sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa/Kalimat yang Dipakai Ketika Berbelanja dalam Bahasa Inggris

Tiada hari tanpa berbelanja. Entah itu berbelanja secara langsung dengan pergi ke pasar atau pusat perbelanjaan, atau belanja melalui e-commerce yang semakin banyak di era digital ini.

Tentu saja, dalam bahasa Inggris ada banyak istilah dalam berbelanja yang perlu kamu ketahui. Cara ini akan menjembatani kebutuhan kamu berkomunikasi dengan penjual atau pembeli. Dengan mengetahui frasa atau kalimat yang tepat, maka transaksi bisa dilakukan dengan mudah.

Berikut ini kami rangkum beberapa frasa seputar berbelanja dalam bahasa Inggris berikut ini:

1. “How much is it?” (Berapa harga barang ini?)

Kalimat “how much is it” digunakan untuk bertanya harga dari sebuah produk. Ketika kamu bertanya ini, lawan bicara akan menyebutkan harga dalam mata uang yang digunakan. Kalimat ini akan sering digunakan terutama saat melakukan transaksi di pasar atau tempat yang tidak memasang harga secara tertulis.

2. “Do you take returns?” (Apakah barang ini bisa diretur?)

Istilah retur juga merupakan hal biasa dalam transaksi bisnis. Tidak ada salahnya bagi pembeli untuk menanyakan hal ini ketika akan membeli, karena pihak toko punya kebijakan yang berbeda-beda.

Semisal mereka menerima retur dalam waktu 7 hari sejak tanggal pembelian, namun tidak berlaku untuk barang yang sedang diskon. Kebijakan setiap toko biasanya berbeda, dengan kebijakan yang berbeda pula.

3. “Can I try it on?” (Bisakah saya mencobanya?)

Kerap kali istilah ini digunakan saat ingin mencoba pakaian baru, entah itu atasan atau bawahan. Selain itu, pertanyaan ini juga bisa berlaku untuk produk alas kaki. Tujuannya untuk benar-benar tahu apakah ukurannya pas dengan yang kamu butuhkan.

4. “Can I get a receipt, please?” (Bisa saya minta kuitansinya?)

Pertanyaan ini biasanya diajukan di akhir proses pembayaran. Kuitansi adalah bukti pembayaran yang memuat keterangan barang dan harga yang kamu beli.

Dengan memiliki kuitansi yang berbentuk kertas ini, kamu bisa tahu apa yang telah dibeli. Beberapa toko juga telah mengadopsi sistem e-receipt dengan mengirim kuitansi langsung ke email kamu. Kuitansi ini juga berfungsi ketika perlu retur sebuah produk.

5. “Can I use this coupon?” (Bisakah saya menggunakan kupon ini?)
Beberapa toko retail juga menggunakan promosi kupon sebagai bentuk pemasaran mereka. Ketika memilikinya, tanyakan kepada pihak toko apakah kupon diskonmu bisa digunakan sebagai potongan harga. Kadang bentuk promosi dari kupon juga bisa berbeda-beda, dan tentunya jadi favorit para pembeli.

6. “Are there any sales going on?” (Apakah sedang ada promo?)

Pertanyaan ini juga tidak kalah sering terjadi. Ketika ada sales atau promo, artinya beberapa produk dijual dengan harga diskon. Biasanya masa sales ini bervariasi. Bisa random, tergantung musim, atau cuci gudang. Tidak ada yang tahu, jadi tidak ada salahnya untuk bertanya kepada pihak toko.

7. “Do you have this in another color?” (Apakah ada warna lain?)

Frasa ini biasanya digunakan saat berbelanja outfit dan ingin membeli warna lain dengan model yang sama. Ketika hal ini terjadi, tentu yang akan kamu tanyakan adalah “do you have this in another color?” tentunya diikuti dengan kata “Excuse me..”

8. “Do you have this in a (…)?” (Apakah ada ukuran …?)

