sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Istilah-istilah Suara Hewan (Animal Sound) dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Penjelasannya

Kita tentu sudah familiar dengan nama-nama hewan dalam Bahasa Inggris, karena sering dibahas dalam pelajaran di kelas maupun media pembelajaran lainnya. Namun tahukah kamu kalau terdapat istilah-istilah khusus dalam Bahasa Inggris mengenai suara hewan? Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai istilah animal sound (suara hewan) dalam Bahasa Inggris berikut penjelasannya.

Meow – Cat (Kucing)

Istilah animal sound atau suara hewan dalam Bahasa Inggris yang pertama adalah meow, yaitu suara yang dikeluarkan oleh kucing. Dalam Bahasa Indonesia, kita mungkin familiar dengan istilah mengeong atau meong pada beberapa bahasa daerah tertentu. Kucing mengeluarkan suara ini biasanya saat merasa lapar dan ingin diberi makan, atau saat mereka sedang senang.

Woof/Bark – Dog (Anjing)

Sama dengan suara kucing, suara hewan yang selanjutnya mungkin sudah cukup familiar yaitu woof atau bark yang dikeluarkan oleh anjing. Dalam Bahasa Indonesia sendiri, suara hewan yang satu ini dikenal dengan istilah menggonggong atau menyalak. Hal ini karena bunyinya yang terdengar seperti “gog gog gog” dan biasanya suaranya menghentak-hentak.

Cluck – Chicken (Ayam)

Selanjutnya ada istilah untuk suara yang dikeluarkan oleh ayam dalam Bahasa Inggris, yaitu cluck. Kita mungkin lebih mengenal suara ini dengan sebutan berpetok atau memetok, dimana suara ini biasanya dikeluarkan oleh ayam betina. Suara ayam dinamai seperti itu karena ayam mengeluarkan suara yang terdengar seperti “petok petok petok”.

Cock a doodle doo – Roosters (Ayam Jantan)

Nah kalau kamu tahu suara ayam betina, kamu tentu tahu juga bagaimana suara ayam jantan, bukan? Ayam jantan memang memiliki suara yang khas dan biasanya dikeluarkan pada pagi hari sebagai tanda datangnya pagi sekaligus membangunkan orang. Istilah dalam Bahasa Inggris untuk suara yang dikeluarkan ayam jantan adalah cock a doodle doo atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan berkokok yang berbunyi “kukuruyuk”.

Baa – Goat/Sheep (Kambing/Domba)

Jika kamu pernah bermain ke peternakan kambing dan domba atau melihat hewan qurban sebelum dipotong, kamu mungkin familiar dengan suara yang satu ini. Baa merupakan istilah Bahasa Inggris untuk suara yang dikeluarkan oleh kambing ataupun domba. Suara ini dalam Bahasa Indonesia dikenal juga dengan sebutan mengembik, tak lain karena suara yang dikeluarkan terdengar seperti “mbeek mbeek mbeek”.

Moo/Lowing – Cow (Sapi)

Selain kambing dan domba, suara lain yang mungkin sering kamu dengar saat mengunjungi peternakan atau melihat hewan qurban adalah suara sapi. Dalam Bahasa Inggris, suara yang dikeluarkan sapi diberi istilah dengan moo atau lowing. Kamu tentu paham mengapa suara sapi diberi istilah seperti itu, bukan? Ya, tentu saja karena suara yang dikeluarkan sapi terdengar seperti “moo moo moo”.

Chirp – Bird (Burung)

Suara hewan dalam Bahasa Inggris selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah chirp, yaitu suara yang dikeluarkan oleh burung. Kita lebih mengenal istilah tersebut dalam Bahasa Indonesia dengan sebutan berkicau atau bercicit. Biasanya kita mendengarkan suara burung tersebut di pagi hari, atau di rumah orang-orang yang memelihara burung dan sengaja melatihnya agar dapat terus mendengar suara merdunya.

Roar – Lion (Singa)

Mungkin kamu belum pernah mendengar suara hewan yang satu ini secara langsung, tapi setidaknya pernah melihat gambarannya di televisi atau video-video di internet. Roar adalah suara mengaum yang dikeluarkan oleh singa, dimana suara ini memiliki kharisma menggelegar yang dapat menakuti musuh serta hewan buruannya. Dan tidak menutup kemungkinan kita juga akan lari terbirit-birit karena ketakutan saat mendengar suara ini.

Neigh/Whinny – Horse (Kuda)

Istilah suara hewan dalam Bahasa Inggris selanjutnya adalah neigh atau whinny, yaitu suara yang dikeluarkan oleh kuda. Dalam Bahasa Indonesia, suara ini dikenal dengan istilah meringkik yang biasanya terdengar dalam nada tinggi. Disebut juga dengan whinny karena suara kuda terdengar seperti rengekan atau ringkikan.

Buzz – Mosquito (Nyamuk)

Nah, kamu pasti cukup sering mendengar suara yang satu ini di telinga terutama saat malam hari. Buzz merupakan istilah Bahasa Inggris yang digunakan untuk menjelaskan suara dari nyamuk, yang terdengar seperti dengungan. Suara berdengung ini bukan saja familiar tapi juga sering mengesalkan, apalagi saat kamu hanya bisa mendengar suaranya tapi tidak berhasil-berhasil untuk menangkapnya.

Ribbit/Croak – Frog (Katak)

Suara dari hewan yang satu ini mungkin banyak kamu dengar saat turun hujan atau setelah turun hujan. Suara katak dalam Bahasa Inggris diberi sebutan dengan istilah ribbit atau croak yang terdengar seperti suara berkuak. Ternyata katak sering bersuara saat hujan turun karena kelembapan yang tinggi membuatnya sulit bernapas, jadi tak heran kalau kamu sering mendengarkan suara itu bersahut-sahutan.

Quack – Duck (Bebek)

Istilah suara hewan dalam Bahasa Inggris selanjutnya adalah quack, yaitu suara yang dikeluarkan oleh bebek. Dalam Bahasa Indonesia sendiri suara ini dikenal dengan istilah bunyi kwek-kwek, karena suara yang dikeluarkan bebek terdengar seperti itu. Bebek biasanya mengeluarkan suara seperti ini dengan berulang-ulang dan saat bersama-sama dengn gerombolannya.

Hiss – Snake (Ular)

Suara yang satu ini mungkin tidak sering kita dengar, yaitu suara yang dikenal dengan istilah hiss dalam Bahasa Inggris untuk suara ular. Suara hiss dikenal dalam Bahasa Indonesia dengan sebutan berdesis atau mendesis, tepatnya berdesis secara perlahan seiring dengan bergeraknya ular. Suara ini memang agak seram dan membayangkannya saja sudah membuat merinding, ya?

Demikianlah pembahasan mengenai istilah-istilah animal sound atau suara hewan dalam Bahasa Inggris, beserta dengan penjelasannya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

Kosakata tentang Pekerjaan Rumah Tangga (Household Chores)
English Vocabulary: Movie (Film)
Kosakata Bahasa Inggris tentang Pernikahan/Pertunangan
Vocabulary: Kosakata Mainan (Toys)
Cara Mendeskripsikan Hewan (Describe an Animal) dalam Bahasa Inggris
Kosakata Bahasa Inggris tentang Jurnalistik
Kosakata tentang Bandara dalam Bahasa Inggris
Kosakata Rutinitas Sehari-hari dalam Bahasa Inggris (Daily Routines)
Kosakata tentang Penampilan (How Do I Look)
English Vocabulary: Jobs (Pekerjaan)