sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Mengapresiasi Seseorang

Tentu saja sebagai manusia kita merasa senang jika orang lain secara positif memberikan apresiasi kepada apa yang kita lakukan, pasti rasanya akan sangat senang ketika orang lain menghargai dan juga memberikan apresiasi mereka kepada kita. Bahkan mungkin ketika anda peduli dengan seseorang, akan terasa sedikit sulit untuk menunjukkan perasaan seperti itu.

Ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk menjangkau orang yang mungkin anda sayangi atau orang lain dan menunjukkan apresiasi anda kepada mereka. Cara memberikan apresiasi kepada orang lain adalah mungkin dengan bicara ramah kepada mereka dan memberikan perhatian. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang cukup penting kepada anda mengenai simple way to appreciation someone atau yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yaitu cara sederhana untuk mengapresiasi seseorang. Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

Communicating Friendly (Berkomunikasi Bersahabat)

Langkah pertama yang bisa anda lakukan jika anda ingin memberi orang lain apresiasi, mungkin anda ingin memberikan apresiasi kepada teman-teman anda, keluarga anda, atau mungkin kepada sahabat anda adalah yang pertama anda harus berkomunikasi dengan mereka secara bersahabat.

Namun selain itu, ada beberapa hal lagi yang perlu anda lakukan untuk bisa mengucapkan kepada orang lain bahwa anda mengapresiasi mereka. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda lakukan ketika ingin memberi apresiasi kepada orang terdekat anda:

  1. Find many ways to say that you appreciate them (Temukan banyak cara untuk mengatakan bahwa anda mengapresiasi mereka)

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika anda ingin berkomunikasi secara bersahabat kepada orang lain untuk menunjukkan rasa apresiasi anda kepada mereka adalah dengan menemukan banyak cara untuk mengatakan bahwa anda mengapresiasi mereka karena nyatanya memang banyak sekali cara yang bisa anda pilih untuk menyatakan bahwa anda mengapresiasi mereka.

Mungkin dengan mengatakan I appreciate merupakan salah satu cara mengapresiasi orang secara umum. Ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk mengungkapkan penghargaan yang lebih langsung dengan cara yang spesifik. Ini penting karena tiap orang menerima apresiasi dengan cara yang berbeda. Mungkin ada beberapa contoh yang bisa anda ucapkan kepada orang terdekat misal sahabat anda atau pasangan anda, bagaimana anda mengapresasi mereka. Berikut adalah beberapa contohnya:

    • I really appreciate all that you do for my mom (Saya sangat menghargai semua yang anda lakukan untuk saya)
    • Thank you for always here for me, you are one of my bestie (Terima kasih karena selalu ada disini untukku, kamu salah satu sahabat terbaikku)
    • I always enjoy spending time with you (Saya menikmati menghabiskan waktu dengan anda)

Itu tadi beberapa contoh kalimat yang bisa anda ucapkan, jika mungkin anda ingin mengapresiasi orang-orang terdekat anda seperti misalnya pasangan anda, keluarga anda, hingga mungkin sahabat anda. Masih banyak lagi jenis kata yang anda bisa gunakan untuk mengungkapkan apresiasi itu.

  1. Be empathetic (Milikilah sikap empati)

Jika mungkin anda ingin mengapresiasi seseorang dan sudah menemukan kata apa yang ingin anda katakan kepada mereka, maka selanjutnya anda harus memiliki sikap empati. Orang yang anda hargai, pastinya juga harus bisa mempercayai anda bukan?

Berusahalah untuk menunjukkan bahwa anda memang peduli dengan kehidupan orang itu dan berusaha untuk membuat hubungan emosional yang tulus dari hati, sehingga mereka juga bisa tahu bahwa anda memang mengapresiasi mereka dari hati dan tidak main-main.

Jangan pernah anda mengejek atau mungkin menjelek-jelekkan orang secara terbuka, karena ini bisa membuat orang lain jadi merasa malu dan bahkan menutup diri.  Jadi tunjukkanlah empati kepada orang lain, tunjukkan bahwa memang anda menghargai mereka, sehingga mereka juga akan menghargai anda kembali.

