sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Dialog Singkat Meminta dan Memberikan Saran dalam Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting di masa kini karena globalisasi yang semakin meluas dan meningkatnya komunikasi antarbangsa. Bahasa Inggris sebagai bahasa yang paling digunakan di seluruh dunia tentu akan berguna untuk dipelajari dan digunakan sehari-hari melihat alasan tersebut. Salah satu hal yang dapat dipelajari dalam bahasa Inggris adalah berbagai macam hal yang biasanya dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari, contohnya cara untuk meminta dan memberikan saran dalam bahasa Inggris.

Untuk dapat mempraktekan meminta dan memberikan saran dalam bahasa Inggris, jelas ada baiknya kita memiliki gambaran terlebih dahulu seperti apa cara membicarakannya. Oleh karena itu, pengertian melalui contoh dialog singkat dirasa akan sangat membantu pemahaman mengenai hal ini. Untuk lebih lengkapnya, berikut di bawah ini merupakan sejumlah dialog singkat untuk meminta dan memberikan saran dalam berbagai situasi menggunakan bahasa Inggris.

Dialog antara Pasien dan Dokter

A: Good morning, Mrs. Walt. What seems to be the problem? (Selamat pagi, Nyonya Walt. Ada masalah apa?)

B: I couldn’t sleep for three days, doctor. Do you have any suggestion to help me with my sleeping problem? (Saya tidak bisa tidur selama tiga hari, dokter. Apakah Anda memiliki saran untuk membantu saya dengan masalah tidur yang saya miliki?)

A: There are actually a few simple solution to your problem. You could try exercising a few hours before you sleep, turn off your phone at least 10 minutes before your sleep schedule, and turn off the lights of your room to help your eyes rest. Have you tried any of that before? (Sebenarnya ada beberapa solusi sederhana untuk masalah Anda. Anda bisa mencoba berolahraga beberapa jam sebelum Anda tidur, matikan ponsel Anda setidaknya 10 menit sebelum jadwal tidur Anda, dan matikan lampu kamar untuk membantu mata Anda beristirahat. Apakah Anda sudah mencoba hal-hal itu sebelumnya?)

B: I haven’t, doctor. I will try that tonight. (Belum, dokter. Saya akan mencobanya malam ini)

A: That would be a good idea. However, since you haven’t slept for three days, I will prescribe you a little bit of sleeping pills to help you rest tonight too. (Itu ide yang bagus. Akan tetapi, karena Anda belum tidur selama tiga hari, saya akan memberikan resep sedikit obat tidur untuk membantu Anda beristirahat malam ini juga.)

B: Alright, I understand. Thank you so much, doctor. (Baiklah, saya mengerti. Terima kasih banyak, dokter)

Memilih Pakaian

A: Hey, Candice! What are you doing right now? (Hei, Candice! Apa yang sedang Anda lakukan saat ini?)

B: Hey, Jane. I’m just rummaging through my closet to find something to wear. I’m going on a date tonight with Jack. What do you think should I wear? (Hei, Jane. Saya hanya sedang membongkar lemari pakaian untuk mencari sesuatu untuk dikenakan. Saya akan berkencan dengan Jack malam ini. Menurutmu apa yang sebaiknya saya kenakan?)

A: Oh that’s nice! Where are you going on a date to? (Oh, itu bagus! Anda akan pergi ke mana untuk berkencan ini?)

B: I think we’re going to a little fancy restaurant. (Sepertinya kami akan pergi ke restoran yang sedikit mewah)

A: I think you should wear that blue dress of yours. It’s cute and fancy but not too much either. (Menurut saya Anda sebaiknya mengenakan gaun biru yang Anda punya itu. Itu lucu dan mewah, namun tidak terlalu berlebihan juga)

B: I was thinking the same thing! Thank you so much for your advice. (Saya memikirkan hal yang sama! Terima kasih banyak atas saran Anda)

A: No problem! Have fun on your date tonight. (Tidak masalah! Selamat bersenang-senang saat berkencan malam ini)

Kehilangan Uang Sekolah di Jalan

A: Jill? What’s wrong? Why are you crying here? (Jill? Ada apa? Kenapa Anda menangis di sini?)

