sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Memuji Teman Kerja

Mungkin anda adalah atasan di kantor anda, maka anda terkadang harus juga memberikan pujian atau compliment kepada bawahan anda atau karyawan anda sehingga mereka betah bekerja disana. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang cukup penting kepada anda semua mengenai how to compliment people at work atau yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yaitu bagaimana cara memuji orang di tempat kerja. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini supaya kamu bisa memuji orang di tempat kerja dengan baik dan benar ya!

Apa itu Pujian?

Compliment merupakan salah satu ekspresi sopan yang menunjukkan pujian dan juga kekaguman kepada seseorang. Memberikan compliment atau pujian di tempat kerja merupakan salah satu cara terbaik untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan juga sebagai tanda apresiasi atau penghargaan dari anda terhadap etos kerja atau mungkin kepribadian orang lain.

Pujian atau compliment yang diberikan pun harus datang dari hati, kemudian harus diungkapkan dengan jujur, dan juga dilakukan secara profesional jika konteksnya adalah tempat kerja. Jadi jika memang anda ingin memberikan apresiasi kepada rekan kerja di kantor anda atau mungkin memberikan apresiasi atas kerja bagus bawahan anda maka anda bisa memberikan mereka compliment.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dipertimbangkan saat memberikan pujian atau compliment positif kepada rekan kerja di lingkungan kerja anda:

  1. Lihat penerimanya

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin memberikan pujian atau compliment kepada rekan kerja atau orang di lingkungan kerja anda adalah anda harus mempertimbangkan penerima pujian yang akan anda berikan nantinya.

Pujian yang anda berikan tentu saja harus bergantung tidak hanya kepada orangnya saja namun juga apa perannya di tempat kerja anda atau perannya di perusahaan anda. Apakah orang yang ingin anda berikan pujian itu merupakan manajer? Atau mungkin orang yang akan anda berikan pujian itu adalah rekan satu tim anda? Atau mungkin karyawan bawahan anda?

Dengan mengetahui posisi dari si penerima pujian, nantinya akan membantu anda untuk menentukan bagaimana cara anda memuji mereka dengan tepat. Sehingga mereka nantinya bisa menerima pujian anda dengan senang hati dan membalasnya dengan positif.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai beberapa contoh ketika anda mempertimbangkan penerima pujian. Misalnya pada beberapa contoh ini anda akan memberikan pujian atau compliment kepada manajer anda, rekan satu tim, dan mungkin karyawan bawahan anda.

    • For your manager (untuk manager anda):

I want to say thank you for Mr. Abram for teaching me how to use the new application. I really appreciate because you show and teach me how using the apllication” (Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Abram karena telah mengajarkan saya bagaimana menggunakan aplikasi baru. Saya sangat mengapresiasi karena anda telah menunjukkan dan mengajarkan saya bagaimana menggunakan aplikasi ini)

    • For your teammate (untuk rekan kerja anda):

“Thank you for your presentation, I really enjoyed your presentation today and the insight you provided. I have heard many people say they appreciated hearing your prespective, as well!” (Terima kasih atas presentasi anda, saya sangat menikmati presentasi anda hari ini dan wawasan yang anda berikan. Saya juga telah mendengar banyak orang mengatakan bahwa mereka juga senang mendengar prespektif dari anda!)

    • For your employee (untuk karyawan anda):

”I like your creativity. The abstract and aesthetic you used in that logo is really effective in encompassing our compan’s motto. Good job!” (Saya menyukai kreatifitas anda. Abstrak dan estetik yang anda gunakan di dalam logo ini sangatlah efektif untuk benar-benar menggambarkan motto perusahaan kita. Kerja bagus)

  1. Pastikan bahwa pujian anda spesifik

Setelah tahu siapa sasaran atau tujuan yang ingin anda berikan pujian atau compliment, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa pujian yang anda berikan itu spesifik atau jelas. Pujian yang spesifik atau khsusu membuktikan bahwa memang pujian atau apresiasi yang anda berikan kepada orang itu memang datangnya dari hati dan sungguh-sungguh.

Jika anda memberikan pujian secara spesifik kepada orang lain, maka mereka akan merasa senang karena tahu bahwa anda memberikan pujian itu dari hati anda. Itu tentu saja bahkan bisa membantu meningkatkan mood mereka dalam bekerja dan bisa memotivasi mereka untuk semakin bersemangat dalam bekerja.

Bagaimana memberikan pujian atau compliment yang positif? Yaitu caranya adalah anda bisa memberikan kepada mereka pujian yang langsung merujuk pada apa yang mereka kerjakan.

Sehingga mereka bisa tahu juga bahwa pekerjaan yang mereka lakukan itu memang bagus dan memuaskan. Supaya anda tidak kesulitan untuk memberikan pujian atau compliment yang positif maka pada kesempatan kali ini kami juga akan memberikan contohnya kepada anda.

