sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Dialog Meminta dan Memberikan Pendapat dalam Bahasa Inggris

Salah satu kegiatan percakapan yang seringkali terjadi sehari-hari adalah ketika meminta dan memberikan pendapat. Oleh karena itu, ketika Anda tengah mempelajari bahasa asing, Anda harus mengetahui seperti apa contoh percakapan semacam itu. Karena dengan mengetahuinya, Anda juga akan dapat mengaplikasikannya di dunia nyata sendiri.

Berikut ini adalah sejumlah contoh dialog singkat untuk meminta dan memberikan pendapat dalam bahasa Inggris yang dapat Anda gunakan sebagai bahan pelajaran. Mulai dari pendapat mengenai pendidikan hingga lingkungan, berikut ini beberapa topik yang sering muncul dalam keseharian.

Sekolah Sehari Penuh

A: Have you heard the news? The government is implementing a full day school policy for elementary school all through high school. (Apakah Anda sudah mendengar beritanya? Pemerintah mengimplementasikan peraturan sekolah sehari penuh untuk Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Keatas)

B: A full day school for elementary students? Don’t you think that’s a bit much? What do you think about this news? (Sekolah sehari penuh untuk anak SD? Apakah itu tidak berlebihan? Bagaimana menurutmu mengenai berita ini?)

A: I think for elementary students, this policy is too much. But it might be a good policy for high school students since they need to prepare as much as they can for college. (Menurut saya untuk murid SD, peraturan ini berlebihan. Namun ini mungkin peraturan yang bagus untuk murid SMA karena mereka harus bersiap sebanyak mungkin untuk perguruan tinggi)

Buang Sampah Sembarangan

A: I don’t understand why there is so many garbage lying around in this campus. Does the students not know that they should throw their garbage into the trashcan? (Saya tidak mengerti kenapa ada begitu banyak sampah yang berserakan di kampus ini. Apakah para mahasiswanya tidak tahu bahwa mereka harus membuang sampah di tempat sampah?)

B: Some people are too ignorant even for such a little thing like this. What is your opinion about littering? (Beberapa orang terlalu tidak peduli bahkan untuk hal sekecil ini. Apa pendapat Anda mengenai  buang sampah sembarangan?)

A: I think people who litters are uncultured and uncivilized. So it’s really saddening to see so many people littering at campus, a place where the students are supposedly cultured and civilized. (Menurut saya orang-orang yang buang sampah sembarangan tidak berbudaya dan dan biadab. Jadi ini sangat menyedihkan ketika melihat begitu banyak orang buang sampah sembarangan di kampus, tempat yang seharusnya mahasiswanya berbudaya dan beradab)

Pemanasan Global

A: Hey, what are you doing right now? (Hei, apa yang sedang Anda lakukan sekarang?)

B: Hey! I’m just watching this environment documentary about the arctic. I can’t believe the ice is really melting at such a rapid speed now. (Hei! Saya sedang menonton dokumenter lingkungan tentang Arktik. Saya tidak percaya es di sana sungguh meleleh dalam kecepatan yang sangat cepat sekarang)

A: I think that’s the effect of global warming. What is your opinion on global warming? Do you think it’s really happening? (Menurut saya itu efek dari pemanasan global. Apa opini Anda mengenai pemanasan global? Apakah menurut Anda itu sungguh sedang terjadi?)

B: Yes, of course I think global warming is real. I think it’s a real threat for our civilization and that the government should pay more attention towards this issue. This is such a big problem if some people still turns a blind eye towards this. (Iya, tentu saja saya pikir pemanasan global itu nyata. Menurut saya itu ancaman sungguhan untuk peradaban kita dan menurut saya pemerintah sebaiknya menaruh lebih banyak perhatian pada isu ini. Ini masalah yang sangat besar jika beberapa orang masih berpura-pura tidak tahu tentang ini)

A: You are right. This could also mean the end of our civilization as we know it. (Anda benar. Ini juga bisa menjadi akhir dari peradaban kita saat ini)

Merokok

A: Hey, may I sit here with you? (Hei, boleh saya duduk di sini bersama Anda?)

