sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Mendeskripsikan Benda-Benda di Sekitar Kita dalam Bahasa Inggris

Menggambarkan atau mendeskripsikan suatu benda adalah salah satu cara kita memberitahu seseorang tentang suatu benda, terutama benda-benda yang menjadi kesayangan kita. Dalam mendeskripsikan suatu benda tertentu, kita dapat melakukannya secara lisan melalui obrolan dengan orang lain dan juga melalui tulisan.

Begitu pun dengan Bahasa Inggris. Kita dapat mendeskripsikan benda secara lisan dan juga melalui tulisan, yang juga dikenal sebagai teks atau tulisan deskripsi (description text). Ada hal-hal yang dapat membantu kita dalam menggambarkan suatu benda, yaitu:

  • Penggunaan kata sifat (adjectives) yang menjelaskan benda yang kita maksud.
  • Penggunaan kata-kata yang merujuk pada bahan, warna, bentuk, ukuran, pendapat kita, dan usia dari suatu benda.

Dalam artikel belajar Bahasa Inggris kali ini, kita akan melihat bagaimana sebuah benda dideskripsikan menggunakan Bahasa Inggris. Kita juga akan melihat contoh pendeskripsian benda secara lisan melalui percakapan singkat dan juga melalui teks deksripsi singkat.

1. Mendeskripsikan benda secara lisan lewat percakapan

Dalam sub-bagian ini, kita akan melihat contoh penggambaran benda melalui dialog atau percakapan pendek.

Contoh percakapan 1:

Yuki: Yesterday when I was at my favorite book store, I saw a lady wearing this type of dress which I like so much.

Tia: Can you describe how the dress looks like to me?

Yuki: Yeah, sure. The dress is kind of flowy at the bottom and full of flower prints all around it. The dress’ color is light pink and it has long sleeves, which is so elegant.

Tia: I can picture that dress in my head. Must be a really beautiful dress to wear on a special occassion.

Terjemahan:

Yuki: Kemarin saat aku sedang berada di toko buku favoritku, aku melihat seorang wanita mengenakan tipe gaun ini, yang sangat aku sukai.

Tia: Dapatkah kau mendeskripsikan bagaimana tampilan gaun itu kepadaku?

Yuki: Ya, tentu. Gaunnya sedikit mengembang di bagian bawah dan penuh dengan corak bunga-bunga. Warna gaunnya merah jambu cerah dan memiliki lengan panjang, yang mana terlihat sangat elegan.

Tia: Aku bisa membayangkan gaun itu di kepalaku. Gaunnya pasti sangat cantik untuk dikenakan pada kesempatan istimewa.

Contoh percakapan 2:

Hanna: I have a quiz for you. It’s about a certain thing around this kitchen. If you can guess it right, I will buy you whatever snack that you want.

Ivan: Please don’t break your promise, Hanna. Okay, what is the question?

Hanna: This thing is white, small, and it resembles hazelnuts. Mom usually uses this thing when cooking based on certain recipes and it’s easy for us to get it at the traditional market and also at supermarkets. What is this thing I’m talking about?

Ivan: Based on the way you describe it, I assume it is one of the spices Mom has in this kitchen. Uhm…. is it… candlenuts?

Hanna: Ding, ding, ding, the answer is candlenuts! I’m pretty amazed you know some of the spices. Let’s go buy snacks you want as a reward, then!

Terjemahan:

Hanna: Aku punya kuis untukmu. Ini tentang benda tertentu yang ada di dapur ini. Jika kau dapat menebaknya dengan benar, akan kubelikan camilan apapun yang kauinginkan.

Ivan: Tolong jangan ingkari janjimu, Hanna. Baik, apa pertanyaannya?

Hanna: Benda ini warnanya putih, kecil, dan mirip seperti kacang hazel. Ibu biasanya menggunakan benda ini ketika memasak berdasarkan resep tertentu dan sangat mudah mendapatkannya di pasar tradisional dan juga di supermarket. Benda apakah yang kumaksud ini?

Ivan: Berdasarkan caramu menggambarkannya, aku menduga ini salah satu jenis rempah-rempah yang dimiliki Ibu di dapur. Uhm… apakah benda itu… kemiri?

Hanna: Ding, ding, ding, jawabannya kemiri! Aku cukup terkesan kau tahu beberapa jenis rempah-rempah. Kalau begitu, mari pergi membeli camilan yang kau mau sebagai hadiah!

2. Mendeskripsikan benda melalui tulisan

Berikutnya, kita akan melihat contoh-contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda melalui tulisan. Dalam hal ini, melalui teks deskriptif singkat.

Contoh teks 1:

I have a favorite sneakers that I bought using my own saving money to wear on my first day of high school. The sneakers’ brand is Converse, that famous brand specialized for sneakers like mine. The color is green and has white shoelace and also white stripes on each side of the shoe. I cherish the shoes so much and I will wear it carefully.

(Aku memiliki sepatu kesukaan yang kubeli menggunakan uang tabunganku sendiri untuk kukenakan pada hari pertamaku masuk SMA. Merek sepatu ini adalah Converse, sebuah merek terkenal yang khusus membuat sepatu-sepatu seperti milikku. Warnanya hijau dan memiliki tali sepatu berwarna putih dan juga garis-garis putih di tiap sisi sepatu. Aku sangat menyukai sepatu ini dan akan kukenakan dengan hati-hati.)

Contoh teks 2:

My mom has her favorite jewelry, given by my grandmother. It is a golden, round locket that you can open to insert a small picture inside of it. The chain ‘s color is also golden like the locket. My mom said her locket is so old, but the golden color is still shining so bright; as if my mom just got it yesterday from my grandmother.

(Ibuku memiliki perhiasan kesukaannya, yang diberikan oleh nenekku. Perhiasan itu adalah sebuah kalung emas bundar yang dapat kau buka untuk memasukkan sebuah foto kecil di dalamnya. Warna rantai kalungnya juga keemasan seperti kalungnya. Ibu berkata kalungnya sudah sangat tua, namun, warna emasnya masih berkilau sangat terang; seolah seperti baru kemarin ibuku mendapatkannya dari nenek.)

Demikian pembahasan kita mengenai bagaimana kita mendeskripsikan suatu benda yang ada di dekat kita menggunakan Bahasa Inggris.

 

Cara Menjelaskan Peta (Describe a Map) dalam Bahasa Inggris
Frasa untuk Mendeskripsikan Seseorang dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Keluarga dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Pie Chart atau Diagram Lingkaran
Mendeskripsikan Warna dalam Lisan & Tulisan
Cara Mendeskripsikan Foto dalam Bahasa Inggris
Contoh Deskripsi Teman Sebangku Dalam Bahasa Inggris
Kosakata Untuk Mendeskripsikan Wajah dalam Bahasa Inggris
Contoh Deskripsi Buah-buahan
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan