membicarakan rencana di masa depan dalam bahasa Inggris berikut ini.

  • I already have a plan for tonight. I am going to go to my friend’s house later. (Saya sudah punya acara untuk malam ini. Saya akan pergi ke rumah teman nanti)
  • I can’t go with you tomorrow, I’m going to go to the doctor. (Saya tidak bisa pergi denganmu besok. Saya akan pergi ke dokter)
  • I don’t know if I can make it, I’m going to have a trip with my family. (Saya tidak tahu apakah bisa datang, saya akan berjalan-jalan dengan keluarga.)

3. Kata Kerja Bentuk Present Continuous

Untuk membicarakan rencana di masa depan, Anda juga bisa menggunakan kata kerja apapun dalam bentuk present continuous (yang berakhiran –ing). Biasanya bentuk kata kerja seperti ini digunakan jika rencananya masih belum tentu akan terjadi, ada lebih dari satu orang yang terlibat, dan keterangan waktu dan tempat juga sudah diketahui.

Agar lebih jelas lagi, mari kita lihat beberapa contoh penggunaan kata kerja dalam bentuk present continuous untuk membicarakan rencana di masa depan dalam bahasa Inggris di bawah ini.

  • I’m having dinner with my father next Sunday. (Saya akan makan malam bersama Ayah saya hari Minggu nanti)
  • I’m going to Jane’s house tonight to study for the finals. (Saya akan pergi ke rumah Jane malam ini untuk belajar untuk UAS)
  • She’s having a party tomorrow at 8 o’clock. Are you coming? (Dia akan punya pesta besok pukul 8. Apakah kau akan datang?)

Biasanya kata kerja dalam bentuk present continuous juga digunakan untuk menanyakan rencana orang lain. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kalimat “Are you doing anything this weekend?” (Apakah kau akan melakukan sesuatu akhir pekan ini?) atau “Are you going somewhere this weekend?” (Apakah kau akan pergi ke suatu tempat akhir pekan ini?).

4. Kata Kerja Bentuk Present Perfect

Kata kerja dalam bentuk present perfect juga dapat digunakan untuk membicarakan rencana di masa depan yang akan dilakukan. Biasanya bentuk kata kerja satu ini digunakan ketika Anda sudah membuat rencananya dan sudah siap untuk menyatakannya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata kerja bentuk present perfect dan membicarakan rencana di masa depan seperti di bawah ini.

  • I have decided to take the language test next year. (Saya telah memutuskan untuk mengambil ujian bahasa tahun depan)
  • We have booked next weekend with our family. (Kami telah memiliki acara akhir pekan depan bersama keluarga)

Itulah dia beberapa cara untuk menyatakan rencana Anda di masa depan dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu.

 

20 Kalimat Sindiran dalam Bahasa Inggris
Cara Lain Mengatakan No dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Mengucapkan Salam Sederhana dalam Situasi Informal
5 Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris & Jawabannya
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris tentang Karakteristik Positif
Kalimat Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Harapan dan Mimpi
Apa itu Analogi dalam Bahasa Inggris?
Daftar Kalimat & Pengumuman Pramugari di Pesawat dalam Bahasa Inggris
Apa Itu “Recount Text” dalam Bahasa Inggris?
Penggunaan Direct dan Indirect Speech Bahasa Inggris


 
Cara Memperkenalkan Diri Sendiri ke Orang Lain dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Orang (Descriptioning Person)
Formula Mendeskripsikan Keluarga dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Film (Film Review)
Perbedaan Who dan Whom
Phrasal Verb Menyuruh dalam Bahasa Inggris
Berhitung / Counting In English
Contoh Transkrip Pembawa Acara Olahraga dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Contoh Rencana Liburan / Itinerary Bahasa Inggris & Terjemahannya
Mengklarifikasi Sebuah Ide dalam Bahasa Inggris