Daripada anda memberikan pujian singkat seperti misalnya Good job (kerja bagus) atau great work (kerja yang bagus) yang mungkin memang membuat mereka senang namun itu tidak spesifik sehingga mungkin mereka tidak tahu bagian mana yang bagus. Mungkin daripada hanya mengatakan kalimat singkat seperti itu maka mungkin anda bisa memperjelas dengan memberikan compliment yang lebih rinci seperti ini:

Good job for the presentation today. Your creativity for the systems really made us proud! (Keja bagus untuk presentasi hari ini. Kreatifitas anda untuk sistem ini sangat membuat kami bangga)

Great work on the campaign today. Your idea for the project made a lot of people enthusiastic (Kerja bagus untuk kampanye hari ini. Ide anda untuk proyek ini membuat banyak orang antusias)

  1. Bersikaplah profesional

Selain kedua hal yang telah kami sebutkan di atas tadi, hal lain yang harus anda perhatikan ketika anda ingin memberi compliment atau pujian kepada orang lain adalah anda harus bersikap profesional.

Meskipun mungkin pujian atau compliment yang diberikan di luar tempat kerja cenderung lebih santai, namun anda juga harus mengingat bahwa ketika anda ingin meberikan pujian atau compliment maka anda harus memberikan pujian itu dengan sopan dan formal.

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah anda juga harus mempertimbangkan waktu serta tempat saat anda memberikan pujian kepada rekan kerja anda. Pastikan bahwa anda memberikan pujian pada waktu yang tepat, terutama ketika mungkin anda memberikan mereka pujian di tempat umum yang banyak orangnya.

Contoh-contoh Pujian untuk Teman Kerja

Tadi kita sudah membahas beberapa poin penting untuk bisa menyampaikan pujian atau compliment kepada orang lain mulai dari apa itu pengertian compliment atau mungkin bagaimana langkah-langkah memberikan pujian yang positif kepada orang lain. Sekarang, kami akan memberikan beberapa contoh pujian yang bisa anda ucapkan kepada rekan kerja anda, kepada manajer anda, atau kepada karyawan anda di tempat kerja. Berikut adalah beberapa contohnya:

Nice job on your presentation today (Kerja yang bagus di presentasi anda hari ini)

Jika mungkin anda memiliki rekan kerja yang sedikit pemalu atau mungkin mereka menunjukkan bahwa mereka gugup sebelum mereka wawancara atau sebelum mereka investasi, maka anda bisa memuji atas pekerjaan yang bisa mereka lakukan dengan baik.

Misalnya saja mereka baru saja mempresentasikan pekerjaanya kepada atasan dan anda merasa bahwa kemampuan presentasi rekan kerja anda makin membaik, maka anda bisa memujinya seperti ini. Itu tentu saja akan membuat mereka jadi senang dan selain itu juga bisa memotivasi mereka.

You are a great communicator (Kamu adalah komunikator yang hebat)

Contoh compliments kedua yang bisa kamu berikan kepada rekan kerja di tempat kerja adalah kamu bisa memberikan kepada mereka pujian bahwa mereka merupakan komunikator yang hebat dan baik. Memberikan pujian seperti ini berarti anda menunjukkan bahwa anda menghargai bagaimana cara mereka berbicara dengan hati. Karena menjadi komunikator yang baik sangatlah penting dimana pun tempatnya, jadi itu mungkin bisa menambah motivasi mereka.

I really appreciate your enthusiasm (Aku sangat menghargai antusiasme anda)

Mungkin sangat mudah bagi orang-orang untuk bisa menunjukkan antusias mereka kepada orang lain secara teratur, namun akan ada baiknya jika mungkin anda memberikan pujian ini atau compliments seperti ini kepada anggota atau rekan kerja anda yang mungkin memiliki sikap sedikit tertutup atau pemalu. Memberikan pujian seperti ini merupakan salah satu cara anda untuk bisa mengungkapkan secara positif dan mungkin bisa membantu orang itu semakin menikmati pekerjaannya di lingkungan kerja anda.

Thanks for being flexible (Terima kasih telah bersikap fleksibel)

Contoh pujian lainnya yang bisa anda berikan kepada rekan kerja anda adalah mengatakan atau berterima kasih kepada mereka karena telah bersikap fleksibel. Ini merupakan pujian yang bagus untuk diberikan kepada rekan kerja di kantor anda ketika mungkin mereka bisa berpikir dengan cepat dan juga bisa mengatasi situasi tertentu dengan baik. Dengan anda memuji seperti itu pasti tentunya akan semakin menambah antusias mereka ketika bekerja.

Itu tadi beberapa jenis informasi dan juga contoh mengenai how to compliment people at work atau yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yaitu bagaimana cara memuji orang di tempat kerja. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat untuk anda semuanya sehingga bisa memberikan compliment yang tepat kepada orang lain di tempat kerja terutama.

 

Cara Mengatakan Kamu Kasar! (How to Politely Say Someone Is Rude?)
Cara Membuat Kompain (Complaint) dalam Bahasa Inggris
Cara Mengatakan “Good Job”
Cara Mengakhiri Percakapan (How to Finish Conversation)
Cara Memulai Meeting Bisnis Dalam Bahasa Inggris
Cara Komplain Dengan Sopan (How Do You Complain in English Politely)
Cara Memberi dan Menerima Pujian (Giving and Receiving Compliment)
How to Give Bad News
Cara Membuat Application Letter
Cara Bertanya dengan Sopan (How to ask question politely)