sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Jawaban Interview: Why do you want to leave (or have left) your current job?

Sekarang ini mencari pekerjaan bisa dibilang tidak mudah, banyak sekali hal yang harus anda persiapkan jika ingin mencari atau melamar pekerjaan. Karena seperti yang kita ketahui bahwa tentu saja akan banyak pesaing yang juga mencari kerja sekarang ini.

Beberapa hal yang harus anda persiapkan ketika anda melamar pekerjaan yaitu yang pertama biasanya adalah tahap pemberkasan. Pada tahap pemberkasan ini, anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh yang diminta oleh perusahaan. Kemudian jika tahap pemberkasan lolos maka biasanya akan ada tahap selanjutnya untuk mengikuti serangkaian tes. Yang selanjutnya biasanya interview adalah menjadi tahapan terakhir.

Ketika anda ingin lolos pada tahap akhir atau tahap interview ini maka yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan beberapa jawaban dari pertanyaan yang biasa ditanyakan pada saat tahapan interview. Jangan sampai anda tidak menyiapkan jawaban dari interview karena dengan menjawab asal-asalan itu akan menyebabkan anda bisa jadi tidak lolos.

Jadi diharap supaya anda menyiapkan beberapa jawaban dari pertanyaan interview yang seringkali ditanyakan. Salah satu jenis pertanyaan yang sering ditanyakan adalah why do you want to leave (or have left) your current job? Atau yang memiliki arti mengapa anda meninggalkan pekerjaan yang anda lakukans saat ini? Simaklah ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pertanyaan interview: why do you want to leave (or have left) your current job?

Biasanya ketika interview kerja akan banyak sekali jenis pertanyaan yang ditanyakan, supaya anda berhasil untuk melewati tahap interview maka tentu saja anda harus mempersiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu.

Jika anda menginginkan untuk melewati semua tahapan interview, maka kami sarankan supaya anda sering-sering mencari jawaban di internet atau belajar dari berbagai jenis buku-buku untuk lolos tahapan interview. Salah satu jenis pertanyaan yang sering diajukan ketika interview adalah salah satunya why do you want to leave (or have left) your current job? Atau yang memiliki arti mengapa anda meninggalkan (sudah meninggalkan) pekerjaan yang anda lakukan saat ini?

Peertanyaan ini merupakan salah satu wawancara kerja yang seringkali dilupakan oleh para calon pekerja atau kandidat. Karena mereka tidak menyiapkan jawaban itu, maka mereka tidak bisa menjawabnya dan sehingga bisa menyebabkan mereka jadi tidak lolos.

Biasanya pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang cukup penting sehingga anda harus mempersiapkan juga pertanyaan ini dari jauh-jauh hari. Lewat pertanyaan ini biasanya interviewer ingin tahu alasan apakah si pelamar memang menghargai pekerjaannya, menghargai rekan kerjanya atau atasan, dan juga apakah ia keluar pekerjaan dengan baik-baik atau tidak.

Ada beberapa jenis kalimat yang bisa digunakan juga untuk menanyakan hal yang sama. Berikut adalah diantaranya:

  • Why do you want to leave your current job? (Mengapa anda ingin meninggalkan pekerjaan anda saat ini?)
  • Why do you have left your current job? (Mengapa anda meninggalkan pekerjaan anda saat ini?)
  • Why are you looking for new job? (Mengapa anda mencari pekerjaan baru?)

Contoh jawaban dari pertanyaan why do you want to leave (or have left) your current job?

Karena pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang sangat penting, maka kami menyarankan supaya anda berjaga-jaga untuk menyiapkan jawaban. Sehingga ketika nanti interviewer menanyakan pertanyaan kepada anda maka anda bisa menjawabnya dengan baik. Pada poin kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa jawaban yang bisa anda berikan ketika anda ditanyai beberapa pertanyaan seperti itu:

Example 1

Mungkin anda berpikir ketika ingin menjawab pertanyaan seperti ini maka anda menjawab dengan memberikan hal buruk yang anda alami di perusahaan anda bekerja yang lama. Namun untuk menunjukkan kepada interviewer bahwa anda adalah tipe orang yang menghargai pekerjaan dan juga menghargai perusahaan di mana tempat anda bekerja, maka ketika ditanya alasan mengapa anda meninggalkan pekerjaan anda saat ini mungkin anda bisa menceritakan juga pengalaman menyenangkan pekerjaan anda di perusahaan yang sebelumnya. Sehingga interviewer tahu bahwa anda menghargai pekerjaan yang anda lakukan. Simak contoh pertama di bawah ini sehingga anda bisa menjadikannya alternatif ketika anda ingin menjawab.

A Why do you want to leave (or have left) your current job? (Mengapa anda ingin meninggalkan pekerjaan (atau sudah meninggalkan) pekerjaan anda yang sekarang?)

B: My previous work was a very pleasant experience for me. Unfortunately, the company I worked for before, is a relatively small company. The company offers only limited developments. So, I decided to quit the company because I wanted to work in a bigger company, like this company because I wanted to keep growing for the better.  (Pekerjaan saya yang sebelumnya merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan bagi saya. Sayangnya perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya, merupakan perusahaan yang relatif kecil. Perusahaan tersebut hanya menawarkan perkembangan yang terbatas. Sehingga saya memutuskan untuk keluar dari perusahaan karena saya ingin bekerja di perusahaan yang lebih besar, seperti perusahaan ini karena saya ingin terus tumbuh menjadi lebih baik.)

Example 2

Tak hanya menceritakan pengalaman di perusahaan lama anda, ketika anda diberi pertanyaan mengenai why do you want to leave (or have left) your current job? Atau yang memiliki arti mengapa anda meninggalkan (sudah meninggalkan) pekerjaan yang anda lakukan saat ini? Maka anda juga bisa menjawab bahwa alasan anda meninggalkan pekerjaan anda yang lama adalah karena anda melihat kesempatan baru yang lebih besar dan tertantang untuk mencoba itu demi perkembangan karir anda. Jika anda menjawab dengan itu maka tentu akan membuka kesempatan lolos anda jadi lebih besar. Simak contoh kedua ini sehingga anda juga bisa menjadikan alternatif untuk menjawab pertanyaan ini dengan mudah.

A: Why do you want to leave (or have left) your current job? (Mengapa anda ingin meninggalkan pekerjaan (atau sudah meninggalkan) pekerjaan anda yang sekarang?)

B: I’m looking for new opportunities and I see them in this company. I’m looking for a new opportunity that’s not in my company at the moment. I hope that by trying new opportunities then I can expand and also develop the communication skills that I have. (Saya sedang mencari kesempatan baru dan saya melihatnya di perusahaan ini. Saya mencari kesempatan baru yang tidak ada di perusahaan saya saat ini. Saya berharap bahwa dengan mencoba kesempatan baru maka saya bisa memperluas dan juga mengembangkan skill komunikasi yang saya miliki.)

Example 3

Hampir sama dengan contoh dari yang kedua, jika ditanya mengenai why do you want to leave (or have left) your current job? Maka anda bisa menceritakan apa yang mungkin menjadi kelemahan anda dan mungkin anda berharap supaya anda menjadi lebih baik lagi ketika anda mencoba kesempatan atau mencoba tantangan baru yang mungkin bisa anda dapatkan dari pekerjaan baru di perusahaan ini. Berikut adalah contoh yang bisa anda tiru ketika diberi pertanyaan yang sama.

A: Why do you want to leave (or have left) your current job? (Mengapa anda ingin meninggalkan pekerjaan (atau sudah meninggalkan) pekerjaan anda yang sekarang?)

B: I learned quite a lot in my old job and I was happy with it. But I felt that I had to find a new job because I wanted to open myself up to new challenges so I could grow my career further. I’m so excited because this company offered it to me (Saya belajar cukup banyak di pekerjaan lama saya dan saya merasa senang dengan hal itu. Namun saya merasa bahwa saya harus mencari pekerjaan baru karena saya ingin membuka diri saya pada tantangan yang baru sehingga saya bisa menumbuhkan karir saya lebih lanjut. Saya sangat bersemangat karena perusahaan ini menawarkan itu kepada saya)

Example 4

Jika mungkin anda masih bingung dengan jawaban dari pertanyaan yang sama seperti ini, maka anda bisa mencoba untuk mengatakan kepada interviewer bahwa anda sebenarnya sudah mengasah skill dan juga kemampuan anda di perusahaan yang lama. Hanya saja anda merasa bahwa perusahaan di tempat anda bekerja yang lama tidak terlalu memberikan tugas yang bervariasi dan anda merasa bahwa anda kurang berkembang jika bekerja di perusahaan itu. Berikut adalah contoh keempat yang bisa anda tiru sebagai salah satu jawaban interview.

A: Why do you want to leave (or have left) your current job? (Mengapa anda ingin meninggalkan pekerjaan (atau sudah meninggalkan) pekerjaan anda yang sekarang?)

