sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Formula Mendeskripsikan Keluarga dalam Bahasa Inggris

Keluarga adalah orang-orang terdekat kita, yang selalu terhubung dimanapun kita berada. Ketika terlibat percakapan dengan teman atau rekan kerja tak jarang kita sering membahas tentang keluarga masing-masing. Topik terkait keluarga selalu menarik untuk dibahas karena ini juga merupakan indikasi jika relasi anda atau hubungan anda dengan lawan bicara cukup dekat. Hal ini karena umumnya kita jarang membicarakan keluarga atau mendiskusikan tentang keluarga kita kepada orang asing atau orang yang tidak kita kenal secara dekat.

Membahas keluarga maka tidak jauh dari bagaimana cara anda mendeskripsikan mereka kepada teman atau rekan kerja anda. Ada banyak sekali kata yang dapat anda gunakan untuk mendeskripsikan keluarga anda kepada orang lain.

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendeskripsikan keluarga kita secara baik dengan menggunakan bahasa Inggris. Penyampaian yang tepat akan memberikan lawan bicara anda gambaran yang sesuai tentang seperti apa keluarga anda. Jadi mari kita pelajari dan simak formula yang dapat kita gunakan untuk mendeskripsikan anggota keluarga kita kepada orang lain.

Formula dalam Mendeskripsikan Keluarga

Nah sebelum memulai pada pembahasan yang lebih lanjut, ketika seseorang meminta anda mendeskripsikan keluarga anda maka mulailah dengan mendeskripsikan mereka pada satu waktu. Dan mulailah dengan keluarga inti anda seperti ayah, ibu, kakak, adik, suami, atau bahkan anak. Lalu perhatikan kaidah-kaidah berikut ini:

  • Ketika memperkenalkan anggota keluarga anda maka anda harus mendeskripsikan secara jelas apa peran mereka masing-masing dalam keluarga.
  • Jelaskan sifat atau karakter menonjol yang mereka miliki, anda dapat mendeskripsikan secara detail berdasarkan analisa anda sendiri. Orang yang ingin mengenal dekat anda pasti akan tertarik akan hal ini.
  • Jelaskan pula hobi atau kesukaan mereka masing-masing maupun hal-hal yang mereka hindari atau tidak sukai.
  • Jangan utarakan hal yang berlebihan atau tidak relevan dalam mendeskripsikan anggota keluarga anda. Misalnya anda melebih-lebihkan kemampuan yang mereka miliki atau sifat yang mereka miliki. Hal tersebut akan terasa tidak nyata dan orang justru tidak akan tertarik dengan keluarga anda.
  • Selalu jelaskan hal-hal yang positif. Ingat mereka adalah keluarga anda, bagaimanapun tentu orang lain juga akan merasa risih jika anda hanya menceritakan keburukan mereka saja.

Contoh Mendeskripsikan Keluarga

Deskripsi yang berupa narasi atau paragraf:

My family consists of my mother, father, and my brother

Well let me begin with my beloved mother. She is like other Mom, she is caring, lovable, concerned about every detail, she loves to clean almost everything. She does not like to cook often, but when she cooks I prefer not to eat anywhere, she is a great cook. She is a wonderfull person, even getting angry by some small mistakes but she easily forgets it. My mom is like the sun for our family that make us always feel warm abd soothe our souls.

My father is funny yet discipline and typicall of well planned person. If you need any suggestions just come to him, he will give you plenty of advices. He is a hardworker yet he loves sports at the spare time. He is our protector, he gave us protection and guardian.

And my brother, he is a stubborn one. But he loves his family a lot, when he decide into something he will pursue it. He is my friend and my protector whenever I feel sad I will share it with him, and he will give solution. Though sometimes we fight a lot, just for a minor things. He is not into a sport but he has a fit body. He’s hobby is playing game all time. I don’t know where he get the fitness.

Sedangkan deskripsi yang berbentuk percakapan dapat anda lihat pada ulasan berikut ini :

Ari: Mia I heard you have a brother who join an esport team. Is that right? (Mia, kudengar kakakmu bergabung dengan time sport. Apakah itu benar?)

Mia: Yes he is, last month he decided to join an esport team. Why is that? (Ya, bulan lalu dia memutuskan bergabung dengan tim esport. Kenapa memangnya?)

Ari: Nothing, I just wondering since I love the same thing either and considering to join one. (Tidak, hanya berpikir soalnya aku suka hal yang sama dan ingin bergabung juga.)

Mia: You can come to my home and ask him if you want. Or I will call him to come here now? (Kau bisa datang ke rumah dan menanyakannya padanya jika kau mau. Atau ku telepon dia saja untuk datang kesini?)

Ari: Wow, not so fast. Besides I don’t know him yet. (Wow, jangan buru-buru. Lagipula aku belum mengenalnya.)

Mia: He is kind though, even sometimes he is annoying. But I think you and him will get along nicely. (Dia orang yang baik, meskipun terkadang menyebalkan. Tapi kurasa kau dan dia akan mudah bergaul.)

Ari: Well I guess I would like to meet him. (Baiklah kurasa aku ingin bertemu dengannya.)

Mia: Ah, I forgot I need to go the music store with Ana this afternoon. How about you meet him by yourself, he texted me that he is nearby. (Ah, aku lupa aku harus ke toko alat music dengan Ana siang ini. Bagaimana kalau kau menemuinya sendiri, dia kirim pesan kalau sedang di sekitar sini.)

Ari: Well, okay then. But I don’t know him, how is he look like? (Baiklah kalau begitu. Tapi aku tidak tahu dia, seperti apa dia ya?)

Mia: He is tall, a bit skinny with a purple dyed hair, he’s more like me, you will recognized him instantly. He usually wear t-shirt and shorts. He is at the coffee of Brazz (Dia tinggi, sedikit kurus dengan rambut di cat ungu, dia mirip denganku, kau akan mengenalinya dengan mudah. Biasanya dia menggunakan kaos dan celana pendek. Dia berada di kopi Brazz.)

Ari: Okay then. (Baiklah.)

 

Percakapan Job Interview: Menyampaikan Deskripsi Pengalaman Kerja
English Vocabulary: Family Members (Anggota Keluarga)
Cara Mendeskripsikan Diagram Batang (Bar Chart) dalam Bahasa Inggris
Formula Menuliskan Keterangan Personal dalam Bahasa Inggris
Speaking TOEFL: Formula “MEEM”
Cara Mendeskripsikan Foto dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Mengenal Anggota Keluarga
Percakapan Singkat Mendeskripsikan Komputer di Tempat Kerja dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Film (Film Review)
Formula Mendeskripsikan Sebuah Foto dalam Bahasa Inggris


 
Cara Memperkenalkan Diri Sendiri ke Orang Lain dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Orang (Descriptioning Person)
Formula Mendeskripsikan Keluarga dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Who dan Whom
Phrasal Verb Menyuruh dalam Bahasa Inggris
Berhitung / Counting In English
Contoh Transkrip Pembawa Acara Olahraga dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Contoh Rencana Liburan / Itinerary Bahasa Inggris & Terjemahannya
Mengklarifikasi Sebuah Ide dalam Bahasa Inggris
Bertanya tentang Informasi Medis dalam Bahasa Inggris