sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Interview Kerja di Starbuck (Starbuck Interview Question and Answer)

Jaman sekarang mencari pekerjaan tidaklah mudah, anda tentu saja akan memiliki banyak saingan ketika mencari pekerjaan. Salah satu hal yang akan kita lewati ketika melamar pekerjaan adalah tahapan wawancara. Selain mengumpulkan berkas, kita juga melewati seleksi wawancara. Banyak sekali orang yang gagal pada tahap wawancara karena memang tidak mempersiapkan jawabannya jauh-jauh hari. Mereka merasa percaya diri dan merasa bisa lolos menghadapi sesi wawancara sehingga terlalu santai dan tidak mempersiapkannya. Oleh karena itu jika anda akan menghadapi sesi wawancara atau interview kerja maka anda harus mempersiapkannya lebih dulu.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai contoh pertanyaan dan jawaban untuk interview di Starbuck. Sehingga anda yang membutuhkan pertanyaan dan jawaban untuk berlatih sebelum interview bisa melihat dan mempraktekkan contoh di bawah ini. Tak usah menunggu lama, berikut adalah informasi lengkapnya untuk anda.

1. Kenapa anda memilih Starbuck, tidak tempat lain? Dalam bahasa inggris

Pertanyaan pertama yang sering ditanyakan kepada anda ketika menghadiri interview untuk Starbuck adalah kenapa anda memilih Starbuck? Tidak dengan tempat yang lainnya. Ini merupakan pertanyaan mendasar yang harus anda siapkan sejak awal. Mungkin jika ditanya seperti ini akan banyak orang yang memberikan jawaban mengenai keuntungan apa saja yang bisa mereka dapatkan jika bekerja di tempat itu, bahkan seringkali kita membandingkannya dengan lowongan yang lain seperti misalnya jam yang lebih fleksibel, brand, dan lain-lain.

Ini memang bukanlah jawaban yang salah, tidak salah jika anda menjawab mengenai keuntungan yang bisa anda dapatkan jika bekerja disana. Namun lebih baik anda memilih jawaban dari sudut pandang majikan. Mengapa anda ingin bekerja di Starbuck? Dibandingkan anda memberikan jawaban mengenai keuntungan apa saja yang dapat anda dapatkan, maka anda bisa memberikan alasan apa saja yang anda sukai dari perusahaan mereka. Kami sarankan supaya anda fokus pada budaya dan nilai perusahaan yang membuat Starbuck beda dari kompetitor mereka. Tunjukkan nilai, budaya, dan lingkungan dari Starbuck seperti apa yang selaras dengan nilai yang anda miliki.

Jawaban kenapa anda memilih Starbuck, tidak tempat lain? Dalam bahasa inggris

Supaya anda bisa menjawab pertanyaan mengenai pertanyaan umum yaitu why did you choose Starbuck, not nowhere place? (kenapa anda memilih Starbuck, tidak tempat lain?) dengan benar maka berikut ini adalah contoh jawaban yang bisa anda gunakan.

I really like the working environment at Starbuck which is friendly and very amazing. Besides that, I also like the quality of coffe because it tastes so perfect. I chose to work at Starbuck because I was sure I could work in this place well, I was fit to work in a team. In addition, the offer of working time here is in accordance with the empty schedule I have so that I can balance between my work schedule. I also try to send job applications to other places, but I make a priority to Starbuck.

(Saya sangat menyukai lingkungan kerja di Starbuck yang ramah dan sangat menakjubkan. Selain itu saya juga menyukai kualitas kopi yang dimiliki Starbuck karena rasanya sangat sempurna. Saya memilih bekerja di Starbuck karena saya yakin saya bisa bekerja di tempat ini dengan baik, saya cocok bekerja dalam tim. Selain itu tawaran waktu kerja di sini sesuai dengan jadwal kosong yang saya miliki sehingga saya bisa menyeimbangkan antara jadwal kerja saya dan jadwal kuliah saya. Saya juga mencoba untuk mengirimkan lamaran pekerjaan ke tempat lain, namun yang saya jadikan prioritas adalah Starbucks)

2. Apa kelemahan dan kelebihan yang kamu miliki? Dalam bahasa inggris

Pertanyaan kedua yang sering ditanyakan ketika interview di Starbuck adalah what are the weaknesses and strengths that you have atau yang memiliki arti apa kelemahan dan kelebihan yang kamu miliki? Pertanyaan ini merupakan salah satu jenis pertanyaan yang seringkali diajukan kepada para pelamar. Supaya bisa menjawab dengan benar dan sesuai, maka anda harus menjawab mengenai kekuatan yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar dari Starbucks dan mengenai kelemahan yang tidak penting bagi pekerjaan anda.