B: Oh, hey, John. I didn’t see you there. Nothing. It’s just, I lost the money that my parents gave me to pay for my school. (Oh, hai, John. Saya tidak melihat ada Anda di situ. Tidak apa-apa. Hanya saja, saya kehilangan uang yang diberikan orangtua saya untuk membayar sekolah)

A: Oh my God. Where did you lost it? (Ya ampun. Di mana Anda kehilangannya?)

B: I lost the money on the street, I think it fell out of my bag when I got my books out. I don’t know what to do. I’m afraid my parents will be so mad at me. (Saya kehilangan uangnya di jalan, sepertinya itu jatuh dari tas saya ketika saya mengeluarkan buku. Saya tidak tahu apa yang harus dilakukan. Saya takut orangtua saya akan sangat marah kepada saya)

A: I think you should just tell your parents, Jill. I believe they will understand. Sure, they’ll be mad at you, but you’re still their daughter. Just talk to them. (Menurut saya, Anda sebaiknya memberitahu orangtua Anda saja, Jill. Saya yakin mereka akan mengerti. Tentu, mereka akan marah, namun Anda tetap anaknya. Bicarakan saja pada mereka)

B: You’re right. Thank you so much for your suggestion. I will talk to them about this. (Anda benar. Terima kasih banyak atas sarannya. Saya akan membicarakan ini pada mereka)

Saran Ketika Mengantuk

A: Hey, Bob. You look so tired. Did you get enough sleep last night? (Hai, Bob. Anda terlihat lelah sekali. Apakah Anda cukup tidur semalam?)

B: Not really, I only slept for 4 hours last night because I was staying up all night doing my homework. I’m so sleepy now. Do you know what I should do to not get sleepy in class? (Tidak juga, saya hanya tidur selama 4 jam semalam karena saya begadang mengerjakan tugas. Saya sangat mengantuk sekarang. Apakah Anda tahu apa yang sebaiknya saya lakukan untuk tidak mengantuk di kelas?)

A: You should try drinking a lot of water, I heard that it helps because it gives you the oxygen so you won’t get sleepy. You should also sit at the front row, that way you won’t be able to sleep in class. (Anda sebaiknya mencoba meminum banyak air. Saya dengar itu membantu karena memberikan oksigen agar Anda tidak mengantuk. Anda juga sebaiknya duduk di barisan depan, dengan begitu Anda tidak akan bisa tidur di kelas)

B: I think I will do your first advice. I don’t really want to sit at the front row, though. But thank you. (Sepertinya saya akan melakukan saran yang pertama. Saya tidak terlalu ingin duduk di baris depan. Namun, terima kasih)

Menyarankan Situs Belanja Online Terbaik

A: That dress looks so good on you! Where did you bought it? (Gaun itu terlihat bagus sekali padamu! Dari mana Anda membelinya?)

B: I bought it online! Isn’t it cute? It’s really cheap too. (Saya membelinya online! Tidakkah itu lucu? Ini sangat murah juga)

A: You have got to tell me which online marketplace did you use. I can’t seem to find the best onlineshop. It all seems the same to me. (Anda harus memberitahu saya tempat belanja online apa yang Anda gunakan. Saya tidak bisa menemukan tempat belanja online terbaik. Semua terlihat sama bagi saya)

B: Honestly, there are so many good online shops out there. But I always use Shoppie because there are so many discounts and more clothing variations. (Sejujurnya, ada begitu banyak tempat belanja online yang bagus di luar sana. Namun saya selalu menggunakan Shoppie karena ada begitu banyak diskon dan lebih banyak variasi pakaian)

A: Thank you for your suggestion! I will keep that in mind. (Terima kasih atas saran Anda! Saya akan mengingatnya)

Saran Baru Putus dari Pacar

A: Hey, what’s wrong? You seem sad. (Hai, ada apa? Anda terlihat sedih)

B: I just broke up with my boyfriend. I really don’t know what to do now. Do you think I should try to get back with him? Do you have any suggestion for me? (Saya baru saja putus dengan pacar saya. Saya sungguh tidak tahu apa yang harus dilakukan sekarang. Apakah menurut Anda saya sebaiknya berusaha untuk balikan dengannya?)

