sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kalimat/Frasa dalam Pertemuan Bisnis Menggunakan Bahasa Inggris

Seperti yang sudah kita semua ketahui, Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dipergunakan hampir di semua aspek kehidupan kita. Salah satu dari aspek tersebut adalah ketika melakukan pertemuan bisnis, terutama dengan kolega yang berasal dari berbagai negara. Bahasa Inggris memiliki tugas untuk menyatukan semua pemikiran yang ada dalam pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan bisnis dengan mempergunakan Bahasa Inggris, ada beragam perkataan atau frasa tertentu yang diucapkan dalam kesempatan-kesempatan tertentu. Nah, kali ini kita akan mempelajari frasa-frasa yang digunakan dalam rapat atau pertemuan bisnis yang menggunakan Bahasa Inggris, beserta contoh penggunaannya.

Baiklah, teman-teman, mari kita menuju ke topik artikel kita!

  • Frasa untuk memulai rapat

Hello, ladies and gentlemen. Thank you for making your time to attend this week’s meeting. Because we have new colleagues here, before we begin, I would like to introduce myself to your new recruiters. My name is Yusuf Bahari and I’m the general manager in this office and I will be lead today’s meeting (Halo, rekan-rekan sekalian. Terimakasih sudah meluangkan waktu menghadiri pertemuan minggu ini. Dikarenakan kita memiliki beberapa kolega baru, sebelum saya mulai, saya ingin memperkenalkan diri saya kepada para karyawan baru. Nama saya Yusuf Bahari dan saya adalah manajer umum di kantor ini dan saya yang akan memimpin pertemuan hari ini).

  • Frasa untuk menjelaskan alasan diadakannya suatu pertemuan

Well, the reason we held this week’s meeting is to discuss about the works we have finished in this week and if there is any obstacle in the process, so that we can talk about it together in this room (Nah, tujuan kita mengadakan pertemuan minggu ini adalah untuk mendiskusikan semua pekerjaan yang telah kita selesaikan dalam minggu ini dan apakah ada kesulitan dalam proses penyelesaiannya, jadi kita bisa membicarakannya bersama di ruangan ini).

  • Frasa untuk menanyakan opini dari peserta pertemuan

Since the lack of workers in this office can cause problems at the future, I would like to hear what do you have to say or if you have opinion regarding this matter (Karena kurangnya pekerja di kantor ini akan menimbulkan beragam masalah di kemudian hari, saya ingin mendengar apa yang ingin Anda sekalian katakan atau opini Anda terkait masalah ini).

  • Frasa untuk memberikan pendapat dalam rapat

Thank you for the chance, Sir. From my point of view, if we want to recruit new workers, we have to held a well-prepared recruitment to make sure our soon-to-be colleagues are the discipline ones and the ones who understand what their job is (Terimakasih atas kesempatannya, Pak. Dari sudut pandang saya, jika kita ingin merekrut pekerja-pekerja baru, kita harus membuat perekrutan yang disiapkan dengan baik untuk memastikan calon-calon karyawan adalah mereka yang disiplin dan mereka yang paham apa pekerjaan mereka).

  • Frasa untuk menyanggah suatu pendapat dalam rapat

I am really sorry, but I have to say that I disagree with your opinion. These days, most new recruiters are very stubborn and like to think that because they’re smart, they don’t have to do difficult tasks. I would say we have to find other ways to find new workers (Saya minta maaf, tapi saya harus mengatakan saya tidak setuju dengan pendapat Anda. Di masa sekarang, kebanyakan calon karyawan baru sangat keras kepala dan suka berpikir bahwa karena mereka pintar, mereka tidak mau mengerjakan tugas-tugas sulit. Saya ingin mengatakan bahwa kita harus mencari cara lain untuk menemukan para karyawan baru).

  • Frasa untuk mendukung atau menyetujui pendapat teman dalam rapat

I have to agree with Dimas’ opinion, Sir. I strongly think that a well-prepared recruitment is a way to gain new workers and also to avoid the ‘smarter-but-lazy-new-workers’ problem like what Kevin said (Saya setuju dengan pendapat saudara Dimas, Pak. Saya sangat percaya bahwa perekrutan yang dipersiapkan dengan baik adalah cara untuk meraih beberapa pekerja baru dan juga untuk menghindari masalah ‘karyawan-baru-yang-pintar-namun-malas’ seperti yang dikatakan saudara Kevin).

  • Frasa untuk menginterupsi rapat yang sedang berlangsung

Excuse myself for interrupting this meeting, but I have an opinion, too. I agree with Dimas and Surya’s opinions regarding this matter. What I want to say is we have to build a strong relationships between departments to ensure that recruitment process will go smooth and success (Maafkan saya menginterupsi rapat ini, tetapi saya pun memiliki pendapat. Saya setuju dengan pendapat saudara Dimas dan saudara Surya dalam masalah ini. Yang ingin saya katakan adalah kita harus membangun hubungan yang kuat antar departemen untuk memastikan proses perekrutan berjalan mulus dan sukses).

  • Frasa untuk mengisyaratkan akan adanya pertemuan yang akan datang

Thank you for all the opinions you have given, ladies and gentlemen. I know that many of you want to give your perspective, as well. But, because we have limited time and I understand we still have many things to do, we will held a meeting to discuss about this matter next week on November 12 (Terimakasih atas semua pendapat yang Anda berikan, teman-teman. Saya paham banyak dari Anda yang ingin memberikan pendapat, juga. Namun, karena waktu kita terbatas dan saya mengerti kita masih banyak pekerjaan, kita akan mengadakan pertemuan untuk membahas hal ini minggu depan pada tanggal 12 November).

  • Frasa untuk mengakhiri rapat

Now, we will close this meeting and once again, thank you very much for coming and giving contribution to our office through this meeting (Sekarang, kita akan menutup rapat ini dan sekali lagi, terimakasih banyak sudah datang dan memberikan kontribusi kepada kantor kita melalui rapat ini).

Itulah, teman-teman, beberapa contoh frasa dalam Bahasa Inggris yang digunakan ketika suatu rapat atau pertemuan diadakan.

 

Frasa untuk Mendeskripsikan Seseorang dalam Bahasa Inggris
Contoh Kalimat “Past Future Perfect Tense”
Contoh Kalimat Harapan Dalam Bahasa Inggris
Singkatan & Akronim dalam Dunia Bisnis
Frasa untuk Menyatakan Setuju dalam Bahasa Inggris
Kalimat Ketika Menerima atau Melakukan Panggilan Telepon
Apa Itu Kata atau Kalimat Himbauan?
Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Kalimat-kalimat yang Berguna Saat Interview Kerja (Useful Phrases for Job Interview)
Kumpulan Contoh Kalimat Offering Dalam Bahasa Inggris