Mungkin memang anda ingin menunjukkan bahwa anda memiliki kelebihan, namun kita ini adalah manusia yang pastinya punya kelemahan. Ketika memberikan informasi mengenai kelemahan, maka anda berikan juga solusi dari kelemahan tersebut.

Jawaban apa kelemahan dan kelebihan yang kamu miliki? Dalam bahasa inggris

Supaya anda bisa menjawab pertanyaan mengenai pertanyaan umum yaitu “What are the weaknesses and strengths that you have?”  (Apa kelemahan dan kelebihan yang kamu miliki?) dengan benar maka berikut ini adalah contoh jawaban yang bisa anda gunakan.

(I have a tendency to be friendly to others so it would be very suitable for this job because dealing with many customers. Besides that, I also have good computational skills and have a high curiousity and like to learn many things. I believe they are useful for work here. My weakness, is that I lack the ability to speak English. But now I am taking an English course and I am sure that with a lot of practice my English languange skills will develop well.

(Saya memiliki kecenderungan untuk ramah kepada orang lain sehingga akan sangat cocok untuk pekerjaan ini karena berhadapan dengan banyak pelanggan. Selain itu, saya juga memiliki keterampilan komputasi yang baik dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi dan suka akan belajar banyak hal. Saya percaya mereka berguna untuk pekerjaan di sini. Kelemahan saya, adalah saya kurang dalam kemampuan berbahasa Inggris. Namun kini saya sedang mengikuti kursus Bahasa Inggris dan saya yakin dengan banyak berlatih maka kemampuan berbahasa Inggris saya bisa berkembang dengan baik.)

3. Bagaimana cara anda mengatasi pelanggan yang mengatakan bahwa minuman mereka salah? Dalam bahasa inggris

Selain 2 pertanyaan umum di atas, biasanya maanjer atau si penanya juga akan memberikan studi kasus kepada anda yang ingin melamar bekerja di Starbuck. Selain tahu apa alasan anda ingin bekerja di tempat mereka dan juga kelemahan dan kelebihan anda, mereka juga ingin tahu bagaimana sikap anda ketika dihadapkan dengan suatu situasi. Salah satu pertanyaan yang mungkin saja akan diajukan kepada anda ketika sesi interview adalah bagaimana cara anda menghadapi pelanggan yang mengatakan bahwa minuman yang mereka pesan salah. Sebisa mungkin anda menjawab pertanyaan tersebut dengan solusi yang masuk akal dan tidak merugikan pelanggan, jawablah secara natural.

Jawaban bagaimana cara anda mengatasi pelanggan yang mengatakan bahwa minuman mereka salah? Dalam bahasa inggris

Supaya anda bisa menjawab pertanyaan mengenai pertanyaan umum yaitu “How do you deal with customers who say their drinks are wrong?”  (Bagaimana cara anda mengatasi pelanggan yang mengatakan bahwa minuman mereka salah?) dengan benar maka berikut ini adalah contoh jawaban yang bisa anda gunakan.

If a customer informs me about their drink is wrong, first I ask them to explain me about this problem. Before taking action, I need to know what they were before and where the drink’s fault was. If the drinks that come are different from the drinks they ordered, then I will apologize and immediately make them the right new drink. I can remake the drink so that customer satisfaction is fulfilled.

(Jika seseorang pelanggan memberitahu informasi mengenai minuman mereka salah, maka pertama-tama saya mereka untuk menjelaskan mengenai masalah ini. Sebelum mengambil tindakan, saya perlu tahu apa yang mereka sebelumnya dan letak kesalahan minuman itu dimana. Jika memang minuman yang datang berbeda dengan minuman yang mereka pesan, maka tindakan yang akan saya ambil adalah saya akan meminta maaf dan segera membuatkan mereka minuman baru yang tepat. Saya bisa membuatkan ulang minuman itu sehingga kepuasan pelanggan terpenuhi.)