B: Of course. But I was about to smoke. Would you be alright with that? (Tentu saja. Namun saya akan merokok. Apakah Anda tidak keberatan dengan itu?)

A: Yes, of course. Go ahead. I don’t mind people smoking. I don’t smoke, though. (Iya, tentu saja. Silakan. Saya tidak keberatan dengan orang yang merokok. Namun saya sendiri tidak merokok)

B: Really? As a non-smoker, what do you think about smoking, then? (Sungguh? Sebagai seorang yang tidak merokok, apa pendapat Anda tentang merokok, kalau begitu?)

A: I think it’s everyone’s rights to smoke or not to smoke as long as no one is forcing them. What matters is that they know the right place and time to do it. Meaning that if you smoke, you should only do it on smoking area, since you wouldn’t want to turn other people into a passive smoker. (Menurut saya itu hak semua orang untuk merokok atau tidak merokok selama tidak ada yang memaksa mereka. Yang penting adalah bahwa mereka tahu tempat dan waktu yang tepat untuk melakukannya. Artinya bahwa jika Anda merokok, Anda sebaiknya hanya melakukannya di ruang bebas merokok, karena Anda tidak ingin membuat orang lain menjadi perokok pasif)

B: Exactly. I always try to smoke only on smoking areas. Even if it’s on outdoor, I always ask the people around me first if it’s okay if I smoke. (Tepat sekali. Saya selalu berusaha untuk hanya merokok di ruang bebas merokok. Bahkan jika berada di luar ruangan, saya selalu bertanya kepada orang-orang di sekitar saya dahulu apakah boleh merokok atau tidak)

Korupsi

A: Have you seen the latest news? Ten people has been arrested on charge of that big corruption case. (Apakah Anda sudah melihat berita terbaru? Sepuluh orang telah ditangkap atas tuduhan kasus korupsi yang besar itu)

B: That’s a lot of people to be involved in a corruption. I think the system is broke for sure, or else it wouldn’t have come to this. What about you? Do you have any opinion on corruption? (Itu jumlah orang yang banyak untuk terlibat dalam sebuah kasus korupsi. Menurut saya sistemnya pasti sudah rusak, jika tidak pasti tidak akan sampai seperti ini. Bagaimana denganmu? Apakah Anda memiliki pendapat apapun mengenai korupsi?)

A: I think the people who does corruption are extremely evil. They must be conscious enough to know that it’s the people’s money that they are taking. They should feel ashamed of themselves. (Menurut saya orang-orang yang melakukan korupsi sangatlah jahat. Mereka seharusnya cukup sadar untuk mengetahui bahwa itu uang rakyat yang mereka ambil. Mereka seharusnya merasa malu akan diri mereka sendiri)

B: Yes, they should. Sadly, almost always, the corruptors who got caught was always seen with a big smile on their face while they were being dragged to prison. (Iya, mereka seharusnya malu. Sayangnya, hampir selalu, para koruptor yang tertangkap selalu terlihat dengan senyum lebar di wajah mereka ketika mereka diseret ke penjara)

Banjir

A: Rainy season has come again. I’m really afraid that my house will get flooded again because the last time it rains, our home got flooded almost immediately. (Musim hujan telah tiba lagi. Saya sangat takut bahwa rumah saya akan terkena banjir lagi karena terakhir kali hujan, rumah kami langsung kena banjir)

B: You’re right. Flooding is still a big part of problem in our area. What do you think about flooding? Do you think the government should deal with it immediately? (Anda benar. Banjir masih menjadi masalah yang besar pada area kita. Apa pendapat Anda tentang banjir? Apakah menurut Anda pemerintah sebaiknya mengurus itu secepatnya?)