Bagaimana cara mengapresiasi orang ketika mungkin mereka melewati kesulitan dan anda ingin menunjukkan sikap empati anda untuk mereka? Mungkin saja ada teman atau sahabat anda yang baru saja putus cinta, maka anda bisa mengatakan kepada mereka seperti ini, “I know you’re going through a rough time. What can I do for you?” atau yang memiliki arti aku tahu kamu telah melewati masa-masa yang  sulit. Apa yang bisa kulakukan untukmu? Dengan begitu maka akan membantumu untuk menunjukkan rasa empati.

  1. Accept them as they are (Terima mereka apa adanya)

Langkah ketiga yang bisa anda lakukan supaya anda mengapresiasi orang adalah bahwa anda harus menerima mereka sebagai mana mereka ada. Ketika ingin mengapresiasi atau menghargai seseorang maka hal yang bisa anda lakukan adalah dengan menghargai mereka.

Karena pikiran kita mungkin saja berbeda dengan orang lain, bahkan dengan sahabat saja atau dengan keluarga sendiri kita bisa memiliki pikiran yang berbeda. Ketika mungkin anda tidak sepemikiran atau tidak sependapat dengan mereka, maka anda tidak perlu marah. Lebih baik anda menghargai keputusan mereka, itu merupakan salah satu hal yang menjadi tanda bahwa anda mengapresiasi seseorang.

  1. Show your gratitude (Tunjukkan rasa syukur anda)

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan ketika memang anda ingin memberikan apresiasi kepada orang lain atau mungkin ingin menunjukkan bahwa anda menghargai orang lain, maka anda harus menunjukkan rasa syukur anda.

Kadang mungkin kita sibuk dengan kehidupan sehingga lupa untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang yang kita sayangi sebagai tanda untuk mengapresiasi mereka. Anda bahkan bisa mencoba untuk mulai mengucapkan terima kasih kepada orang dengan hal-hal yang sederhana dan juga simpel.

Mungkin kamu bisa saja berterima kasih kepada adikmu yang telah membantu membereskan pekerjaan rumah atau mungkin saja berterima kasih kepada orang tua karena telah membelikanmu benda yang kamu inginkan. Berikut adalah beberapa contoh untuk menunjukkan gratitude dan juga apresiasi kepada orang lain.

    • Thank you for washing the dishes, I appreciate your help! (Terima kasih karena sudah mencuci piring. Saya sangat menghargai bantuan anda)
    • Thanks for your help for today, I really appreciate it! (Terima kasih atas bantuanmu hari ini, saya sangat menghargainya!)

Some Examples of Words of Aprreciation (Beberapa contoh kalimat apresiasi)

Jika tadi kita sudah memberikan beberapa informasi mengenai beberapa cara atau langkah yang bisa anda lakukan untuk mengapresiasi orang lain atau orang terdekat anda, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai beberapa contoh kalimat apresiasi yang bisa anda gunakan untuk mengapresiasi orang lain. Berikut adalah beberapa contoh kalimatnya:

  • I appreciate you (Saya mengapresiasi anda)

Salah satu jenis kalimat yang bisa anda ucapkan ke orang lain ketika anda mengapresiasi mereka adalah dengan mengucapkan kalimat to the point seperti ini yaitu I appreciate you atau yang memiliki arti saya mengapresiasi anda. Kalimat ini mungkin bisa anda ucapkan kepada orang lain yang telah melakukan hal yang menurut anda benar. Contoh penggunaan kalimat I appreciate you:

    • Thank you for coming to this event, I appreciate you (Terima kasih telah hadir ke acara ini, saya mengapresiasi anda)
    • Thank you for trying for fix it, I appreciate you (Terima kasih telah mencoba memperbaikinya, saya mengapresiasi anda)
  • You have been very helpful (Anda sangat membantu)

