sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan ‘Grateful’ VS ‘Thankful’

Pernahkah kalian mendengar kata grateful dan thankful dalam bahasa Inggris ? Jika pernah mendengarnya, apakah ada di antara kalian yang juga pernah menggunakannya dalam kalimat ? Mungkin ada pula yang pernah bertanya-tanya apakah grateful dan thankful adalah kata sinonim satu sama lain atau mungkin memiliki perbedaan ?

Jawabannya, kedua kata ini bisa saling menggantikan namun juga memiliki perbedaan. Ada beberapa situasi atau peristiwa dimana akan lebih sesuai jika diekspresikan dengan menggunakan kata grateful dan begitu pula sebaliknya ada beberapa kejadian yang lebih mengena jika menggunakan kata thankful.

Mengapa begitu ? Karena pada kenyataannya, walaupun kedua kata tersebut selama ini sering kali saling menggantikan namun tetap ada hal yang membedakan di antara keduanya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang perbedaan antara grateful dan thankful.

ARTI GRATEFUL DAN THANKFUL

Sebelum melangkah menuju pembahasan tentang perbedaan antara grateful dan thankful, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui arti keduanya. Menurut Merriam-Webster, grateful yang merupakan adjective (kata sifat) memiliki beberapa arti yakni :

  1. A. Appreciative of benefits received. (menghargai manfaat atau keuntungan yang diterima)
    B. Expressing gratitude / grateful thanks. (Mengungkapkan rasa bersyukur / rasa berterima kasih)
  2. A. Affording pleasure or contentment : pleasing. (menghasilkan rasa senang atau rasa puas : kesenangan)
    B. Pleasing by reasons of comfort supplied or discomfort alleviated. (Merasa senang karena rasa nyaman yang ada atau rasa tidak nyaman yang ditiadakan)

Sementara menurut Cambridge Dictionary, grateful memiliki arti yaitu “showing or expressing thanks, especially to another person”, yang berarti “menunjukkan atau mengungkapkan rasa terima kasih, khususnya pada orang lain”.

Menurut Merriam-Webster, thankful adalah kata sifat yang berarti :

  1. Conscious of benefit received (sadar akan manfaat atau keuntungan yang diterima)
  2. Expressive of thanks (ungkapan rasa terima kasih)
  3. Well pleased : glad (merasa senang)

Sementara menurut Cambridge Dictionary, thankful berarti “happy or grateful because of something” yang artinya merasa senang atau merasa bersyukur karena sesuatu.

Setelah memperhatikan pengertian kedua kata tersebut, grateful dan thankful pada dasarnya memiliki konsep yang sama yakni rasa terima kasih atau rasa syukur. Akan tetapi, jika diperhatikan lebih teliti kedua kata ini memiliki perbedaan.

PERBEDAAN GRATEFUL DAN THANKFUL

Grateful lebih menekankan pada emosi, perasaan, dan pikiran tentang menghargai sesuatu hal, bahkan mulai dari hal sekecil apapun itu. Hal ini kemudian diwujudkan melalui tindakan positif. Misalnya, Anda mendengar kabar bahwa seorang teman sedang sakit di rumah sakit. Setelah mendengar kabar tersebut, selain merasa prihatin dengan kondisi teman Anda, di sisi lain Anda merasa bersyukur akan kesehatan Anda.

Sementara itu, thankful lebih spesifik mengarah ke tindakan berterima kasih yang Anda lakukan dalam keadaan sadar setelah menerima suatu manfaat, keuntungan atau kebaikan. Dengan kata lain, thankful merupakan respon setelah seseorang melakukan sesuatu untuk Anda. Misalnya, saat Anda kesulitan membuka pintu dan seseorang melakukannya untuk Anda, atau saat seseorang memuji pakaian yang Anda kenakan. Thankful biasanya diwujudkan dengan mengucapkan terima kasih.

Grateful atau perasaan bersyukur akan bertumbuh seiring berjalannya waktu sehingga dampaknya jangka panjang sementara thankful  momentumnya lebih singkat.

Sederhananya, saat seseorang merasa “grateful” atau bersyukur, rasa apresiasinya biasanya diiwujudkan melalui tindakan-tindakan atau hal-hal yang positif, sementara jika seseorang merasa “thankful”, biasanya diungkapkan dengan ucapan terima kasih saat itu juga.

PENGGUNAAN GRATEFUL DAN THANKFUL DALAM KALIMAT

Untuk lebih memahami penjelasan mengenai perbedaan grateful dan thankful, alangkah lebih baik diberikan melalui contoh kalimat seperti di bawah ini :

  1. Penggunaan Grateful dalam Kalimat
    • I am so grateful for all the help they have done while I was in the hospital (Saya sangat bersyukur atas segala pertolongan yang mereka berikan saat saya masuk rumah sakit)
    • He tells his mom that he is so grateful for all the things he has in life after watching some news reporting about poverty in another country. (Dia menceritakan pada ibunya bahwa ia merasa sangat bersyukur atas segala yang dimilikinya dalam hidup setelah menyaksikan beberapa berita yang melaporkan tentang kemiskinan di negara lain)
    • After hearing my friend’s story about losing his job, I am so grateful for my job that I have now and promise not to complain about it anymore. (Setelah mendengarkan cerita temanku tentang ia kehilangan pekerjaannya, saya merasa sangat bersyukur atas pekerjaan yang kumiliki saat ini dan berjanji tidak akan mengeluh tentang pekerjaanku lagi)
    • She was so grateful for her family’s support during her dance competition. (Dia merasa sangat bersyukur atas dukungan keluarganya selama kompetisi menarinya)
  1. Penggunaan Thankful dalam Kalimat
    • I was thankful that you invited me to dinner as I didn’t have time to cook last night. (Saya berterima kasih kamu telah mengundangku makan malam karena saya tidak punya waktu untuk memasak tadi malam)
    • He was thankful that his father lent him the car, because his car was broken. (Dia berterimakasih karena ayahnya meminjamkannya mobil, karena mobilnya sedang rusak)
    • She was thankful that the meeting was over, so she could go to the hospital as soon as possible. (Dia merasa senang karena rapat telah berakhir, sehingga ia bisa ke rumah sakit sesegera mungkin)
    • I was so thankful for his kindness yesterday. (Saya sangat berterima kasih atas kebaikannya kemarin)

 

Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
Perbedaan Penggunaan Either vs Neither
Perbedaan Assume vs Presume
Perbedaan –Er dan –Est (Comparative)
Perbedaan: A lot of vs Lots of
Perbedaan Many dan Much dalam Bahasa Inggris
Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Equity vs Equality
Perbedaan That vs Which vs Who vs Whom
Perbedaan Inggris British (UK), Amerika (US), dan Australia (AU)