Frasa selanjutnya yang biasa digunakan adalah “do you have this in a medium” untuk bertanya ukuran. Tidak harus medium, namun bisa dengan istilah ukuran yang lain. Biasanya pertanyaan yang diajukan kepada penjaga toko untuk mengetahui ukuran yang pas dengan yang kamu inginkan.

9. “I want two of these.” (Saya ingin beli dua)

Kalimat ini menunjukkan bahwa kamu ingin membeli produk tertentu dengan jumlah dua.

10. “May I see it?” (Boleh saya lihat?)

Istilah ini digunakan untuk melihat sesuatu yang terpampang di belakang etalase kaca. Contohnya ketika ingin melihat perhiasan dan ingin melihatnya lebih jauh. Selain itu kamu juga bisa menggunakan istilah ini untuk melihat jenis lain produk yang tidak terdisplay.

11. “I like that one.” (Saya suka yang ini)

Setelah melihat beberapa jenis produk, kalimat “I like that one” mengindikasikan bahwa kamu telah menjatuhkan pilihan pada produk tertentu. Biasanya ini akan dilanjutkan dengan transaksi jual beli.

12. “I don’t like this color.” (Saya tidak suka warna ini)

Tentu ada kemungkinan bahwa kamu menyukai model, motif, atau bentuk suatu produk namun kurang suka warnanya. Ketika ini yang terjadi, maka kalimat “I don’t like this color” adalah yang akan kamu utarakan. Biasanya diikuti dengan pertanyaan akan warna lain seperti yang sudah dijelaskan di atas.

13. “I love this color!” (Saya suka warna ini)

Kelanjutan dari kalimat sebelumnya, “I love this color” serupa dengan kalimat “I like that one”. Biasanya hal ini disampaikan kepada pegawai toko yang sudah membantu mencarikan warna alternatif sesuai permintaan kamu.

14. “Do you take credit cards?” (Apakah bisa membayar dengan kartu kredit?)

Pertanyaan ini biasanya diucapkan saat proses membayar atau di awal transaksi. Selain “Do you take credit cards”, pertanyaan lainnya bisa berupa “Can I pay with a credit card?” atau “Do you accept credit card?”

Kadang pihak toko atau restoran hanya menerima uang kas atau kartu debit. Itu sebabnya perlu untuk menanyakan hal ini, terutama ketika sedang tidak membawa uang tunai.

15. “Could you give wrap it, please?” (Bisa tolong bungkus dengan kado?)

Lewat pertanyaan ini, artinya kamu tengah meminta tolong kepada pihak toko untuk membungkus kado barang yang telah dibeli sehingga langsung bisa diberikan untuk kado.

Biasanya ini kerap terdengar saat musim libur atau natal. Ada toko yang menyediakan secara gratis sebagai layanan, ada juga yang menetapkan tambahan biaya.

Selain frasa, ada juga beberapa idiom yang kerap digunakan saat sedang berbelanja, di antaranya:

  • “To buy a lemon”

Membeli hal yang ternyata sia-sia.

  • “On me”

Menawarkan untuk membayar atau traktir, biasanya untuk makanan dan minuman.

  • “To pay through the nose”

Membayar untuk harga yang terlalu mahal.

  • “Fit like a glove”

Menggambarkan sebuah produk yang terasa sangat pas dengan kita.

  • “On a shoestring budget”

Berbelanja dengan budget terbatas.

Itu tadi beberapa contoh frasa yang biasa digunakan ketika sedang berbelanja atau terlibat dalam transaksi jual beli. Tentu kalimatnya bisa bervariasi – tidak harus benar-benar sama seperti di atas – dengan maksud yang sama-sama dipahami.

 

Daftar Preposition dan Contoh Kalimatnya
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Daftar Kalimat & Pengumuman Pramugari di Pesawat dalam Bahasa Inggris
Vocabulary yang Berhubungan dengan Belanja/Shopping
Frasa dan Kalimat Memastikan “Understanding” dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Kebun Binatang
Pertanyaan dan Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara
35 Kata Adjective dan Contoh Kalimatnya
Menyatakan Setuju atau Tidak Setuju dalam Kalimat Bahasa Inggris
Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kekaguman