Mungkin akan terasa biasa saja jika anda hanya mengucapkan terima kasih saja jika anda ingin mengapresiasi orang. Oleh karena itu ketika anda ingin mengapresiasi orang-orang dan mungkin ingin mengatakan hal yang lebih bermakna kepada mereka selain mengatakan i appreciate you atau saya mengapresiasi anda, maka anda bisa mengatakan juga ianda bisa mengatakan juga you have been very helpful atau yang memiliki arti anda sangat membantu. Dengan begitu maka orang lain akan merasa senang dan dihargai. Berikut ini merupakan contoh penggunaan kalimat you have been very helpful:

    • Thanks for fixing my brothers’s bike, you have been very helpful (Terima kasih telah memperbaiki sepeda adikku, kamu sangat membantu)
    • Thanks for helping me to solve my problem, you have been very helpful (Terima kasih telah membantuku mengatasi masalahku, kamu sangat membantu)
  • You are so great (Anda sangat hebat)

Kalimat selanjutnya yang bisa kamu pilih untuk kamu gunakan sebagai kalimat untuk mengapresiasi orang lain adalah you are so great atau anda sangat hebat. Tentu saja ketika orang lain berhasil melakukan sesuatu, mungkin rekan kerja di kantor anda atau mungkin bahkan teman anda, atau bisa jadi keluarga anda sendiri maka pasti anda akan ingin memberi mereka apresiasi. Untuk membuat mereka jadi lebih bersemangat lagi dan membuat mereka jadi lebih termotivasi maka anda bisa mengatakan kepada mereka you are so great. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat apresiasi menggunakan you are so great:

    • Your presentation today really made me understand, you are so great! (Presentasi anda hari ini sangat membuat saya mengerti, anda sangat hebat!)
    • You are so cool because you can pass that selection, you are so great! (Kamu sangat keren karena bisa melewati seleksi itu, kamu sangat hebat!)
  • I am grateful (Saya bersyukur)

Mengapresiasi seseorang tidak selalu hanya bisa dengan mengucapkan bahwa anda mengapresiasi mereka, namun anda juga bisa mengatakan kepada mereka bahwa anda merasa bersyukur dengan mengenal mereka, atau mungkin anda merasa bersyukur karena anda bisa memiliki mereka di hidup anda atau mengatakan hal lainnya. Itu merupakan salah satu tanda bahwa anda juga menghargai mereka dan selain itu juga bisa membuat orang yang anda apresiasi itu lebih bersemangat dan juga termotivasi. Berikut adalah beberapa contoh kalimat dari kalimat I am grateful:

    • I am grateful that you helped me with this design, otherwise it is possible that I will fail at this stage (Aku bersyukur karena kamu membantuku mengerjakan desain ini, jika tidak mungkin aku akan gagal dalam tahap ini)
    • I am grateful because I have you as my bestfriend, I can’t imagine that I live without you (Aku bersyukur karena memiliki kamu sebagai sahabatku, aku tidak bisa membayangkan kalau aku hidup tanpamu)

Itu tadi beberapa informasi menarik yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya mengenai simple way to appreciation someone atau yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yaitu cara sederhana untuk mengapresiasi seseorang dan juga beberapa contoh kalimatnya.

Ketika memberikan apresiasi kepada seseorang maka anda harus memberikannya tulus dari hati ya, jangan memberikan apresiasi kepada seseorang untuk tujuan tertentu karena itu bisa menyakiti hati orang lain dan bahkan bisa merugikan diri anda sendiri. So, anda juga harus bijak ketika memberikan apresiasi kepada orang lain ya.  Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna bagi anda!

 

Cara Mengatakan Tidak (How To Say No In English)
Cara Memperkenalkan Teman Kepada Orang Lain Dalam Bahasa Inggris
Interview Kerja: Cara Menceritakan Pekerjaan di Masa Lalu
Cara Memperkenalkan Diri saat Interview dalam Bahasa Inggris
Interupsi/Memotong/Menyela dan Cara Meresponnya (Interrupting & Respond to Interruption)
Cara Meminta Maaf Kepada Seseorang di Jalan
Percakapan Bahasa Inggris Menanyakan Keadaan Seseorang
Frasa untuk Mendeskripsikan Seseorang dalam Bahasa Inggris
Komunikasi: Cara Mengubah Subyek Pembicaraan
Cara Mengatakan Saya Tidak Bisa (How To Nicely Say I Can’t)