sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Mengekspresikan Ekspektasi dalam Bahasa Inggris

Terkadang kita memiliki harapan atau bayangan tersendiri terhadap sesuatu, hal tersebut dikatakan sebagai ekspektasi. Dalam bahasa Inggris, ada cara tersendiri untuk mengekspresikan ekspektasi. Secara umum, untuk mengekspresikan ekspektasi bisa menggunakan empat kata kerja: supposed to, should, ought to, dan expected to.

Supposed to, should, dan ought to memiliki arti yang sama, yaitu seharusnya. Namun bukan berarti verba tersebut digunakan hanya untuk kewajiban atau keharusan saja. Verba tersebut bisa juga digunakan untuk menunjukan harapan atau ekspektasi. Seperti verba expected to yang memiliki arti “diharapkan”. Untuk lebih jelas mari kita simak penjelasan mendalam yang ada di bawah ini.

Kata Kerja Supposed To

Supposed to adalah bagian dari frasa verba modal yang memiliki arti diharapkan atau diharuskan. Hati-hati dalam menggunakan “supposed” dan “suppose” karena dua hal tersebut memiliki arti yang sangat berbeda. Jika “supposed to” memiliki arti diharapkan atau diharuskan, “suppose to” memiliki arti mengasumsikan.

Verba supposed to hanya bisa digunakan dalam bentuk masa lampaunya. Berikut adalah contoh penggunaan kata kerja supposed to untuk mengekspresikan ekspektasi dalam bahasa Inggris.

  • She is supposed to graduate next year along with her classmates. (Dia seharusnya lulus tahun depan bersama teman sekelasnya)
  • We were supposed to eat lunch outside at 1PM today. (Kita seharusnya makan siang di luar jam 1 siang hari ini)
  • I was supposed to study hard to prepare for the entrance exam. (Aku seharusnya belajar dengan giat untuk bersiap untuk ujian masuk)
  • I am supposed to drop my sister at her school this morning. (Aku seharusnya mengantarkan adikku ke sekolahnya pagi ini)

Kata Kerja Should

Should adalah verba yang umumnya digunakan untuk memberikan rekomendasi atau saran. Akan tetapi, verba ini juga dapat digunakan untuk menunjukan ekspektasi seseorang atau keharusan.

Kata kerja should dapat digunakan dalam bentuk masa kini, masa lampau, dan masa depan. Untuk digunakan dalam bentuk masa kini, penulisannya tetap “should”. Untuk digunakan dalam bentuk masa lampau, penulisannya berubah menjadi “should have”. Untuk digunakan dalam bentuk masa depan, penulisannya berubah menjadi “should be”. Anda juga bisa menambahkan keterangan waktu agar lebih jelas.

Berikut adalah contoh penggunaan kata kerja should untuk mengekspresikan ekspektasi dalam bahasa Inggris.

  • I should just get out of here before you get mad at me. (Aku sebaiknya pergi saja dari sini sebelum kau marah kepadaku)
  • She should have arrived at my house 3 hours ago. (Dia seharusnya sudah tiba di rumahku tiga jam yang lalu)
  • They should be studying until 10PM this night. (Mereka seharusnya belajar hingga pukul 10 malam malam ini)
  • I should have tried harder on my interview to get accepted. (Aku seharusnya mencoba lebih keras dalam wawancaraku agar diterima)

Kata Kerja Ought To

Ought To memiliki arti dan penggunaan yang sama dengan kata kerja supposed to. Kata kerja satu ini juga hanya memiliki satu bentuk. Berikut adalah contoh penggunaan kata kerja ought to untuk mengekspresikan ekspektasi dalam bahasa Inggris.

  • You ought to be more careful from now on. (Kau sebaiknya lebih berhati-hati mulai sekarang)
  • I ought to exercise more frequently to achieve a healthy lifestyle. (Aku sebaiknya olahraga lebih sering untuk meraih gaya hidup sehat)
  • He ought to work harder to get a promotion next year. (Dia sebaiknya bekerja lebih keras untuk naik jabatan tahun depan)

Kata Kerja Expected To

Verba satu ini memiliki arti diharapkan atau diberikan ekspektasi. Yang berarti bahwa subjek dari kalimat yang menggunakan verba ini adalah objeknya.

Kata kerja ini memiliki bentuk masa kini, masa lampau, dan masa depan. Untuk masa kini, bentuknya tetap “expected to“. Untuk masa lampau, bentuknya berubah menjadi “was/were expected to“. Terakhir, untuk masa depan, bentuknya berubah menjadi “will be expected to“.

Berikut adalah contoh penggunaan kata kerja expected to untuk mengekspresikan ekspektasi dalam bahasa Inggris.

  • I am expected to run a business once I graduated. (Aku diharapkan untuk menjalankan sebuah bisnis setelah aku lulus)
  • You were expected to arrive home earlier than usual yesterday. (Kau diharapkan untuk tiba di rumah lebih dini daripada biasanya kemarin)
  • She will be expected to win the award for Best Actress. (Dia akan diharapkan untuk memenangkan penghargaan Aktris Terbaik)
  • I was expected to get straight As this semester. (Aku diharapkan untuk mendapatkan nilai A secara keseluruhan di semester ini)

Berikut tadi adalah berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk mengekspresikan ekspektasi dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih dalam.

 

Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengatakan Suka dan Tidak Suka (Expressing Like and Dislike)
Idioms atau Ungkapan yang Berhubungan dengan Masalah dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Idiom Tentang Cinta
Ungkapan yang Mengandung Bagian Tubuh
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Terima Kasih dan Rasa Syukur
Kata / Ungkapan untuk Mengekspresikan Cinta / “I LOVE YOU”
Kata, Kalimat, atau Ungkapan untuk Menggambarkan Kebahagiaan dalam Bahasa Inggris
Ucapan Selamat Tidur dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Hari Guru dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
English Idiom: Idiom Tentang Suka Cita


 
Cara Mengekspresikan Ekspektasi dalam Bahasa Inggris
Mengekspresikan Sakit, Lega, Senang dalam Bahasa Inggris
Mengekspresikan Rasa Cinta, Amarah, Malu, dan Kekesalan dalam Bahasa Inggris
Mengekspresikan Rasa Suka dan Tidak Suka dalam Bahasa Inggris
Cara Mengungkapkan Keterkejutan dalam Bahasa Inggris
Idioms about Numbers (Idiom dengan Angka)
Frase untuk Menyatakan Setuju & Tidak Setuju (Agreement & Disagreement)
Frase untuk Mengakui & Menyangkal Fakta (Admitting & Denying a Fact)
Cara Lain Menyebut Stupid, Smart dan Crazy dalam Bahasa Inggris
Ucapan Turut Berduka Cita dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya