sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa Bahasa Inggris dalam Menyewakan Rumah/Apartemen

Jika kita berencana untuk menetap sementara di luar negeri, tentunya kita membutuhkan tempat tinggal sementara di sana. Untuk memudahkan mencari tempat tinggal sementara, kita harus tahu frasa-frasa tertentu dalam bahasa Inggris yang lazim dipakai ketika mencari dan menyewa tempat tinggal tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kita akan melihat beberapa frasa tersebut beserta dengan arti dan contoh penggunaannya dalam kalimat melalui pembahasan di bawah ini. Tanpa menunggu lama lagi, berikut adalah frasa dalam bahasa Inggris untuk mencari dan menyewa tempat tinggal:

  • Price range

Frasa ini berarti kisaran harga atau sejumlah uang yang mampu kita keluarkan untuk membayar tempat tinggal sementara kita.

Contoh: An apartment on Main Street is on my price range. (Sebuah apartemen di Jalan Utama ada di kisaran harga saya).

  • Fully furnished/ furnished apartment

Apartemen yang fully furnished atau furnished adalah apartemen yang sudah memiliki furnitur atau perabot lengkap di dalamnya, sehingga kita tidak perlu lagi membawa furnitur kita sendiri.

Contoh: It is a nice furnished apartment, but it is too far from my office. (Itu adalah apatemen bagus dengan perabot lengkap, tetapi itu terlalu jauh dari kantor saya).

  • Semi furnished apartment

Jenis apartemen yang semi furnished adalah apartemen dengan beberapa perabot. Akan tetapi, perabot tersebut tidak terlalu lengkap, sehingga kita harus membawa atau melengkapi sendiri perabot yang tidak lengkap tersebut.

Contoh: Finding a semi furnished apartment in this city is like finding a needle in the haystack. (Mencari apartemen dengan semi berperabot di kota ini bagaikan mencari jarum di dalam tumpukan jerami).

  • Unfurnished apartment

Apabila furnished apartment adalah apartemen dengan perabot lengkap, unfurnished apartment adalah kebalikannya. Apartemen jenis ini tidak memiliki perabot apa-apa, sehingga kita harus membawa perabot kita sendiri.

Contoh: The rent is too expensive for an apartment that is unfurnished. (Harga sewa terlalu mahal untuk apartemen yang tidak berperabot).

  • House/ apartment Viewing

House viewing atau apartment viewing adalah kegiatan melihat atau memeriksa rumah atau apartemen sebelum kita membeli atau menyewanya.

Contoh: I would like to arrange a house viewing. When would it be convenient for me to see it? (Saya ingin membuat janji temu untuk melihat rumahnya. Kapan waktu yang tepat bagi saya untuk melihatnya?).

  • Run down

Biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sebuah bangunan. Bangunan yang run down adalah bangunan yang agak tua dan tidak terlalu terawat.

Contoh: Even though the room is in a run down building, it has been recently renovated. (Walaupun kamarnya terletak di bangunan tua yang tak terawat, kamarnya baru saja direnovasi).

  • Shared bathroom/ kitchen

Apartemen atau kostan dengan shared bathroom dan shared kitchen adalah apartemen atau kostan yang memiliki kamar mandi dan dapur di luar. Semua penghuni apartemen atau kostan berbagi kamar mandi dan dapur yang sama.

Contoh: A perk of living in an apartment with a shared kitchen is that there is always somebody who will cook for me. (Satu keuntungan tinggal di apartemen dengan dapur di luar adalah selalu ada seseorang yang akan memasak untuk saya).

  • Studio apartment

Sejenis apartemen kecil yang hanya memiliki satu ruangan utama. Satu ruangan utama tersebut biasanya digunakan untuk tempat tidur dan dapur dengan kamar mandi kecil.

Contoh: I am going to sublet my studio apartment for two months. (Saya akan mengalihkan sewa apartemen studio saya selama dua bulan).

  • One bedroom apartment

Jenis apartemen ini memiliki dua ruangan utama, yakni untuk tempat tidur dan ruang keluarga disertai dapur dan kamar mandi. Selain one bedroom apartment, terdapat juga two bedroom apartment dan three bedroom apartment, yang mana memiliki ruang keluarga dengan dua atau tiga kamar tidur.

Contoh: This one bedroom apartment is really into my liking. Unfortunately, it is over my range price. (Saya sangat suka apartemen satu ruangan ini. Sayangnya, ini di atas kisaran harga saya).

  • Professionals only

Jika Anda menemukan tulisan “professionals only” pada iklan suatu apartemen, kontrakan, atau kostan, itu artinya si pemilik hanya menyewakannya kepada orang yang sudah berpenghasilan dan memiliki pekerjaan tetap saja. Pelajar tidak diizinkan untuk menyewanya. Di Indonesia, apartemen, kontrakan, atau kostan “professionals only” sepadan dengan apartemen, kontrakan, atau kostan khusus karyawan.

Contoh: The boarding house near the hospital is only available for professionals only. (Kostan di dekat rumah sakit hanya untuk karyawan).

  • Security deposit

Security deposit adalah uang jaminan yang kita bayarkan saat menyewa tempat tinggal. Uang ini digunakan untuk berjaga-jaga jika terjadi kerusakan di tempat tinggal yang kita sewa. Ketika kontrak sewa kita habis dan tidak terjadi kerusakan, biasanya kita akan mendapatkan kembali uang jaminan kita.

Contoh: Beware of bad landlords! They will not return the security deposit although the apartment is in good condition when you leave. (Hati-hati terhadap pemilik apartemen yang nakal! Mereka tidak akan mengembalikan uang jaminan meskipun apartemen dalam kondisi baik saat Anda pindah).

  • Lease duration

Frasa ini berarti durasi kontrak kita menyewa tempat tinggal.

Contoh: How long is the lease duration? (Berapa lama durasi kontraknya?).

  • Utilities included

Akomodasi yang disewakan dengan utilities included tercantum dalam deskripsinya adalah akomodasi dengan harga sewa yang termasuk biaya listrik, gas, dan air. Sehingga apabila kita menyewanya, kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk listrik, gas, dan air.

Contoh: The rent is $500 per week, utilities included. (Biaya sewanya adalah $500 per minggu, sudah termasuk biaya listrik, gas, dan air).

Itulah sejumlah frasa dalam bahasa Inggris yang umum digunakan ketika mencari tempat tinggal. Semoga frasa-frasa ini membantu Anda ketika Anda mencari apartemen, rumah, atau kostan untuk disewa.

 

Frasa untuk Mendeskripsikan Seseorang dalam Bahasa Inggris
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Perbankan
Frasa/Ekspresi/Kalimat yang Digunakan saat Mau Menyewa Apartment
Frasa/Kalimat yang Digunakan Performance Review
Frase/Kalimat Bahasa Inggris yang Biasa Digunakan di Kelas/Sekolah
Contoh Frasa dan Percakapan untuk Front Office (Resepsionis) Di Kantor
Frase/Kalimat Bahasa Inggris tentang Kesimpulan (Conclusion) dalam Presentasi
Frasa/Kalimat untuk Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris
Frasa/Kalimat yang Berhubungan dengan Dating
Frasa yang Sering Digunakan dalam Mode/Fashion