B: At my current company, I have honed my professional skills and have built a good relationship. But I felt in my current company, I didn’t get challenging work and job motivation. At this company I saw an opportunity that I could do more challenging things so That I could continue to grow professionally. (Di perusahaan saya bekerja saat ini, saya sudah mengasah skill-skill profesional saya dan telah membangun hubungan yang baik. Namun saya merasa di perusahaan saya yang sekarang, saya tidak mendapatkan motivasi kerja dan pekerjaan yang menantang. Di perusahaan ini saya melihat kesempatan bahwa saya bisa mengerjakan hal yang lebih menantang sehingga saya bisa terus tumbuh secara profesional.)

Example 5

Jika anda menginginkan untuk lolos di perusahaan dimana anda mencari pekerjaan saat ini, maka kami menyarankan supaya anda mencari beberapa alternatif jawaban. Jangan sampai ketika anda ditanya mengenai pertanyaan ini anda tidak bisa menjawabnya dan kelihatan bingung. Anda hanya menjawab seadanya, seperti misalnya saya merasa bahwa gaji di perusahaan lama saya kurang atau hal lainnya. Jika anda menjawab seperti itu maka mungkin itu akan mempengaruhi penilaian anda. Berikut adalah contoh kelima yang bisa anda ikuti:

A: Why do you want to leave (or have left) your current job? (Mengapa anda ingin meninggalkan pekerjaan (atau sudah meninggalkan) pekerjaan anda yang sekarang?)

B: I love my current job, I love my current work environment. However, I feel that I haven’t used my analytics skills to the fullest in my workplace this sat. I think working at this company would be more suitable for me. (Saya menyukai pekerjaan saya saat ini, saya menyukai lingkungan kerja saya saat ini. Akan tetapi, saya merasa bahwa saya belum menggunakan kemampuan analitik saya secara maksimal di tempat kerja saya sat ini. Saya rasa dengan bekerja di perusahaan ini akan lebih cocok untuk saya.)

Example 6

Banyak sekali alternatif jawaban yang bisa anda gunakan ketika anda mendapatkan pertanyaan seperti ini. Ketika ditanya mengapa anda meninggalkan pekerjaan anda yang lama mungkin anda bisa menjawabnya dengan mengatakan bahwa anda ingin mengalami perkembangan karir yang lebih lagi dengan bekerja di perusahaan tempat anda melamar ini. Berikut ini adalah contoh yang bisa anda gunakan untuk menjawab pertanyaan itu:

A: W Why do you want to leave (or have left) your current job? (Mengapa anda ingin meninggalkan pekerjaan (atau sudah meninggalkan) pekerjaan anda yang sekarang?)

B: I worked in my old company for 2.5 years and I’ve had a lot of work from people who are more skilled than me. However, I see an offer from your company. I want to take this opportunity because I want to work with bigger companies and want to get more opportunities to develop my career.  (Saya bekerja di perusahaan saya yang lama selama 2,5 tahun dan saya banyak belajar dari orang yang lebih ahli daripada saya. Namun, saya melihat tawaran dari perusahaan anda. Saya ingin mengambil kesempatan ini karena saya ingin bekerja dengan perusahaan yang lebih besar dan ingin mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan karir saya.)

Itu tadi beberapa hal yang bisa kami sampaikan mengenai contoh jawaban interview: why do you want to leave (or have left) your current job? Semoga apa yang kami sajikan bisa berguna dan juga bermanfaat bagi anda yang akan mengikuti interview.

Artikel Lainnya

Jawaban Pertanyaan Interview: Describe What You Do In Your Current Position
Jawaban Pertanyaan Interview: ‘TELL ME ABOUT A TIME YOU DISAGREED WITH A DECISION. WHAT DID YOU DO ?’
Memperkenalkan Diri dengan Sopan dalam Suatu Wawancara
Jawaban Wawancara Seberapa Baik Bekerja dengan Orang Lain
Contoh Percakapan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris & Artinya
Jawaban Interview: How Do You Handle Failure?
Job Interview: What Did You Like Least About Your Last Position?
Jawaban Pertanyaan Interview: What Makes You Unique?
Contoh Jawaban Interview: Why do you want to leave (or have left) your current job?
Jawaban Pertanyaan Wawancara Seputar Gaji yang Diinginkan

 

Percakapan Inggris: Saat Wawancara Kerja (In The Job Interview)
Contoh Penggunaan These
Cara Lain Mengatakan Excuse Me Beserta Jawabannya
Tip Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris saat Wawancara Kerja
Contoh Pidato Bahasa Inggris: Hari Merdeka
Jawaban Pertanyaan Interview: What can we expect from you in your first three months?
Jawaban Pertanyaan Interview: Why do you want this job?
Keterangan Tempat dalam Bahasa Inggris (Adverb of Place) Beserta Contohnya
Contoh Kalimat Thanking
Salutation dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Penggunaan, dan Contohnya