sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Menjawab Pertanyaan Interview: How Did You Hear About This Job?

Pertanyaan “How did you hear about this job?” adalah salah satu yang sering ditanyakan saat kita menjalani interview atau wawancara kerja. Pertanyaan ini terlihat simpel, namun tak jarang membuat bingung bagaimana cara menjawab yang tepat.

Pada pembahasan ini, kita akan mengulas cara menjawab pertanyaan “How did you hear about this job?” beserta contoh-contoh jawabannya dalam Bahasa Inggris. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini, ya!

Cara Menjawab Pertanyaan: How Did You Hear About This Job?

Seperti yang sudah dibahas sedikit di awal, pertanyaan ini sebenarnya cukup simpel. Terlebih dibanding pertanyaan-pertanyaan lain yang mungkin butuh memutar otak dan harus berhati-hati dalam menjawabnya. Singkatnya, pewawancara hanya ingin tahu dari mana kita mengetahui informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut.

Hal ini karena kemungkinan mereka mengumumkan lowongan pekerjaan ini di berbagai tempat, seperti situs lowongan kerja, media sosial, website perusahaan, dan lain sebagainya. Dan jika ternyata kita tahu informasinya dari orang yang bekerja disana, itu bisa menjadi referensi untuk bahan pertimbangan nantinya.

Selain How did you hear about this job? (Dari mana Anda tahu tentang pekerjaan ini?), pertanyaan sejenis juga bisa dalam bentuk kalimat lain seperti:

  • How did you find this job? (Dari mana Anda menemukan lowongan pekerjaan ini?)
  • How did you hear about this position? (Dari mana Anda tahu tentang posisi ini?)
  • How did you learn about the job opening? (Dari mana Anda tahu tentang lowongan ini?)

Meskipun kita tidak perlu khawatir apalagi stres memikirkan cara menjawab pertanyaan tersebut, tetap saja ada hal-hal yang penting untuk diperhatikan. Berikut beberapa cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan menjawabnya:

  • Mengatakan dengan jelas sumber informasinya.
  • Sebutkan nama orang yang memberi informasi, jika ada.
  • Tunjukkan kalau kita tertarik untuk melamar setelah tahu informasinya.

Contoh Jawaban Pertanyaan: How Did You Hear About This Job?

Sebagai referensi, berikut beberapa contoh jawaban untuk pertanyaan “How did you hear about this job?” dalam interview:

  • I learned about this job opening when I was browsing on Jobseeker.co. I was looking for Sales Executive openings and found your company right away. Your job posting stood out to me as the wording of the job description instantly drew a clear picture of what it’s like to work here. I would love to be a part of such a great team.

(Saya tahu lowongan kerja ini ketika saya sedang browsing di Jobseeker.co. Saya mencari lowongan Sales Executive dan langsung menemukan perusahaan Anda. Lowongan kerja yang Anda posting menarik buat saya karena deskripsinya menggambarkan dengan jelas bagaimana bekerja disini. Saya akan senang kalau bisa bergabung dengan tim yang hebat seperti itu.)

  • I heard about this position from Bella Marcia in Accounting Division. Bella and I were in the same college and we took many of the same courses. She told me I should apply for this position because she thought that I’m a good fit. And once I see the job description, I knew she was right. The requirements that were mentioned are in line with my experience and personality.

(Saya tahu tentang posisi ini dari Bella Marcia di bagian Accounting. Bella dan saya teman satu kampus dan kami sering ambil kelas yang sama. Dia bilang saya sebaiknya melamar posisi ini karena dia merasa kalau saya kandidat yang cocok. Dan ketika saya melihat deskripsi pekerjaannya, saya tahu kalau dia benar. Persyaratan yang disebutkan sejalan dengan pengalaman dan kepribadian saya.)

  • I have been paying attention to your website’s career page for a while now, as I always dreamt to become a part of your company. When I saw an opening in Accounting Department, I applied right away. I believe that my background and experiences are fitting well with the position.

(Saya sudah rutin mengecek halaman karir website perusahaan Anda sejak lama, karena saya selalu ingin menjadi bagian dari perusahaan Anda. Ketika saya melihat lowongan di bagian Accounting, saya langsung melamar. Saya percaya latar belakang dan pengalaman saya cocok dengan posisi tersebut.)

  • I saw the advertisement for a job opening on your company’s social media account. I was familiar with your company because I was interned here before graduated from college. It was a shame that I couldn’t make it into the employment back then, but I want to try again now.

(Saya melihat iklan lowongan pekerjaan tersebut di media sosial perusahaan Anda. Saya sudah familiar dengan perusahaan Anda karena saya dulu pernah intern disini sebelum lulus kuliah. Sayang sekali saya tidak bisa menjadi karyawan waktu itu, tapi saya mau mencoba lagi sekarang.)

  • I’m actively job searching now, and I found your opening on LinkedIn. I was searching for Junior Engineer position and saw your job description seemed like a great potential. So I applied to the position and hoping this opportunity is a good match.

(Saya sedang mencari pekerjaan secara aktif sekarang, dan saya melihat lowongan Anda di LinkedIn. Saya sedang mencari lowongan Junior Engineer dan melihat deskripsi pekerjaan Anda seperti potensi yang bagus. Jadi saya melamar untuk posisi itu dan berharap semoga kesempatan ini bisa cocok.)

Demikianlah cara menjawab pertanyaan interview How did you learn about this job?” dalam Bahasa Inggris beserta contoh-contoh jawabannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Lainnya

Cara Menjawab Pertanyaan Interview: How Did You Hear About This Job?
Cara Menjawab Pertanyaan Interview: What Are Your Hobbies?
Jawaban Pertanyaan Interview: How Much Money Are You Looking to Earn?
Jawaban Pertanyaan Interview: Why do you want to work here?
Menjawab Pertanyaan Alasan Melamar Kerja dalam Bahasa Inggris
Jawaban Interview: How Do You Handle Success?
Apa Yang Harus Dikatakan dalam “Exit Interview”
Pertanyaan Interview: Describe a Difficult Work Situation or Project and How You Overcame It
Menjawab  “What’s Your Biggest Professional Achievement?”
Kalimat-Kalimat Penting Untuk Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris

 

Cara Mengatakan Orang Lain Cerdas / Bodoh
Dialog Menanyakan Letak Suatu Benda
Dialog Bahasa Inggris: Hari Idul Fitri
Reading TOEFL: Jenis Pertanyaan dalam Reading, Kategorisasi
Cara Baca Angka dalam Bahasa Inggris
Contoh Dialog Bahasa Inggris tentang Pekerjaan
Example Financial Analyst Interview Question & Answer
Percakapan Bahasa Inggris: Pramugari dengan Penumpang
Cara Belajar Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris untuk Orang Yang Pemalu
Contoh Pertanyaan dan Jawaban untuk Anak-Anak