sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Jawaban Pertanyaan Wawancara Seputar Gaji yang Diinginkan

Setelah menjalani proses pemasukan berkas dan mengikuti psikotes ketika akan melamar pekerjaan di sebuah kantor atau perusahaan, berikutnya yang harus kita ikuti dan lalui adalah proses wawancara kerja.

Wawancara kerja adalah sebuah aktivitas tanya jawab antara calon pekerja dan bagian perekrutan (atau yang dapat disebut dengan HRD) dari kantor atau perusahaan yang menjadi sasaran kita melamar pekerjaan.

Proses wawancara merupakan tahap penentuan apakah kita akan diterima bekerja pada tempat yang kita sasar atau tidak. Oleh karena itu, setiap pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara dari calon tempat kerja haruslah dijawab dengan cermat dan sebaik mungkin oleh kita.

Wawanacara kerja sendiri tidak hanya dilakukan ketika mencari pekerja baru. Wawancara juga dilakukan pada karyawan lama yang ingin pindah ke tempat baru atau mendapatkan promosi dari kantor tempatnya bekerja. Bagi calon karyawan ataupun karyawan yang sudah lama bekerja, wawancara tetap merupakan sebuah momok dikarenakan pertanyaan yang diberikan kepada masing-masing kandidat dapat berbeda satu dengan yang lain.

Dari sekian banyak pertanyaan wawancara yang diajukan kepada masing-masing kandidat, ada beberapa pertanyaan sama yang biasanya diberikan secara berulang. Salah satu dari pertanyaan-pertanyaan itu adalah pertanyaan tentang gaji atau bayaran yang diinginkan apabila mereka merekrut kita menjadi bagian dari instansi mereka.

Pembicaraan mengenai gaji dilakukan pada umumnya karena 3 hal, yaitu sebagai berikut:

  • Kantor atau perusahaan ingin tahu apakah bayaran yang kita harapkan sejalan dengan jumlah dana yang mereka miliki.
  • Mereka ingin tahu apakah kita sebagai rekrutmen mengerti nilai dari diri kita melalui sejumlah nominal yang kita sebutkan. Nilai yang dimaksud dapat berupa pengalaman, keahlian yang kita miliki, dan apa yang dapat kita lakukan demi instansi tempat kita bekerja nantinya.
  • Pihak kantor ingin mengetahui di level manakah kita berada saat ini melalui nominal gaji yang kita sebutkan. Semakin tinggi nominal yang diminta, biasanya kita dianggap berada di level yang tinggi.

Lalu, bagaimana kita harus menjawab atau bernegosiasi apabila wawancara dan pertanyaan mengenai bayaran ini dilakukan dalam Bahasa Inggris? Tentunya akan lebih sulit menjawab pertanyaan tersebut, bukan?

Tentu saja tidak akan sulit!

Artikel ini akan membantu teman-teman semua menjawab pertanyaan tentang gaji yang kita harapkan dalam Bahasa Inggris. Contoh-contoh berupa percakapan akan dihadirkan untuk memudahkan teman-teman semua belajar mengenai topik artikel kita kali ini.

Kalau begitu, mari kita langsung bahas contohnya satu demi satu!

Contoh 1:

Recruiter: So, Mr. Lee, congratulations on being in this final step. You have answered all the questions given to you. Now, I will give you just one more thing to ask.

Andy Lee: Yes, please, Ma’am. I will try my best to answer your final question.

Recruiter: Suppose we accept you to be one of our new workers, how much do you want us to pay you per month?

Andy Lee: Actually, Ma’am, I hope I can learn some things from this office before I can make my final decision about the payment I need every month.

Recruiter: Are you suggesting that you want to be trained first, then making your decision about they payment we should pay you?

Andy Lee: Yes, if you and the company leaders don’t mind. This is a tough question and I, also, want to make sure I have everything I need before settling down with my payment.

Recruiter: Alright, I will write down your answer. I will personally contact you about the announcement. Have a great day, Mr. Lee.

(Rekruiter: Jadi, Tn. Lee, selamat karena sudah berada di langkah terakhir ini. Anda telah menjawab semua pertanyaan yang diberikan. Sekarang, saya akan memberi satu hal lagi untuk ditanyakan.

Andy Lee: Ya, baik, Bu. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan dari Anda dengan sebaik mungkin.

Rekruiter: Jika kami menerima Anda menjadi salah satu karyawan baru, berapa banyak yang Anda inginkan untuk kami bayarkan per bulannya?

Andy Lee: Sebenarnya, Bu, saya berharap bisa mempelajari beberapa hal dari kantor ini sebelum saya bisa menetapkan keputusan akhir tentang bayaran yang saya butuhkan setiap bulannya.

Rekruiter: Apakah Anda bermaksud ingin dilatih terlebih dahulu, lalu membuat keputusan tentang gaji yang harus kami bayarkan kepada Anda?

Andy Lee: Ya, jika Anda para pemimpin perusahaan tidak berkeberatan. Ini pertanyaan yang sulit dan saya juga ingin memastikan saya memiliki semua yang dibutuhkan sebelum menentukan gaji saya.

Rekruiter: Baiklah, akan saya catat jawaban Anda. Saya akan menghubungi Anda secara pribadi mengenai pengumumannya. Semoga hari Anda menjadi hari yang baik, Tn. Lee.)

Contoh 2:

Mr. Ivan: Angel, you have been working with us for almost 2 years. Now that we want to re-recruit you for another 2 years….

Ms. Ilana: … The leaders have decided that we should raise your salary. This is our question for you, Angel. If you say ‘yes’ to be re-recruited for the next 2 years, how much do you want or need us to pay?

Angel: First thing first, I genuinely thank the office for considering to re-recruit me. Honestly, I love this office and the environment. So, for another 2 years in this office, I think it would be great if the range of my salary is between Rp. 4.500.000 – Rp. 5.000.000 per month.

Ms. Ilana: Are you sure with that salary range, Angel?

Mr. Ivan: You can raise it up a little bit if you want, given that you are one of the best employees.

Angel: I think the range is more than enough for me. However, the negotiation opportunity will always be available, in case either you or the leaders want to talk to me more about this.

Mr. Ivan: If that’s what you want, Angel, I will make sure to tell this to the leaders myself.

Ms. Ilana: Yes, and we will call you if there is a possibility for a further negotiation or not. Does it mean you agree to be recruited again?

Angel: Thank you for the consideration, Mr. Ivan, Ms. Ivana. And, yes, I agree for working here for 2 more years.

(Tn. Ivan: Angel, kau sudah bekerja dengan kami hampir 2 tahun. Sekarang karena kami akan kembali merekrutmu untuk 2 tahun lagi…

Nona Ilana: … Para pimpinan telah memutusksn bahwa kami harus menaikkan gajimu. Ini pertanyaan kami untukmu, Angel. Jika kau mengatakan ‘ya’ untuk direkrut lagi pada 2 tahun mendatang, berapa banyak yang kau inginkan untuk kami bayarkan?

Angel: Pertama-tama, saya sangat berterimakasih kepada kantor yang sudah mau mempertimbangkan untuk merekrut saya kembali. Sejujurnya, saya suka kantor ini dan lingkungannya. Jadi, untuk 2 tahun lagi di kantor ini, saya rasa akan bagus apabila cakupan gaji saya berada di antara Rp. 4.500.000 – Rp. 5.000.000 per bulannya.

Nona Ilana: Apakah kau yakin dengan jarak gaji yang seperti itu, Angel?

Tn. Ivan: Kau boleh menaikkan jumlahnya sedikit bila kau mau, mengingat kau adalah salah satu karyawan terbaik.

Angel: Saya rasa cakupan gaji ini sudah lebih dari cukup bagi saya. Namun, kesempatan bernegosiasi akan selalu tersedia, apabila Anda atau pimpinan ingin membicarakan hal ini lebih lanjut dengan saya.

Tn. Ivan: Jika itu yang kauinginkan, Angel, akan saya pastikan untuk memberitahu ini sendiri kepada pimpinan.

Nona Ilana: ya, dan kami akan menghubungimu apabila ada kemungkinan untuk negosiasi lebih jauh atau tidak. Apakah itu artinya kau bersedia direkrut lagi?

Angel: Terimakasih atas pertimbangannya, Tn. Ivan, Nona Ivana. Dan, ya, saya setuju untuk bekerja lagi di sini untuk 2 tahun lagi.)

Contoh 3:

Mrs. Dawson: It is my first time meeting you directly, Miss Joshi, as we previously only communicate through e-mails. From my understanding, your contract with your previous company is already over, am I correct?

