sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Formula Mendeskripsikan Orang (Descriptioning Person)

Mendeskripsikan orang lain pada dasarnya memang bukan hal yang mudah bahkan bagi seorang native speaker. Nah, bagi anda yang saat ini masih sedang belajar untuk mendeskripsikan orang dengan menggunakan bahasa Inggris tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan di bawah ini terlebih dahulu.

Tips dalam Mendeskripsikan Orang

Mendeskripsikan seseorang seringkali kita lakukan, misalnya ketika kita ingin mendeskripsikan rekan kerja, teman kuliah, atau atasan kita di kantor kepada teman dekat atau saudara. Sebenarnya kegiatan mendeskripsikan sesuatu atau seseorang sering kita temukan pula di dalam sebuah buku, artikel, atau ulasan dan cerita.

Jadi apa saja sebenarnya yang harus kita perhatikan jika ingin mendeskripsikan seseorang :

  • Penampilan, adalah apa yang terlihat dari luar pada orang tersebut (bisa rupa atau wajah, ciri fisik lainnya, pakaian, atau hal lain yang dikenakan).
  • Tingkah laku, adalah bagaimana cara seseorang bertingkah laku atau bertindak.
  • Karakter, adalah kepribadian yang dimiliki seseorang tersebut apakah dia orang yang pendiam, pemalu, atau pekerja keras dan sebagainya. Karakter ini akan mempengaruhi tingkah laku seseorang.
  • Emosi, adalah perasaan yang dimiliki seseorang pada suatu periode. Biasanya hal tersebut akan memberi kita pandangan cara memperlakukan seseorang (pemarah, melankolis, moody, dan sebagainya)

Dengan mendeskripsikan seseorang kepada orang lain secara detail atau menyeluruh kita dapat memberikan informasi dan gambaran yang jelas bagi lawan bicara kita.

Contoh Cara Mendeskripsikan Orang

Jika ingin mendeskripsikan seseorang hal penting yang harus anda perhatikan adalah sikap sopan (polite) dan juga hormat. Artinya kita harus menghargai orang yang sedang kita deskripsikan dan usahakan untuk menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, agar anda tidak terkesan kasar. Pertimbangkan dengan baik pilihan kata anda dan anggap diri anda dalam posisi orang yang sedang anda deskripsikan. Hindari penggunaan kata yang bersifat body shamming dan sejenisnya.

Untuk lebih mudah memahami bagaimana cara untuk mendeskripsikan seseorang mari kita simak contoh sebagai berikut:

Percakapan 1

Jane: Hey, Aden how are you? (Hai, Aden apa kabar?)

Aden: Hey, Jane. I’m good. Is everything all right yesterday? (Hai, Jane. Aku baik. Apakah kemarin baik-baik saja?)

Jane: Well, i’ve met the candidate for the sales staff. (Aku sudah menemui kandidat yang sesuai sebagai staf penjualan.)

Aden: Oh, that’s right, how is he/she? (Oh, betulkah, bagaimana dia?)

Jane: She is a girl around 25. Actually i like her, she is short but well dressed and have a proper manner. I think she suits our company image as sales staff.  (Dia perempuan usia 25. Aku suka dia, dia agak pendek tapi berpakaian rapi dan sopan santunnya baik. Aku rasa dia cocok untuk imej perusahaan kita sebagai staf penjualan.)

Aden: And how about her behavior or characters? You know the last staff was awful, he often slacks off and can’t handle the customer in polite manner. (Lalu bagaimana dengan tingkah laku atau karakternya? Kau ingat staf terakhir kita sangat buruk, dia lebih sering malas-malasan dan tidak dapat menangani pelanggan dengan sikap yang ramah.)

Jane: She have a good behavior, from my observation she is sociable and friendly yet humble. I’ll give her probation for 2 months, if she is good i will hire her permanently. (Tingkah lakunya cukup baik, berdasarkan pengamatanku dia cukup mudah bersosialisasi dan cepat akrab serta rendah hati. Aku akan berikan masa percobaan selama 2 bulan, jika dia baik maka aku akan menjadikannya pekerja tetap.)

Aden: I think you know the best Jane, just as long as she is easily directed and diligent for me it doesn’t matter. (Kurasa kau tahu yang terbaik Jane, selama dia mudah untuk diarahkan dan rajin bagiku tak masalah.)

Jane: Okay. (Oke)

Percakapan 2

Lia: Al, i did not saw you yesterday at Lala’s house? (Al, aku tidak melihatmu kemarin di rumah Lala?)

Alma: Ah, i forgot to tell you yesterday i have some business so i could not join you all guys. (Ah, aku lupa mengatakannya padamu kemarin aku ada urusan, jadi aku tidak bisa ikut kalian.)

Lia: That’s okay Al. (Gak apa-apa Al)

Alma: How’s Lala’s baby? And how is she? Is she fully recovered yet? (Bagaimana bayinya Lala? Dan bagaimana kabarnya? Apa dia sudah pulih sepenuhnya?)

Lia: Lala is getting better, i think she needs bed rest for awhile. (Lala sudah membaik, kurasa dia butuh istirahat beberapa saat.)

Alma: And how about the baby, i heard it’s a girl? (Dan bagaimana dengan bayinya, aku dengar dia perempuan?)

Lia: Yes she gave birth to a baby girl. Weight about 3.1 kg and 49 cm. She is so adorable and cute. The hair is brunnete and a bit curly like Lala’s hair. She is so beautifull you know, with a big brown eyes, and white skins just like a doll. Haha (Ya dia melahirkan bayi perempuan. Beratnya sekitar 3.1 kg dan 49 cm. Dia sangat lucu dan imut. Rambutnya kecoklatan dan sedikit ikal seperti rambut Lala. Dia sangat cantik, dengan mata coklat besar, dan kulit putih seperti boneka. Haha)

Alma: I bet she is, i do really want to see her. Guess i have to empty my schedule to visit them. (Pastinya, aku ingin segera menemuinya. Kurasa aku harus mengosongkan jadwal untuk mengunjungi mereka segera)

Demikian ulasan tentang cara mendeskripsikan orang lain kepada lawan bicara anda. Anda dapat berimporovisasi dengan menambahkan detail seperti pakaian yang mereka kenakan, aksesoris, postur tubuh, gaya berpakaian dan sebagainya.

 

Frasa untuk Mendeskripsikan Seseorang
Formula Mendeskripsikan Keluarga dalam Bahasa Inggris
Formula Menuliskan Keterangan Personal dalam Bahasa Inggris
Percakapan Job Interview: Menyampaikan Deskripsi Pengalaman Kerja
Cara Mendeskripsikan Keluarga (Describe your Family) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Batang (Bar Chart) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Pie Chart atau Diagram Lingkaran
Cara Mendeskripsikan Diagram Proses (Process Chart) dalam Bahasa Inggris
Menceritakan Orang Lain dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Sebuah Foto dalam Bahasa Inggris


 
Formula Mendeskripsikan Orang (Descriptioning Person)
Formula Mendeskripsikan Film (Film Review)
Perbedaan Who dan Whom
Phrasal Verb Menyuruh dalam Bahasa Inggris
Berhitung / Counting In English
Contoh Transkrip Pembawa Acara Olahraga dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Contoh Rencana Liburan / Itinerary Bahasa Inggris & Terjemahannya
Mengklarifikasi Sebuah Ide dalam Bahasa Inggris
Bertanya tentang Informasi Medis dalam Bahasa Inggris
Cara Lain Mengatakan “You’re Beautiful” dalam Bahasa Inggris