A: Of course. It’s their job to make sure that we can sleep and basically have somewhere to live peacefully in this country. Imagine how tired we are in having to refuge everytime the flood came every few months or so. And we haven’t even talked about the home appliances that got broken after the flood! (Tentu saja. Itu tugas mereka untuk memastikan bahwa kita bisa tidur dan pada dasarnya memiliki tempat untuk tinggal dengan tenang di negara ini. Bayangkan betapa lelahnya kita harus mengungsi setiap banjir datang setiap beberapa bulan sekali. Lalu bahkan belum membicarakan tentang peralatan rumah tangga yang rusak setelah banjir!)

B: That’s true. It’s always very frustrating to get flooded because our stuffs will get affected badly too. (Itu benar. Selalu sangat membuat frustrasi ketika kebanjiran karena barang-barang kita akan terdampak buruk juga)

Makanan

A: Hey, have you eaten dinner tonight? (Hei, apakah Anda sudah makan malam malam ini?)

B: No, not yet. Why? Do you want to eat dinner together with me? (Tidak, belum. Kenapa? Apakah Anda ingin makan malam bersama dengan saya?)

A: I was actually thinking of taking you out for dinner tonight. I know this one place that serves really good food for such a cheap prize compared to the taste. (Saya sebenarnya berpikir ingin membawa Anda makan malam di luar malam ini. Saya tahu satu tempat ini yang menghidangkan makanan yang sangat enak untuk harga yang murah dibandingkan dengan rasanya)

B: Oh really? Where is this place? What do you think about their food, then? (Oh, sungguh? Di mana tempatnya? Apa pendapat Anda mengenai makanan mereka, kalau begitu?)

A: It’s just a few block from here. I ate there with my friends last week and it was the best food that I had ever got in years. I ordered their spaghetti and it was the perfect taste for me. From the pasta to the sauce, it is absolutely delicious for such a low price. (Tempatnya hanya beberapa blok dari sini. Saya makan di sana bersama kawan-kawan saya minggu lalu dan itu adalah makanan terbaik yang pernah saya makan selama bertahun-tahun. Saya memesan spaghetti dan itu rasa yang sempurna untuk saya. Mulai dari pastanya hingga sausnya, itu sangat lezat untuk harga yang sangat rendah)

B: That sounds really good. Let’s go there for dinner tonight, then. (Itu terdengar sangat bagus. Mari pergi ke sana untuk makan malam hari ini, kalau begitu)

Bullying

A: Have you heard about the kid that had to transfer school because he was bullied from class C? (Apakah Anda sudah dengar mengenai anak yang harus pindah sekolah karena dia dibully dari kelas C?)

B: Yes, I’ve heard of him. I was really saddened to hear the news that there’s still bullying taking place in our school. (Iya, saya dengar tentang dia. Saya sangat sedih mendengar kabar bahwa masih ada bullying di sekolah kita)

A: I think it’s extremely evil to be able to bully someone like that. What about you? Do you have any thoughts on bullying? (Menurut saya sangatlah jahat untuk bisa membully seseorang seperti itu. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki pendapat apapun mengenai bullying?)

B: I think bullying is an extreme way that some students use to gain power. However, it is extremely wrong too because people got hurt fom bullying. Not only physicaly, but also mentally. I really hate bullies. (Menurut saya bullying adalah cara ekstrim yang beberapa murid gunakan untuk mendapatkan kuasa. Namun itu sangat salah juga karena orang-orang tersakiti karena bullying. Tidak hanya secara fisik, namun juga secara mental. Saya sangat membenci bully)

Itulah dia sejumlah contoh dialog meminta dan memberikan pendapat dalam bahasa Inggris beserta dengan terjemahannya. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut dan menggunakannya dalam keseharian.

 

Berbicara tentang Pendidikan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris di Tempat Pelelangan Ikan/Pasar Ikan
Mengajukan Pendapat di Rapat Bisnis dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Memohon Maaf (Making & Accepting Apology)
Dialog Bahasa Inggris di Restoran & Terjemahannya
Percakapan Berhubungan Menjenguk Orang Sakit dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Dompet yang Jatuh di Jalan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Mencari Barang yang Hilang di Lost & Found
Percakapan Menanyakan Alamat dalam Bahasa Inggris
Percakapan Check-in Pesawat Dalam Bahasa Inggris