Priya Joshi: It’s an awesome chance to meet you face-to-face, Mrs. Dawson. And, yes, it’s been a week since my contract has ended and I apply here because I see a good opportunity to expand my career experiences.

Mrs. Dawson: That sounds really nice. Very well, I already read your resume and I have to be honest with you. I’m quite impressed with your achievements in that office. My question is only one. How much wage do you need if we hire you for 3 years in this company, Miss Joshi?

Priya Joshi: I did my best to reach those achievements and I’m glad that your impression towards me and my resume is good. About the wage… I’m a flexible person, so I’m quite flexible with the wage, as well. But, based on my career experience and achievements, I would like to be compensated in a fair way and I’m open to wage discussion and negotiation.

Mrs. Dawson: That is a rather good answer. I will make sure to take this as the matter of consideration. I will inform you regarding the final decision. Until then, I hope you’re always healthy and living your best life.

(Ny. Dawson: Ini kali pertama saya bertemu secara langsung dengan Anda, Nona Joshi, dikarenakan sebelumnya komunikasi kita hanya melalui surel. Dari pemahaman saya, kontrak Anda dengan perusahaan sebelumnya telah berakhir, betul?

Priya Joshi: Ini adalah kesempatan yang menyenangkan bisa bertemu muka dengan Anda, Ny. Dawson. Dan, ya, sudah seminggu sejak kontrak saya berakhir dan saya melamar di sini karena saya melihat kesempatan yang bagus untuk memperluas pengalaman kerja saya.

Ny. Dawson: Terdengar bagus sekali. Baiklah, saya telah membaca resume Anda dan saya harus jujur. Saya terkesan dengan semua pencapaian Anda di kantor tersebut. Hanya satu saja pertanyaan saya. Berapa pendapatan yang Anda inginkan apabila kami merekrut Anda di perusahaan ini untuk 3 tahun, Nona Joshi?

Priya Joshi: Saya telah melakukan yang terbaik untuk semua pencapaian itu dan saya senang impresi Anda terhadap saya dan resume saya sangatlah bagus. Mengenai gaji… saya adalah orang yang fleksibel, jadi saya juga cukup fleksibel dengan pendapatan. Namun, berdasarkan pengalaman dan pencapaian kerja, saya ingin diperlakukan secara adil dan saya terbuka dalam diskusi dan negosiasi gaji.

Ny. Dawson: Itu adalah jawaban yang cukup bagus. Akan saya pastikan menambahkan ini sebagai bahan pertimbangan. Saya akan mengabari Anda tentang keputusan akhir. Sampai saat itu tiba, saya harap Anda selalu sehat dan menjalani hari yang baik.)

Itulah 3 contoh cara menjawab pertanyaan mengenai gaji atau bayaran bekerja dalam sebuah kantor atau perusahaan menggunakan Bahasa Inggris. Tetap belajar dan jangan pernah putus asa!

Artikel Lainnya

Jawaban Pertanyaan Wawancara Seputar Gaji yang Diinginkan
Jawaban Interview: How Do You Handle Stress and Pressure?
Jawaban Pertanyaan Interview: What Questions Do You Have for Me?
Jawaban Pertanyaan Interview: Examples about 90 Days Accomplishment in the Office
Jawaban Pertanyaan Interview: “What do you like to do outside of work?”
Jawaban Pertanyaan Interview: What is Your Previous Salary?
Jawaban Pertanyaan Interview: What Big  Decision You Took in Last 6 Months?
Jawaban Pertanyaan Interview: What Really Drives Results in This Job?
Contoh Dialog Interview Melalui Telepon (Phone Interview) dalam Bahasa Inggris
Kata-Kata Kunci Jawaban Dalam Wawancara Kerja (Job Interview)

 

Percakapan Inggris: Membuat Janji Bimbingan Skripsi Lewat Telepon dengan Dosen
Percakapan tentang Bertukar Resep Masakan dalam Bahasa Inggris
Dialog Bahasa Inggris tentang Olahraga
Contoh Percakapan tentang Ekonomi dalam Bahasa Inggris
Cara Memperkenalkan Diri saat Interview dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan di Kedai Kopi Starbucks dalam Bahasa Inggris
Dialog Bahasa Inggris tentang Dating/Berkencan
Contoh Dialog: Manner Adverbs
Jawaban Pertanyaan Job Interview: “Why Do You Want To Leave Your Current Job?”
Contoh Percakapan Pemandu Wisata