sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Membuat Invitation Card

Menyebarkan undangan adalah langkah penting dalam merencanakan sebuah acara. Tanpa undangan, acara atau pesta yang kita adakan tidak akan dihadiri oleh orang-orang yang ingin kita datang ke acaranya. Membuat invitation card atau kartu undangan itu sebenarnya mudah. Kita harus menyantumkan informasi-informasi penting di dalamnya sebagai petunjuk kepada orang yang kita undang.

Sebenarnya apa saja hal yang harus dicantumkan di dalam invitation card? Bagaimana cara membuat kartu undangan dalam bahasa Inggris? Mari kita mempelajarinya melalui pembahasan di bawah ini:

Type of the event

Hal yang harus kita pikirkan sebelum membuat undangan adalah menentukan tipe acara yang akan diadakan. Ada banyak tipe acara. Misalnya saja wedding party (pesta pernikahan), baby shower (tujuh bulanan), birthday party (pesta ulang tahun), dinner (makan malam), picnic (piknik), farewell party (pesta perpisahan), dan sebagainya.

Selain itu, kita juga harus menentukan apakah acara yang akan kita adakan itu berjenis formal (resmi) atau tidak formal. Jenis acara dan tingkat keformalannya akan menentukan wording atau kata-kata yang akan kita tulis di dalam invitation card kita.

Untuk acara formal, kartu undangannya biasanya menggunakan third person pronouns (kata ganti orang ketiga), seperti they atau their, alih-alih first person pronouns (kata ganti orang pertama), seperti I, we, my, atau our. Meskipun demikian, penggunaan kata ganti “we” bisa digunakan dalam undangan formal. Hanya saja, isi dari undangannya tetap harus bernada formal. Dalam kartu undangan formal juga nama hosts atau tuan rumah biasanya harus dituliskan dengan lengkap. Misal:

  • Jane and David invite you to… (jane dan David mengundang Anda untuk…) –> biasanya digunakan dalam kartu undangan bersifat tidak formal atau semi formal
  • Jane Harrison and David Harrison invite you to… (Jane Harrison dan David Harrison mengundang Anda untuk…) –> biasanya digunakan dalam kartu undangan formal

Things to write

Setelah kita menentukan jenis acara kita, kita bisa langsung membuat undangan kita. Di bawah ini adalah informasi penting yang harus dicantumkan di dalam invitation card:

  1. The name of the hosts

Hosts adalah tuan rumah atau orang yang mengadakan acara. Nama hosts bisa ditaruh di awal undangan atau di akhir. Seperti yang sudah dibahas di atas dengan singkat, undangan formal sebaiknya menyantumkan nama lengkap hosts alih-alih nama depan atau nama panggilan.

  1. Type of the event

Beri tahu tamu undangan kita dalam udangannya jenis acara atau event apa yang akan mereka hadiri. Baik itu acara meriah seperti pesta pernikahan atau acara sederhana seperti makan siang, kita harus tetap menyebutkannya di dalam invitation card kita agar mereka bisa tahu pakaian apa yang harus mereka kenakan atau barang apa yang harus mereka bawa (misal: kado).

  1. Date and time of the party

Hal selanjutnya yang harus kita tulis dalam invitation card adalah tanggal dan waktu berlangsungnya acara. Untuk tanggal, cantumkanlah nama hari beserta dengan tanggal. Untuk waktu, cantumkanlah pukul berapa acaranya dimulai. Jika acara diharapkan berakhir pada jam tertentu, tuliskan perkiraan waktu berakhirnya acara. Contoh:

    • On Saturday, August 21 at 7 pm
    • On Saturday, August 21 from 7 pm
    • On Saturday, 21th August from 7 pm to 10 pm
    • On Saturday, the twenty first of August at seven o’clock in the evening –> untuk undangan formal
  1. Party avenue

Selanjutnya, cantumlahkan lokasi diselenggarakannya acara. Untuk memudahkan tamu undangan menemukan lokasinya, kita bisa menyantumkan arah jalan atau denah di dalam invitation card. Di masa canggih seperti sekarang, kita juga bisa menyantumkan titik koordinat Google Maps tempat acaranya supaya tamu undangan kita bisa melacaknya dengan mudah melalui Google Maps.

  1. RSVP details if required

Jika kita ingin penerima undangan mengonfirmasi apakah mereka akan hadir atau tidak ke acaranya, kita harus menuliskan detail RSVP. Tuliskanlah sampai kapan mereka bisa mengonfirmasi dan bagaimana cara mereka mengonfirmasi, apakah melalui telepon, email, merespon kartu RSVP dan mengirimkannya ke alamat kita, dsb.

  1. Dress code if applicable

Jika kita ingin tamu udangan kita mengenakan pakaian tertentu, kita bisa menuliskan detail dress code (aturan berpakaian) di dalam undangannya.

  1. Who to invite

Jika kita ingin tamu undangan kita datang sendiri atau mengajak orang lain, kita bisa menyantumkan siapa saja yang boleh mereka ajak. Kita harus menuliskannya dengan spesifik. Misal: hanya boleh datang bersama pasangan, tidak boleh membawa orang lain selain keluarga inti, tidak boleh mengajak anak-anak, dsb.

Invitation card samples

  • Contoh kartu undangan formal

Robert Williams
requests the pleasure of your present
at a garden party
in honor of his 45th Birthday
at ABC Forest Country Club 23 Paddington Road on Sunday, twenty third of August at three in the afternoon

Terjemahan:

Robert Williams
mengundang kehadiran Anda
di pesta kebun
dalam rangka ulang tahunnya yang ke 45
di ABC Forest Country Club 23 Paddington Road
hari Minggu tanggal dua puluh tiga Agustus pukul tiga sore

  • Contoh kartu undangan tidak formal

Join us to celebrate
our sister’s graduation
with a dinner party
at 12C Daisy Avenue
on Friday, 17th September from 7 pm
Let us know if you can join the party before 11th September by email abbysparty@email.me

Love,

Megan and Dilan

Terjemahan:

Bergabunglah bersama kami merayakan
kelulusan saudari kami
dengan pesta makan malam
di 12C Daisy Avenue
Hari Jumat, 17 September dari pukul 7 malam
Beri tahu kami jika kamu bisa menghadiri pestanya sebelum tanggal 11 September melalui surel abbysparty@email.me

Salam sayang,

Megan dan Dilan

 

Cara Meminta Barang dalam Bahasa Inggris
Cara Mempelajari Bahasa Inggris Sehari-Hari (Ways to Learn Daily English)
Cara Mengungkapkan Kewajiban / Keharusan (Expressing Obligation)
Cara Menjawab Pertanyaan Interview: How Did You Hear About This Job?
Bagaimana Mengatakan Hal Buruk dengan Cara yang Baik?
Cara Memuji Teman Kerja (How to Compliment Colleagues at Work in English)
Cara Menulis Cerita Pendek dalam Bahasa Inggris
Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak
Cara Memberikan Kabar Buruk dalam Bahasa Inggris
Cara Belajar Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris untuk Orang Yang Pemalu