A: No, don’t get back to him. He dumped you and you deserve someone better who will value you. I think you should use this opportunity to enjoy life with your friends. (Tidak, jangan balikan dengan dia. Dia memutuskan Anda dan Anda pantas mendapatkan seseorang yang lebih baik yang akan menghargai Anda. Menurut saya, Anda sebaiknya menggunakan kesempatan ini untuk menikmati kehidupan dengan kawan-kawan Anda)

B: But I really love him. (Namun saya sungguh mencintainya)

A: Well, you should love yourself even more. Trust me, he isn’t worth it. You could survive this alone without him. (Anda sebaiknya mencintai diri Anda sendiri lebih lagi. Percaya pada saya, dia tidak pantas. Anda bisa bertahan melalui ini sendirian tanpanya)

B: You’re right. I’m stronger and better than this. Thank you for your advice. (Anda benar. Saya lebih kuat dan lebih baik daripada ini. Terima kasih atas sarannya)

Saran Tempat Wisata Bagus

A: Hey, Nicole! I’m going to New York next week. I was wondering if you know any good tourist place for me to visit? (Hai, Nicole! Saya akan ke New York minggu depan. Saya ingin bertanya apakah Anda mengetahui tempat wisata yang bagus untuk saya kunjungi?)

B: That’s so nice to hear! You should visit the Central Park, of course. And if you have a little bit more time, you should see one of the Broadway shows. (Senang sekali mendengarnya! Anda sebaiknya mengunjungi Central Park, tentu saja. Lalu jika Anda memiliki waktu lebih lama, Anda sebaiknya menonton salah satu pertunjukan Broadway)

A: A broadway show sounds really interesting. I haven’t thought of that. Thank you for your advice! I hope we can meet too when I’m there. (Pertunjukan Broadway terdengar sangat menarik. Saya belum pernah mempertimbangkan itu. Terima kasih atas saran Anda! Saya harap kita bisa ketemu juga ketika saya di sana)

Saran Makan Siang Enak

A: I’m so bored with my lunch lately. I’ve been having a sandwich for the past three days. Do you have any suggestion as to what I should get for lunch today? (Saya sangat bosan dengan makan siang saya akhir-akhir ini. Saya makan roti lapis selama tiga hari ke belakang ini terus. Apakah Anda memiliki saran apa yang sebaiknya saya beli untuk makan siang hari ini?)

B: There is actually a new Chinese restaurant that I really like near here. Do you want to come and try it with me? (Sebenarnya ada restoran Cina baru yang sangat saya sukai di dekat sini. Apakah Anda ingin ikut dan mencobanya bersama saya?)

A: Is it tasty? I haven’t eaten chinese food for such a long time. (Apakah enak? Saya sudah lama sekali tidak makan masakan Cina)

B: It is so delicious, I swear. (Itu sangat enak sekali. Saya bersumpah)

A: Okay, then. I’ll come with you there for lunch. Thank you for the suggestion! (Baiklah, kalau begitu. Saya akan ikut dengan Anda ke sana untuk makan siang. Terima kasih atas sarannya!)

Itulah dia sejumlah contoh dialog singkat dalam memberikan dan meminta saran dengan menggunakan bahasa Inggris. Semoga contoh-contoh tersebut dapat membantu Anda dalam menggunakan bahasa Inggris langsung di dunia nyata dalam percakapan sehari-hari.

 

Conversation: Percakapan Sopir Taksi dan Penumpang dalam Bahasa Inggris
Membicarakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris Saat Wisuda Kelulusan Sekolah
Percakapan Singkat tentang Korupsi dalam Bahasa Inggris
Percakapan Seorang Polisi dan Saksi yang Melihat Kejadian
Pertanyaan untuk Mengenal Seseorang dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan dan Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara
Cara Meminta Duduk Prioritas Kepada Seseorang di Bus, Kereta, MRT
Percakapan Inggris Menanyakan ke Tata Usaha Jadwal Bimbingan Skripsi
Percakapan Marketing Presentasi Produk