4. Apa yang memotivasi anda kerja setiap harinya? Dalam Bahasa Inggris

Pekerjaan anda di starbuck merupakan pekerjaan yang repetitif dan mungkin bisa membuat anda menjadi jenuh. Pertanyaan ini mungkin sekali akan ditanyakan oleh calon atasan anda pada tahap interview, jadi mulai sekarang sebaiknya anda persiapkan jawaban ini dengan baik jauh-jauh hari sebelum anda melakukan interview. Karena disini anda harus fokus pada preferensi pekerjaan yang rutin maka tentu saja calon atasan anda ingin mengetahui bagaimana anda bisa memiliki motivasi untuk melakukan pekerjaan itu tiap harinya.

Untuk bisa menjawab pertanyaan ini dengan tepat maka anda harus menjawab bahwa anda dapat memotivasi diri sendiri walau pekerjaan ini mungkin repetitif. Anda bisa mengkaitkannya dengan kerja tim dan bagaimana cara anda dapat bekerja sama dalam tim. Atau mungkin anda bisa menjawabnya dengan cara bahwa pekerjaan itu tidak ada yang repetitif namun tergantung bagaimana orang itu bekerja dan pasti ada hal bagus yang bisa berubah tiap harinya.

Jawaban apa yang memotivasi anda kerja setiap harinya? Dalam bahasa inggris

Supaya anda bisa menjawab pertanyaan mengenai pertanyaan umum yaitu “What motivates you to work every day?”  (Apa yang memotivasi anda kerja setiap harinya?) dengan benar maka berikut ini adalah contoh jawaban yang bisa anda gunakan.

To be honest, I like repetitive work, although is it possible for some people this activit can be boring but doing repetitive work can make us more skilled at one thing because it does repeadtedly. The thing that can motivate me to work every day, although maybe the work I do is repetitive is teamwork. If the team makes me happy, then I will be able to work hard all the time. It doesn’t matter whether the job is repetitive or not, I will keep my spirits up. In addition, in my opinion this job is not a repetitive job, because every day I will meet many customers with different characteristics.

(Sejujurnya saya menyukai pekerjaan yang repetitif, walau mungkin bagi sebagian orang hal ini bisa jadi membosankan namun melakukan pekerjaan yang repetitif bisa membuat kita menjadi lebih ahli dalam satu hal karena melakukannya secara berulang-ulang. Hal yang bisa memotivasi saya untuk bekerja setiap harinya, walau mungkin pekerjaan yang saya lakukan ini repetitif adalah teamwork. Jika tim itu membuat saya bahagia, maka saya akan termotivasi untuk bisa bekerja keras sepanjang waktunya. Tidak masalah apakah pekerjaan itu repetitif atau tidak, saya akan tetap bersemangat. Selain itu menurut saya pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang repetitif, karena setiap hari saya akan bertemu banyak pelanggan yang tentunya punya karaktr berbeda-beda)

Itu tadi informasi mengenai contoh pertanyaan dan jawaban untuk interview di Starbuck yang bisa kami berikan kepada anda. Semoga artikel yang kami berikan bisa berguna dan bermanfaat!

Artikel Lainnya

Example Financial Analyst Interview Question & Answer
Contoh Interview Kerja di Starbuck (Starbuck Interview Question and Answer)
Cara Merespon Komplain Pelanggan
Contoh Pertanyaan Interview Kerja di Google
Jawaban Dari Pertanyaan Interview: ‘What Are Your Biggest Strengths?’
Jawaban Pertanyaan Interview: What can we expect from you in your first three months?
Jawaban Pertanyaan Interview: “Out of all other candidates, why should we hire you?”
Contoh Beberapa Percakapan Interview Kerja (2 Orang, 3 Orang & 4 Orang)
Mempersiapkan Diri dalam Interview Kerja Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: Tell Me How You Think Other People Would Describe You?

 

Percakapan Menanyakan Harga Suatu Barang dalam Bahasa Inggris
Percakapan Membeli Mobil Bekas dalam Bahasa Inggris
Percakapan Polisi Lalu Lintas saat Sedang Bertugas dalam Bahasa Inggris
Membicarakan Aktivitas Rutin (Daily Routine) dalam Bahasa Inggris
Keterangan Waktu dalam Bahasa Inggris (Adverb of Time): Penggunaan dan Contohnya
Dialog di Barbershop / Tukang Cukur
Percakapan Bahasa Inggris Saat Wisuda Kelulusan Sekolah
Percakapan Memberi Contoh Cara/Tindakan yang Benar
Contoh Berbagai Ucapan Selamat dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bertanya tentang Rencana (Future Plan) dalam Bahasa Inggris